Saturday, April 7, 2012

Horeee,, Nu Hommie..

Cerita tentang perjuangan untuk bisa punya rumah sendiri..
Wah,, panjang.. hehehe
Iya.. dari dulu gw pengeen banget punya rumah,, ya gak musti gede sih, tapi asri, nyaman en minimalis aja.

Secara sejak gw keluar dari rumah bokap en nyokap di Padang, gw setia menjadi kontraktor alias ngontrak mulu kerjaannya..

Cerita punya cerita.. Kenapa gw mau certain tentang perjuangan punya rumah sendiri ini adalah karena emang rada berat biar punya.. 

Berawal dari akhir 2010 lalu, gw memutuskan buat beli 
salah satu rumah yang imut mungil di kawasan perumahan di batam center. Even gw waktu itu masih jadi manusia bintan di pulau sana. Tapi gak tau kenapa, gw mau banget beli itu rumah,.. 

Belinya diem2 sih, males aja ketahuan ama seseorang yang waktu itu masih jadi “pacar” gw..  Sampe2 untuk proses tanda tangan akta jual beli aja gw pulang hari batam bintan.. biar dianya gak tau.. Yaah, ada alasan sendiri lah kenapa gw gak mau dia tau..

Anyway, hal yang bikin gw memilih intuk invest property di Batam sini adalah, 

  1. Syarat untuk punya rumah gak memberatkan, secara DP bisa dicicil ampe setahun. DP untuk rumah yg gw beli DPnya sekitar 27juta dan itu bisa dicicil 15 bulan :D . Coba kalo dibandingin ama kota2 lain, kaya padang atau jakarta.. wah, mana ada developer yang mau kasih DP cicilan sekian kali,, yang ada ya DP harus dibayar dimuka .. dan buat orang2 kaya gw yang saat itu hanya ngandelin gaji mana mungkin gw bisa ngumpulin duit segitu dari gaji,, yang ada gajinya abis mulu, tiap bulan nafsu belanjanya lebih gede…
  2. Lokasi di Batam itu,, rata2 dimana mana bisa dibilang strategis,, becoz Batam kan pulaunya kecil, ujung ke ujung aja bisa ditempuh hanya 1 jam-an.. jadi lo tinggal di utara kerja di selatan juga gak bakal tua di jalan kaya Jakarta, lagian disini jarang banget macet,, paling kalo lampu merah dan itu di kawasan industry aja.. Pemerintah Batam kayanya udah mempersiapkan lonjakan penduduk dan pertambahan kendaraan, hal ini terbukti ruas jalan itu dibikin lebar lebar , even masih bernbentuk jalur ijo yang lebar banget. Jadi kalo nanti mobil udah banyak banget tinggal memperluas jalan. Pinggiran jalan utama juga ga boleh dibangun , jadi kaya spare buat nanti perluasan jalan.
  3. Kabetulan pas gw beli rumah yang ini, semua biaya2 mulai dari akad kredit, notaries, BPHTB, AJB, SGHB semua udah ditanggung ama developer, jadi kalo nanti akad kredit nga bayar bayar lagi deh.. hihihi.. Beberapa developer perumahan tidak menyediakan fasilitas ini malah ada yang cenderung menutupi bahwa si pembeli harus membayar ini itu pada saat akad kredit dan akhirnya karena ketidak tahuan ini, si pembeli gagal akad, gara2 tidak sanggung menyediakan dana untuk biaya ini itu pada saat akad. Biayanya gak murah lo, lebih dari 5 jutaan juga tergantung luas bangunan dan tanah.
  4. Pada saat gw beli rumah yang ini, harganya murah banget.. karena masih jarang, blom banyak yang beli. Gw beli aja kondisinya masih tanah kosong. Harga dasar rumah yang gw beli ini only 55juta, trus karena tanahnya hook, jadi total lah 89 juta udah include biaya ini itu.
  5. Gw yakin banget yang namanya bisnis property gak akan pernah mati, kecuali ada sesuatu yg buruk kejadian di daerah itu yaa.. Sebagai contoh ya rumah yg gw beli ini. Pada saat gw beli di 2010 lalu, harga basic 55juta, sekarang 1.5 tahun setelah itu jadi 98 juta untuk tipe yang sama.. wedeww,, udah hampir 2 kali lipat kan..

