Wednesday, June 27, 2018

PHUKET, WE'RE COMING Part.2

Cerita sebelumnya ada di sini, buruan cuss baca dulu!

Bus yang gw tumpangin akhirnya mendarat di KLIA2 jam 13.45, cuma 45 menit ternyata dari terminal pudu raya, padahal drivernya bilang 1jam 15 menit loh. Bikin sakit jantung aja. FYI, flight gw 16.05 dan itu berarti gw dateng 2 jam 20 menit sebelum keberangkatan. Oh iya paginya gw udah check in online via aplikasinya Air asia. Jadi pas di pintu departure hall gw tinggal masuk ga perlu ke counter cek in lagi. Deg degan aja kalo kalo ransel gw keberatan, secara gw udah belanja di mall pavilion KL. Tapi ternyata yang bawa ransel ga ditimbang, yang ditimbang cuma yang bawa travel bag aja..

Masuk KLIA2 departure Hall

Lewatin X-ray gate pertama, langsung masuk dan antri di imigrasi. Ga terlalu panjang antriannya karena mungkin lagi low season jadi traveller ga banyak banyak amit. Lolos imigrasi gw langsung nyari waiting room air asia yang ternyata ada di bawah, di lantai dasar. sebelum masuk waiting room, gw akhirnya mencoba bersantai sedikit, paling gak mengendorkan debaran jantung yang dari tadi udah gak karu karuan takut ketinggalan pesawat. Sebelum masuk x-ray terakhir, gw nongkrong dulu, makan roti dan minum sekaleng cincau yang gw sempetin beli di bandara. Oh iya seriously jajan di KLIA2 ini murah banget. Harga normal semua, ga kaya di indonesia apa apa jadi mahal kalo udah di dalam bandara. Roti roti isi ini cuma sekitar RM1, cincau juga cuman RM 2. Sepanjang gw nggelosor dilantai depan X-ray, orang orang yg lewat pada ngeliatin gw, heran. Gw juga bingung kenapa ya mereka pada ngeliatin gw yang nongkrong duduk sambil makan sebelum X-Ray. Disitu ga ada bangku, mau ga mau gw duduk aja dilantai. Seinget gw max cairan yg boleh lewat cuma 100mL per botol, makanya gw bela belain dah tu ngabisin dulu minumannya sebelum disita sama petugas bandara. Ntar udah beli eh taunya malah dibuang petugas kan mubazir yak.

Makan dulu gan, kasian ni perut kelaperan
Tapi ga disangka ternyata KLIA2 ga begitu ketat, yang bawa botol minum malah lewat aja. Hadeeeh, tau gitu kan gw ga perlu macam gembel melantai tadi ngabisin minuman gw.

Musholanya cakeep
Enaknya waiting room di KLIA2 ini, satu ruangan khusus cuma buat satu pesawat aja. Jadi ga campur campur sama penumpang pesawat lain. Karena masih ada waktu sebelum keberangkatan gw pun nyari mushola, sholat zuhur sekaligus ashar disana. Satu hal yang bikin gw selalu nyaman ke negeri jiran, semua public building punya mushola yang nyaman dan lengkap dengan tempat sholat terpisah cowo cewe, wudhu terpisah dan mukena yang alhamdulillah hampir semua bersih. Plus AC pulak...

Totally cuma RM 4.70 aja

Abis sholat gw bergegas ke waiting room, eh ternyata udah pada disuruh naik pesawat. Wow, ontime banget ini Air asia. belakangan baru tau kalo pesawat yang gw naikin ini berangkat 7 menit lebih cepat dari jadwal dan sampe di phuket mendarat lebih awal 18 menit.

Ini schedule dari airline pas booking
ini actual flightnya
Di pesawat, gw diapit dua bule cowo.. sibule sebelah kanan sempet ngajakin gw ngobrol tapi gw lagi ga mood, ngantuk soalnya jadi gw cuma iya iya aja pas dia cerita bla bla bla wakkakakak. Dan ya ampoon itu isi pesawat mostly bule. Sama kek waktu gw naik pesawat dr bali ke singapore. Hanya segelintir yang berwajah asia. Phuket emang menjadi destinasi menarik ya buat para bule.
KLIA2
Sukak warna pesawatnya
Di pesawat gw tidur aj. lama banget rasanya baru sampe. Begitu sampe senang banget rasanya.. tapi berasa aneh aja sih, kok gw doang yang orang indonesia. oh iya, airlinesnya ga pesen garbarata, jadi kita nunggu bis yang ngangkutin kita dr pesawat ke arrival hall.

