Wednesday, April 30, 2014

Peralatan Tempur MPASI (Part2)

Lagi rajin nih gw.

Mau bahas peralatan perang MPASI Shaq. Sekitar 2bulan sebelum Shaq mulai MPASI mulailah gw join dengan forum mak mak yang khusus ngebahas peralatan perang MPASI. Sebenernya join forum udah lama dari sebelum Shaq lahir tapi beneran aktif di forum itu ya sejak Shaq mau MPASI gitu.


Awalnya gw bingung, secara banyak banget kan yah jenis alat MPASI yang beredar, yang buat inilah itulah.. dan harganya mehooong boo.. semua dengan embel embel BPA Free. Emang sih BPA Free itu aspek penting buat bayi, cuma yang gw liat banyak banget alat makan jadi mehong gegara stempel BPA Free melekat padanya, padahal based on pengetahuan gw yang ilmunya masih cetek ini, alat makan yang bahan dasarnya PP udah pasti BPA Free.



Sampe sekarang Shaq udah umur 10 bulan, peralatan MPASI yang bener bener kepake ternyata ga seheboh yang gw persiapkan sebelum MPASI. You know? Cook the baby meal is sooooo simple.. Jadi kagak perlu alat ini itu dengan fitur yang beragam. Lagipula baby over 1 years old udah makan masakan rumahan loh mama, jadi praktis alat MPASI itu cuma kepake 6 bulanan saja. Hehe...


So, based on wish list gw disini, akhirnya gw mewujudkan impian gw deh. Walopun ga perfect perfect amat sih list alat alat yang gw pengen. Mari kita bahas satu persatu ya.



Peralatan pertama yang gw beli adalah ini.



Food Maker ala Chef Lia
Hihi.. cupu bener ya. Sebenernya ini pengganti food maker yang gw idam idamkan. Kenapa gak jadi gw beli food makernya? pertama ngga worth ama harganya. Di Little island harganya si food maker ini almost 230rb dan setelah gw pikir pikir, sayang amat yah beli food maker semahal itu untuk pemakaian yang hanya 2 bulanan. Akhirnya gw ke supermarket khusus hardware deket rumah, ternyata dapet lo peralatan plastik begini yang bahan dasarnya PP juga. Tapi harganya jomplang banget loh. Gw beli semua alat alat itu cuman ngabisin 100rebu aja. wkwkkw.. Udah dapet panci rebus, container kecil kecil yang kotak, pisau, parutan keju, perasan jeruk, saringan kawat talenan kayu sama cobek kayu. Nah loo.. hemat kan :D

Tapiii.. emang sih gak praktis jadinya. But, eniwe kembali lagi ke tujuan awal sih, sampe umur 7bulanan Shaq toh juga ga ada plan travelling kemana mana, jadi ya kenapa kudu beli food maker.

Setelah alat alat diatas gw dapet, sasaran berikutnya adalah slow cooker. Buat sebagian buibu, mungkin si SC ini gak akan berguna, tapi berhubung gw working mom yang gak punya banyak waktu untuk berlama lama didepan kompor akhirnya gw bela belain beli si SC ini. Gw akhirnya beli di Singapore, dapet harga cuma 29SGD aja sih, jauuuh lebih murah daripada beli di Indonesia sini. Ini dia penampakannya.



si imut yang ajaib
Steamer ato kukusan juga penting banget loh buat MPASI. Nah, awalnya gw keukeuh buat ga beli panci steam, secara gw punya steamer hadiah lomba pas DnD di kantor gw. Merek Philips coy. Keren deh. Kaya gini nih penampakannya.




Kepake beberapa kali doang. Sebenernya praktis banget lo pake steamer ini. Tinggal setting waktu en kita bisa bobo bobo manis nungguin kukusannya mateng. Tapiiiii,, 900 watt coy sekali pake. Gila aja boros banget listriknya. Akhirnya sukses dikardusin lagi. wakkaakakak.. Entah kapan lah steamer keren ini bakal nangkring di dapur gw lagi.


