Thursday, March 6, 2014

Ekonomisasi Menyusui Vs Susu Formula

Lagi semangat itung menghitung nih.

Ekonomisasi.. qiqiq.. lagi kena virusnya si picki nih gw. 

Okeh, bagi SAHM alias Stay at Home Mom atau Ibu yang full dirumah, apa yang bakal gw tulis tak akan berarti banyak. Tapi buat ibu bekerja macam gw, tulisan ini pentiiiiiing banget. Maklumlah, kalo udah urusan dompet, semua jadi penting. Bukan begitu?

Kata siapa menyusui ngga perlu modal? Ngga perlu uang? Gratis? Kata siapa hayo? Hayoooo..

Gratis buat ibu yang bisa 24 jam stay bersama anaknya. Kalo buat ibu bekerja macam gw? Yang harus membanting tulang demi keamanan asap dapur? Ya kudu mengeluarkan modal juga booo..

Lah, kalo sama sama keluar duit, ngapain cape cape menyusui? Mending kasih susu formula aja. Prakstis, cepet, murah. Eh, Kata siapa murah? Okeh mari kita itung dari sisi ekonomis yah. Menyusui VS Susu Formula.

Untuk menyusui, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Bukan cuma mental lo bu ebuuu.. Berikut dibawah ini barang barang vital yang selayaknya ada untuk mensukseskan proses menyusui.


1. Breastpump (BP) alias pompa ASI.
Harga bervariasi. Basically cocok cocokan sih karena tiap BP punya spek sendiri mulai dari fitur,ukuran corong, model dsb. Untuk BP ini pilihlah BP dengan sistem tertutup alias closed system. Pompa ASI yang bentuknya bola karet merah diujungnya itu sangat ngga dianjurkan lo, karena asi bisa masuk ke dalam bulb nya trus ngga bisadibersihkan. Yang ada jadi sarang bakteri. Pompa jenis bulb boleh dipake kalo hanya untuk memaintain produksi ASI, abis perah ASInya dibuang. Untuk BP ini ada elektrik dan ada manual. Range harga dari yang 300rban (little giant) sampai 4jutaan (yang hospital grade). Kalo gw sih pake nya Avent Single Electric. Kenapa beli ini? Karena bisa dijadikan BP manual bisa jadi elektrik, jadi beli satu dapet dua macem deh. Dulu beli di Ebay sekitar 1,25jt udah include ongkir.


Avent Single Electric Breastpump
2. Sterilizer
Beberapa orang lebih menyukai sterilisasi menggunakan metode perebusan. jadi botolnya direbus gitu di dalam air mendidih. Padahaaaal, kalo mereka tau, sterilizer itu sangat membantu lo. Tinggal cuci botol, masukin air, colok. 15 menit semua botol udah steril. Tapi entah kenapa kok pada males pake ya? Malah lebih suka pake rebus rebus. Padahal kalo mereka tau merebus botol susu sangat tidak dianjurkan karena botol dapat melepaskan polycarbonat yang berbahaya bagi bayi. Untuk sterilizer juga variatif banget harganya, dari sekitar 300ban merek crown/pumpee sampe satu jutaan kaya avent. Nah, untungnya yaaa, gw dapet sterilizer Avent yang compact banget itu as a baby present atas kelahiran Shaq dari bos gw. Yah, namanya juga bos, teteup ya yang dikadoin produk sendiri. Wakakkaka.. si Avent ini kalo di indonesia sekitar 750rban lah. Lumayan ya? tapi beneran, ini produk keren banget. So helpful buat gw working mom yang ga punya banyak waktu berlama lama di depan kompor. Jadi kalo pulang kerja, gw kan langsung tuh nyusuin Shaq di kamar, Jacky bantuin gw cuci botol ama BP dan langsung disterilkan. Gak perlu ditunggu karena dia ada timernya. Otomatis mati begitu sterilisasi selese. Pagi pagi gw tinggal pake deh botol ama BPnya.


