Sunday, August 12, 2012

12 Jam di Singapore (Part 3)


Part 3 nih.. Akhirnya gw bisa lanjutin nulis dirumah. Buat yang blom baca cerita sebelumnya bisa ke sini dulu untuk Part satu atau kesini untuk Part 2

__,,__

Selama di bus 60, gw tetep message Ate Mel via fesbuk. Oh iya, Gw baru sadar lo kalo internet di BB nyala terus. Padahal gw gak daftar paket apa apa untuk bisa ON di Singapore. Gak taulah, Kayanya sih Axiata sama provider di SG sodaraan, jadi kalo untuk urusan internet ini fine fine aja. Sinyalnya kuenceeng banget deh. Semasa gw pegang ini BB, baru di singapore lah gw ngerasain en nikmatin banget inet super cepet. 

Sesuai dengan advice dari Ate Mel, kalo gw musti turun di stesen kelima dari Eunos. Tepatnya di halte Bedok Reservoir Rd Blk 646. Dan pas turun gw liat Ate udah nungguin gw. Selamat deh ampe tujuan.. Masalah si EZ-link Card tadi juga blom kelihatan secara pas gw turun langsung tap out en it's fine fine aja.


Nginep Disini nih,, :)
Kami langsung ke Flatnya Ate.. Waah,, ada dilantai 6 dan  flatnya langsung menghadap ke jalan besar. Deretan Flat terpampang rapi. Cantiiik banget deh. 

Gw taro barang dan gw dikenalin sama house matenya. Ada 3 kamar en rata rata sekamar 3 orang. Pas gw tanya tanya, per kepala kena  $350. wuiih, hampir 3 jeti untuk sekamar bertiga. Sebegitu tingginya ya biaya hidup di SG. ck. Ck.. ck.. tapi worth laa dengan gaji pekerja disana :D . Mereka nawarin makan bareng sih. Tapi si Ate kayanya ngerti en bilang ke Housematenya kalo kita mau makan diluar aja. See, rata rata pinoy suka makan en masak babi bo. Dan untunglah Ate pernah tinggal di Indonesia jadi sedikit banyak dia ngerti habitnya orang Indonesia. Housematenya juga nanya gw orang apa. Ate Mel jawab, gw 20% pinoy and 80% indonesia.. wkakaaka.. Pinoy dari mana atee?? Tapi housematenya pada percaya. En nanya gw bisa bahasa pinoy gak. Yeaaah.. absolutely engga laaa.. Gw taunya Cuma “salamat” “sigi sigi” doang.. qeqeeqe

Eunos eating House
Ngga abis.. Porsinya ngga nahan
Kita langsung keluar makan,, Giling sejak buka puasa dengan sebotol teh di atas ferry, gw blom makan apa apa. Otak terfokus sama Expo sih. Di deket sono ada kaya pujasera gituh. Tapi ya kudu ati ati sih, mostly pada jual makanan mengandung babi. And you know that It’s forbid for moslem like me. Nyampe sana, ternyata ada booth makanan khusus moslem. But unfortunately, makanannya udah habiiiis :(

Ate Mel kasih tau gw, gw bisa makan seafood. Becoz mereka ngga pake babi sama sekali. Ya udah, gw pesen nasgor ayam. Oh iya, disini kalo beli makanan bisa pilih porsi. Ada small, medium sama large. Kalo elo makan banyak pilih large aja daripda beli dua porsi yang small. Harganya lebih hemat.Duh, itu pujasera masih rame banget. Padahal udah malem. Rata rata sih etnis China ya.. Singapore kan multi etnis, sama kaya batam, tapi kebetulan di pujasera sini keliatan sipit semua :D
Untuk 1 porsi nasgor ayam small, harganya $4. Minumnya Ice lemon tea. Dan itu bener bener enaak banget Ice lemon teanya. Lemon teanya beneran loh, kaga kaya pujasera bintan yang lemonnya itu sirup ABC qeqeqeeq :D . Satu porsi lemon tea sekitar $1.2 . Urusan makan di Singapore emang rada rada mahal. Bukan rada, tapi mahal banget :D Di pujasera sehemat hematnya elo gak bakal kurang dari $3 sekali makan. Dikonversi ke rupiah sekitaran 22ribu. Dan dengan uang segitu di Indonesia elo udah bisa makan apa aja di Rumah Makan Sederhana plus "tambuah banyak" ...