Dan gantinya, gw beli panci steamer aluminium murah meriah di supermarket deket rumah. Awalnya tu panci disayang sayang, eeh sekali waktu kejadian gw lupa lagi ngukus dan alhasil gosong. Gosongannya meninggalkan warna item didasar dandang. Pas juga waktu itu gw baca kalo panci aluminium ga dianjurkan buat makanan bayi. Yah, akhirnya baru keingetan, gw kan punya panci Azberg stainless steel yang bisa dipake.


Hahaha,, kenapa baru inget. Dodol banget dah gw. Akhirnya sejak itu gw pake si Azberg ini deh kalo mau bikin sayur, sop atu macam macam MPASI Shaq yang lain. kalo ini aseli panci mahal bo. Stainless steel gitu. Even gw dapetnya juga gretongan. Eh, ga gretong amt sih, gw bayar hampir seratus rebu deh kalo ga salah. 




Masak sopnya pake Azberg deh
Pas kebeneran ke Singapore, gw juga sekalian beli IKEA Mata. Itu loh alat makan bayi yang ada gambar kodoknya. Lucu deh, plus ada bib yang bisa nampung makanan jatoh. Awal awalnya Shaq selalu gw pakein komplit si IKEA Matanya, tapi belakangan yang selalu dipake cuma tempat makan ama sendoknya. Tempat minum juga jarang kepake soalnya doi kan minum air pake sedotan, kadang udah pake gelas dewasa aja. Doi ga betah euy dipakein BIB. Nah, sebelumnya gw juga udah beli high chair seri Antilop dari IKEA juga. Murah meriah bangeedds loh cuma SGD 29 udah bisa bawa pulang HC ini. Pilihan gw jatuh ke antilop karena ini murni kursi makan. Gak bisa di recline, ada traynya, gak ada busa, gampang banget dibersihkan bisa dicuci yang pasti. Buat gw kursi makan ya kursi makan thok, kalo mau duduk santai kan udah ada bouncer, bisa di recline. Kursi makan itu kursi buat kotor2an jadi ya ndak perlu fitur macem macem. Kadang gw heran ada yang mau beli kursi makan yang harganya ampe jut jutan.. Padahal bayi betah duduk di HC selama makan doang. Apalagi kalo udah gedean bayinya. Mana mau lagi doi duduk lama lama di HC.


IKEA Mata en IKEA Antilop kompakan ya
Ujug ujug gegara Shaq ga betah dipakein BIB  ya sudahlah gw beliin IKEA Kladd Prickar. Nah, pake BIB yang ini baru anteng, soalnya ngga bisa dibuka karena bentuknya kaya baju. En baju di dalam aman banget dari tumpahan makanan. Punya si Kladd Prickar ini cuma dua biji sih, secara harganya lumayan jugak. Haahahaha.. Tapi kualitasnya bagusan ini dibanding yang dijual di toko baby. Kladd Prickar ini gampang banget loh dibersihin.


IKEA Kladd Prickar, baju bebas kena tumpahan makanan
Untuk nyimpen bahan makanan, gw akhinya beneran beli juga IKEA Pruta. Bahkan akhirnya gw jualan IKEA Pruta ini ampe sekarang. Heheu. girang deeeh.. Bener bener membantu lah kontainer plastik ini. Apalagi box kecil kecilnya. Cukup pas untuk menyimpan satu porsi makanan bayi.


IKEA Pruta bikin kulkas rapi,
Pas buat simpen MPASI ya
Udah kekumpul beberapa alat, awalnya gw keukeuh pake alat tradisional buat ngalusin makanan shaq, kaya parutan dan saringan. Tapi cuma bertahan seminggu gw kapok secara makan waktu banyak banget. Gw jadi keteteran sendiri. Pagi pagi jadi buru buru banget. Sedangkan yang namanya puree buah itu kudu fresh, ga bagus juga anak gw dikasi buah beku, pan juga ga direkomendasikan. Finally searching lagi deh yang namanya food processor. Kalo beli wasabi si Avent yang bisa steamer sekaligus blender itu, gak kuat dikantong gw. Sayang amat 2jeti cuma kepake beberapa bulan. Paling banter sampe Shaq umur setahun. tanya tanya lagi ke forum, kalo pake pencacah daging itu buah ga bisa halus sempurna. Akhirnya gw coba pake blender yang ada di rumah. Alamaaaak, ternyata kegedean en ga worth banget buat makanan bayi. Secara porsi bayi dikit amir, masa pake blender yang ukurannya 2L. Boro boro makanannya jadi alus, pisonya muter muter doang kaga keruan. Coreeeet....

