Friday, December 21, 2012

Bingung Puting dan Pemakaian Cupfeeder


NO DOT
Pic minjem dari sini ya 
Masih info sekitar menyusui. Duh,, calon emak yang satu ini getol amat ama susu menyusu yaks. ahhaha.. Iya ding, namanya juga emak emak baru. Jadinya rada parno aja nanti kalo ada masalah ketika menyusui malah gak tau solusinya. Makanya mumpung waktunya masih lumayan panjang, sekitar 5 bulanan lagi masa masa baby gw lahir, dipuas puasin dulu deh belajarnya.

Belajar disini bukan hanya sekedar bagaimana mengasuh atau menggendong bayi tapi gw harus tau mana yang mitos, mana yang beneran, mana yang masih bisa diterapkan untuk baby masa kini en mana yang engga. Kenapa? Mostly emak emak jaman dulu melakukan sesuatu atau dilarang melakukan sesuatu karena dikait kaitkan dengan mitos…

Sebagai contoh, dulu pas nyokap dirumah, gw dilarang keras untuk duduk pas di pintu masuk rumah. Bukannya apa apa, seneng aja duduk disitu karena posisi rumah gw yang tinggi sekitar 1 meteran dari jalan, so, enak banget boo nikmatin angin sore disitu, dingin. heuheuhe.. Kata nyokap kalo gw duduk dipintu ntar kepala babynya nyangkut di pintu rahim pas lahiran. Larangan untuk di pintu sih bener, tapi alesannya itu yang mitos. Usut punya usut ternyata alesan sebenernya adalah biar si ibu aman, karena pintu kan tempat lalu lalang. Sempit. Kalo nanti perutnya ketendang orang lewat kan berabe. Ahhahaha. Jauh kan? Ya sudahlah, namanya juga jaman dulu, banyak mitos2 yang bikin kening gw berkerut karena ngga bisa gw nalarkan. Tapi toh tujuan larangan2 itu berujung pada kebaikan juga :D

Anyway, back to da topic. Kali ini gw mau cerita panjang lebar dengan istilah BINGUNG PUTING.
Kemarin kemarin gw bingung sama yang namanya bingung puting. Itu apa yaa? Ternyata bingung puting itu adalah kondisi dimana baby mogok nyusu langsung dari payudara ibu. Jadi engga mau nen langsung gitu. Maunya pake media en biasanya dot dan botol susu. 
Photobucket

Nah, kenapa bingung puting terjadi?

Yuk, kita lihat mekanisme baby menyusui pake dot dan puting payudara ibu. Pasti semua pada pernah denger deh iklan iklan botol susu yang bilang bantuk dot yang menyamai payudara ibu. Padahal kalo kita lihat kenyataannya, menyusu langsung pada payudara dengan menyusu dari botol susu adalah dua hal yang jauh sekali berbeda.

  • Pada baby yang menyusu langsung pada payudara, Baby akan memasukkan payudara sebanyak mungkin ke dalam mulutnya untuk memompa ASI dari dalam payudara. Pada saat memompa ini, lidah baby akan ditempatkan di bawah puting sehingga terbentuk rongga vakum dan ini membantu baby menelan ASI. Ketika baby berhenti mengisap dan memompa, maka ASI tidak akan keluar.
  • Pada baby yang menyusui dari botol susu/dot, baby menggunakan bibirnya untuk memegang ujung dot botol susu. Baby meletakkan lidahnya di depan dot untuk menghentikan aliran susu saat baby menelan susu. Saat berhenti mengisap, susu tetep akan mengalir. Jadi baby gak perlu ekstra usaha dalam proses menyusui.


Posisi lidah bayi di bawah puting pada saat menyusui
Minjem gambar dari sini ya
Nah, dah tau dong kenapa baby yang bingung puting jadinya menolak puting ibu? Karena dengan dot baby gak perlu mengisap ataupun memompa ekstra keras. Makanya jadinya baby mogok nenen ma ibunya deh. Lebih gampang pake dot katanya :D

Trus gimana dong biar baby gak bingung puting?

Jangan pake dot mom.. jadinya kalo mau kasih ASI Perah (ASIP) buat babynya, pake bantuan cupfeeder. Hindari keras pemakaian dot. Memang sih, butuh kesabaran ekstra kalo mau ngajarin babynya minum pake cupfeeder. Tapi baby itu pintar kok. Gampang banget menduplikasi tindakan. So, biasanya kalo rutin diajarin, 2 minggu aja udah bisa langsung bisa kok minum ASIP pake cupfeeder.

