Friday, September 27, 2013

Shaq's Journal : 4 Months Old

Ayeeeeeee..

Happy 4mo My Dear Baby..

Alhamdulillah, hari ini tepat umur Shaq 4bulan. Wah gak berasa ya. Dua bulan lagi ma'em deh Shaq. Alhamdulillah juga sampai saat ini masih ASI ekslusif. ASI aja tanpa tambahan apa apa. Semangat menuju ASI Ekslusif 6 bulan dan ASI 2 tahun. Oh iya, terakhir nimbang doi udah 7.4kg diusia 3m2w. Besok mau vaksin DPT ke 2, sekalian mau nimbang lagi. heheu.

Anyway, perkembangan Shaq di bulan ke empat sejak lahir ini sangat pesat sekali. Doi bener bener duplikator sejati. Jadi apa aja yang ada didekatnya ditiruin. Kebetulan di usia 3 ke 4 bulan ini dia udah full nanny karena gw emaknya ini kudu kerja. Nanny pertama yang gw bawa dari kampung udah gw pulangin balik ke kampung. Cuma sebulan di Little Island karena gw ga puas sama kinerjanya. Dan sekarang sejak 3m2w Shaq diasuh sama tetangga gw yang baik banget ketika gw kerja. 


Nah, mari kita apdet atu atu perkembangan Baby Shaq. Kali ini contekannya dari CDC ya. karena gw liat artikel di CDC lebih komplit dan terarah. 

Social and Emotional
  • Smiles spontaneously, especially at people. Senyum terus. Xixixiix. yap, doi emang baby yang murah senyum. Disenyumin dikit, langsung dia ikutan senyum. Dan senyumannya itu manissss sekali . Muaach.

unyu unyu banget kan mukanya
  • Likes to play with people and might cry when playing stops. Hobbi banget main. Waktu masih sama nanny-nya yang pertama, tengah hari bolong minta keluar rumah, main ke tetangga. Kebetulan tetangga gw umuran 2 taon cowo juga. Kalo maen ke rumah si abang farel, gak mau pulang. Untung juga di komplek ini rame banget anak anak kalo sore sore, Jadi doi ikutan maen deh tu meski cuma ngeliatin doang, tapi ikutan tereak tereak kalo anak anak udah tereak. Kalo lagi main kita ajak pulang langsung merengek rengek marah. Hahaha.. Dan hobi tereak ini kebawa ampe kerumah. Bangun tidur pagi , bengong bengong trus ketawa sambil tereak. wakakka.. 
Kesel kalo lagi maen trus distop en kita cuekin

  • Copies some movements and facial expressions, like smiling or frowning. Ya ini dia, kita senyum dia ikutan senyum. Kita ketawa dia juga ngakak. 
Duplikator yang hebat


Language/Communication
  • Begins to babble. Ini udah dari umur sebelum 3 bulan yah. celotehga jelas yang dia sendiri yang tau artinya apa :)
  • Babbles with expression and copies sounds he hears. Nah ini dia yang gw bilangin duplikator sejati. Dua mingguan lalu hobi tereak tereak. Nah sekali waktu itu, gw niruin bunyi kentut pake mulut depan dia. Eh, ya ampuuuun, itu suara kentut di tiruinlah sama dia. Jadi jangan heran doi sibuk sendiri sambil niruin suara kentut pake mulutnya. wakakkaka.. Ada sempet gw rekam videonya, nanti kalo dah gw uplut ke yutub gw share disini deh. 
  • Cries in different ways to show hunger, pain, or being tired. Jelas banget ini mah. kalo kepanasan dia nangisnya kenceng banget, kalo minta mimi' cuma merengek rengek aja en berhenti ketika gw buka bra, wkwkkw.. Udah bisa mengekspresikan sesuatu. jadi kitanya tau dia minta apa.
Cognitive (learning, thinking, problem-solving)
  • Lets you know if she is happy or sad. Udah dari usia dua bulan Shaq bisa dibedain kalo lagi happy ato sedih. Keliatan banget pas dia balik dari padang mukanya sediih banget deh. Kalo sekarang jarang sedih sih dia. Seringnya ketawa aja apalagi Shaq termasuk tipe bayi yang suka diajakin ngobrol, ngga suka dibiarin bengong. Kebetulan pulak nannynya yang sekarang suka becandain dia, jadinya ya anaknya jadi responsif banget. 