Setelah capek berkelana, akhirnya gw cek di TUM. Ternyata Avent juga ngeluarin blender versi mini khusus MPASI dan dari review seorang mama di TUM, mini blender ini recommended banget. Semua masalah MPASI bisa selese hanya dalam itungan detik. Tapi pas liat harganya, ya amploooop.. Worth  banget ama harganya, di asibayi kena hampir 800 rebu. wkakkaak.. Tambah nangis guling guling dah. Nunggu flea, jarang yang make otomatis jarang yang flea juga.



Sekarang jadi Blender kesayangan
Iseng ke ebay.. Mungkin jodoh ya, gw nemu seorang Singaporean yang flea kan mini blendernya Avent. Tadinya dia kasih harga 50 SGD sekitar 500rebu, ternyata gw tawar 40SGD maulah dia. Hahaha.. Alesan dia jual karena bini nya maunya pake yang langsung ada steamernya alias mereka udah beli itu Avent wasabi. Omaigod, orang sono mah beli gitu2an ga mikir rugi ya wakakaka.. Karena barangnya kudu di pick up di Singapore dan kebetulan gw lagi ada kerjaan di Singapore, janjianlah gw ama Mr. Tan ini di Ang Mo Kio. Pas ketemu, ternyata orangnya masih muda lo. Langsung aja deh tu si Mini blender berpindah ke tangan gw. Dikasi bonus 10 biji Avent food container yang gw udah cita citakan beli itu (horeee, ga jadi beli malah dapet gratis) plus 2 botol minum BPA Free sama Avent shooter alias empeng. Hahaha, masih ada label harganya pulak. Karena Shaq ga pernah pake empeng jadinya tu empeng nangkring manis aja dah di lemari gw ampe sekarang. Untung banget dah gw kali ini. Secara food container avent yang 10 biji itu kan lumayan mehong juga, sekitar hampir 200rban sendiri.

Sejak itu si mini blender ini fungsional banget deh. Ga ada lagi masalah MPASI. Shaq bisa dapet fresh buah tiap hari. :)


Pas gw ke Singapore, gw juga jalan jalan tuh di supermarket hardware murah meriahnya. Nemu mini container kaya begini. Pas buat nyimpen daging/ikan sekali makan. Enaknya masing2 ada tutupnya jadi kalo ngeluarin isinya per kotak gitu ga khawatir kotak lainnya bakal terkontaminasi.



Lucu, dipake buat simpen daging or ikan sekali porsi masak

Dan masih di Singapore, akhirnya nemu deh ice tray bertutup yang lama gw idam idamkan. Murah lagi harganya. Dan yang pasti BPA Free boook.  Gw beli 2 biji yang model kotak, sama satu biji yang model panjang. Suer, ini kepake banget lo buat nyimpen puree MPASInya Shaq.



Ice tray with lid
Oh iya, waktu itu gw pernah dapet orderan IKEA STAM peeler yang buat ngupas. Pas gw orderin ke IKEA Store, gw lebihin lah buat gw sendiri. Eh ternyata useful banget lo. Ngupas ngupas jadi cepet banget en gak takut luka. Jadilah sekarang si peeler ini menjadi alat utama dalam pembuatan MPASI Shaq. Kualitasnya oke punya ya, Gak mahal mahal amit tapi sampe sekarang ga patah, ngga karatan. Stainless steelnya bagus. 


IKEA STAM Potato Peeler, Pic taken from here

Trus, karena gw agak agak dongdong dalam hal nakar menakar gw juga purchase IKEA STAM measuring cups ini. Jadi kalo nambahin bahan A setengah sendok, sekian mili, bahkan nakar beras buat nasinya Shaq juga pake ini lo. Helpful sangat.
IKEA STAM Measuring Cups, Pic taken from here
Hm.. Apa lagi ya?

