Wednesday, November 27, 2013

Shaq's Journal : 6 Months Old, S-1 ASIX

Taraaaaaaaaaaaa.... 
He is 6 months old now.

Selamat ulang bulan yang ke enam ya anakku sayang. Mimmy Pippy sayaaaaang banget sama Shaquille.

Gak terasa, padahal berasa baru brojol kemarin eh sekarang anaknya udah gede aja..

Dan proudly present... eng ing eng... 

Shaquille is Breastfeeding Baby alias Bayi ASIX.

Alhamdulillah yaaa.. Lulus ASI Ekslusif.
*terharu*

Dan dengan ini dianugerahkanlah, sertifikat tanda lulus S1 ASIX untuk Shaquille Aryasatya Hirozuki.
Ayo tepuk tangan dulu.. plok plok plok..




yah, pengalaman menyusui gw emang ga sampe berdarah darah seperti ibu ibu lainnya yang heroik banget. Tapi memang bener yang dibilang orang orang. Menyusuilah dengan keras kepala karena kalo ngga keras kepala, banyak banget godaan, rayuan, suruhan, dan kondisi yang akan menggagalkan asi ekslusif. 

Untunglah, berbekal hasil menimba ilmu di milis AsiForBaby yang punya banyak konselor laktasi dan dokter yang bersedia membagikan ilmunya secara cuma cuma disana. Yang penting jangan males baca milis. itu aja sih intinya.

Yup, so, lulus ASIX means baby Shaq udah boleh makan doooong.. yeyeye lalala *jogedjoged* . Untuk urusan MPASI ini, gw emang udah prepare rada lama tapi gak intensif kaya prepare asi dulu. Secara eike sok sibuk boo.. Ini aja blog sebulan dianggurin tanpa postingan. huhuhu. Sedihnya. Tadi udah gotong royong dulu bersihin rumput yang tumbuh dimari. #eh kwkwkkw..

Udah ah, kelamaan mukadimahnya. Mari kita bahas MPASI dulu, tapi gw sih engga bakal bahas banyak karena nanti kalo gw gak males  gw akan bikin postingan khusus MPASI. Sebenernya sih, MPASInya Shaq udah kita mulai 4 hari lalu di tanggal 23Nov. Waaaa, MPASI dini doong? Tenang bu ibu.... tenang.. Dengarkan dulu penjelasan saya. Bukan MPASI dini kok. Dari artikel yang gw baca di FB Grup HHBF, MPASI boleh diberikan ke bayi yang berusia 180 hari. 180 hari itu dianggap 6 bulan. Nah, 180 harinya Shaq jatuh di tanggal 23 Nov lalu. Dan bertepatan pulak dengan weekend, jadi gw prefer memulai disaat weekend doong.. hehehe..

2 hari sebelumnya udah beli bukunya Pak Wied. Bela belain nih gw beli buku ini dan dalam 5 tahun belakangan inilah buku pertama yang gw beli. Biasanya minjem orang mulu kalo butuh buku tutupmuka. Basically gw yang imut ini sebenernya sangat suka membaca tapi entah kenapa gw males beli bukunya. wkwkwkw.. untung ada internet ya bo, jadi ga kehabisan bahan bacaan deh.

Nah, di hari pertama Shaq gw ikutin saran pak Wied yaitu ngasi juice buah. Gw cuma pake perasan jeruk manual pake tangan itu doang kok bikinnya. Diencerin ama asi dikit trus dikasih ke Shaq. Ekspresinya kaya gimana? Ada videonya, nanti gw uplut yah sodara sodara. Sabaaaar..

latihan pegang sendok dulu sebelum MPASI dimulai

Okeh, Lanjut. Shaq udah bisa apa sekarang? ini adalah pertanyaan yang dilontarkan tiap temen ketemu gw. Dengan  bangga gw bilang doong. Udah bisa duduk loh tante. Ahaaa.. yoi cuy. bener. Anak gw ini meski ndut, ternyata ngga membuat doi jadi lamban bergerak. Buktinya? Di usia 5m19d udah bisa duduk tanpa ditopang dibelakangnya. Sekali lagi emaknya joged joged. yeyeye lalala... Tapi ya kudu tetep diawasin sih secara doi kalo udah cape duduk suka langsung rebahan aja kebelakang. Disangka semua lantai empuk aja kali ama doi.

Good morning auntieess uncless

nyengir dulu ah


Hahaha.. lucu kaaan.. itu bayi blom umur 6 bulan tapi dah gede aja keliatannya. Mudah2an memang mengikuti gen babenya yang bongsor. 

Okeh, gak pake lama, mari kita bahas perkembangan Shaq. Seperti biasa gw suka ambil referensi dari CDC as standard acuan. menurut CDC, ada beberapa tolak ukur tumbang or bahasa kerennya milestone bayi 6 bulan.

