Saturday, October 27, 2012

::First Backpack With Jacky:: Kuala Lumpur - Melacca - Singapore : Day 3 Batu Caves - Berjaya Times Square


Mau tau gimana serunya kita di Genting Highlands?? Monggo kesini dulu ya. 


Day 3, August 18th 2012
Episode 2

Kita mendarat di KL sentral. Ini pertama kalinya gw ke KL sentral yang katanya terkenal itu. Sebagai pusat transportasi di Kuala Lumpur.

Waiting the Komuter
Ternyata KL Sentral ini kaya mall gitu. Banyak toko toko juga dalemnya. Ada pameran, ada pujaseranya juga. Nah, kita langsung nyari ‘surau’ dulu boo.. blom sholat dzuhur soalnya. Disini gw langsung jamak sholat bcoz gak tau juga kan bakal ketemu mesjid dimana lagi..

Kita sengaja milih route dari Genting ke KL sentral karena tujuan kita berikutnya adalah Batu Caves. Batu caves? Iya , Batu caves namanya. Gw juga blom tau bentuknya kaya apa.. kalo mau tau, monggo dibaca terus blog gw yah.. hihhihi..

After sholat kita langsung nyari tiket KTM Komuter.. dari info yang gw dapet, Batu Caves dapet dicapai dengan menggunakan komuter. Harga tiket KL  Sentral – Batu Caves hanya RM 1.00 hehehe.. murmer..  Awalnya sempet bingung nyari stesennya komuter ini soalnya di KL sentral ini papan penunjuk gak terlalu membantu. Tapi akhirnya ketemu juga. Stesennya di bawah tanah gitu dan memang gak terlalu rame kaya LRT. Yang seru lagi ternyata ada gerbong khusus buat cewe loh. KTM Komuter ini ternyata berjalan sangat pelan sekali. Hampir sama kaya KRL Bogor Jakarta. Bedanya ya dari kondisi keretanya. Keretanya memang bener bener bersih dan nyaman. Ngga sempit, ber AC dan satu lagi di setiap bangku ada colokan listrik.. hihhi…





Perjalanan ke Batu caves sekitar 30 menit. Enaknya naik kereta pelan ini, kita jadi puas untuk menikmati pemandangan sekitar. Bisa liat liat kota KL kaya gimana.

Nah ini, tempat nunggu buat gerbong cewe aja
Dalemannya Komuter
Batu Caves stesen adalah stasiun terakhir dari KTM Komuter ini. Penumpang komuter ternyata memang gak terlalu rame sih, gak sesak. Turun dari KTM Komuter kita langsung berjalan ke arah Batu Caves. batu Caves ini adalah tempat peribadatan umat Hindu. Ada beberapa kuil yang terletak disini. Untuk mencapai patung Hindu besar yang disebut Murugan, kita harus berjalan kaki sekitar 300 m  Sedangkan di pintu masuk udah ada kuil Hindu dengan ornamen ornamen khas Hindu menanti. Kuil pertama yang bakal kita temuin adalah Kuil Sri Anjaneyar Temple. Di kuil ini ada patung hanoman guedeee banget. Tingginya sekitar 15 meter. Dan di cat berwarna hijau kebiruan. Kita sempet foto foto disini. Gw poto pake gaya khas hanoman, Jacky juga,, eh gak tahan liat gaya kita, ada dua turis bule juga poto dengan gaya serupa.. xxixiixi..

Nyaman Pisan ya boo keretanya
Batu Caves ini adalah lokasi kuil hindu yang terletak di dalam goa batu. Jadi pintu masuknya agak tinggi gitu, Untuk bisa mencapai puncak kuilnya kudu naikin anak tangga sebanyak 272 buah.. Sebelum naik kita puas2in dulu foto di depan patung hindu besar. Patung hindu ini disebut Murugan dan merupakan patung Murugan tertinggi di dunia. Tingginya 42.7m , jadi kebayang dong ya guedenya kaya apa. Patung ini dicat dengan warna emas, en kinclong banget terlihat dari mana mana.. Di pelataran parkir dekat patung hindu besar ini ada toko yang jual souvenir. Di depannya banyak banget burung merpati ngumpul. Kita bisa beli makanan burung en ngasih makan burung2nya. Jinak banget deh pokoknya.. Tapi gw gak tertarik merpatinya. Sebelum naik ke atas kuil kita puas puasin dulu poto poto..

