Wednesday, March 19, 2014

Shaq's Journal : 8-9 Months old


 7m29d Yeah.. aku dah bisa berdiri sendiri lo
Very Very Late Post...

Dua bulan keilangan mood menulis berakibat tumbuh suburnya rumput di blog ini dan akhirnya gw jadi skip update milestone Shaq waktu umur  8 bulan. Jadi untuk kali ini digabung aja ya mak. Milestone Shaq 8 -9 bulan.




Koko Shaquille mau bantuin Mimmy packing orderan Ikea
Alhamdulillah Shaq banyak kemajuan dalam 2 bulan ini, sekarang udah merambat, udah bisa pindah pindah tempat sambil berdiri walopun masih pegangan ama tembok atau pinggiran meja. Udah bisa manggil PAPA.. *ini bikin gw nangis bombay karena bukan gw duluan yang dia panggil*.. Trus cereweeet banget deh ah, apa apa dikomentarin. Hehehe

Soooook atuh dimulai aja.

Kali ini panduan gw untuk melihat perkembangan Shaq dari Mayoclinic.

"Your baby might surprise you with how quickly he or she is picking up new skills. Infant development milestones for a 7- to 9-month-old include sitting, standing and laughing."

Jujur aja memang di usia menuju 9bulan ini perkembangannya pesat sekali. Banyak hal hal baru yang bisa dilakukan oleh bayi mungil ini. Even bodi ga berkembang pesat, naiknya cuma 200-300gram doang sebulan tapi Alhamdulillah Shaq lincah banget, cepat mengerti dan bisa diajak berkomunikasi. 

What to Expect :

Advancing motor skills. By this age, most babies can roll over in both directions — even in their sleep. Some babies can sit on their own, while others need a little support. You might notice your baby beginning to scoot, rock back and forth, or even crawl across the room. Some babies this age can pull themselves to a standing position. Soon your baby might cruise along the edge of the couch or coffee table.


Mau ke mall ni om, pinjem kartu kredit pippy dulu
Kalo duduk mah emang udah dari 6 bulan yaks, guling bolak balik udah dari 4,5bulan. Udah merangkak dari 7 bulan kemarin, Udah berdiri juga. Sekarang sibuk deh tu doi ngacak ngacak meja kerja gw sambil bolak balik ngambil ina ini itu buat di berantakin :)
Yes, berhasil naik tangga

Improved hand-eye coordination. Most babies this age transfer objects from one hand to another or directly to their mouths. Pulling objects closer with a raking motion of the hands will give way to more refined movements, such as picking up objects with just the thumb and forefinger. This improving dexterity will help your baby handle a spoon and soft finger foods.


Wuih, itu cewe cakep banget!!
Sebenernya sih kalo finger food udah dari umur 7 bulan gw bekelin buat Shaq. Kalo ga ya wortel kukul, kentang kukus, apel kukus, pear kukus atau kadang pisang utuh. Itu buat dia emut emut karena emang diusianya ini lagi seneng masukin apapun ke mulut. Tapi untungnya Shaq bukan tipe bocah isep jari, jadi ngga ngempeng jari. Anak tetangga gw ada tu yang doyan banget gigitin jarinya. Shaq  juga sekarang udah seneng ngejar ngejar mobil mobilannya trus dilempar deh. hahaha.

Evolving communication. Your baby will communicate with you through sounds, gestures and facial expressions. You'll probably hear plenty of laughing and squealing. Your baby might even respond to his or her own name. Babies this age can distinguish emotions by tone of voice. They might repeat the sounds they hear — or give it their best shot. Your baby's babbling is likely to include chains of sounds, such as "ba-ba-ba." You might even pick out an occasional "mama" or "dada."


