Tuesday, August 2, 2011

Hunting., Prepare.. Manfaatkan Internetmu yaks,, Nikah ga terlalu rempong deh.. !!



Masih cerita seputar persiapan pernikahan gw dan Jacky.. Kali ini gw bakal bahas hal hal yang berhubungan dengan persiapan pernikahan dan resepsi.. Gw juga bakal kasih tau readers semua vendornya dimana en prosesnya kaya apa. Ok, let’s we start. 



1.       Kamar Pengantin
Mungkin bagi sebagian kamu kamu semua merasa aneh dengan satu point ini,, loh kok kamar pengantin harus disiapin banget?? Yaps,, sepanjang perjalanan idup gw cuman di Minang, kamar pengantin itu harus di pamerin.. Gak tau kenapa.. Agak agak janggal.. gw pun ngerasa kaya gitu,, kenapa sih, hal ini menjadi suatu point penting? Kenapa kalo di padang kondangan, tamu2nya pada suka ngintip ke kamar pengantin en then berbagai macam komentar keluarlah dari mulut mereka.. Dan ini jugalah satu factor yang bikin menikah di Padang terasa lebih mahal ketimbang di tanah jawa sana… Ya,, satu set kamar pengantin aja gak kurang dari sepuluh juta-an.. Gw pernah search di padang awal tahun 2010 lalu, satu set yang agak bagusan itu di bandrol 10 jutaan.. kalo yang minimalis itu sekitar 12jutaan,, giliing,, kalo gw nikah di Jakarta ato daerah lain yang bukan padang, itu duit bisa bayar DP rumah baru dan langsung lunas.. ahahahha… 

Untuk yang satu ini, untungnya gw dah prepare dari setahun yang lalu,, dan gw pesen dari Jakarta, soalnya di padang kebanyakan harga mahal kualitas abal abal.. Merek ga jelas, tapi karena di sana penampakan itu yang paling penting jadilah orang memberikan harga yang lumayan tinggi untuk sesuatu yang kualitasnya ga jelas cuman bentuknya aja bagus.. Sorry, gw bicara fakta loh, bcoz gw dah survey sendiri.

Furniture utama untuk kamar set adalah Tempat tidur, Lemari en Meja Rias,, kadang orang suka nambahin nakas kiri kanan buat tempat lampu bobo, tapi karena kamar gw ukurannya seuprit jadilah itu tambahan furniture di hilangkan saja.. Untuk spring Bed, gw beli yang  kualitasnya agak lumayan lah,, ga jelek2 amat,, ada garansi 10 tahun, en yang pasti kualitasnya udah jaminan. Comforta Gold Pedic jadi pilihan,, modelnya minimalis banget,,, pas ama konsep kamar pengantin gw.. sempat search di padang untuk harga barang ini, tapi ternyata bedanya jauh sangat sama Jakarta. Sampe 1 jutaan bedanya..  di Jakarta 3,2 juta di padang 4,5 jt waktu itu.. gila kan bow,, kemarin sempet search lagi, harganya udah 5jt di dealer resmi comforta.

Trus untuk lemari, gw ga mau beli lemari yang bahannya compact board, jelek bahannya,, ga water resistant, kena air langsung gendut kaya kerupuk :D .. bukti nyatanya adalah meja belajar gw hadiah dari bokap gara2 gw dapet juara satu dulu waktu kelas 3 esde.. (Cie elah,, juara kelas,, ahahahaah) waktu rumah kita kebanjiran, melayang lah itu kaki si meja,, jadi gendut.. untung bokap gw kreatip,, dipasangin kayu lain jadi tu meja masih tetep bisa dipake. Makanya gw pilih lemari dari kayu.. Dan ini juga gw akhirnya beli dari toko yang sama di Jakarta juga,,, Lemari yang designnya super minimalis 3 pintu en sliding door, biar hemat tempat.