Sikat Gigi Termahal yang pernah gw beli. $2 buat Oral-B standar

Deket pujasera juga ada minimarket kaya 7Eleven. Kita jajan lagi disit Dan disinilah untuk pertama kalinya gw tau kalo di Singapore itu barang barang consumer goods harganya sangat mahal. Cuma disini gw pernah beli sikat gigi Oral-B Standard seharga $2 alias 15rebu. teng nooong. Mata gw keriting pas liat harganya. Ini beneran gak sih?? Secara di Indonesia gw bisa dapetin sikat gigi sejenis cuman seharga 4rebuan.. hahaha.. Pantesaaan orang singapore kalo ke batam pada suka jajan di hypermart. Mborong… kemarin aja pas gw berangkat ada satu cewe, kayanya sih orang singapore ya.. Jajan consumer goods seplastik penuh di Hypermart Batam center en itu dibawa ke Singapore. Satu kapal berangkat ma gw. hedewww… panteess kalo weekend nagoya hill penuh ama orang sana semua :D
Roti kesukaan gw juga dijual disini,, tapi lebih mahal ya.
Next kita pulang en then gw mandi, sholat Isya yang dijamak ama maghrib tuzz bersiap bobo. Dan jam di BB udah jam 00:00 .. weeiiss. Kok cepet banget ya malem  di Singapore. Gw ngerasa blom jam bobo gw. Perbedaan waktu 1 jam yang cukup signifikan en gw blom biasa sama kondisi ini. Mata ngga bisa diajak kompromi. Melek mulu. Huh!! Trus yang gw rasain lagi.. Ini kaki senat senut.. Baru berasa deh capenya. Dan gw gak tau udah berapa kilometer gw jalan hari ini. Ngejar2 MRT, pindah stasiun yang lumyan jauh.. Pantesss orang singapore itu jarang yang gendut yah?? Tiap hari olahraga mulu.. Jalan kaki..
Akhirnya bobo juga, entah jam berapa lah itu. Jam di henpon en di BB akhirnya gw sesuaikan dengan Waktu Singapore. Gw setel waktu sahur jam setengah 3. Duh, waktu itu weker bunyi, gw Cuma makan Roti 2 potong plus air putih. Si Ate bilang, apa gw mau goreng telor, gw bilang engga usah. Lagian ni badan males banget beranjak dari bed. Hihi.. Air putihnya langsung dari kran en masukin botol..  Ya, di Singapore tap water mereka udah memenuhi standar air minum, jadi air keran bisa langsung minum. Kaga perlu galon, kaga perlu masak pake panci lagi :D Malam itu gw sahur seadanya. Beruntung dah malemnya gw makan banyak jadi ga terlalu lapar.

View from Ate Mel Apartment.

Abis itu gw tidur lagi.. Suer gw nga tau musti sholat subuh jam berapa. Tapi yang pasti jam setengah 6 waktu singapore gw bangun, mandi sholat subuh. Entah udah masuk waktu sholat apa belom. dengan arah kiblat yang entahlah.. hanya Tuhan yang tau kalo gw niat tulus buat ibadah, even kiblatnya ntah kemana.
Bis sholat langsung walking walking lagi menuju stesen bis dianterin Ate mel, bisnya langsung dateng. Dan gw pisah ama ate mel disono.. huhuhuu.. ate mel baik bangeet… Nanti kalo ke batam, mampir ke rumah gw ya ate.

Kudu Gape Baca Information Centre di stesen biar ga nyasar
Nah, masalahnya itu muncul ketika di bis 60 ini. Pada saat gw naik, gw tap in EZ-link card gw, en gw gak liat monitornya, sukses apa ngga. Yang pasti gw langsung duduk aja deh. Pas turun.. Ezlink gw error!! kagak mau di tap out.. hadoooh.. gw kaget… langsung ke tempat drivernya. Gw coba tap out lagi.. error lagi. Hadooh.. Gw langsung bilang ama drivernya yang kebangsaan India.. “what’s goin on with my card?” trus gw tap lagi “see??” dia langsung ngibas ngibasin tangan.. Suruh gw turun  aja.. wadooh.. tanpa ba bi bu lagi gw langsung loncat turun.. sebelumnya bilang “Thanks sir” sama dia.. uhuuy.. selamat... Waah, drivernya baik deh.

Gw gak tau kenapa error tapi mungkin salah satunya ya karena salah tap out semalam.  Kenapa gw deg degan? Ya lah.. Singapore ini negara denda. Apa apa denda.. Merokok di non smoking area denda, bawa duren di atas MRT denda, ngeludah sembarangan denda, metik bunga denda.. Mungkin Cuma kentut sembarangan aja yang blom ada peraturan dendanya secara ngebuktiinnya susah :D Kan gak lucu kalo gw di gak bisa pulang malah berurusan sama pengadilan gara gara Ez-Link Error. Trus dendanya ngga tanggung tanggung. weh... Ngabisin gaji gw setahun.