Kiri Kanan ada bule gaes wkwkw
Begitu sampe, langsung disambut imigrasi. Ga rame, ga terlalu antri. Gw maju ke counter imigrasi, petugas imigrasinya ngeliatin paspor gw. dan baru kali ini gw liat petugas imigrasi pake senter ultraviolet buat cekin stamp stamp yang ada dipaspor. Itu paspor gw diperiksa satu satu per halaman pake senter UV. karena paspor gw juga udha banyak stampnya jadi lama deh...

Tapi akhirnya di stamp juga itu paspor dan petugasnya ga nanya apa apa. hihi.. Lewat dari imigrasi, x-ray dan kita dicek sampe seluruh bodi. Gw dicekin pake metal detector sampe seluruh badan, disuruh angkat angkat tangan sembari ngembangin ketek.  Karena gw juga ga bawa apa apa ya gw lewat aja dong, ga ada masalah apa apa, alhamdulilah.

Bandara phuket ini ga gede, kecil aja sih kalo untuk ukuran international airport. Mungkin cuma segede hang nadim. Gw turun ke lantai satu dan nyari nyari temen gw. Gw langsung aktifin sim card thailand yang udah gw beli sebelumnya. Temen temen gw harusnya dah nyampe duluan karena flight mereka lebih awal. Gw whatsapp ongok, masuk tapi ga dibaca, gw coba telpon ada nada panggil ga diangkat. Gw jalan terus keluar bandara, diluar bandara ada ruang tunggu luas banget penuh bangku bangku, gw cari disitu tapi ga satupun mukanya yang gw kenalin. Haiishh.. ni pada kemana anak anak, jangan jangan gw ditinggal huaaa.... Plannya kita bakal bareng ke penginapan karena sewa van rame rame.

Waiting Room di Phuket airport
Nah ini penampakan tour guide yang nungguin tamunya keluar airport
Ga berapa lama baru whatsapp gw dibaca ongok. Ternyata mereka masih pada didalam, pesawatnya delay wkwkkwk. Ya udah gw disuruh tunggu di gate 4. Kata ongok, driver vannya juga nunggu di gate 4. Gw samperin deh tu ke gate 4, disana banyak orang orang ternyata para  tour guide yang udah nungguin para penumpang juga. busyet ramenya kek pasar gaes. lama sih ada 20 menitan gw nunggu barulah rombongan "Philips Squad" keluar.. haha, finally ketemu juga dan kita langsung ketemuan ama drivernya diantar ke hotel kita di kawasan patong.
udah sama kek tour guide2 itu gw bengong bengong nungguin
Oh iya karena kita ramean ada 8 orang, mobilnya ada dua. Mobil kedua ada gw, lidya sama ega. Drivernya cewe, cantik dan sangat komunikatif sekali, masih muda banget, inggris super bagus, namanya Mae, padahal pas gw intip tanda pengenalnya ga ada tuh kata kata "mae" ahaha, nama gaul agaknya. Ngobrolin hal hal yang seru selama perjalanan, belajar kata kata dasar bahasa thai, menikmati curamnya tanjakan di perjalanan karena ternyata medan yang dilalui naik turun bukit. 1 jam kemudian sampelah kita di hotel.
Mobilnya Toyota Wish, keren juga ya taxi di phuket
Cek in, dimintain paspor sama host nya yang ramah banget, kamar kita di lantai 4. begitu masuk, Alhamdulillah. kamarnya bagus bangeeet.. bukan bunk bed tapi single bed jejer jejeran ada 4. Nama hotelnya Lavender hotel, cek diagoda dapet rate 1418 baht bertiga buat 3 malam. murah kan.. Nyampe hotel kita nyante nyante dulu bentaran, sholat maghrib then ga pake mandi langsung cuss jalan jalan keluar hotel. UNtung gw dapet roommate yang demen banget jalan, jadi diajakin keluar mereka mah hayo ajaah.
Lavender Hotel, Female dorm isi 4
Tujuan malam ini cuma satu, jelong jelong sambil cari makan malam. Kita jalan deh tu sepanjang Thanon Ratuthit road, duh belibet shay nyebutin nama jalannya. Tapi ini memang kawasan wisata malamnya patong. Di sepanjang jalan bejejer penjual macem macem barang, kaki lima, restaurant, panti pijat, pub sampe convenience store. Rame banget kalo malem hari, penuh tumpah ruah. Dan gw bilang kawasan ini ga recommend deh kalo bawa anak anak. jalannya sempit, padet dan kesian juga anak  anak kalo liat tontonan yang ga seharusnya karena bar bar disini mostly terbuka gitu, bisa liat cewe cewe lagi dugem, nari melingkar lingkar di tiang tanpa harus masuk ke pubnya. sepanjang jalan penuh dengan tukang pijat yang siap sedia melingkarkan pundak atau nyolekin cowo cowo yang dia mau. Ada cewe tulen dan tentunya ga ketinggalan dong lady boy thailand yang udah terkenal itu.
Compare sama Pure life Indonesia, masih enakan buatan indo.

