Thursday, June 7, 2018

PHUKET, WE'RE COMING Part.1

Sebenernya niat mo ke thailand dah lama tapi ya itu niat doang, ga diiringi dengan keteguhan hati.

Nah sebulan lalu temen kantor gw iseng iseng ngomong, gimana klo kita ke thai.. waah gw langsung semangat dong ya. Kapan lagi gituh, langsung aja gw daftar dan akhirnya kita milih phuket island sebagai destinasi. Thailand itu gede kaka, jadi ya kalo cuma pergi 3-4hari ga recommended untuk pindah pindah kota, selain jaraknya jauh jauhan satu sama lain, biaya transportasinya lumayan. So we decided to visit phuket island only..

Gw ama temen temen gw mulai hunting hunting dong, bikin itinerary plus itungan budget. Pas awal awal kemarin itu kita dapet tiket pp spore-phuket-spore 1,2jt. Dan kita juga mutusin bakal ikutan tour ke phi phi island satu hari full. Siip.. rencana pun dimulai.

Dipertengahan jalan, gw berkhianat. Bukan berkhianat juga sih, gw malah galau ikut kagak ikut kagak. Tiba tiba gw kangen mudik ke kampung dan dadakan gw akhirnya beneran mudik.. berempat, ama lakik dan anak anak.. you know lah berempat pasti ga bisa dengan duit sejeti dua jeti doang, ya meski setelah gw itung2 ternyata mudik kemarin gw cuma abis 3jutaan full berempat. Hihihi.. kalo dipikir pikir murah ya booo..

Pas gw lagi mudik, temen gw message gw, jadi ikut kaga ke phuket. Gw bingung dong, mana duit pas pasan. Hahaha, ya becanda gw bilang ke temen gw, ngutang bole kaga wkkwkw.  Dan jawaban gw yang ngasal itu dia yg bikin kita akhirnya ga berangkat bareng. Ternyata pas temen gw tanya itu, udah pada mo pesen tiket pesawat, karena jawaban gw yg ngambang, akhirnya temen gw ga booking tiket buat gw. Huhuhu..  salah gw juga sih plin plan.

Pas gw udah balik mudik, dan masuk kantor kaget aja dong gw kalo yg lain udah pada booking tiket pesawat. Yah.. tambah ga semangat gw buat ikutan.

Tapiii, hati gw memanggil manggil buat pergi.. Alhamdulillah ada rejeki cyiint, jastipan lancar banget bulan lalu akhirnya gw yakin bisa ikutan deh meski dengan dana yang terseok seok wkkwk. Pas gw hunting2 tiket pesawat, ternyata harga tiket udah naik, milih penerbangan yg sama ama temen temen gw berangkat aja udah 700rebu sendiri. Bangkrut dong aku kaka... over budget, no no no no huhuhu.

Hunting lagi hunting lagi, akhirnya nemu yg paling murah dari Kuala lumpur - Phuket, berangkat cuman RM 87 alias  300rebu rupiah doang. Uhuy... Langsung dong gw ambil itu tiket. Yah gpp lah musti ke KL dulu, toh dari spore or johor murce merince harga tiket ke KLnya.

Tiket pergi done.

Nah pas mau book tiket pulangnya gw masi dapet tuh 490rban ditraveloka, tapi berhubung temen gw ada yg mau balik duluan di tgl 12 may sedangkan deseu dah booking tiket balik  di tgl 13 may, deseu minta gw hold dulu booking tiket balik. Jadi tiket dia mau diganti nama ama nama gw dan dia mau booking tiket baru di tgl 12 may. Ya udah gw oke dong.. berarti nanti berangkatnya doang gw yg misah, baliknya bareng. Tunggu punya tunggu finally temen gw ngabarin, kalo  ganti nama kudu bayar 2000 thai baht. Dan itu hampir sejuta sendiri mameeen dan dia mutusin balik tgl 13 aja.  Jadi mau ga mau gw harus hunting tiket sendiri buat baliknya. Huaaaa...