Social and Emotional

  • Knows familiar faces and begins to know if someone is a stranger. Yang pasti doi udah tau banget gw emaknya yang kaga bakal ngajakin dia jalan jalan. Jadi pagi pagi bangun tidur dia udah rusuh en ngulurin tangan minta gendong ama babenya buat diajakin jalan pagi. Sebulan kemarin nyokap gw disini, dia tau banget nyokap gw bakal selalu gendong dia jadi nurutnya ama nyokap gw. Lah sama gw? ingetnya pas haus doang minta ASI. wkkwkwkw... 
Suka jalan jalan ama omi
  • Likes to play with others, especially parents, Tapi ini ga cuma ama orang tuanya aja sih, Doi senengnya maenan ama anak kecil. Kalo ngeliat anak kcil ngumpul pengennya diajak en ikutan ketawa padahal diajakin juga engga..hahahah.. lucu bener lah bocah ini.
Maen peluk peluk kaki omi
  • Responds to other people’s emotions and often seems happy, Ini beneran, senyumnya itu manis sekali jendral.. Suke main kitik kitik, suka ditaro diatas kepala babenya. Suka senyum senyum liat anak kecil cewe disupermarket.
  • Likes to look at self in a mirror. Hahaha.. Ini bocah ada bakat narsis kayanya. 
bingung dia "mimmy napa tuh bocah ngikutin Shaq terus"

tetep yaa Narzizme dimana mana



Language/Communication

  • Responds to sounds by making sounds, gw suka bikin suara kentut depan dia dan dia langsung ngakak kalo denegrin itu kentut buatan. 
  • Strings vowels together when babbling (“ah,” “eh,” “oh”) and likes taking turns with parent while making sounds, udah dari umur lima bulan ini mah.
  • Responds to own name, Abaaang --> Nengok :)
  • Makes sounds to show joy and displeasure, kalo ada yang bikin dia happy ya anaknya teriak, kalo kesel ya nangis. Hahaha 
  • Begins to say consonant sounds (jabbering with “m,” “b”), udah mulai jadi orang jawa dia sekarang, gen nya dia 25% kan from Java island boow.. Mbuuuu..mmmmmbiii. mmmmm diikuti kentut buatan dimulut dan semburan air liur.. hahahaha..


Cognitive (learning, thinking, problem-solving)
  • Looks around at things nearby. Suka perhatiin brois gw en menatapnya lama lama. Suka liat baju batik, bunga bunganya itu lo. Suka ngeliat sekeliling deh pokonya. 
  • Brings things to mouth, bukan cuma things.. Kaki aja masuk mulut. Enak katanya. 

  • Shows curiosity about things and tries to get things that are out of reach. Itu langsung ngejar gw yang lagi pegang kamera
Ketika ada yang menarik doi langsung ngejar.
  • Begins to pass things from one hand to the other, Sejak nyokap gw disini, baby bathernya udah ga muat lagi, Padahal harusnya tu baby bather normalnya dipake ampe umur 9 bulan, ini 6 bulan aja dah ga muat. huhuhu Jadi dibeliin lah ama nyokap baskom buat mandi dia. Kalo mandi maenan bebek, udah bisa megangin bebek en mindahin dari satu tangan ke tangan lain.


Movement/Physical Development
  • Rolls over in both directions (front to back, back to front), ini mah jangan ditanya. Sekarang kasur dikamar kami kasih bantal sekelilingnya, secara doi udah ga bisa diem lagi. gulang guling sana sini. Dua kali kedapatan hampir terjun bebas ke lantai. Yang pertama pas gw nyusuin dia trus ketiduran. Anaknya ternyata bangun en gulang guling udah sampe di pinggir bed. Nyokap gw kebetulan lewat depan pintu kamar. Doi ketawa cengengesan ke nyokap, nyokap gw teriak ngomelin gw secara gw bisa teledor gitu ama Shaq. Untung ga jatoh.. hadeeeh.. Yang kedua pas tidur malem. Jadinya sekarang tidur malem kami bikin benteng sekeliling buat dia.. Hhahaha
  • Begins to sit without support, udah ada gambarnya kan diatas. yeyeye lalala
  • When standing, supports weight on legs and might bounce. Udah ga mau duduk kalo dari tidur, kaki ditegangkan setegang tegangnya, langsung berdiri. Hheeheh
    omii, ayo jalan jalan
  • Rocks back and forth, sometimes crawling backward before moving forward, wahahaha.. ini dia si undur undur. Dia blom bisa maju kalo merangkak tapi mundur. wakkaakka.. sayang blom sempet gw rekam.
So far, perkembangan Shaq pesat sekali bulan ini dan sejak dari bulan lalu gusinya udah bengkak tapi tu gigi kaga nongol nongol juga ampe sekarang. Parahnya doi gigitnya sekarang udah ga kira kira. kalo lagi gregetan nipple gw jadi korban deh. Abis digigit trus doi ketawa ketawa. Gemeeez deh gw.

Hehehe.. Secara waktu gw ga banyak, sekian dulu jurnal bulan ini. Bnayak ide dikepala sayang waktunya tak ada.. huhu,.. Hadeh, sok sibuk amat sih gw kali ini.


__,,__

1 comment:

  1. Horee... selamat ya shaq! congratulation in your 6 months old you have a great progress baby.. salam dari kalki :)

    ReplyDelete