Wednesday, November 23, 2011

Pilih mana : Belajar yang bener atau kepaksa ikutan Demo??

Gara2 demo,, kgak sedikit orang2 yang ga bisa kerja


Berhasil pulang ke rumah dengan sukses..

Hari ini bueteee banget dah gw.. tumben2an di Batam ada demonstrasi. Jacky sih udah warning gw dari subuh, nanyain gw via sms,… “ada announcement ga dari kantor kamu kalo hari ini mau demo..?” Tapi emang dasar hape gw udah nanit,, semalaman di cas jadinya gw baru terima smsnya pas diatas angkot waktu mau berangkat.. hayyah,, akhirnya kejebak lah gw.. kejebak macet gara2 demo..
Coba SMS anak2 kantor ternyata yang di dormitory udah di warning sama HR,, nah gw yang jauh kagak ada pengumuman sama sekali,, siulll..

Usut punya usut ternyata demonstrasi gara2 upah yang ga sesuai,, dan yang dituntut itu kenaikan dengan jumlah 60rebu perak.. Ini yg gw denger ya.. ga tau juga bener apa kagak..


Jadinya gw mikir,, cuman buat 60rebu aja lo musti kaya gini nuntutnya.. emang sih nanti imbasnya ke angka itungan buat overtime juga, tapi berapa duit sih?? Benar,, 60rebu itu ga semua orang menganggap uang kecil.. bagi mereka2 yang disana 60rebu kaya gitu gedeee banget artinya.. tapi akhirnya balik lagi ke pemikiran pribadi gw.. kalo lo punya usaha sampingan yang bisa lo kerjain dirumah, punya warung kecil2an atau lo jualan barang kredit ke anak2 pabrik pasti yang 60rebu itu uda ke cover.. atau lo ikut bisnis sampingan MLM modal kecil kaya gw jalanin, udah bukan 60 ribu lagi yang bakal lo dapet tapi berpuluh kali atau beratus kali lipat dari itu bakal ngalir ke kantong lo. (ini bukan promosi looo.. ini hanya sesuatu yang tercetus di otak gw)

Trus pasti pada mikir, waah.,, gw ga solider,, karena gw ga ngerasain gaji seperti mereka, makanya gw bisa ngomong begitu.. tenang sodara sodara.. gw juga bukan orang yang langsung kaya gini,, perjuangan gw dulu itu juga setengah mampus beratnya.. Gaji gw ga langsung sekian juta kaya sekarang,, percaya ga? Gaji pertama gw begawe di tahun 2002 itu hanya 450rebu perak sebulan,, dan itu bersih,, kost bayar sendiri, ongkos bayar sendiri, makan bayar sendiri,, di Jakartaaa pulak.. tapi kenapa gw bisa idup, ya karena gw emang harus bertahan hidup.. mau gak mau gw harus jalanin.
Bokap gw juga ultimatum gw sejak gw masih jamannya anak2 kalo ga ada kuliah2an…

Kenapa gw bisa kuliah akhirnya?? Ya karena gw berjuang untuk bisa,, gw kerja dari pagi sampe malem,, kuliah di malam hari,, buat apa?? Biar gw ga perlu ikutan demo yang nuntut 60rb perak seperti hari ini,, biar gw bisa punya kesempatan hidup lebih baik,, biar gw bisa punya kesempatan untuk ga hanya jadi seorang operator..

Kadang gw ga habis pikir ngeliat anak2 tamatan SMU sekarang, luntang lantung sana sini huru hara ga jelas,, padahal emak bapaknya sanggup buat kasih biaya kuliah. Tapi emang dasar aja anak2nya yang pada ndablek, ga pikir masa depan…pikirnya idupnya bakal ditanggung aja ntar sama bapaknya selamanya.. Mikirnya,, waah,, masih ada waktu,, gw mau maij dulu,, urusan kuliah nanti aja,, ujung2nya umur semakin tua en semakin males buat kuliah,, trus mau ga mau akhirnya nikah, karena tuntutan umur en pikiran juga untuk segera berkeluarga,, kepaksa cari gawean ya mentok2 jadi operator , gaji pas pasaan banget apalagi ujung2nya si istri hamil dan biaya hidup jadi bengkak karena punya baby.. nah gimana loo?? Pusing kan?? Mangkenye jangan sok sok an,, ada kesempatan di babat,, jangan buang waktu.. ntar nyesel looo..

Jadi buat lo lo sekarang yang masih punya kesempatan,, buruan sekolah setinggi2nya,, jangan jadikan SMU patokan buat pendidikan,, maaf ya,, gw ga bilang kalo lulusan SMU itu gak kepake,, tapi jaman sekarang, educational background itu sangat berpengaruh sekali,, Gw pernah kok ada diposisi lo lo pade,, yang ga bisa naik jabatan Cuma karena gw lulusan SMU doang,, disaat gw masih berjuang untuk ngedapetin ijazah S1.. gak semua lulusan S1 itu kompeten,, tapi setidaknya kesempatan mereka jadi lebih besar untuk dapet pekerjaan yang lebih baik,, untuk dapet kerjaan yang gajinya ga sebatas UMK.

Bukan mendiskreditkan  gaji seorang buruh,,  bokap gw juga buruh kok,,, dan sejak gw tau perjuangan bokap gw berat banget untuk berjuang hidup,, gw gak mau kalo nasib gw juga harus jadi seorang buruh.. 

Para demostran mulai bergerak


So, buat kamu2 yang masih punya kesempatan,, mbok ya dimanfaatin,, sekolah yang rajin,, wujudkan cita2 kamu waktu masih TK dulu,, yang ingin jadi guru, pilot, dokter.. ayo wujudkan,, jangan ujung2nya jadi seorang buruh pabrik,,, yakin deh,, ga ada kan diantara kamu2 yang dulunya waktu ditanya..
“kamu mau jadi apa de kalo udah besar nanti ??”
“jadi buruh pabrik bu..!!”


No comments:

Post a Comment