Thursday, March 1, 2018

SMAKPA Sakola den..

 
Pic ini muncul di IG gw dan akhirnya bernostalgila lah gw.


Sakola den..
Ngemeng ngemeng sakola den, jadi inget dulu pas jadi murid sekolah ini, bangunanya cuman dua bijik.. bangunan yg dimaksud malah ga kepoto di pic ini hahaha.

Kalo pagi pagi jangan heran nemuin taik mbe bulet bulet diterasnya. Ya maklumlah, secara eike murid pertama yg menghuni bangunan sekolah ini.

Ini kampus kedua setelah kampus utama saat itu masih di juanda 2 yang notabene ditengah kota. dulu bertolak belakang kondisinya dibanding kampus utama ya.. hahaha

Angkatan gw boleh jadi angkatan percobaan, hihi. jadi kami senin sampe jumat sekolah di kampus yg dipoto ini (kampus alpauli), sabtunya sekolah di kampus juanda2. Hal ini kepaksa dilakukan karena di kampus alpauli belum ada sama sekali laboratorium kimia sama sekali.

  
Oh iya buat yang belum tau apa itu SMAKPA, smakpa itu adalah sekolah kejuruan khusus analis kimia. Sekolah ini mencetak analis kimia analis kimia muda setiap tahunnya. Jadi jangan heran sekolah ini menjadi salah satu sekolah favorit di sumbar karena mostly lulusannya bisa langsung terjun ke dunia industri khususnya pekerja laboratorium.

Ini sekolah negeri under kemenperin. ada 3 biji doang versi negerinya di indonesia tepatnya padang, bogor dan makassar. Makanya muridnya banyak yg dateng dr luar kota.
Gw dulu memilih sekolah ini dari 3 sekolah yang menyatakan gw diterima sebagai murid mereka. Gw merelakan jatah bangku gw di SMA 1 padang dan SMF Prayoga karena lebih memilih menjadi murid sekolah unik ini.

pertimbangan gw saat itu, bokap gw udah menyatakan dengan sangat jelas ga sanggup membiayai perkuliahan gw sedari gw masih anak esde, jadi mau ga mau gw masuk sekolah kejuruan yang memungkinkan gw untuk bisa kuliah sambil bekerja. Pilihan utamanya saat itu SPK, keknya keren kali wak pake baju perawat itu hahaha.. tapi setahun jelang gw tamat SMP, SPK dihapuskan untuk selamanya. pilihan kedua SMA Taruna Magelang, gw cuma lolos di seleksi nilai hahaha. pas seleksi bodi gw kalah telak karena tinggi badan gw saat itu ga mencapai 150.. semekot alias semeter kotor.. ya sudahlah gw dadah dadah cantik aa sama sekolah keren itu, hingga akhirnya menelang kelulusan smp temen gw kasi tau kalo ada sekolah yg namanya SMAKPA. dan gw a little bit excited lah, doi mau daftar katanya.. akhirnya gw daftar deh tu.. temen gw yang kasi tau gw tentang sekolah ini malah ga jadi daftar.. yah,, dia malah lanjut masuk SMA 1.

seleksi masuk sekolah ini unik.. serius looo, unik banget. ujiannya banyak banget. ada ujian praktek pulak. Dan ga tau kok gw bisa lolos ya ahhaha.. padahal otak gw cetek bener ga tau apa apa soal lab.

Selama sekolah disini cemana? seinget gw yg paling berkesan selama jadi murid sekolahan ya disekolah ini. aturan ketat, disiplin keras, jangan main main deh, gurunya ga segan segan usir elu dari ruangan kelas. dulu waktu hijab belum menjadi default style dari seragam sekolah sumbar, kami ga boleh berambut pendek, siapa yang rambutnya lebih pendek dr batas krah baju seragam bakal disuruh pake "songkok" alias tudung/anak jilbab macam mak mak dipasar itu loh, sampe rambutnya panjang lagi. yang panjang roknya kurang dari 5cm dibawah lutut, bakal disobekin kelimannya. Yang lebar bagian bawah celananya kurang dari sejengkal tangan bakal disobekin deh tuh celananya. jadi ga ada trend cangcuters lah di sekolahan gw hahaha

kuku jangan harap bisa panjang, boro boro pake maskara, kenal bedak aja dah syukur.. ga boleh make up berlebihan. paling banter pake bedak en lipgloss doang.