Avent 3in1 Sterilizer


3. Freezer
Kulkas 2 pintu freezernya full, pindahan deh ke Freezer khusus ASIP
Ini sih optional ya, tapi kalo gak mau pake sistem kejar tayang, ya kudu punya. Gw sih awalnya gak beli, pas stop ASIP udah membludak, gw akhirnya bela belain beli. Kenapa perlu? Karena mostly bu ibu yang bekerja alias working mom kurang telaten dalam memaintain produksi ASI. Teorinya, semakin sering dikeluarin ya semakin meningkat produksinya. Cumaaaa... yang namanya manusia ya bo, pastilah ada rasa jenuh, rasa bosan pumping terus #curhat :D. Nah, ada saatnya juga stress melanda, produksi ASI drop deh. Dan juga seiring bertambahnya umur sikecil produksi juga bisa menurun. Nah, disinilah freezer ASIP ini berfungsi. Kalo cuma punya freezer yang 2 rak kulkas dua pintu, gak bisa nampung banyak. Based on pengalaman gw pake Toshiba Glacio yang 165L, cuma bisa muat sekitar 70 botol ASIP 125mL. Bayangkan kalo baby tiap hari minumnya 5-6 botol, cuma bisa spare buat 10-11 hari coooy.. Jadi karena gw emang niatin banget mau kasih ASI Full buat Shaq, gw belilah Freezer khusus ASIP ketika Shaq umur 6 minggu. Beli di Surga Elektronik Sanyo 6 Rak seharga 1,9juta. Mahal? iya sih berasanya mahal, tapi nanti coba lihat comparizon budget yang bakal gw share di akhir postingan ini. Alternatif lain sih sewa ya, banyak yang ga mau ngeluarin duit buat beli si Freezer ini karena katanya sih nanti gak bakal kepake lagi. tapi menurut gw, beda tipis lah sewa sama beli. Sewa perbulan 100rb, Lets say kepake 1,5tahun udah 1,8jeti. Naaa.. barang tetep harus dikembalikan ke sipemilik kita cuma bayar jasa pake aja. Kalo beli, cuma beda 100rb, barang jadi milik kita. Nanti kalo udah ga kepake bisa direntalin kan. Bisa baik modal malah :D *otak bisnis* hihihi..
Ini foto diambil pas  Shaq umur 4bulanan, sayang pas beneran penuh gw lupa motret

4. Botol ASIP
Untuk botol ASIP ini bisa pake macem macem botol asal yang penting bersih en tahan disterilisasi aja. Berhubung gw stay di Little Island yang apa apa susah, alias gak ada yang jual, mulailah gw nyetok botol ASIP sejak Shaq masih dalam perut gw. Gw pilih botol bekas UC1000. Karena memang itu doang yang bisa gw dapet disini. kalo beli dari Jakarta, busyeeet berat di ongkir. Blom lagi resiko pecah. Hadeeeeh. Gw punya Botol ASIP ini ada sekitar 150 biji. Awalnya beli UCnya, trus ternyata ada satu Baby Shop disini yang jualan ini botol. Satu botol Rp. 2500, Tapi stoknya ngga banyak gw cuman sempet beli sekitar 80biji aja. Yang lain mah gw beli UC, dikasi temen temen kantor juga. Hahaha.. Finally, mereka tau kalo gw adaah pengepul botol ini dan setiap abis minum UC botolnya selalu dikasihin ke gw. Busyet dah bahasanya.. pengepul :D


Pengepul botol UC :D
5. Kantong ASIP
Kan udah pake botol, kenapa beli kantong ASIP lagi? Iya doooong, yang pertama, kantong ASIP ini useful banget buat pergi pergi. Pas Shaq umur 2 bulan, gw kan mudik selama 3 minggu. Ngga mungkin kan gw berhenti pumping selama itu? Jadinya ke Padang gw tetep pumping, dimasukin ke kantong ASIP ini. Pas balik dari Padang ke Little Island, gw gotong deh tuh satu peti styrofoam isinya ASIP semua. Coba bayangkan kalo kudu pake botol. Beraaat, blom lagi jatah bagasi, tekor nanti bandar. Trus, guna kantong ASIP ini untung ngisi rak rak freezer yang ga muat botol. As you know, rak di freezer kan ga semua tinggi, ada yang rendah gitu. Gw isi ASIP di kantong dan di susun tidur gitu jadi hemat space, bisa muat banyak. Untuk kantong ASIP ini gw pake merek Natur/Babygrow yang bersahabat banget sama dompet. Natur sekotak isi 30pcs harga sekitar 35rban. Jadi satu biji sekitar serebuan lah. Gw biasa order langsung banyak. Satu kg muat 7 box, langsung beli 7 box biar hemat ongkir. Hehehe.. Sampe Shaq umur 9 bulan ini, gw udah ngabisin sekitar 8box kantong ASIP. So bisa dibilang setahun pake 12box lah. Di kantor gw ada yang pake plastik klip buat nyimpen ASIP, gw sih ngga recommend ya, kenapa? blom tentu steril boooo.. Murah sih murah tapi pikirin juga dong perut anak lo. iya kalo perutnya ngga sensi, lah kalo sensi? trus diare? nah loo..
ASIP dari Padang berhasil diterbangkan dari Little Island

6. Nursing Apron
di Mall cuek aja nenen, ada Baby Oz Nursing Apron
Alias ceemek menyusui. Ini jadi wish list gw pas Shaq mo lahir. Gw juga prepare ini barengan clodi. Beli yang baby Oz seharga 65rb, pas masih cuti mah kaga begitu kepake ya. tapi begitu gw gawe. Ohooo.. Juara nih. kenapa? karena bantu banget kerjaan gw. Awalnya gw pumping dklinik kantor, tapi gw akhirnya bosen en risih sendiri kudu bolak balik ke meja. Akhirnya gw nekad aja pumping di meja kerja. Padahal meja kerja gw ngga ada cubicle gitu. Hahaha. TUtup apron, pasang BP, langsung nyalain BP, BP dicantelin ke bra menyusui gw. pumping jalan, kerja jalan terus deh. Gw punya dua apron karena yang satu khusus gw tinggal di kantor. Yang satu merek Infermiere gw beli seharga 80rb. Bahannya yang ini lebih adem dan lebih gaya karena bisa dijadiin syal. hehe





Sambil meeting apalagi, Pumping jalan terus dengan bantuan nursing apron
di Bandara dengan Infermiere Nusrsing Apron


Bahkan diatas angkot pun nenen jalan terus

7. Cooler Bag
Igloo Tote and Gabag Sling
Ini juga vital banget. Kudu punya. Kenapa? Ya kalo ga ada cooler bag, gimana dong bawa ASIPnya. hehe. Dulu sih gw pengen beli mobicool, jadi bisa ditaruh di bawah meja gw. Tapi pas gw liat harganya yang sekitar setengah juta gw mundur deh. Mihil bener, akhirnya beli cooler bag aja. Pertama beli Gabag Sling Cooler Bag seharga 145rb. Udah dapet 2 icegel gede. Tapi ternyata si Sling ini ringkih banget jahitannya. cuma 3 bulan pake putus dan akhirnya gw balikin ke produsennya. Diganti baru. selama si gabag diservice, gw beli Igloo tote yang dual compartment di Ace hardware seharga 169rb. Tapi rempong bok bake igloo karena modelnya tote dan gw yang bikers ini susah nenteng nenteng tas cewe itu.