Tempat makan Shaq cuma nambah si Sassy biru, itu lo tempat makan bertutup yang ada sendoknya. Gw beli seharga 60rban di toko baby di Nagoya Hill. Tempat makanan ini ada 2 kompartemen di dalamnya. kayanya dih pas buat naruh nasi dan lauk. Gak begitu kepake sih karena ga cukup buat bekal Shaq sehari hari. Gw cuma pake ini kalo lagi bawa Shaq jalan jalan aja.  Dirumah selalu pake si IKEA Mata.


Sendoknya udah ilang di daycare
Trus pas Shaq umur 7 bulan, makannya udah mulai 3x sehari. Gw beli food container PUKU ini yang kaya rantang 4 tingkat. Biasanya sih ini 'rantang' dipake buat tempat susu ma bu ibu, tapi berhubung Shaq miminya Asi jadi si rantang ini gw pake buat bekel ke daycare. Pas banget deh lantai 1 isinya pure buah buat sarapan pagi. lantai 2 sama lantai 3 isinya makanan berat plus lauk lauk. Lantai 4 isinya puree kaya puree labu kuning, labu jepang atau ubi. 


Pic taken from here
Oh iya, waktu Shaq mudik ke padang pas umur 2 bulan, Shaq gw beliin Natur Cutlery ini. Sendoknya bahan silikon jadi gak bakal bikin mulut bayi kejeduk. Lebih soft aja sih. Tapi ternyata Shaq ga bisa dikasi makan pake sendok ini. Terlalu soft en sedikit banget makanan yang bisa masuk mulutnya secara sendoknya tebel en rada letoy ya bow.


Pic taken from here


Finally gw beliin IKEA Borja yang seri cutlerynya. nah, ini sendok mantep banget buat nyuapin makanan ke mulut Shaq. Pas gitu en makanan bisa masuk langsung banyak. So, sekarang kalo ke daycare gw bekelin si Borja ini sama sendoknya IKEA Mata yang ijo deh. 


IKEA Borja. Pic taken from here
Udah deh, itu doang peralatan tempur MPASI Shaq. ga neko neko kan? ga usah panik (halah, kaya gw dulunya yang ga panik aja. Hahahaha).. MPASI itu ga seribet yang kita bayangkan kok. Wkkwkwwk..

Oh iya, hampir lupa. Karena gw ga expert memasak, akhirnya gw beli buku si Pak Wied ini. Recommended banget loo.. Bisa punya menu MPASI sampe anak umur setahun loooh. 125rebu di Gramedia.



Penyelamat gw ketika otak buntu ga punya resep


Selamat Hunting ALAT MPASI ya... Jangan kalap belanjanya.


__,,__


12 comments:

  1. Mba mau dong beli ikea pruta nya... ini asli kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ori say, bisa WA ke 082169699989 yaah..

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Uni..Salam Kenal..TFS ya..lagi mau prepare MPASI juga nih buat baby Al. Jadi berkurang paniknya setelah baca ini..he..he..btw Shaq daycarenya dimana? Di Batam kan yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo. salam kenal juga ya say.. iya dibatam sini daycarenya. dirimu stay dibatam juga kah?

      Delete
  3. Uni..Salam Kenal..TFS ya..lagi mau prepare MPASI juga nih buat baby Al. Jadi berkurang paniknya setelah baca ini..he..he..btw Shaq daycarenya dimana? Di Batam kan yah..?

    ReplyDelete
  4. Mbak, mau tanya dong.. Daycare di batam apa ya? Search di google ga nemu.. Boleh minta nomernya? Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak, ada Aqisch di Rosedale link nya http://www.aqilglobalislamicschool.com/2013/04/welcome-to-aqisch.html

      ada Al-fams di batam center, sekupang tiban

      ada lagi di mega leganda, saya lupa namanya

      Delete
  5. Mbedain ikea asli sama palsu gimana mom... lagi banyak promo ikea murah

    ReplyDelete
  6. Mbedain ikea asli sama palsu gimana mom... lagi banyak promo ikea murah

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete