Sunday, January 6, 2013

Habibie & Ainun The Movie

Kali ini gw mau bahas film yang lagi booming banget 2 minggu ini. Pasti uda pada tau dong ya. Iya, Judulnya Habibie & Ainun.

Film yang dibesut oleh MD Entertainment ini berhasil ditonton 2.1 juta orang hanya dalam 2 minggu saja. Dan gw ama Jacky termasuk di dalam 2.1 juta orang itu. hihihi..

Film berdurasi 116 menit yang disutradarai Mas Faozan Rizal ini sangat menarik. Diangkat dari kisah nyata kehidupan Presiden ketiga RI Bapak BJ. Habibie. Ya, siapa sih yang gak kenal bapak Habibie? Gw aja dari SD udah ngapalin namanya loh, bertahun tahun menjadi Menteri Riset dan Teknologi di era kepresidenan Orde Baru.

Dari dulu, gw mengidolakan beliau. Bukan karena apa apa, tapi buat gw bapak Habibie ini ngga ada cacatnya. Even banyak yang mempersalahkan beliau ketika melepas TimTim, tapi menurut gw emang itu keputusan terbaik buat negeri ini. Gw gak ngerti politik, tapi menurut kata hati gw memang sebaiknya bagitu.


Anyway,.. ngga mau berpanjang lebar cerita tentang politik, kita bahas aja filmnya langsung. Mungkin banyak yang udah nonton, tapi ngga sedikit yang belum. Gw tertarik nonton karena temen temen pada bilang filmnya bagus, meski ada juga yang bilang boring. 

Nah, kebetulan jumat kemarin ada waktu pulang gawe langsung aja gw ajakin Jacky nonton. Filmnya drama romantis. Romantis banget deh kalo gw bilang. Bapak BJ Habibie diperankan oleh Reza Rahardian yang menurut gw sukses banget memrankan tokoh Habibie. Gila ciing.. itu logat ngomongnya persis deh pokoknya. Cara jalannya, cara ngomongnya, logat jermannya juga fasih. Weiiss... Beda dengan BCL ya.. Ngga tau juga sih, tapi menurut gw seorang BCL kurang ayu memerankan tokoh Ibu Ainun. Jadinya kebanting gitu deh sama Rezanya.. heheeh.. Jadinya gak pas aja menurut kaca mata gw. 
Photobucket
Cerita dimulai dari kisah masa kecil mereka di jaman SMP (Kalo dulu SMP ini apa yah namanya, pokoknya seumuran SMP gitu lah). Ternyata mereka tuh udah kenal semnejak SMP lo. Meski masih temen gitu dong. Ngga deket. Habibie lanjut kuliah di Jerman sedang Ainun menempuh studi di kedokteran Bandung. Pas Habibie yang lagi study di Jerman balik ke Indonesia akhirnya ketemu sama Ainun yang saat itu udah jadi Dokter umum. Jatuh cinta deh. Sampe akhirnya menikah. Dan Ainun dibawa Habibie ke Jerman karena Habibie masih harus ngelarin pendidikan doktoralnya di jerman.

Nah, disini nih yang bikin gw salut sama bu Ainun, kesetiaannya dimana hidup di Jerman sangat tidak mudah. Nyewa flat yang sangat kecil karena Habibie masih berstatus engineer biasa di perusahaan kereta api. Padahal kalo mereka tinggal di Indonesia pasti hidupnya udah enak secara orang tua mereka juga orang yang sangat berkecukupan. Tapi Habibie yang rada 'keras kepala' ini tetep bersikeras kalo mereka harus mandiri even diawal awal pastinya serba kekurangan. Sampe akhirnya kecerdasan Habibie menjadikan dia engineer ternama di Jerman, karena memiliki penemuan penemuan ilmiah yang akhirnya berupa patent patent. Dan belakangan gw baru tahu kalo dia bisa kaya karena patent patentnya ini bukan dari gaji sebagai pejabat pemerintah. Tadinya diremehkan, akhirnya orang orang di Jerman bisa angkat topi terhadap Indonesia karena Habibie.

Habibie - Ainun punya dua anak, kehidupan mereka lambat laut membaik. Hingga tiba satu saat dimana pemerintah Indonesia meminta Habibie untuk kembali ke Indonesia untuk membangun negerinya. Padahal sebelumnya dia apply untuk menjadi engineer di Indonesia malah diacuhkan.. Miris yaa.. Begitulah pemerintah disini. Pas butuh, baru deh.. 

Akhirnya Habibie back to Indonesia, memimpin proyek Dirgantara Indonesia dimana akhirnya Indonesia di 1997 berhasil memproduksi Pesawat pertama Indonesia. Untuk pertama kalinya Indonesia punya pesawat hasil produksi dalam negeri boiy.