Buat meja rias, gw pake produk Siantano, kebetulan designnya klop banget ama comforta en lemarinya. Jadi ya udahlah,, gw beli 3 produk ini.. Si koko yang jualan kasih bonus bantal dari comfortanya 6 biji, trus bonus laci kecil buat nyimpen harta karun dalam lemari.. So far, gw puas banget ama service dari koko.. 

Vendornya Subur Furniture, mungkin kalo yang dijakarta ada yang tau ya, tokonya lumayan gede di daerah Roxi mas, bisa ceki2 di www.suburfurniture.com . Ada lagi sih di Candra karya boo.. tapi waktu gw survey kesana lumayan tinggi harganya, satu set ampe 10jutaan,, emang bagus sih.. Tapi buat gw ga perlu bagus2 amatlah,, yang cukup aja dan ga malu2in,, toh gw juga ga bakal stay di padang.  
Urusan pengiriman si Koko dari suburnya yang ngurusin,, jadi gw tinggal transfer en kasih alamat. Dan Alhamdulillah barang2 itu selamat sampe di padang. Untuk Ongkir fee ga sampe 1 juta cuman 950rb aja.. barang sampe rumah ya. Bokap Nyokap gw aja mpe kaget pas barangnya nyampe,, hehehe,, soalnya gw sengaja nga ngasih tau mereka..

Oh iya, kalo lo mau purchase barang2 ini, lo harus perhitungkan kesediaan tempat dan ukuran kamar lo juga.. jangan Cuma mikir bentuknya bagus pas lo cobain setting di kamar pengantin yang ada gak muat cuy.. sayang khan.. Minta dimensinya dari yang jual dan lo coba gambar untuk settingan pemasangannya. Kalo cucok en suitable langsung bungkusss..!!

2.       Pelaminan & Pakaian Pengantin

Resepsi acara kami berlangsung dua hari, hari pertama May 7th, 2011 di Rumah gw, en then hari kedua May 8th, 2011 langsung nyambung di rumahnya Jacky. Pokoknya tiga harian deh semua prosesinya sama nikahan.. Makanya musti siap fisik en mental, kebayang kan 3 hari capeknya bakal kaya apa.. Harusnya di hari sebelum nikah gw totally take a rest, tapi berhubung masih banyak perlengkapan yang blom selesai, gw harus berjibaku bersama Jacky untuk berburu barang2 yang diperlukan di seputaran kota Padang.

Pelaminan nyokap ama sepupu gw yang nyari.. dan untuk urusan ini gw gak ikut2an sama sekali.. terdiri dari tenda komplit,, pelaminan minang,. 2 stel pakaian marapulai anak daro komplit, kelambu di kamar pengantin komplit juga plus alat2 masak secara kita decided untuk masak sendiri ga pake catering.. Jadi nga  repot lagi lah yaw… Tendanya kaya tenda balon kata orang2, sampe sekarang gw masih ga ngerti kenapa tenda kaya gitu dinamain tenda balon.  Warnanya Ijo Kuning, ternyata ijo ngejreng ketemu kuning ngejreng cakep juga yah, Trus plus dengan ucapan selamat dateng, kursi plus meja en sarungnya. Tendanya ada 4 biji, disambung2 secara rumah gw adanya di gang senggol. Gak senggol2 amat sih, tapi kalo mobil masuk dua biji papasan ya jadinya senggol2an.

Peralatan masak juga komplit, mulai dari dandang buat masak nasi, sampe panci en kuali yang segede antena parabola itu,, blom lagi sendok2 kayu buat ngaduk,, juga diprovide sama vendor gw ini. Beruntung, nyokap en bokap termasuk orang yg sangat sangat friendly, jadinya tetangga sekeliling turun tangan buat urusan dapur dan masakan. Berhubung rumah bokap gw (ya iyalah, itu rumah kan bokap gw yang beli) sangat2 sederhana en ga memungkinkan buat dijadiin tempat buat masak, ada satu tetangga gw yang baik bangeet, minjemin rumahnya buat dijadiin dapur. Terima kasih loh pak,, Jasa bapak ga terhingga. Alhamdulillah banget deh pokoknya..