Mampir ke Jungceylon mall. Katanya ini mall terbesar di patong. tapi pas gw masuk biasa aja sih, banyak outlet outlet branded disini dan harganya gak murah, masih lebih murah belanja di malaysia atau singapore. Kita mampir ke Burger King, mau makan nih ceritanya, tapi langsung mundur begitu liat menunya ada "pork burger".. jiaaa... Pindah ke KFC, ternyata mehong cyiint, KFCnya ga semurah di indonesia. Finally, gw, ega dan lidya, melanjutkan perjalanan. Kita mo cari tempat lain aja yang jualan makanan halal. Jalan jalan terus tapi kok ga nemu.. Hikss... ada kali 3 kiloan kita jalan kaki dan ga nemu sama sekali makanan halal yg cucok dilidah dan dikantong. Ada sih halal, tapi kelasnya restaurant, sekali makan 100-200 baht, matilah awak ni, budget pas pasan kan ya..
Jungceylon Mall
Muka Muka lelah tapi bahagia
Akhirnya kita mutusin balik ke KFC aja, gw telusuri lagi kalo di daftar menunya ga ada yang berbau bau pork atau Lard. KFC Clean dan akhirnya kita pesen aja disitu. Ternyata penyajiannya unik ya kita pesen porsi besar, dan minumnya bisa di top up sepuasnya. Jadi cuma dikasi cup kosong trus isi deh semau kita. untungnya gw bawa botol air mineral deh tu pas jalan jalan, gw top up itu soft drink dan gw bawa balik ke hotel kwkkwkw. di KFC ini kita habis 172 baht per orang, atau sekitar  77rb. muahal kan cyiint.

Turis Russia lagi ngamen di Jungceylon

Tutup mata kalo ngelewatin pub pub terbuka macam begini

apalagi yang begini, kuatkan hati hamba ya Allah
Sepanjang jalan kita coba coba nanya nanya harga barang barang yang dijual dijalan yg kita lewatin. Hasilnya, buat traveller kere macam gw ini, ga recommend deh belanja disini. Barang barangnya muahal pisan pun ga terlalu unik atau bagus, sekelas kaki lima kalo di negeri gw mah. Harganya selangit kalo disini. Pouch mini yang biasa jadi souvenir orang nikahan aja disini tu bisa 30-50 baht.. Hah? 25rebu cuma buat dompet kecil yang dikasi bordiran dikit aja. Mungkin karena kita berasal dari negara yang sama sama punya kerajinan tangan yang khas nya sama, jadi buat gw harga segitu kemahalan pake banget. Dinegeri gw paling sebiji cuma goceng alias 5rebu rupiah. Belum lagi baju bajunya, denger harganya aja gw udah langsung mengernyitkan dahi. Setelan anak anak dari bahan kain kasar gitu bisa sampe 250 baht yang kalo di negeri gw palingan cuma 30rebu rupiah aja. Tapi buat bule bule yang dateng kesana, semua itu art, bernilai seni jadi mereka hayoh aja harga segitu. Gw juga ga termasuk emak emak doyan dan bukan ahli nawar, tamatlah pengharapoan gw buat belanja ahhaha.. jadinya tiap kali dikasi tau harganya berapa kita cuma bilang, okay... thanks and then kita ngabur deh.

Balik dari KFC kita putusin pulang deh ke hotel. Diperjalanan pulang gw sempetin mampir di sevel buat beli pure life yang 6L, ga mahal sih cuma 43 baht. Ga berasa udah jam 10 malem dan kita butuh stamina lebih kuat buat aktifitas esok harinya. Kenapa? Karena kita bakal seharian dilaut.. uhuy.. Penasaran ceritanya kek mana? Nanti kalo gw ada mood menulis gw sambung lagi storynya.