Pas kemarin ada yang flea Gabag groovy di TUM, langsung deh gw beli. Cuma 135rb udah ongkir. Dapet 2 ice gel besar jugak. Hehe,, Ongkirnya ja udah 50r lo. Jadi totally di gabag ini harganya cuma 85rb aja. Alhamdulillah. Gabag groovy so recommended. Enak banget deh pokoknya. gw sih udah review performanya. Klik aja link diatas. Untuk Ice gel bisa beli terpisah kok, 1 biji 17rb aja. 
Gabag Groovy bersanding dengan Gabag Sling

8. Training Cup
Koleksinya Shaq
Ini sih ga mandatory karena ada beberapa media lain buat pemberian ASIP. Gw pake training cup karena lebih gampang. As you know pemakaian dot sangat sangat tidak dianjurkan karena berpotensi bingung puting bagi bayi. Karena kemarin itu udah dicoba pake cupfeeder nannynya ngga telaten akhirnya gw beli soft spout training cup buat media ASIP. Rata rata harganya 100rb/pc, gw punya 5 biar gak perlu ganti ganti botol, yang kepake rutin cuma 4biji sih, diisi 100-120mL asip tiap hari. Jangan banyak banyak ngisinya, isi cukup sekali porsi minum karena kalo sisa en udah 2 jam diruang terbuka dianggap basi en ga boleh dimminumkan lagi. Favoritnya Shaq adalah Avent sama Dr. Brown. Tapi sejak umur 6 bulan doi udah minum pake straw cup. Suka banget dia minum dari pigeon Straw cup. Umur 8 bulan udah minum dari gelas dewasa. Training cup ini ada yang murah kok, merek Lynea cuman sekitar 30rban di Hypermart. Udah BPA Free loo.. 

9. Warmer
Ini juga ga kudu punya, bisa pake air panas aja untuk ngangetin asip tapi kan rempong bo dan suhunya ngga bisa dikontrol. Ngangetin ASIp ada syaratnya juga, maksimal 40oC aja. Ini kepake sih pas awal awal sekitar beberapa bulan aja. Sekarang Shaq biasa dikasi ASIP dingin langsung dari kulkas, kaya minum es asip. hehhehe.. Warmer murah meriah aja nih, 100rebu. Ada yang mahal pastinya macam avent yang 500rban. Crown sekitar 300rban. Ada warmer yang include sama sterilizer tapi berhubung gw dapet sterilizer as a gift, jadi beli warmer kepisah deh.
Crown Warmer

10. Sikat Botol
Gw dapet Avent bottle brush ini dari USA. nitip ama temen gw yang tahun lalu ke amrik. Ini beda sih ama sikat botol biasa. Bulunya bener bener berfungsi dengan baik, bisa menjangkau seluruh bagian botol jadi botol beneran bersih banget. di Indonesia ada yang jual sekitar 75-100rb, gw beli cuma 40rban aja. Klao yang biasa ada sih sikat botol ini merek HUKI cuma sekitar 20rebuan aja. Dulu gw pernah beli yang HUKI trus patah tangkainya :( dan ga bisa menyentuh semua permukaan botol.



Avent Bottle Brush


So, kalo ditotal total berikut modal gw menyusui Shaq.


SHAQ'S BREASTFEEDING BUDGET
Description
Price

Avent Single Electric Breastpump

1250000
Avent Sterilizer  (anggap beli) 750000
Freezer Sanyo 6 pintu 1900000
Botol ASIP 150 x 2.5K 375000
Natur Breastmilk Bag 20 x 35K (pemakaian 2 tahun) 700000
Nursing Apron Baby Oz 65000
Nursing Apron Infermiere 80000
Gabag Sling Cooler Bag 145000
Igloo Dual Compartment Tote Bag 169000
Gabag Groovy Cooler Bag 135000
MAM Training Cup 106000
Avent Training cup 124000
Dr. Brown Training cup 98000
Pigeon 3 in1 Training cup impor 54000
Crown Warmer 100000
Avent Bottle Brush 40000
TOTAL 6091000


Muahaaal ternyata yaa enam jeti untuk biaya ASI Shaq selama 2 tahun. Mmmm.. Gila, kalo begini jadi males bu ibu buat ngasi ASI buat babynya... Ehh. ngga kok, itu kan based on experience gw, kalo mau murah bisa bangeeett.. Hayo kita itung lagi. 