Kisah berikutnya dilanjutkan dengan Ainun yang akhirnya kembali ke Indonesia, dan mereka hidup utuh sebagai keluarga utuh. Diperlihatkan juga bagaimana bobroknya sistem pemerintahan negeri ini yang penuh dengan praktek suap. Yang sampe sekarang bukan lagi jadi cerita baru tapi udah sangat basi karena saking banyaknya prakteknya dikalangan pemerintahan. Dimana uang yang berkuasa. Dan salutnya gw, bapak habibie sama sekali ngga terpengaruh dengan semua itu. Bener bener pemimpin bangsa sejati deh pokoknya. 

Diakhir cerita dikisahkan ibu Ainun yang akhirnya mengidap kanker ovarium stadium 4 dan akhirnya dilarikan ke Jerman untuk berobat. Berhari hari di rumah sakit satu demi satu operasi yang dilakukan tapi ternyata memang tidak bisa berbuat banyak. Akhirnya Habibie harus ikhlas melepas Ainun pergi untuk selamanya. Disini sangat mengharukan. Jujur, gw mewek boo... Gw gak kuasa nahan air mata pas Habibie melepas Ainun pergi. 


Oh iya.. Ini ada puisi yang ditulis oleh Bapak Habibie untuk Ibu Ainun.. So touching... 

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu. Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya, dan kematian adalah sesuatu yang pasti, dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.
 Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat, adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.
 Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang. Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang, pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada. Aku bukan hendak megeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.
 Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang, tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik. Mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.
 Selamat jalan, Kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya, kau dulu tiada untukku, dan sekarang kembali tiada.
Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku,
Selamat jalan, calon bidadari surgaku ….
 B.J. Habibie untuk Ainun
Di akhir cerita diperlihatkan Bapak Habibie yang asli yang berziarah ke makam ibu Ainun. Disini kembali gw nangis bombay...


Selamat Jalan ibu Ainun
Kehidupan mereka sangat romantis, sederhana, pantas menjadi panutan setiap orang. Habibie benar benar pemimpin sejati, pekerja keras. Sedangkan Ainun adalah seorang istri yang sangat setia. Ainun sosok istri yang baik. bener bener mencurahkan hidupnya untuk keluarga. Mengingatkan Habibie ketika waktunya istirahat. Memang terbukti, bahwa dibalik lelaki hebat pasti ada perempuan hebat. Satu contoh, ya kehidupan bapak Habibie dan Ibu Ainun ini. Duh, semoga gw juga bisa menjadi seorang sosok Ainun untuk suami gw.  

Sayang, orang orang seperti Habibie banyak banget yang ingin menyingkirkan. Kotornya dunia politik, menganggap bahwa orang seperti Habibie adalah musuh yang harus segera di basmi. 

Bapak Habibie, ketika menyelesaikan masa jabatannya sebagai presiden memutuskan kembali ke Jerman, menikmati masa masa tuanya yang indah di Jerman bersama Ainun. Di scene ini sangat menyenangkan deh, kaya lagi hanimun gitu.. hehe

Secara keseluruhan film ini sangat menyentuh. Mengajarkan tentang kesetiaan, tekad baja, keinginan untuk maju, mengejar impian. Bukan film film cengeng bak cerita anak muda jaman sekarang. 

Film ini persis dengan bukunya yang lebih dahulu dipublish. Buku Habibie & Ainun yang terjual sebanyak 75ribu eksemplar setahun. Laris manis ya. Setiap scene yang akan dijadikan film harus mendapat persetujuan Habibie. Jadinya ngga ada yang menyimpang dari cerita aslinya. 

pic minjem dari sini ya 
Oh iya.. Belakangan gw baru tau kalo CN 235 yang diproduksi PT DI yang merupakan project bapak Habibie dulu waktu masih menjabat sebagai Menristek sekarang dipake sebagai pesawat VIP di Korea Selatan loh.. Eh, kok negeri ini malah pada rajin beli pesawat ke negara lain. yang digembor2kan malah Sukhoi dan berbagai pesawat dari luar lainnya. Ck.. Ck.. Ck.. Seperti BJ Habibie said "Mereka tidak percaya kalau mereka bisa mandiri" .. ini keingetan terus loh di otak gw. Iya, bangsa ini terlalu manja. Hobbynya bergantung dengan negara lain. Padahal kalo diberdayakan, apa sih yang kita engga bisa? 

Film ini gak boring kok, banyak lucu lucunya juga. Apalagi pas Habibie yang ngetawain Ainun si item gula jawa. hehehe. Trus pas Habibie ngajakin Ainun Nge date pertama kali. Pake becak boo :) Pokoknya dijamin bakal ngakak deh di adegan adegan itu. Trus belom lagi banyak lokasi lokasinya yang di shoot di jerman yang indah banget. Gak kalah cantik ama drama korea. Cantik deh pokoknya. 

Ini dia thrillernya. Sedikit cuplikannya. Monggo ditonton. Abis itu buruan ke bioskop beli tiketnya ya. Gak puas kalo cuman nonton di youtube mah.. 




Oh iya, beberapa orang yang bilang kalo film ini boring mungkin karena engga pernah punya kisah cinta yang panjang kali ya.. Makanya nga dapet feelnya. Kalo gw mah dapet banget. hehehe..Selamat Menonton 

__,,__


No comments:

Post a Comment