And you know what, tiket Phuket-singapore  dengan penerbangan yg sama yg tadinya cuma 490k ternyata udah melejit jadi 800k. Gila dong, mabok gw kalo harus beli tiket segitu mahal.

Yah apa mau dikata terima nasib dah, memang bukan rejeki gw kayanya ga bisa satu pesawat ama temen temen gw.

Ga punya carrier akhirnya ranselan aja.
Pilih ransel yg ada bendera Indonesianya
Because Im from Indonesia

Dengan ketabahan hati akhirnya gw hunting lagi aja dong. Gw udah pasrah kalo kudu balik lewat kuala lumpur lagi ya gpp mungkin emang jalannya gw harus travelling lebih lama dibanding mereka. But... Bingo, tak disangka gw dapet tiket pesawat phuket-singapore cuma 490rb air asia dan jadwal penerbangannya cuma beda 15 menit dengan temen temen gw yg naik Scoot. Fix... Tiket pp done. Dapetnya air asia dua duanya, bisa cek in online pulak, kan jadi enak.

Sebelum berangkat, gw udah prepare, termasuk hotel. Karena yg berangkat akhirnya 8 org dan guesthouse yg di book baru 5 bed aja, 3 orang lagi belum kebagian. Gw book buat bertiga via booking.com. Dapet di Lavender hotel kawasan patong. Dormitory khusus cewe 4 bed sekamar.  3 malam 3 bed cuma 1418 thai baht kalo di konversi ke rupiah sekitar 70rb per malam per orang. Murah meriah kan cyiint. Tapi ga nyesel sih gw booking hotel itu gaes, bersih dan nyaman. kamar bersih tiap hari, handuk ganti tiap hari, staff nya ramah, kita ada di lantai 4 dan ada lift, ga kebayang naik tangga pasti gempor dah tu kaki.

Hari yang ditunggu tunggu pun tiba, berhubung gw berangkat dari KL jadi gw berangkat dari batam sehari lebih awal dibanding temen temen gw yang flight Spore-Phuketnya di kamis sore. Sedangkan gw rabu sore udah exit dari kantor sejam lebih awal, diantar shaq sean ama bapaknya ke Batam center port. Oh iya, gw dapet tiket bus di easybook dari Singapore ke KL cuma SGD 8,  kalo dirupiahkan sekitar 90rb aja. Ga tau tu tumben murah banget bus direct SG-KL, biasanya SGD 20, ini seratus rebu aja kaga nyampe.

Nyampe harbourfront sekitar jam 7 waktu setempat, gw langsung menuju bukit batok ke rumah ate mel buat naro koper dan ambil SIM Card Thai gw. Kenapa kudu naro koper? karena gw ga beli bagasi, jadi maximum barang bawaan gw cuma 7 kg aja. Koper gw taro dirumah ate mel karena balik dr phuket gw musti belanja di singapore, beliin pesenan customer jastip olshop gw. Kan ga lucuk kalo bawa barangnya nanti pake kantong plastik ke batam haha..  Trus, untuk  Thai SIM Card dapet murah banget itu tourist sim card cuma SGD 6 unlimited access 4G/3G selama 8 hari plus ada free calls dan sms juga. Padahal kalo SIM card tourist beli di thai harganya 299 baht alias sekitar 150rb sendiri. Aneh kan ya, lebih murah beli kartunya diluar negeri daripada di dalam negeri hahhaha.

Bye Bye Batam, Til we meet again

Siap berpetualang

Biasanya males poto poto di stasiun MRT ini
Tapi mumpung gw lagi jadi turis di singapore,
gapapalah poto poto sikit,

biar kek orang orang
Di Thai ada 3 macem provider, TrueMove, DTAC dan AIS. Gw pilih TrueMove karena berdasarkan review yg gw baca, si TrueMove ini sinyalnya kuat didaerah phuket. Mumpung kemarin ada travel yang promo sim card ini langsung gw beli. Bisa mati gaya eikeeh kalo sampe ga bisa online di Thai. Di rumah ate mel sekalian numpang sholat magrib dan isya, meski mereka satu rumah katolik semua tapi sangat menghormati gw yang muslim. Jam 9 Singapore time gw langsung menuju Golden Mile Tower. Golden Mile Tower ini adalah tempat pick up penumpang bis dr SG ke KL. Gw juga baru tau kalo untuk bis bis lintas SG-MY, ga ada terminal khusus gede gitu, cuma ada terminal bayangan dan itupun busnya akan ready beberapa saat sebelum keberangkatan aja.