Photobucket


Deg degan, ge cek lagi saldo EZ Link gw. Alhamdulilah masih $3.8.. hihihi, Tap in lagi masuk station eunos dan nyari lagi kereta jalur ijo menuju Outhram Park. Jalan kakinya itu booo, di Eunos ngga terlalu jauh sih gerbang keretanya. Yang agak jauh itu pas transit di Outhram Park menuju Kereta jalur ungu yang ke Harbour Front. Aseli. Itu sempetlah bikin gw keringetan… Kelar dari MRT horbour front ketemu VivoCity lagi, Dan lagi ke dong dongan gw mulai. Bukannya belok kanan langsung ke Cruise Center, gw malah masuk ke Vivocity. ya nyasar lagi lah.. ahhahahhaha…
Ternyata ini antrian mau ke Sentosa Island, bukan ke batam.. dong dong :D

Morning Singapore
Nyasar gw ke bawah sini padahal Cruise centre diatas

Sampe tanya tanya petugas baru dikasih tau kalo gw harusnya ke Cruise center. Menuju cruise center pun nyasar, malah salah masuk gedung. Ke Kantornya harbour Front en hampir masuk ke HSBC.. Di jembatan menuju HSBC gw liat ada orang ngantri panjaaang banget,, gw pikir itu antrian orang yang mau ke batam. Gw langsung kalang kabut. Maak.. kagak dapet ferry pertama gw kalo gitu. Tapi pas ketemu Cruise center, ternyata gw salah liat, itu yang tadi ngantri adalah orang yang ngantri cable car mau ke sentosa island,  wakakakak.. onengnya gw pikir semua yang ke harbour front pada mau ke batam. Padahal banyak tujuan lain. Ada yang mau ke karimun, ada yang mau ke pulau pulau lain, Engga batam doang gituh :D Untung petugas disana tanggap ya.Bener bener helpful.. ternyata eh ternyata Cruise center itu malah deket banget sama ViVoCity loh. dan tanpa sadar gw dah ngelewatinnya beberapa kali tadi..  dong dong lagi deeh!!

Waiting Room Harbour Front

Disini prosesnya lebih gampang. Abis Check in di Counternya Sindoferry en bayar Boarding pass $6 gw langsung masuk ke area imigrasi. Ruang Checknya lebih kecil en gak se WAH kaya di Arrival kemarin.

Truss mungkin karna gw mau balik ke negeri gw sendiri jadi ngga ditanya tanya lagi, Petugas imigrasinya bapak bapak, lebih ramah. Malah kaget pas dia tau gw sendirian.. "Alone?" dia tanya. "Yes" trus dia dengan muka kaget bilang " Are you sure??"

Hati Hati kalo bawa barang barang ini ya..


Liwat proses di Imigrasi, nunggu kapal di waiting room. Adoooh, itu entah gw yang ngos ngosan gara gara jalan kaki di pagi hari yang ngga biasa gw lakuin atau memang apa karena ACnya mati, waiting room rasanya panaaas banget.. Gw gak bisa gedain panas karena ngos ngosan dengan panas gak Ber-AC. Gak nunggu lama, jam 7:50 Singapore time boarding, jam 8:00 langsung deh berlayar..
Kalo pas pulang gini Ferrynya lebih cepet. Nyampe batam masih jam 8AM.. xiixix,, berangkat jam 8, nyampe juga jam 8 :D.

Masuk imigrasi batam center, lagi lagi gw kuciwa ama kinerja petugas kita. Karena gw pengen langsung ngantor, gw duluan lah keluar kapal en dapet antrian paling depan. Eh itu si petugas tukang periksa passport lagi asyik ngobrol ama yang tukang jaga gate. nyante bangeeet lagi duduk.  Apaa coba.. woii magabut aja sih lo. Disitu ada 2 loket. Satu loketnya lagi kosong. Antrian udah mulai kebentuk dibelakang gw. Ada sekitar 30 detik baru deh tu petugas imigrasi di loket satunya muncul. Nunggu dia beres2 berkas kerjaannya dulu baru gw dipanggil.  Wew… Kalo begini caranya, pantes ajaa negara kita ini kecolongan mulu. Masa ngga bisa bedain jam kerja sama jam buat nyante nyante. Gw setuju banget kalo posisi pegawai negeri ini di swastakan kaya di Singapore.  Biar etos kerjanya pada Joss, ngga makan gaji buta doang.. Kesianlaah, kami pekerja swasta ini loh yang bayar kamu kamu. Mbok ya kerja ya kerja. Beda banget ama imigrasi Singapore dimana petugasnya bener2 tanggap.. Ngga ada tuh kerja sambil ngalor ngidul.. kerja ya kerja. Even lagi sepi mereka tetep standby di meja mereka masing masing. You see?? Hermaan, kenapa pemerintah terlalu memanjakan orang orang macam begini.

Huff.. sudahlah. Yang penting gw dah balik ke Indonesia lagi. Petualangan 12 Jam di negeri Singapore yang bener bener amazing. qeqeeqe.. Kalo kata temen kantor gw, petualangan gila en nekad. Even cuma 12 jam doang tapi banyak hal yang bisa gw pelajari. sebagai bekal buat keliling keliling ke negeri yang lain.

Dah. ntar dalam mingu ini gw juga ada trip lagi kok ke Singapore… Tenang aja.. Gw pasti bagi ceritanya kok. Tunggu aja ya.. Bubbaay…

 __,,__

No comments:

Post a Comment