Untuk pelaminan, kami pake pelaminan komplit,, itu ribet banget deh kayanya masangnya.. Sampe setengah dari luas living room dirumah gw yang ga seberapa itu  kepake… Berlapis lapis. Tapi bagus euy, kesannya meriah banget gitu.. hihi.

Pakaian Pengantin, seperti biasa di adat minang, kita pake pakaian adat Minang, Sengaja gw request 2 warna, merah dan item,, bcoz Jacky suka merah coy,, dan gw juga mau pake merah karena ini warna asli adat minang,, jadi gw ga tertarik buat pake yang warnanya udah dimodif kaya ijo, pink, biru.. Jadi aneh menurut gw,, kalo item masih masuk warna dasar adat minang ya, bcoz warna dasar itu ada 3, merah, kuning, item (kaya bendera jerman), sama kaya warna marawa. Apa itu merawa?? Pasti banyak yang ga tau,, itu bendera khas minang, kalo di jawa sama kaya janur gitulah.. Tapi kalo ini dari kain bukan lagi daun kelapa.


Untuk vendor pelaminan dan Perlengkapan pengantin, gw pake jasanya Rancak Pelaminan yang dari Kurao – Padang. Lumayanlah kalo urusan pelayanan.. tapi nih sedikit tips buat2 lo yang bentar lagi mau nikah, pilihlah vendor pelaminan yang lokasinya deket ama tempet pesta lo,, kenapaa?? Bcoz yang gw alamin kemarin,, ketika ada barang ketinggalan rempong boo jemputnya,, nunggu lama.. jadi kalo deket kan enak jadi praktis gituh,,, ya gak.






Untuk resepsi dirumah Jacky, gw pake yang namanya selayar,, hihi,. Itu loh pakean pengantin yang ala barat itu,, kaya putri raja deh, gw suka banget,, gaun yang kembaaaang banget sampe bagian belakangnya itu bisa nyapu lantai sampe beberapa meter.. yang nyariin kakak ipar gw en tanpa ukur2 alhamdulillah ukurannya passss banget deh.. seneng banget akhirnya kesampaian juga bisa pake baju2 putri raja gitu,., wkwkwkw







Dan urusan tenda, pelaminan, pakean, masak2,, keluarga gw gak ikut2 sama sekali, bcoz emang perjanjian dua keluarga kaya gitu,, selesaikan alek masing2, tanggung jawab masing2.. Cara ini jauuuuuh lebih adil dan mudah menurut gw.. Beruntung, keluarga Jacky, mama papa mertua gw ga banyak ina ini itu,, Mereka sangat memudahkan urusan kami.. Tidak ada ego yang bermain dimana satu pihak harus begini begitu terhadap pihak lain. Kalo bisa dipermudah, kenapa harus dipersusah,, ya gak?

3.       Souvenir
Untuk souvenir, gw emang rada banyak cingcong dikit,, karena why? Gw ga mau yang pasaran,, dimana2 orang pake towelcake,, wuidiih,, dan sayangnya sekali pake langsung somplak,, akhirnya gw coba2 hunting keramik lucu2 gitu.. murah euy,, harganya cuman 400rban untuk 300 pcs,, buttttt,, ongkirnya 400rb,,, mampus gak?? secara petinya berat banget.. buat kamu2 yang ada dijawa enak banget nih, bcoz lokasi tempat bikin keramiknya deket kamu jadi bisa dapet tanpa ongkir.. gw waktu itu nyarinya di Dhani-Craft Jogjakarta,, lumayan bagus en harganya kompetitif tapi gw ga kuat di ongkir..
Walhasil, gw akhirnya pilih yang lain deh,, ada 3 macem tuh souvenirnya..