Cara training baby pake cupfeeder :

  • Kasih minum baby pake cupfeeder disaat belum terlalu lapar. Jadi biasakan ½ jam sebelum schedule baby minum ASI. Kalo udah kelaperan si baby pasti ngga mau pake cupfeeder soalnya ngga sabaran moms. hehehe.. pasti maunya dari pabriknya langsung.
  • Gendong baby di pangkuan, posisikan kepala bayi agak tegak, gunakan tangan untuk menopang bahu dan leher baby.
  • Tempelkan cupfeeder pada bibir baby.
  • Miringkan gelas bersloki hingga cairan ASIP menyentuh bibir bawah baby. Biarkan baby menggerakkan lidahnya menyeruput. Jangan menuangkan ASIP pada baby karena berpotensi tersedak. Biarkan minum secara pelan perlahan. Penting untuk menjaga cairan ASIP agar baby dapat menyeruput terus menerus.
  • Pemakaian cupfeeder ini memang tidak mudah. Pada awal awal bakal banyak ASIP yang tumpah. Tapi ini gak akan terus menerus kok. Baby sangat pintar daln lama kelamaan bisa menggunakan cupfeeder sebagai media minumnya tanpa tumpah. Video training Cupfeeder bisa di cek di bawah ini yah.. 
V


Lah, trus kalo udah terlanjur bingung puting gimana ya moms?


  • Hentikan total penggunaan dot dan botol, berikan susu atau makanan lain dengan menggunakan gelas atau sendok, agar baby dapat lupa pada dotnya, dan mau mengisap payudara mommy.
  • Persering kontak kulit antara mommy dan baby. Guna dari kontak kulit ini agar hormon laktasi dirangsang oleh isapan mulut baby. Kegunaan lain, baby dapat mencium bau mommynya dan mengakrabkan diri dengan mommy.
  • Perbaiki posisi dan pelekatan saat menyusui baby. Cari posisi yang tepat dan nyaman untuk mommy dan baby. JIka baby merasa tidak nyaman dengan posisinya (biasanya karena tidak terbiasa disusui), maka sediakan waktu untuk berdekatan lebih lama. Selalu berkomunikasilah dengan baby. Bantu baby agar dia dapat mendapatkan ASI dengan lebih mudah saat menyusui. Pijat payudara Mommy atau pompa sedikit ASI Mommy sebelum Mommy menyusui si kecil, agar dia tidak perlu bersusah payah dan menunggu lama sampai ASI Mommy keluar.
  • Agar si kecil termotivasi untuk menyusui langsung lagi, susui baby saat dia sedang lapar atau saat jam makan baby. Tapi jangan tunggu sampai dia benar-benar kelaparan, karena bisa jadi baby menjadi tidak sabar dan tidak mau menyusui langsung dari Mommy karena terlalu lama menunggu ASI Mommy keluar
  • Saat baby merasa nyaman dan mengantuk, coba tawarkan baby untuk menyusui langsung dari Mommy.
  • Jangan paksa baby untuk menyusui langsung dari Mommy. Pemaksaan justru akan memperburuk keadaan dan membuat dia menjadi trauma

Cara Menyusui yang benar
Minjem gambar ya mba, dari sini
Jangan membiarkan baby terlalu lama dalam kondisi bingung puting. Suplay ASI akan menurun jika ASI tidak dikeluarkan terus menerus. Pada saat bingung puting coba terus memmompa ASI sehingga produksinya tidak terganggu. Memang akan sangat banyak tantangan yang akan dilalui mommy. Di milis yang gw ikutin banyak banget yang sampe mewek karena adanya intervensi orang tua atopun mertua untuk pemakaian cupfeeder dan dot. Karena orang tua jaman dulu yang cenderung pro ke botol susu daripada mengajari babynya menggunakan cupfeeder dan ujung2nya malah pada pasrah untuk nyerah menggunakan dot karena si baby gak mau lagi menyusui langsung ke ibunya. 

Nah, udah nambah satu ilmu lagi deh.. So,, Are you ready to be a mommy, ladies??

__,,__

No comments:

Post a Comment