Seneng banget dikiikin ato diciumin
  • Responds to affection. Kalo di pukpuk patpatnya doi seneng banget. kalo gw balik gawe en nyamperin dia yang lagi digendong nanny-nya, dia langsung mendekap ke pelukan gw gitu kaya ga mau lepas, Udah ngerti kangen itu kaya gimana. Udah ngerti kalo gw peluk balik meluk juga. Owh. It so amazing..
  • Reaches for toy with one hand. Untungnya dari umur dua bulan Shaq udah gw beliin playgym jadi dia udah bisa ngambil maenan ini dari umur dua bulanan. Kalo sekarang lebih parah lagi, mainannya sampe lepas gitu dari playgym gegara ditarik tarik ama dia. Kadang kakinya si playgym ini udah sampe aja ke samping kupingnya karena dia tarik tarik mainan di kaki playgym. Kaki pun ikut maen gak cuman tangan. hahaha

Kaki tangan ikut main

  • Uses hands and eyes together, such as seeing a toy and reaching for it. Udah bisa megang barang sih dia yang pasti. Jadi genggaman udah kuat, bahkan training cupnya udah bisa pegang sendiri.
kalo mimi' udah ga dipegangin lagi

  • Follows moving things with eyes from side to side. Ini kebukti pas farel lagi main mobil remote control di depan rumah. Shaq lagi digendong babenya. Busyet tuh mata ngikutin kemana pun mobil remote controlnya jalan. Gw jadi kepikiran buat beliin satu buat dia. 
  • Watches faces closely. hehhehe, yang paling familiar muka emaknya lah ya :D
  • Recognizes familiar people and things at a distance. Jarak jauh udah bisa dia. sekitar 5 to 8m dia udah bisa liat gw.
Movement/Physical Development

  • Holds head steady, unsupported. balik lagi ke hournal 2 bulanan shaq ini udah oke dari umur 2 bulan yah.
  • Pushes down on legs when feet are on a hard surface. Ini juga udah oke dari umur 3 bulan. Sekarang ngga mau didudukin, maunya bediri. Hahaha
  • May be able to roll over from tummy to back. Iya, ini kalo dia udah cape telungkup. balik aja gitu telentang sendiri. Bikin kaget tau gak.
  • Can hold a toy and shake it and swing at dangling toys. Hobi banget narik2 mainan di palygym secara suaranya berisik.
  • Brings hands to mouth. Jangankan tangan dia, tangan emaknya juga ikutan jadi korban. Katanya enak :D Anehnya gw kasih teether doi kaga doyan kayanya. Apa warnanya kurang variatif yah. Gw gak pernah larang dia ngemut ngemut tangannya. Biarin aja, kan emang udah bagian dari fase kehidupannya. 
Tangan aku enak mi :D

Makan tangan emaknya pun jadi
Kok yang ini rasanya lain ya mi?

  • When lying on stomach, pushes up to elbows. Udah bisa dong yang ini.
laju laju perahuku laju


Overal, Shaq mencapai kondisi milestone normal di umur 4 bulan ini. Bahkan ada beberapa yang kecepetan. Kalo bobo sekarang pun gayanya udah aneh aneh. macam macam gaya tidurnya udah gak telentang doang, qeqeeq.. 

ini jurus dewa mabuk
Sekarang suka banget mainin ludah ampe bikin balon. Jadi kalo abis mandi dipakein celemek deh biar bajunya ga pada basah.


balon balon balon

Tiap hari ada aja kejutan yang disuguhkan ana bayik lucu mungil ini. Dia bukan lagi bayi yang suka nangis gak jelas tapi berubah menjadi bayi yang nyenengin, yang nggemesin,.. Hihihi.. Nanny-nya yang sekarang juga enak. sayang sama dia. Duh, makasih ya Allah semoga awet en Shaq bisa tetep happy meski gw gak bisa nemenin dia sepanjang hari di hari kerja.

Akhir akhir ini gw ketiban tugas banyak banget di kantor. Jadinya jarang apdet. Padahal banyaaaaak banget yang pengen gw apdet. Nantilah kalo gw gak malas gw bakal nulis banyak lagi. Terutama tentang pengalaman Shaq lepas dot. Sekarang udah gak ngedot lagi lo. Cukup 2 ninggu saja Shaq ber dot ria. Gimana caranya lepas dari dot? next post, ditunggu yaaaa!!

__,,__

No comments:

Post a Comment