Thursday, July 14, 2011

Mahar, NIKKAH dan SAH.. (2)

Udah lama ya ga nge-blog,, hehhe… sibuk cuy.. sibuk bisnis,, (ceilehhh,, :p) .. Iya nih, gw lagi getol2nya bisnis,, apa bisnisnya?? Nanti aja deh dijelasin,,, di sesi berikutnya ya.. sekarang masih ingin me-remind2 masa2 menikah dulu..


Okee,, ayo dilanjutken ceritanya.. oh iya,, ini episod kedua cerita tentang nikahan gw,.. yang pertamanya bole intip intip disini.

Nikah,,
Yap.. prosesi paling sakral dalam hidup gw… kenapa?? Karena ini pertama kali (dan insyaAllah yang terakhir) gw alamin,, dan ini adalah satu session yang akan mengantarkan gw ke babak baru dalam hidup ini. Jujur, gw sendiri pernah sih menghadiri upacara pernikahan temen gw, tapi karena gw ga nyimak secara detail jadi gw ga ngerti2 amat gimana caranya.. But, anyway.. disini gw bakal ceritain prosesinya kek gimana buat readers semua..


Kebetulan hari pernikahan gw and Jacky seperti yang disepakati jatuh di bulan may 2011. Awalnya gw mau april, tapi karena banyak pertimbangan, akhirnya dijadiin may ajja,, minggu pertama may 2011 tepatnya, Jum’at 6 May 2011.  Seneng banget bisa nikah di hari jum’at, entah kenapa.

Prosesi Nikah dilaksanain di mesjid belakang rumah gw. Untungnya habis jum’atan acaranya, jadi pas paginya gw masih bisa santai, masih bisa jalan jalan hilir mudik… maklum,… grogi bow.. ahaahaha.. Jam 10 udah mulai make up sama ibu rias penganten,, make upnya sambil bobo.. katanya biar gampang en gw ga capek duduk. Oh iya paginya telapak tangan gw udah dipasangin inai arab itu loh,, kaya ukiran2 gitu deh.. sebenernya gw lebih suka gambarnya yang simple dan contohnya udah gw kasih liat ke si ibu,, tapi si ibu malah bikin gambarnya rame,, jadi ga begitu sreg deh eike.. dah gitu kepasangnya cuman sebelah,, ahhaha.. yang sebelah lagi ga sempet dipasang takut ga keburu kering, idealnya harusnya sehari sebelumnya ya.. jadilah gw nikah pake inai yang sebelah itu doang.. wkwkkwk…

Abis make up, pasang baju kebaya.. kebayanya gw suka banget,, simple minimalis,, hasil rancangan CahyaDesigner.. beberapa sodara ada yang nanya,, kok gw pilih kebaya kaya gini bukan yang payetan yang mewah itu.. gw jawab.. “emang gw sukanya ini,, daripada beli kebaya full payet yg pasaran itu” hehe.. kenapa ya?? Pada suka yg glamor2, pasaran lagi… beda dunk sama punya eike,, cuman eike doang loh yang punya,. Kan dirancang khusus,,

Sayangnya lontorsonya ga bagus cuy,, ga fit ama ukuran bodi,, jadilah melendung itu perut gara2 kain kebayanya kan dibikin/ dilipat ama ibu tukang rias,, gw jadi keliatan ndut deh.. Buat kamu2 yang mau kebayaan,, saran gw carilah lontorso yang ngepas ya,, yang bisa ngebentuk badan lo jd bagus


Trus untuk urusan jilbab, asli gw salut banget sama si ibu.. jilbab nikahan gw super duper murah,,, only organdi polos sama kain lame perak yang gw beli ditoko kain di pasar raya dan harganya cuman 30rebu perak. Tapi hasil jilbab bikinannya bagus banget,, kereen.. dan urusan make up gw bilang si ibu emang jago.. sepanjang acara, bedak gw ga luntur.. asli tahan banget.. ehhehe..