sepatu harus kulit hitam, heels maximal 3cm. pake baju pramuka di hari piket.
dalam tahun pertama angkatan gw ada 10 orang yang drop out.. jumlah murid dibatesin cuma 3kelas aja. jadi makin lama makin dikit temennya.

rokok dilarang keras, sekolah mengawasi murid 24 jam. jadi even lo udah pulang sekolah ketangkep ngerokok di pasar atau dimana gt, siap siap esokannya ada surat panggilan buat wali elu plus sansksi skorsing ga boleh masuk kelas bebereapa hari.

seinget gw saat itu cuma sekolah gw ini dan SMTI padang yang menerapkan aturan ini. ga tau sekarang ya.. SMTI ini adek kaka ama SMAKPA. Kalo SMAKPA 4 taon, SMTI ini cuma 3 taon, sama sama under kemenperin. tapi SMTI lebih berat ke proses industri instead of chemical analyst.. ibaratnya nih produk dibikin ama anak SMTI, ntar dianalisis sama SMAK.

Sekolah ini kalo dibilang murah ya ngga murah, dibanding sma ya jauh mahal wkkwkw.. dulu jaman gw sekolah, uang semesterannya setara dengan uang semesteran anak UNAND. untungnya gw bayar full semesterannya cuma pas masuk doang, tahun tahun berikutnya gw free, ga pake bayar hihihi.. sampe tamat lagi. Iya, kalo nilai lumayan bagus ada beasiswa otomatis dr sekolah ini. pas tamat direkomendasikan pula ke akademi analis yang ada di bogor.. Yang masuknya susah naudzubilah itu looh.

Tapi gw lebih memilih jadi kuli dulu setamat dr sekolah ini dibanding ngambil jatah di AKA bogor..
Dan setelah menjalani dunia kerja... persaingan kerja di level SMAK itu ga seberat persaingan kerja di level sarjana. Gw merasakan begitu gampangnya gw nyari kerja pake ijazah sma gw dibanding ijazah S1 gw.. makanya dulu gw jadi kutu loncat sering pindah pindah sari satu perusahaan ke perusahaan lain dan banyak perusahaan yang lebih condong ambil analis dari tingkat SMA dibanding D3.. kenapa? Kerjaan sama, bisa dihandle oleh dua lulusan sekolah ini. perusahan banyak yang pake anak SMAK bisa digaji lebih murah karena lulusan SMA.. Jadi jangan heran ketika ada perusahaan buka lowongan yg lulus malah anak smak bukan d3.. gw pribadi pernah ngalamin ini. Tapi ya jenjang pendidikan itu perlu, even cuma untuk mendongkrak karir. Lulusan smak ini dikit men, ga kaya lulusan D3 or S1... segambreng.

Itu juga yang akhirnya bikin gw akhirnya pindah jurusan, kuliah di teknik industri bukan ambil jurusan kimia biar lebih luas aja area kerja yg bisa gw handle.

Terus happy ga selama sekolah di sekolah ini?

Happy banget hahahha.. setengah gila otaknya mikirin rumus kimiaaa mulu. titrasi, gravimetri, redoks, analisa darah sama pipis, karbo, protein lemak, uji identifikasi logam yang disuruh ngapalin macam macam bentukan endapan ituuuh, ngapalin tabel unsur heboh negara arab karena xenon dan radon wkkwkwk.. belum lagi ngitung molaritas, normalitas, molalitas, ppm ppb tapi ga ngitung ppn kok wkkwkw.. main main ama benzen, ether, AAS, spektrofotometer, chromatography, duh banyaaaaaakkk... belum lagi main main ama kuman, sobatan ama autoclave, ngitungin koloni bakteri, nyiumin media PDA NA yang kalo udah keluar autoclave kek aroma kentang McDonald, nyiumin bau busuk H2S hahahha... padahal racun loh, main main ama jamur dan mikroskop.

nah loo,, gmana ga seruu.. seru banget kan yaa
Tapi kenapa sekarang gw jadi officer?Duh, gmana ya its my destiny mamen.. kalo ditanya mah cita cita gw apa? jadi dokter. tapi gw tau diri kalo sekolah dokter itu mehong, dan ya udhalah.. yang penting karena gw sekolah disini makanya gw bisa jadi kek sekarang. ye kaaan..


__,,__

No comments:

Post a Comment