Naik MRT dari bukit batok, alight di Nicholl MRT station. Ternyata lokasi bisnya lumayan tersembunyi. Padahal gw udah buka buka google maps sebelum berangkat tapi ya teteup nyasar juga hahaha.. sampe di golden mille masih jam 10.30 PM, gw langsung lapor ke staff bisnya. Dia liat tiket gw yang harusnya berangkat jam 11.45 PM, tapi dia nawarin gw ikut bis yg sejam lebih awal. ya mau dong gw, ngapain juga kan sejam lebih bakal bengong disana nunggguin bis berikutnya.
Di bekelin sama Christine
Pertama kali masuk gw excited banget sama bisnya. Startmart  bisnya tingkat dan kursinya memang nyaman banget buat tidur. Padahal awalnya gw ragu loh beli tiket bis karena bad review di tripadvisor. Ada yg bilang bisnya penuh bugs, ada yang bilang bisnya lewat woodlands instead of Tuas, ada yang bilang staf bisnya jehong ngoper ngoperin penumpang ke bis lain. Tapi karena harganya murah pake banget akhirnya gw tetep beli. dan gw ga nyesel beli hahha.. penumpangnya paling cuma isi setengah, gw bisa duduk dimanapun gw mau. ACnya dingiiin banget brrr.. kudu bawa jacket for the next trip naik bis ini. dan ontime.

Jam 11.00PM, board from Golden Mile tower, gw nikmatin banget singapore tengah malem. Cantik cyiint, sekitar jam 00.30AM bis sampe di tuas link. ini pertama kalinya gw masuk malaysia lewat gate ini. Biasanya gw lewat woodlands yang naudzubillah crowdednya kalo weekend, atau direct dari batam lewat stulang laut or Puteri harbour. Imigrasinya sepi banget dan di Singapore check point, tas kita boleh di tinggal di dalam bis. Jadi turun cuma buat nge cap pasport doang.

Bisnya Keren ya, 90rb doang SG-KL

Upper Deck Bus, Nyaman banget kan
Gedung imigrasi tuas ini ga gede gede amat sih, pas keluar dari imigrasi, bis kita udah nungguin buat bawa semua penumpang lanjut ke imigrasi malaysia. Ngelewatin Johor of straits dan sampelah di imigrasi Malaysia. Disini semua barang bawaan kudu dibawa turun karena nanti bakal ada pengecekan X-ray. Proses cepet, dan enaknya di bagian pintu keluar ada convenience store. kebetulan banget kan ya gw belum makan sejak dari batam, beli roti 3 biji. murah sih sekitar 2-3rban sebiji... dan kita lanjut perjalanan ke KL, gw mimpi indah menungggu besok pagi mendarat di KL.

Morning Kuala Lumpur
Entah berapa jam lamanya gw tidur di bis, yang pasti gw bangun aja itu dibangunin ama drivernya. Jam 5.30 bis nyampe di Berjaya Times Square KL. Yap, gw milih bis ke berjaya instead of TBS karena TBS jauh bener cyint dari pusat kota Kuala Lumpur. Udah ada beberapa orang juga sih yang sampe disana mungkin pada nungguin pagi dateng dan LRT mulai beroperasi. Gw langsung nyalain henpon, buka gugle maps searching masjid terdekat. Oh iya, gw emang punya SIM card malaysia sejak lama, berhubung gw selalu ada business trip tiap bulan ke Johor. Jadi gw tinggal top up aja tiap kali dateng ke Malaysia. Nah untuk trip kali ini sehari sebelumnya gw minta tolong temen gw yang stay di johor buat isiin pulsa gw. Dan jadilah begitu ga sampe malaysia gw langsung bisa online.