Back to da topic.. Pas nikahan nih…

Gw yang udah setress mondar mandir akhirnya mencoba menenangkan diri dengan berpesbuk ria.. hihi.. makanya waktu itu ada beberapa yang sempet chat ama gw sebelum nikah pada nanya,, kok gw masih ol??? Ya iyalah,, gw lagi setress berat ituh,, deg degan,, ahhahaha.. mana Jacky ga bisa dihubungi entah kenapa..

Abis juma’tan rombongan Jacky tiba,, eh iya… sebenernya dijemput coy,, karena dalam adatnya minang, si laki2 dijemput kerumahnya.. jadi pas hari nikahan itu, utusan keluarga gw datang kesana en bawa dia beserta keluarganya kerumah gw. Gitu loo… Pas udah sampe mereka langsung ke masjid, sedangkan gw akhirnya nyusul ke masjid bareng bokap nyokap en keluarga lain.. Giling,,, gw susah banget jalan,, sendalnya ketinggian,, 9cm.. haiih… 3 kali ampir jatoh sampe akhirnya gw dibimbing jalannya sama abang sepupu gw..

Sampe di masjid, untuk pertama kalinya, I saw the other side of my husband.. Kok dia jadi cakep banget ya.. ahhahahhahahhaha…. Ini  jujur loooh,, beda banget, asli gw pangling ngeliatnya.. Berbusana Jas item dengan kemeja putih yang kita beli di Basko Mall, plus balutan songket merah di pinggangnya… bagus euy..

Acara dimulai,, protocolnya sepupu gw di Jakarta,. Uni Lili.. Thanks unii.. dimulai dengan sambutan2,, dan sebagai2nya… trus acara sungkeman,, sungkeman ke nyokap bokap gw, en mama, papa mertua gw.. Bokap gw terisak,, huhu.. pertama kalinya gw ngalamin acara seharu ini.. Trus acara Ijab qabul.. Seperti biasa, bokap gw yang Ijab, en Qabulnya by Jacky.. Bertindak sebagai wali gw bokap gw sendiri, saksi dari keluarga Jacky, papanya Iqbal (omnya Jacky), trus saksi dari pihak gw ayahnya Linda (sepupu gw).

Sebelumnya si pak penghulu bacain dulu pembukaannya, en then bacain contoh ijab qabulnya.. latihan dolo gitu boo..

IJAB
“Aku nikahkan engkau dengan anak kandungku, Zulia Fitria Ningsih, dengan maharnya seperangkat alat sholat dan uang sebesar enam ribu lima ratus sebelas rupiah”

QABUL
“Saya terima menikahi anak kandung bapak, Zulia Fitria Ningsih, dengan maharnya seperangkat alat sholat dan uang sebesar enam ribu lima ratus sebelah rupiah, dibayar TUNAI.”
Dan acarapun dimulai,,, eng ing eng..
Udah Muhrim looh :) 


Pokoknya ujung ujungnya.. “SAH” hehehe..
Emang bokap sempet grogi en terbata2 ngucapin Ijabnya dan kepaksa diulang, ini pengalaman pertama buat dia,, makanya rada2 grogi.. Sedangkan qabulnya lancar banget,, sekali jalan doang, en SAH.. wah.. ayah dan suamiku… dua lelaki hebat ^_^

Abis Ijab qabul langsung pembacaan al-fatihah dan doa sama pak penghulunya..
En then dilanjutin acara tanda tangan surat nikah, dan pembacaan sighat Ta’lik. Apa itu Sighat ta’lik?? Sighat taklik adalah suatu janji secara tertulis yang ditandatangani dan dibacakan oleh suami setelah selesai prosesi akad nikah di depan penghulu, isteri, orang tua / wali, saksi-saksi dan para hadirin yang menghadiri akad perkawinan tersebut. Isinya kaya dibawah ini :