Kuil yang berada di goa ini namanya Sri Subramaniyar Swamy temple.  Mulai mendaki, naik naik naik.. Naik terus ke atas hueheueu… mayaan.. gw tiap 17 anak tangga berhenti kok. Ngos ngosan. Banyak juga bule bule yang mendaki bareng kami. Bahkan yang udah umuran aja bisa semangat banegt naik keatasnya ngga stop stop. Waah,, memang body gw udah gak mantep lagi kalo disuruh treking macam begini.. qeeqeqeq…
Ada colokan listrik. Bisa buat nge charge

Larangan Larangan selama di dalem Komuter
Di setiap 17 anak tangga memang ada landasan buat kita bisa berdiri,, jadi gak ngalangin orang orang yang naik ke atas. Trus sempet juga gw liat ada announce board untuk dark cave tour . Kayanya goanya ini bisa nembus gitu deh soalnya pintu masuk untuk tour beda sama pintu masuk umum. Tapi gw ga tertarik, ahaha.. selain mahal dan juga ga ada waktunya..





Dipotooin ama si bule



kalo yang ini mah timer beraksi


See???


Open gate Dark Cave Tour


Mpe Atas Tepar
Nyampe diatas langsung gw nyari kursi.. Untunglah disediakan beberapa kursi tunggu, mungkin buat orang2 yang kecapean gituh. Pintu masuknya lumayan luas sodara sodara dan ternyata bahkan banyak toko pernak pernik agama Hindu diatas sini. Jadi Goanya ini, bukan goa yang sempit dalam pikiran gw, luaaas banget deh  dan ternyata emang udah dikelola dengan baik oleh pemerintah Malaysia. Terbukti di dalamnya teratur banget, gak sliweran pedagang pedagang layaknya tempat wisata di Indonesia. Oh iya,, masuk goa ini gratis yah gak bayar.. J baru masuk aja kita bisa ketemu lapangan segede lapangan volly. Dan memang sudah diatsu sedemikian rupa sih, banyak ornamen2 dan patung2 hindu di sudut goa. Terus masuk lagi ke dalam ternyata ada tangga lagi untuk naik ke atas, gak terlalu tinggi sih tapi lumayan terjal. Kalo gak ati2 bisa gedebuk guling guling ke bawah. Ternyata ini lo puncaknya kuil di batu caves itu. Nama kuilnya Sri Valli Deivanai Murugan Temple. Ada Pendeta hindu yang lagi kasih pelayanan. Dan ternyata goa ini tengahnya tu bolong. Pantesan gak sumpek meskipun bau kelelawar dan bau dupa kentara banget, tapi cahaya dengan beasnya masuk melalui bolongan yang ada di tengah goa.  Disini seru deh, bagus aja gitu secara tebing tebing dipinggirnya dihiasi staglatit en stalagnit, dan ini pertama kali gw masuk goa yang ada bolongan ditengahnya..  hehehhe.. Oh iya, di dalam goa juga banyak merpati loh ya , sampe sampe ayam ayam juga ada lo disini.



Nah, ada sinar matahari masuk di tengah goa
Ukuran kuilnya segede ini aja sih





Puas poto poto ya udah kita turun. Wuih sekarang baru berasa terjalnya karena mata kan langsung memandang ke bawah. Tapi viewnya keren banget deh, gak percaya? Buktiin aja sendiri.. hihihi


Pelataran parkir Batu caves
Hayo Turun
Balik ke stesen Komuter, en beli tiket lagi, eh ternyata harganya beda. Untuk balik KL Sentral kena RM 2.00 per orang.. wallane bisa beda gitu yah.. ahhahhah….

Sesampainya di KL sentral pas banget waktunya buka puasa. Ya udah kita buka puasa dulu aja. Sholat maghrib di Suraunya KL sentral en makan di Medan Selera. Medan selera ini kaya pujasera gitulah. Gw udah rada rada putus asa sama makanan di sini.. Secara gak ada yang cucok dilidah, akhirnya kita cobain makan nasi lemak plus ayam. Per porsi RM 5.00 total RM 18.00 kita habisin disini karena gw beli minum yang macem macem plus kelapa muda utuh.