MINI BREASTFEEDING BUDGET
Description
Price
Little Giant Mini Electric Breastpump 350000
Crown Warmer + Sterilizer 300000
Freezer Sanyo 4 pintu 1500000
Botol ASIP 150 x 2.5K 375000
Natur Breastmilk Bag 10 x 35K 35000
Nursing Apron Baby Oz 65000
Nursing Apron Infermiere 80000
Gabag Groovy Cooler Bag 185000
Lynea Training cup 4  120000
Huki Brush Bottle 30000
TOTAL 3040000

Tuh kaaan.. Cuma 3jutaan kok. Bisa hemat di pemakaian kantong ASI, pemilihan BP, penggunaan sterilizer dan warmer disatu alat. Jangan males kaya gw nyuci botolnya. Sebenernya juga bisa hemat di cooler bag, tapi berhubung gw ga tau kualitas cooler bag yang murah murah itu gimana, jadi gw tetep recommend gabag. Hahahha.. 


Mari kita itung pemakaian Susu Formula. Disini gw bakal ambil sampel Sufor lokal sejuta umat yang mereknya terdiri hanya dari 3 huruf saja. Ga boleh sebut merek ya, tapi kalo bu ibu pasti tau deeh..

Simulasinya seperti ini.

Rata rata baby minumnya meningkat seiring bertambahnya umur dan berkurang begitu dikasi MPASI. Tapi hal ini jarang berlaku buat anak sufor. Banyak kejadian, anak sufor malas makan, karena menurutnya minum susu udah bikin kenyang dan rasanya lebih enak. 

Berdasarkan tulisan yang gw baca tentang perhitungan susu formula untuk satu bayi selama 2 tahun

Saat ini terdapat lebih dari 40 merek susu formula yang beredar di Indonesia dengan harga yang variatif. Berdasarkan hasil survei kami, harga susu formula (di supermarket lokal, per Maret 2011) bervariasi antara Rp. 21.190,- hingga Rp. 103.490,- per kemasan 300 – 400 gram, atau berkisar antara Rp. 70,63 hingga Rp. 258,73 per gram. Kami memilih tiga merek susu formula yang bisa mewakili tiga kelompok harga, yaitu kelas harga menengah ke bawah, menengah dan menengah ke atas (Tabel 1).

Tabel 1. Kelompok harga susu formula di pasaran.

KELAS HARGA HARGA PER KEMASAN (Rp.) Ukuran kemasan (gr) Harga per gram (Rp.)
Menengah ke atas 103,490 400 258.73
Menengah 51,990 400 129.98
Menengah ke bawah 21,190 300 70.63

Dengan mengikuti petunjuk pemakaian yang terdapat pada kemasan, kami menyimulasikan biaya konsumsi susu formula secara eksklusif hingga usia anak 2 tahun. Simulasi biaya tersebut disajikan pada Tabel 2.

Tabel 2. Simulasi biaya konsumsi susu formula berdasarkan kelompok harga.

KELAS HARGA Biaya  Konsumsi Susu Formula (Rp.) TOTAL (Rp.)
0-6 bulan 6-12 bulan 1-2 tahun
Menengah ke atas 5,146,040 5,835,215 7,507,247 18,488,502
Menengah 2,779,385 2,541,652 5,689,998 11,011,035
Menengah ke bawah 1,364,664 1,028,647 1,867,386 4,260,697

Hasil simulasi cukup mencengangkan. Susu formula termurah saja membutuhkan biaya sebesar Rp. 1.364.664,- selama 6 bulan pertama, atau sekitar Rp. 227.444,- per bulan. Mengapa mencengangkan? Karena menurut BPS (2011), pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada 2010 hanya Rp. 27  juta per tahun atau Rp. 2.250.000,- per bulan. Artinya, sebagian orangtua harus menghabiskan lebih dari 10% penghasilannya untuk membeli susu formula (untuk satu anak)!

Dengan harga susu terendah saja, satu bayi menghabiskan biaya 1.364.664 di 6 bulan pertama kehidupannya (Please note, ini adalah hasil survey di tahun 2011 dimana harga susu paling murah adalah 21rb saja. Sedangkan sekarang ditahun 2014 harga susu paling murah adalah 28rb. So, kalo dikonversi ke harga sekarang, 0-6bulan biaya susu bayi adalah 28/21*1.364.664 = 1819552. Bujug, hampir 2 juta hanya dalam 6 bulan pertama. 

