Saturday, March 1, 2014

Pasport Shaq

Berhubung banyak yang request, akhirnya terbitlah postingan ini. Agak telat sih, tapi mood menulis gw bener bener lenyap dua bulan belakangan. Maaf yaa. 

Yaps, sekarang Shaq udah punya paspor dong. Huhui..

Sebenernya udah lama banget sejak gw masih cuti melahirkan tu pengen ngurusin paspornya Shaq. Secara kita sering travelling kaya kutu loncat jadi paspor kudu siap sedia. Loh kok paspor? bukanya tiket.. wkkwkw. Iya deh, tiket juga kudu disiapin tapi kan kalo tiket bisa buy on the spot. Kalo paspor kan butuh proses baru bisa jadi mas bro.

Pas Shaq baru lahir gw udah ujug2 bilang ke Jacky buat ngurusin pasportnya bocah secara masih cuti kan boo.. Kaga perlu ijin ijin, maksudnya gitu. Eh, bermasalah di KK. entah apalah peraturan negara ini. menerbitkan akta kelahiran tapi KKnya ga diubah sekalian. Suka banget kali ya masyarakat apply dua kali untuk sesuatu yang harusnya hanya sekali proses jalan. Telatlah itu si KK jadi. Dan terkubur dengan indahlah niat buat bikin paspor.


Nah, kebeneran pas tahun baru, kantor gw seperti biasa shut down. Tadinya gw males aja libur, ditawarin masuk sih tapi pas 2 hari menjelang taon baruan kadar malesnya nambah. Dan gw memutuskan cuti dihari itu. Yeyeyeye. lalallala..

Dan mulailah kami menyiapkan berkas berkas untuk kelengkapan aplikasi paspor. Karena ini pasport anak, jadi kedua orang tuanya juga kudu ber paspor. Berkas berkas yang harus ada itu antara lain :

1. Paspor orang tua (salah satu)
2. KTP orang tua (salah satu)
3. KK
4. Akta Kelahiran anak
5. Surat nikah orang tua

Hari jum'at gw coba apply online. Coba onlen dikantor aja secara inet kantor gw kan wuss wuss wuss ngebut banget. Pastinya enak dong upload upload dokumen. Udah anteng lah gw nyeken nyeken semua dokumen, masuk ke website imigrasi disini. Tunggu punya tunggu kaga sukses sukses itu upload dokumennya. Hadeeh, parah amat yah. Masa udah pake inet kecepatan tinggi, tak satupun dokumen sukses di upload.

Akhirnya cape hati sendiri en tetiba ada temen gw yang bilang, upload tengah malem lancar cepet sukses. What?? nunggu tengah malem dulu. Ow ow.. Ya sudahlah. Ngalah.

Malemnya gw begadang lah uplut uplut itu dokumen, en ternyata beneran lo. 10 menit doang DONE. Wah, parah bener, masa siang bisa overload sampe lemotnya meraja lela gitu.

Ya sudahlah yang penting sudah di upload. Oh iya, ini langkah langkah untuk registrasi onlinenya.
  1. Buka website imigrasi
  2. Klik Pra permohonan Personal
  3. Isi datanya. Jenis Permohonan : Paspor Biasa - Baru, Jenis Paspor : Bisa pilih yang 24 halaman atau 48 halaman. Trus isi deh data data lainnya. Khusus untuk no identitas masukin no NIK baby yang ada di KK. Tanggal ID dikeluarkan ngikutin tanggal KTP salah satu orang tua.
  4. Klik Lanjut, muncul notifikasi untuk meamstikan jenis passport yang diajukan. Klik lanjut lagi
  5. Isi data alamat, nama orang tua, komplit pokoknya. Klik lagi lanjut
  6. Nanti bakal nyampe deh di halaman scan dokumen. Kalo gw kemarin yang gw scan cuma KK, KTP ortu, Surat nikah, Akte kelahiran Shaq, pasport orang tua. Dokumennya harus dalam format jpg. Ukuran minimal 100 KB dan maksimal 1.8 MB.
  7. Klik lanjut. Nanti nyampe ke halaman pemilihan Kanim yang akan didatangi. Karena di Little island cuma punya satu Kanim, ya mau ga mau pake Kanim yang itu deh. Gw pilih hari selasa tanggal 31 dec 2013. Asumsi gw, itu kan mau taon baruan, pasti jarang lah yang bikin pasport. Trus kan tinggal bawa dokumen asli, foto wawancara, selese deeh.. udah kebayang pasti cepet nih prosesnya.
Tanggal 31 Jan pagi pagi dah nongkrong kami ke Kanim Little Island. Tapi pas masuk ruang tunggu.. Weiitss. bujug rame pisan. Ternyata new year celebration gak ngaruh ama orang2 yang mau bikin paspor. Tapi gw tetep tenang kok, karena kan tinggal foto wawancara doang.