Dalemannya Berjaya Times Square
Kelar makan kita berangkat menuju tujuan berikut, Berjaya Times square yang terkenal itu.. Lagi lagi ke kacrutan melanda.. setahu gw kalo mau ke berjaya times kudu naik monorail dan dari KL sentral ada monorail direct. Karena gak  punya peta, jadilah gw nanya sama customer service di KL sentral ini dimana stesen Monorail terdekat. Si CS ini yang orang melayu kaga ada ramah ramahnya. Asal tunjuk seolah olah kita udah hafal daerah situ. Stesen monorail diluar,, gitu katanya. Ya udah kita keluar gedung KL sentral ini. Tapi kok ngga ada tanda tanda stesen gitu,.. Balik kedalam lagi, nanya lagi sama petugas securitynya. Barulah si pak security ini nerangin kalo stesen monorail gedungnya terpisah dari KL sentral.. ya udah kita keluar, gw ikutin aja tuh terus jalanannya.. Ada petunjuk dari kertas yang ngasi tau arah. Sepertinya route ini lagi di renovasi jadi pake petunjuk arah seadanya. Gw pikir itu stesen monorail deket.. ya Allah, Naudzubillah, bikin gempooor,.. Siaal.. Ini kok jelek banget sih, katanya KL sentral kok ngga dibikin bener2 sentral, harusnya satu setesen monorail kudu ada di gedung ini. Huhuhuhu.. tapi mau gimana magi. Kita jabanin dah akhirnya. Ketemu juga stesennya dan tiket untuk ke Berjaya Times Square RM 1.60 per orang. Sesampainya di stesen Imbi kita nyebrang. Dan di seberangnya itu loh Berjaya Times Square. Ternyata Berjaya times square itu Cuma kaya mall gituh.. ahhahahha.. dan barang yang dijual ya baju baju gitu.. Mirip mirip pasar Blok A tanah Abang. Bnayak banget obralan, mungkin karena besoknya mau lebaran. So far gw gak terlalu tertarik sama fashion yang ada di mall ini. Secara kite kan backpacker kan ya boo bukan shoppacholic. Barang barangnya juga lebih bagusan yang tanah abang punya. So, akhirnya kita turun lagi aja. Nyampe di lante dasar ada patung kartun kartun gitu. Bagus bagus deh. Poto poto disitu, Ada juga miniatur Dongeng Putri Salju en kita bisa poto2 dengan kepala kita sebagai pemerannya…
Akhirnya poto poto aja



Bosen poto poto, dan gw juga udah ngerasa haus banget, nangkring dulu di 7Eleven, beli roti juga.. sampe habis RM 12.8 disini..

Nah pulangnya, kita maksud mau langsung naik LRT aja, secara males lah ke KL sentral lagi. Ya udah gw tanya tanya sama orang deket2 situ lokasi stesen LRt terdekat.. Bujuug,, emang parah banget kalo orang Malay ni ngasi petunjuk arah. Kita nyasar.. sampe akhirnya ketemu Orang Jawa yang tinggal di Malay. Doi lah yang akhirnya ngasih tau arah stesen LRT. Itu pun setelah jalan selama hampir 30 meniit.. bener bener kacrut lah pokoknya… kaga lagi lagi deh gw mau nanya sama penduduk asli sono,, Nyampe di stesen Pudu udah kehausan lagi.. beli minum lagi. Jajan lagi.. Ngabisin RM 6.2 … trus lucunya di 7eleven yang terletak di stesen pudu ini, kantong plastik kudu beli seharga 30 Cents.. nah lo,., tapi pas di Berjaya kok gratis.. ya udah.. gak beli.. untuk plastik yg di berjaya masih gw simpen…


 ^_^


Hahahah.. Im snow White
gak suka aja liat ini
nampang dulu katanya... 
Dengan muka lelah, capek, bete beranjaklah kami dari stesen pudu ke Pasar rakyat.. tadinya nyoba nyoba ambil yang arah pasar seni, soalnya pas gw liat di peta penginapan kami lebih deket ke pasar seni. Tapi layar touch screennya gak mau dipencet L  ga tau kenapa.. Apa karena keretanya gak nyambung ntah karena hal yang lain.. tak taulah.. Udah terlalu cape buat mikirin yang begituan. 

Yahh,, udah lah,, turun di pasar rakyat.. jalan kaki ke penginapan dengan lunglai, hahaha,, dan sambil dijalan bercerita kekonyolan kita berdua hari ini.. wkwkwkkw…

Nyampe penginapan, kita pencet2 bel.. ternyata yang ngebukain pintu bukan bule yang biasa jaga. Pas kami masuk si bule ini nanya..

 ‘Do you have code?

‘Code??’ gw jawab dengan muka heran

‘yes, code.’ Jawab dia lagi

Gw bingung code apaan.. tapi karena gw ngga mudheng en dia kayanya tau kita dah cape banget kita berlalu ke atas…


Badan udah tepar banget. Nyampe kamar ganti baju sholat dan langsung bablas tedoorrr..

Besok lebaran coy.. hehehe…


So Total duit yang kita habisin di hari ketiga di KL ini adalah

Description
Cost
Currency
Rate
In Rupiah
Go genting 2 way
42.4
RM
3100
131440
KTM KL Sentral - Batu Caves
2
RM
3100
6200
KTM Batu caves - KL Sentral
4
RM
3100
12400
Medan Selera Break Fasting
18
RM
3100
55800
Monorail KL Sentral - Berjaya Times Square
3.2
RM
3100
9920
Drink and Snack
12.8
RM
3100
39680
Drink and Snack
6.2
RM
3100
19220
LRT Pudu to Pasar rakyat
2.4
RM
3100
7440




Total
282100

Dikit ya Boiy?? hahaha,.,. iya lah orang tempat wisatanya gretongan semua :D

Sampe jumpa di postingan edisi lebaran kita di KL.


UPDATE : Udah lanjut nih cerita lebarannya disini.

__,,__


Photobucket

No comments:

Post a Comment