a.       Sumpit (gw pikir yang ngasih sendok udah banyak banget jadi kasih ini deh,, bisa dipake berulang2 pulak, ini paling laris.. hihihi)
b.      Sapu tangan batik besar (biar bisa dipake, ga kaya towel cake yang dijadiin kain lap meja sekali pakai)
c.       Flower Soap mini (ini ga tau deh,, tapi gw pesen karena bentuknya lucu ajaa
d.      Magnet kulkas (ini cadangan, kalo nanti kurang)
 
Untuk 3 item diatas, gw dapet di  www.asemka.com (boo,, mostly semua vendor pernikahan  gw terhubung via onlen yaa, secara gw hidup ditengah hutan bintan yang ga ada apa apanya). Murah meriah tuh,, all items cuman 500rban dah plus ongkir.. dapet 400 biji deh.. dan alhamdulillah souvenir ini akhirnya abis semua,, it’s mean tamu kami lumayan rame yg dateng.. :) Souvenirnya dikirim via paket Lorena yang ESL itu, pokoknya gw tinggal tau beres pas itu souvenir nyampe rumah en nyokap ga repot lagi.

4.       Musik & Hiburan
Wah, kalo ini gw ga ikut2… semua yang ngurusin nyokap en bokap.. ada 2  sesi hiburan yang disediain,, Yang pertama “Organ Tunggal”.. weiitss,, kalo ini dah pasti ya tiap ada pesta pasti ada.. Yang kedua tuh hm..”Rebab” .. oho.. semalam suntuk nih.. kenapa rebab? Ini murni permintaan dari bokap gw secara beliau cinta berat sama musik tradisional yang satu ini.. Rabab pasisia,, semalam suntuk, pas malem sabtu besoknya mau resepsi dirumah gw.. gw sempet nikmatin tuh ampe jam 12 malem biz itu mata gw dah ga kuat,, sedangkan bapak2 lainnya masih stay dengerin tuh musik ampe pagi.. Yang dipake tu Rabab Pasisia asli dari pesisir selatan secara nyokap gw asli dari sana ya boo.. biayanya kalo gw ga salah sekitar 1,2jutaan gitulah buat semalam suntuk,, ga tau pasti..  Buat kamu2 yang mau liat performancenya si Rabab Pasisia ini, boleh deh klik dimari.
Numpang sumbang suara yang serak serak becek ini ya..
Kalo organ tunggal kebetulan emang didaerah rumah gw ada satu organ tunggal yang bagus banget,, alias emang udah terlatih orangnya.. jadi lagu apa aja dia bisa en bisa nyesuain suara yang rada2 becek.. kaya suara gw.. hihih.. pokoknya gw  satisfied ama pelayanannya,, bcoz emang bener2 menghibur en jauh dari goyangan artis yang bajunya kurang bahan,, sopan2 boo penyanyinya.. emang seharusnya gitu kali yaa,,, kalo suara emang dasarnya keren tanpa dibumbui goyangan seksi jauh lebih indah..  dan yang nyumbang lagu juga banyak,, termasuk gw.. wkkwkw,.. iya,, gw sempet naik panggung pas pake pakaian anak daro,, mumpung udah sore en tamu udah mulai sepi,, akhirnya sekitar jam setengah 6an itu gw naik panggung ama Jacky, ada 3 lagu yang dinyanyiin.. western 2, minang atu,, ampe bener2 becek itu suara,,.. Untuk organ ini kayanya abis sampe 1,5jutaan deh.. Tapi yang pasti seneng en menghibur..
Hm,, apa lagi yah yang blom di bahas?? Hm,.. kayanya prosesi baraleknya yaa,, Okee,, next post yah,,, yang ini udah panjang banget,,, ntar lo pada bosen lagi bacanya.. (emang boseen kalllii :D)

No comments:

Post a Comment