Ambil nomer antrian.  Dikasi formulir lagi en disuruh fotokopi berkas. Udah disiapin semua. Nunggu dipanggil, ternyata hari itu cuman dateng buat ngasi berkas doang. Whatss? Sedangkan dari referensi yang gw baca, kalo jalur online, kasi berkas/foto/wawancara bisa dilakukan dalam satu hari yang sama. Tapi ini kudu nunggu besokannya lagi buat foto. Hadeeeh.. Indonesaaa Indonesaaa.. Trus apa bedanya jalur online dengan yang tidak? jawaban petugasnya "antriannya beda bu"... *tepokjidat*

Dengan langkah lunglai pulanglah kami. Oh iya, untuk pembayaran, karena gw udah pake jalur online, udah langsung dapet form pembayaran dan kebetulan BNI sebagai bank yang ditunjuk untuk urusan imigrasi ternyata buka BNI van service disana. Jadi langsung aja de tu gw bayar. Berhubung gw request paspor 24 halaman, bayarnya cuma 110rebu aja deh. hehehe.. murah kan.

Tanggal 2 Januari 2014 dijadwalin poto, Jacky duluan ke imigrasi buat ambil nomer antrian poto, gw ngantor dulu pagi itu. Shaq titip di daycare. Gw bilang Jacky kalo nomer antriannya dah deket call gw trus gw pick up Shaq di daycare and bawa doi ke imigrasi. Jam 11 Jacky telpon, katanya udah tinggal 15 orang lagi. Ya sudah, gw langsung exit permit dan bawa Shaq ke imigrasi. Ternyata kami dapet jadwal jam setengah 2 siang. Untungnya ni bocah ga rewel, doi sibuk aja ngeliatin orang lalu lalang. 

Setibanya giliran kami, masuk ke ruangan foto. Gw sih selama ini penasaran ya gimana cara bikin poto paspor bayi apalagi Shaq ga bisa diem kan ya. Eh ternyata dipancing gitu sama si potograper ama mainan. Mainannya ditaroin diatas lensa, pas doi nengok, jebret.. jadi deh potonya. hehe..

Giliran pindah ke wawancara ya emaknya doang ini yang di wawancara sambil diliatin lagi berkas asli dokumen untuk proses bikin pasport ini. 

Selese giliran poto wawancara, disuruh balik ambil passportnya tanggal 9 januari.

Finally, kita kelupaan ambil itu passport dan baru diambil tanggal 20 Jan ama Jacky. Orang imigrasinya malah bilang " untung dateng tanggal segini mas, soalnya ini kemarin delay blomjadi tanggal 9"... hehheheh,, kayanya kalo berhubungan ama pemerintahan ini sah ngaret ngaret ajalah ya..

Siap untuk melanglang buana
Berangkat dari pengalaman ngurusin passport ini, gw rasa ngga ada bedanya toh jalur online dan offline. Memang bener cuma antriannya yang beda. Online lebih sedikit? kenapa? karena blom banyak yang melek teknologi, makanya banyak yang milih offline. Lah, nanti suatu saat kalo udah pada ngenet semua orang orang pada pilih jalur online, antrian yang online bisa lebih panjang dibanding yang offline. Bukan begitu? lah, trus buat apa ya dibikin jalur online kalo semua proses tetap sama. Sistem dibuat untuk memangkas pekerjaan yang tidak perlu, memudahkan proses, mempersingkat proses. lah ini??

Kaga ngarti lah gw, yang pasti gw gedeg banget ama prosesnya yang belibet. Ngabisin duit negara buat bikin sistem tapi kaga kepake. Buat apa ya? Benefitnya buat customer itu sistem online apa dong? Ngga ada.. Kaga ngarti lah mungkin buat mereka akan memudahkan pekerjaan mereka, tapi harusnya imbasnya ke customer dong ah. Ini tetep aja dateng 3x, ngantri juga sama sama ngantri, bahkan yang dibedakan online offline cuma pas ngasi berkas aja. Pas poto/wawancara tetep antriannya jadi satu ama yang offline. Aneh..

Trus satu lagi, kemarin itu sempet debat disalah satu forum Facebook ketika ada yang nanya biaya pembuatan passport. Gw sarankan kalo ngga sering2 keluar negeri bikin yang 24 lembar aja, kan lebih irit. EEhh,, tiba tiba datenglah mereka yang mengkalim dirinya sebagai bagian dari departemen yang bertanggungjawab atas pembuatan passport, kalo yang 24 halaman itu khusus TKI. Gw tanya. "ada PPnya yang menyatakan kalo 24 halaman khusus TKI?" diem dia, katanya memang ga ada PPnya tapi ada Kepmennya nomer berapa gitu dia lupa. Setelah itu dateng lagi temennya satu departemen yang bilang, kalo 24 halaman cuma bisa buat masuk asia tenggara. Gw ngakak guling guling.. Waduh, mbaaak.. masa satu departemen ngga kompak sih? Langsung aja deh tu gw kasi link ke milis backpacker dunia dimana pemegang paspor 24 halaman nyampe kok  ke aussie. Gw ga ngerti kok bisa ya simpang siur seperti itu. Harusnya kalo emang khusus TKI, di aplikasi online disebutkan dan opsinya hanya khusus TKI. Tapi kan ini engga. Dan buktinya Shaq bisa kok dapet paspor 24 halaman. Paspor berlaku cuma 5 tahun tanteee, Shaq masih bayi, kagak bakal abis juga pun itu yang 24 lembar. hehehhe..

Anyway, sekarang mulai agak tenang deh. Kalo dapet tiket murah buat travelling bisa langsung berangkat secara Shaq udah bisa keluar negeri. Yeyyeye... Lalala..


__,,__

No comments:

Post a Comment