Naik Angkot di padang sama Mimmy
Seperti yang gw bilang diawal tadi, sayang sekali kata kata pertama yang meluncur di bibirnya adalah "PAPA" bukan mama.. ahahha.. Jadi pas gw dikamar, Jacky masuk. Eh tiba tiba di bilang "Papa" sambil ngeliat ke bokapnya. Kata katanya jelas banget lo.. hehheh.. bukan bubbling gitu. Trus kalo lagi maen, dipanggil "Shaq" langsung nengok, gw kasi telunjuk digoyang goyang doi langsung stop. Sepertinya dia ngerti kalo apa yang mau dia lakuin itu ga boleh. Bayi ini lucu ya, udah dikasi mainan seabrek tetep aja hobinya malah mainan ama panci, kabel listrik, tempat bedak, botol minyak kayu putih, keyboard laptop, modem, lampu meja. pokoknya aneh aneh deh. Jadinya gw worry aja kalo doi udah merangkak ke arah PC deket meja TV, doi langsung berdiri trus pegangan ke pinggiran CPU sambil ngoprek ngoprek belakang PC, tau deh nyari apaan. Hadeuh... Nggga bisa ditinggal sendiri lagi.


Ake ganteng kan om?
Stranger anxiety. Many babies this age become wary of strangers. Your baby might resist staying with anyone other than you, shunning even grandparents or familiar baby sitters. If your baby fusses when you leave — or melts down entirely — resist the temptation to sneak away. Say goodbye with a hug and kiss and a reminder that you'll be back soon. Chances are, your baby will stop crying as soon as you're out of sight and something else grabs his or her attention. You might even plan ahead of time how the caregiver will distract your baby.


Ga mau mandi di kamar mandi, maunya mandi di ruang tamu omi
kalo dikamar mandi mandinya berdiri :D
Yeah, Shaq sekarang udah ga bisa dipegang sembarang orang lagi. Bahkan ama Bunda ade yang dulu sempet jagain doi sekarang ga mau digendong lagi. Sama nyokap gw alias grandma dia sendiri juga ga mau. Huaaaa... Jadi ya, ceritanya kita kan mudik nih mau aqiqahannya Shaq. (cerita aqiqah nya nanti aja kalo gw ga males) .. Mudiklah kami sekeluarga. Gw pikir, gw bisa istirahat sejenak secara Shaq kan lengket banget ama nyokap gw. Gw duluan yang berangkat sedangkan Jacky esokannya. Nyampe padang, ternyata Shaq ga mau digendong siapapun selain gw. Huaaa... mau mewek gw, secara gw ga bisa istirahat sama sekali. Tapi mungkin ini kali ya baru ngerasain jadi ibu sejati secara selama ini apa apa gw selalu dibantuin Jacky. hehehe.. Untunglah esokannya Jacky dateng, bisa gantian deh gw gendong baby 9kg ini.

Di Daycare juga gitu, biasanya mah doi hayo aja digendong siapapun, tapi udah beberapa minggu ini, maunya cuma digendong bunda Icha atau bunda Yuyun, kalo bunda yang lain mewek dah dia. Kalo gw dadahin pas mau pagi pagi berangkat dari daycare, dia juga mukanya sedih gitu. Aihh, anak mimmy udah gede. Akhirnya tiap pagi sebelum nyampe daycare gw sounding ke dia kalo mimmynya ini kerja nyari duit dulu, buat beli mainan en bajunya dia, buat masa depannya. Eh, berhasil lo, doi jadi anteng aja kalo ditinggal. Tapi tetep, yang gendong kudu bunca Icha atau bunda Yuyun.

Teething. If your baby still has a toothless grin, you can expect the first tooth — likely one of the middle teeth in the lower jaw (a lower central incisor) — to break through anytime. You might notice your baby drooling more than usual and chewing on just about anything. Offer a cool, wet washcloth or teething ring. If you haven't done so already, get in the habit of cleaning your baby's teeth and gums at least once a day. Use plain water and a soft cloth or baby toothbrush.

Blom numbuh. Giginya blom nongol euy. Nongolnya di 9m+, nanti dipostingan berikut gw bahas ya.. Jadi ini skip dulu, apanya yang mau digosok kalo giginya blom ada. wakkakakk. Tapi gw jarang sih ngasi teether ke dia. Kayanya gw harus beli sikat gigi bayi nih.
Sibuk ketawa ketawa nontonin Cocomong
Oke deh.. So far, Shaq normal normal aja perkembangannya, bahkan ada beberapa yang duluan dari standar. Seneng deeeh..