Anyway, sebenernya kemarin rada ada masalah dikit ama developernya gara2 KPRnya kecepetan di Approve .. xiixixi
Iya, jadiiiiii ceritanya pas udah cicilan DP ke 13, gw udah diminta ama si developer buat pengajuan akad,…. Akhirnya dilengkapilah atu2 syaratnya.. Syaratnya lumayan banyak loh sodara sodara.. Ini nih syaratnya :
  1. Copy KTP suami istri masing2 3 lembar (dan gara2 syarat KPR inilah gw resmi jadi warga Batam en punya KTP batam sekarang :D)
  2. Copy Surat nikah 3 lembar
  3. Fotokopi KK  3 lembar
  4. Pas photo 3x4 warna suami istri 3 lembar
  5. Fotocopy buku tabungan BTN
  6. Mengisi formulir pengajuan kredit BTN
  7. Surat keterangan kerja asli suami istri
  8. Fotokopi NPWP
  9. Slip gaji asli suami istri 3 bulan terakhir
  10. Copy SPT Tahunan
  11. Rekening Koran bank 3 bulan terakhir
  12. Materai 6000  jumlahnya 21 lembar (banyak banget ya boo :D)
Setelah semua syarat ini gw lengkapin, eh tauknya langsung di minta wawancara ama pihak bank  pas gw baru mau bayar cicilan ke 14, ga nyampe seminggu kemudian, orang developernya telpon, kalo pengajuan kredit gw di approved sama bank. Kebetulan gw ngajuinnya untuk jangka waktu 5 tahun aja. Dan so surprised juga bisa di approve secara minta waktu Cuma 5 tahun,, hihi.. 

Kemungkinan karena gw juga nyertain slip bonusnya Oriflame, makanya bisa nembus 5 tahun. Awalnya gak Pede juga, secara rata2 disekitar rumah gw yang di approve  itu yang kreditnya 10 tahun, bahkan ada yang 15 tahun.. 

Tips buat elo2 yang mau beli rumah juga, pada saat akad coba cek total pendapatan keluarga lo, dan bagi 3..  nah, jumlah itu lah yang akan menjadi acuan bank untuk ngasih jangka kredit berapa tahun. Misal, kredit 100juta, lo cek aja di website2 bank kaya Mandiri atau BTN. Kalo untuk jangka waktu 5 tahun cicilan perbulannya sekitar  2.3 juta, jadi pastiin gaji bersih lo 3 kali lipatnya. Sekitar 7 juta per bulan.. dan pastiin juga tidak ada cicilan hutang apapun yang nunggak, cicilan motor atau apapun, karena data lo ini akan terbaca di Bank Indonesia sebagai black list BI. Dan apapun jenis kredit lo gak akan di approve sama bank manapun (kecuali bank toyyiib.. mungkin masih mau approve :D) selama nama lo masih terdaftar di black list BI…
Kalo mau ngitung perkiraan cicilan kredit bisa meluncur kesini yaa..Kalkulator KPR BTN   atau  Kalkulator KPR Mandiri


Yah… pokoknya gw seneng banget lah pas kreditnya diapprove, secara yang gw takutin emang proses ini.. bikin parno takut gak lolos.. takut gak di app.. kalo gak di app.. yaaaahh,, batal lah gw punya rumah.. ^_^

Ini Waktu 5 bulan sebelum rumahnya jadi,, dibelakangnya masih pada hutan.. xixixi


Ini udah jadi,, cepet banget kan perkembangan daerahnya.. Jadi rame banget.. disekitarnya pun mulai bermunculan perumahan2 lain, jadi makin rame


Saking excitednya, Ini rumah gw bener2 kontrol tiap bulan pas pembangunannya.. hehe.. kadang gw ama jacky Cuma main aja kesana.. liat2in tukang kerja. 

Masalah sedikit datang pas mau akad kredit. Si developer gak mau gw akad kalo cicilan ke 15 blom dibayar.. aseli bikin kesel,, giliran sama bank gak ada masalah si developernya malah bikin masalah.. jiah,.. pan gw baru bayar cicilan ke 14.. moso mau bayar double.. langsung aja gw komplen ke developer,, bilang .. kenapa kemarin gw disuruh cepet2 ngasih berkasnya. Si developer berkelit dengan alasan, karena selama ini proses akad itu memakan waktu ampe 2 bulan, jarang banget yang kurang dari satu minggu udah di app… @_@

Huff mau gak mau akhirnya gw bayar juga itu cicilan ke 15.. dan sekarang kunci udah ada ditangan.. hehehe.. seneng banget akhirnya bisa pindah juga.. Jacky juga akhirnya setuju untuk pindah ngikut ke rumah yang di batam center, even jaraknya ke kantor lebih jauh daripada rumah yg kami tempatin sekarang..  gak join lagi sama anak2 kost.. Jujur banget,, gw ga nyaman satu rumah sama anak kost.. mending kalo anak kostnya bisa bawa diri,, yang ini,… hufft.. urut dadalah gw jadi ibu kost.. Yang lain sih baik, tapi yang satu ini.. ondeh mandeeh.. Stress tingkat tinggi gw sama orangnya.. Perasaan dulu waktu gw jadi anak kost gak segini nyebelinnya.. :D

Jadi sekarang siap2 deh pindahan en  pasang pengumuman, kamar bekas kami yang rumah yang di batu aji dikos kosin.. hehehehe,, ada yang minat kah??

No comments:

Post a Comment