Paket data di Malaysia itu murah banget
1GB cuma RM3, koneksinya wass wess wuss

Morning di Berjaya Times Square
Dari Imbi ke Hangtuah ngelewatin Ecoworld

Recommended untuk sholat subuh di masjid ini sebelum city tour

Masjid Al bukhari itu megah gan!

700m dari berjaya times square ada mesjid gede banget. Namanya mesjid Al Bukhary. jalan jalan pagi menyusuri Jalan imbi menuju Jalan Hang Tuah, masih sepi, dingin, menyenangkan. 15 menit akhirnya gw sampe di Mesjid Al Bukhary, sholat subuh dan mandi. Menyenangkan sekali, akhirnya ketemu air haha. Terakhir mandi kan kemarin  pagi pas berangkat kerja. Seger banget bisa mandi sepagi itu. 30 menit kemudian gw jalan lagi langsung cari stasiun LRT terdekat, ternyata di seberang mesjid ada stasiun hang tuah. Gw belum tuker duit ringgit sejak dari Indonesia,karena memnag biasanya nuker di negara tujuan dengan rate yang lebih manusiawi. Di dompet gw cuma ada 5RM plus beberapa recehan koin sen sisa trip sebelumnya ke Johor. Didepan stasiun Hang tuah gw sempetin beli nasi lemak. RM 1.50 udah dapet nasi plus lauk telor. murah banget kan...

Muka abis mandi

Monorel Station
KL View
Di stasiun ini aku nyasar dan hilanglah 30 menit
Tapi gpp sih city tour gratis naik monorel
Monorel ada masinisnya loo disini
Oh iya, ternyata jalur Imbi-Hangtuah ini dilewatin monorel bukan LRT. Tapi di Hangtuah ada interchange ke LRT. Tapi berhubung gw terakhir ke KL 6 tahun lalu, udah banyak yang hal yg terlupakan sampe nyasar nyasar hahaha.. Tujuan pertama gw adalah ke KLCC, kangen liat petronas. Kalo di singapore semua papan penunjuk di jalanan dan stasiun sangat jelas, agak beda dengan KL ini, gw ampe nyasar karena ga ada tulisan arah ke rapid Kl gate yang mana, jadi gw naik aja deh tu ke lantai dua stasiun hang tuah. Gw pikir gw harus ke KL sentral dulu kalo mau ke KLCC. begitu sampe KL sentral ternyata interchangenya ga nyambung gitu, gw harus keluar stasiun monorel trus masuk lagi ke LRT atau rapid KLnya.  Yaah kudu bayar lagi kalo mau pindah ke LRT, gw salah jalan nih. Finally balik lagi gw ke Hang tuah dan pas gw turun baru nyadar kalo LRT itu di bawah bukan dilantai 2 stasiun. Aigooo.. wassting time lah gw 30 menit gara gara nyasar ini hahaha.

Foto yang kesekian kali di KLCC
Maaf ya tampak muka aja
Jam 8 pagi gw dah sampe KLCC, sarapan di taman depan Suria KLCC, abis itu poto poto deh. dan gw baru menyadari kalo gw kelupaan bawa tongsis, jadilah potonya nampak muka doang ga bisa seluruh badan. Jam 9 pagi Suria KLCC buka, gw kedalam langsung cari counter merchantrade buat tuker duit. Kenapa harus tuker duit di Merchantrade? karena ratenya sangat kompetitif sekali. dari semua money changer yang pernah gw datengin, merchantrade ini harga beli mata uang asingnya murah. Gw dapet Rate 1 baht = IDR 439. Murah kan. udha bosen di KLCC gw ke Pavilion KL, niatnya mo beli baju lebaran buat bocah.
Bis GoKL, shuttle bus Free KLCC- Bukitbintang