Bismillahirrohmanirrohim
Sesudah akad nikah, saya Jacky Setiawan bin Muhammad Mashuri saya berjanji dengan sesungguh hati, bahwa saya akan menepati kewajiban saya sebagai seorang suami, dan akan saya pergauli istri saya bernama Zulia Fitria Ningsih binti Hasan Basri dengan baik (mu’asyarah bil ma’ruf) menurut syariat agama Islam.
Selanjutnya saya membaca sighat ta’lik atas isteri saya itu sebagai berikut :
Sewaktu-waktu saya :
1.    Meninggalkan istri saya tersebut dua tahun berturut-turut.
2.    Atau saya tiada memberikan nafkah wajib kepadanya tiga bulan lamanya.
3.    Atau saya menyakiti badan/jasmani istri saya itu,
4.    Atau saya membiarkan (tidak memperdulikan) istri saya itu enam bulan lamanya,
Kemudian istri saya tidak ridho dan mengadukan halnya kepada Pengadilan Agama, dan pengaduannya dibenarkan serta diterima oleh pengadilan tersebut, dan istri saya itu membayar uang sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) sebagai iwadl (pengganti) kepada saya, maka jatuhlah talak saya satu kepadanya.
Kepada pengadilan tersebut tadi kuasakan untuk menerima uang iwadl (pengganti) itu dan kemudian menyerahkan kepada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji Cq. Direktorat Urusan Agama Islam untuk keperluan Ibadah Sosial.

So, buat para istri wajib tau ya apa itu janji suami,, Lo bisa adukan ke pengadilan kalo ada satu hal diatas yang dilakuin sama suami lo ke elo.. Terbukti Islam agama sempurna, Karena ternyata dalam Islam udah diatur hal yang sedemikian..

Penyerahan mahar dilakukan setelah acara sign sign signature selesai,, Sesuai kesepakatan, maharnya itu Seperangkat alah sholat en duit kuno yang kita rancang sendiri.. Abis itu lanjut ke tuker cincin,,, sempet takut ketuker juga cincinnyasoalnya bentuknya sama,, untung ga ketuker,, udah deh,, biz  itu acara ditutup sama protocol, langsung salam2an… cipika cipiki.. 



Acara dilanjutkan ke rumah,. Gw ama Jacky jalan beriringan,, en of course, gandengan ya bo.. dan anehnya gw bisa lancar tuh pake high heelsnya,, whahahha,, ga jatuh sama sekali.. ajiiib dah,, mungkin karena yang gandeng dah beda ya.. bukan Uda wewen lagi..

Ini nih yang namanya makan' BAHIDANG'
Dirumah kita langsung duduk di pelaminan,, wah rasanya aneh.. kaya raja ratu gimana gituh secara tamu dan keluarga pake makan dihidang di ruang depan pelaminan.. jadi gw ngerasa ga enak aja,, duduk diatas sedangkan tamu en keluarga lain duduk melantai.. dan inilah pertama kali ada yang namanya ‘BAHIDANG’ di rumah gw. Rameeeee banget dah pokoknya… Abis makan2 pada poto2,, berasa arteeeis,, ahhaha..
Satu hal,, gw legaaa banget.. gak tau kenapa… tapi plong aja rasanya,.. seneng.. cowo keren disamping gw ini udah jadi muhrim gw,, udah jadi imam gw,, udah jadi teman hidup gw yang bakal nemenin gw seumur hidup. Amiin.



Dan hal yang sangat menyenangkan adalah, banyak banget yang ngadirin acara nikahan gw,, all of my neighbor,, bahkan yang gak gw sangka bakal datang ternyata datang,, aw aw,,, bahkan mantan calon mertua yang gak jadi juga datang.. ahaahahhah… makasih ya tante, udah datang..
Trus satu lagi,, akhirnya ponakan gw nambah,, banyak,, langsung 15 orang,, pas nikahan aja semua jadi potograper,, rameeee banget pada pegang kamera,, hihii..seneng deh..
Totally, I am happy.. Very happy… 

I am stopping the time and Danube on this stop
Hell everything should stop until you become mine
Because I want to share everything in my life with you
My soul is only yours, You are my starry sky, and my sunshine, My north and my south, mine smiling morning and peaceful night
Nobody's perfect boyfriend.. Hopefully your perfect husband for richer or for poorer, in sickness and in health.. until death do us part  coz distance can't
I you agree to all this
Accept…!!
And thank you for marrying me..



No comments:

Post a Comment