Timbang terakhir 9m itu 9kg. Panjang, ga tau karena jarang ngukur tapi udah lebih dari 70cm sih. Berharap doi bisa nyaingin bokapnya yang 178cm. heheheh.. Jangan nyaingin Mimmy ya Shaq.

Baby lucuk ini, sekarang tingkahnya aneh aneh, apalagi kalo nenen, posisinya bisa sambil nungguing, sambil nyamping, sambil tiduran, sambil tengkurep. Pokoknya gw ampe geleng geleng kepala deh. Ga tau apa enaknya gitu nenen sambil nungging. kwkwkwk..


Gaya bobo kaya supermen mau terbang, eh tapi itu nananya batman yak :)
Diajakin ke mall udah ga takut jatoh lagi kalo didudukin di trolley, doi malah sibuk makanin besi trolleynya. 


Efek kaga ngasi teether, besi trolley dimakan juga :D

Evamat juga enak kok mih dimakan.
Nah, untuk MPASI, ini jarang banget ya gw bahas. Maap deeh. Gw bahas sekilas aja boleh kan. Dari 8m kemarin, Shaq udah gw kasi nasi tim. Masaknya sih teteup pake slow cooker, airnya ga sebanyak waktu bikin bubur. jadi nanti jadinya ya masih dalam bentuk nasi tapi lembek. untuk 8m+ ini udah boleh kenalan ama keju. Untuk lauk, gw stok ikan salmon, ikan tuna, beef alias merah, daging ayam. Semua difreezer dan sudah dibagi per porsi makan. Jadi kalo pagi nih ya, gw tinggal ambil 1 porsi ayam/daging/ikan trus sayurnya dipotong dadu, dikukus terpisah sama nasinya. Pas udah mateng tinggal campur ke nasi, kasi kuah kaldu dicacah sama garpu. Bagi per porsi masuk rantang makannya doi. Berhubung gw penganut aliran Food Combining jadi blom ngasi yang macem macem kaya yogurth ke Shaq. Nanti ada waktunya kok. tenang aja buibu..
Meski bengong, avocadonya ludesss.. Yeayy
Untuk sarapan pagi masih tetep pure/jus buah. Makan besar 2x sehari jam 11 dan jam 2 siang, sore makan labu/ubi/kentang kukus. pokoknya bukan nasi gitu. So far doi doyan sih ama hasil masakan emaknya yang ga bisa memasak ini. Tapi pertumbuhan berat badan emang lambat banget, secara doi udah lasak alias gerak melulu, ga bisa diem. Tapi okelah, masih diatas persentil 50% ya Shaq...


Dorong pi.. Dorong..
Untuk menunjang Shaq biar cepet jalan, gw beliin Push walker. Gw jatuh cinta ama Fisher Price Walker to Wagon. Tadinya mo beli baru, dapet di salah satu olshop seharga 360K, tapi setelah pikir2 lagi, mainan ini kepakenya ga lama, en Shaq juga bosenan, akhirnya searching di ebay ama tokobagus. Nemu euy di tobas 250rb aja. 2nd hand sih tapi lumayan lah masih good condition. Pas barangnya nyampe langsung dipake Shaq. doi seneng lo, ama mainanya. Hehe.. Nyobain buat dorong juga tapi berhubung waktu itu berdirinya blom stabil masih diback up Jacky dibelakang takut jatoh. Nanti di postingan terpisah gw review yah mainan ini. Duh, utang posting gw banyak juga.


Awas, Koko shaquille mau ngebut

Eh, ini kok jalan sendiri?
kejar kejar kucing
Shaq juga udah seneng banget dititah, apalagi ngejar kucing. Langkah kakinya jadi lebar lebah gitu. lucu. hahhaha..


Aku mau naik mobil dulu ya, mau shopping
Duh, ga sabaran gw nungguin ni anak bisa jalan. Padahal PR gw bakal jadi nambah lo kalo Shaq bisa jalan en area berbahaya dirumah jadi lebih luas. Bener kan.!!

__,,__

No comments:

Post a Comment