Nampang dulu di Pavilion

Sukaaaak ama interior toilet di Pavilion KL ini
Jajan deh tu di Pavilion KL
Ada shuttle bus free ke Bukit bintang tepat depan KLCC dan bisnya kebetulan lewatin pavilion. Naik dong gw, lumayan menghemat seringgit dua ringgit kan. Tapi lagi lagi gw lupa waktu gara gara shopping dan nyadar kalo flight gw itu setengah empat sedangkan jam udah menunjukkan pukul 12 siang, posisi gw masih di pavilion. Gilaaaakkk.. kejar kejaran ke KL sentral berharap jam 2 gw dah sampe KLIA2. Jangan sampek batal ke phuket gara gara tiket hangus.
Masjid Jamek KL

KL tempo doeloe kayanya ini
Nyampe KL sentral gw bingung, naik bisnya dimana yah.. Browsiing, barulah saat itu gw menyadari keonengan gw berikutnya. KL sentral itu train station bukan bis station. kalo ada bis dr KL sentral ke KLCC itu pasti booking dulu jadi ga ada yg on the spot... aigoo sedihnyee.. sudahlah dikejar kejar waktu, salah pulak. Coba cek train KLIA express.. ya ampoon mehongnye RM 55, seratus lima puluh rebuan untuk transportasi ke bandara. Over the budget banget karena gw cuma kasi budget RM 15 buat bis KL-KLIA. Disaat yang genting itu gw dihadapkan untuk making decision yang sulit banget. Merelakan duit 150rebu melayang dengan naik KLIAexpress atau ngejar waktu ke puduraya dan berharap keberuntungan berpihak ke gw bisa nemuin bis ke KLIA disana.

Kuala Lumpur LRT Map

Okay, I'll take the risk. Finally gw naik Rapid KL  alias LRT Kelana Jaya  ke bis station puduraya ganti kereta di masjid jamek dan lanjut naik Ampang line. Berasa udah deket dan berharap langsung sampe pudu, eh pas turunnya malah salah station pulak. Harusnya kalo ke stasiun bis puduraya, turun dr LRTnya di stasiun plaza rakyat, tapi gw malah turun di stasiun pudu. Untung nanya ama enci enci yang ada di station pudu, dan beliau bilang gw kelewat dua stasiun dari yg seharusnya. Duuhh, itu kenapa ya nama stasiun yang terhubung ke terminal pudurayanya kudu Plaza Rakyat, harusnya Pudu aja gitu biar ga salah salah haha..

Dan onengnya lagi setelah gw pikir pikir, harusnya tadi dari pavilion gw ga pake mampir ke KL sentral, harusnya gw turun di masjid jamek dan pindah ke ampang line dan langsung aja ke plaza rakyat.

Bis Puduraya-KLIA RM12 aja,
kalo backpack ga usah naik express expressan
mehongnya ga ketulungan
Memasuki terminal bis puduraya, gw bingung karena situasinya udah berubah banget dibanding 6 tahun lalu saat gw ke KL, di lantai dasar cuma ada orang orang jualan doang ga ada counter tiket. Tanya tanya orang disana katanya counter tiket ada dilantai 2, tapi pas gw samperin ke lantai 2, malah ada announcement kalo tiket bisa diperoleh di basement platform  lokasi bisnya berangkat. Jiaaah... kok kaya terminal jaman dulu jadinya. Begitu sampe basement nemu deh tu yg jualan tiket. RM 12 aja kaka. Tuh kan jauh banget perbandingannya kalo naik train KLIA express haha.. hemat banyak banget. dan perjalanan dimulai, menuju KLIA2.

Ga sia sia gw ambil resiko tadi, sebenernya yang menarik dari backpacking itu ya situasi2 kaya gini, disaat lo dihadapkan diantara pilihan yang sulit, milih aman nyaman budget bengkak atau jantung deg deg ser tapi dompet aman. Hahaha

Phuket I am Comiiing :)

*Di Part terakhir nanti baru gw share budget yg gw keluarin buat trip ini ya, sekarang nikmatin dulu aja ceritanya.

Bersambuung.. ke Part. 2 (Kalo ga males nulisnya)

UPDATE

UDAH ADA LANJUTANNYA LO... langsung aja melipir kesini.