Dan totalnya jadi 28/21*4,260,697 = 5,680,929

Lima juta rupiah mbaaa... Itu dengan susu paling murah. Tapi kalo pake susu mahal yang sekalengnya aja mencapai 250rebu, dua tahun baby menghabiskan 25jeti.. Angka yang fantastis. Kalo gw udah bikin usaha tuh, bisa buat DP rumah baru. Hahahaha.. Itu biayanya blom termasuk beli termos, botol susu, warmer dan sterilizer lo. Baru susu formula thok. 

So, you see... Tetep aja kok pake susu formula termurah jatuhnya lebih mahal dengan memberikan ASI selama dua tahun buat buah hati kita. Dari segi kualitas juga jangan ditanya. ASI ibarat barang ori, sedangkan susu formula adalah KW-nya. Sufor termahal sekalipun tetep aja dong namanya barang KW tak akan pernah bisa menyamai barang Ori.

Blom lagi kerempongan bikin susunya. Malem malem kudu gotong2 termos ke kamar, musti begadang megangin botol susu ampe baby lelap kembali. Lah, kalo ASI? tinggal buka kancing daster, baby ngenyot puting, ibu lanjutkan tidur. Kalo babynya udah mulai gedean bahkan ga perlu bangun, doi bisa nemuin payudara ibunya sendiri. Trus higienitas, udah pernah denger bayi kena infeksi saluran cerna karena bakteri? ya, banyak banget nih kasusnya, rata rata yang make sufor karena air ga steril lah, alat yang dipake kurang bersih lah. ASIP cuma butuh sterilizer aja kok.. :)

Tapi darimana dapet duit 3jeti langsung buat beli perlengkapan menyusui? Nabung dooong, gw juga ga sekaligus beli kok. One by one. Hamil kan ga dadakan, ada waktu 9 bulan buat prepare semuanya. Masa buat beli baju hamil bisa, buat beli alat menyusui ngga bisa? 

Enaknya lagi, semua alat2 yang dibeli sebagai alat tempur breastfeeding, bisa diwariska ke adeknya nanti. Freezer, BP. sterilizer/warmer, training cup. Cuma kantong asip aja lo yang disposable, yang lain mah bisa jadi warisan. Anak kedua, ketiga, keempat dan seterusnya tinggal prepare kantong ASIP doang deh.. Super duper hemat kaan.. 

So bu ebu.. suka kan ama barag diskon? suka belanja belenji? hehehe.. hemat dari sekarang yuk.. dengan cara? Sukseskan Breastfeedingnya. Penuhi hak anak kita menikmati cairan emas ASI.. Happy breastfeeding All... 

__,,__

8 comments:

  1. assalamualaikum wr wb .Seneng deh nemu blog ini.. sesama pejuang ASI di kepulauan riau. Selama ini ikutin blog mayoritas dari pulau jawa. sulit ngikutin referensi tempat belanja peralatan asip / mpasi dan harga p.jawa ama batam rada jauh ya ...hehehe. salam kenal ya bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga bunda, baru aktif lagi di blog :)

      Delete
  2. salam kenal bunda..
    Mo tanya nih..shaq pake training cup nya dr usia brp ya? Pakai yg soft spout dulu apa langsung hard spout?

    ReplyDelete
  3. salam kenal bunda..
    Mo tanya nih..shaq pake training cup nya dr usia brp ya? Pakai yg soft spout dulu apa langsung hard spout?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga bun, pake soft spout tapi yang spill off, jadi butuh usaha kuat juga ngeluarin asipnya. dari usia 4bulan umur 6bulan pindah straw cup bun

      Delete
  4. Bunda mau tanya, kalo untuk sewa freezer ASIP di daerah batam ada info nggak ya? terima kasih

    ReplyDelete
  5. Mom coolerbag beli dimana ya?yh gabag thanks

    ReplyDelete