Tuesday, December 16, 2014

Shaq's Milestone : 18 Months Old

  
Nah, ini waktunya nge -Blog..
Susah banget nyari waktu yang pas buat nge blog, entah gw yang sok sibuk entah emang manajemen waktu gw lagi kacau. Anyway yang pasti gw sangat gampang lelah saat ini udah mau masik 31w soalnya. rasanya ni perut beraaaaaatttt.. Mana gerakannya dahsyaaaattt. Hahaha.

O iya, gw mau cerita tentang Shaq ya, ini postingan khusus all about Shaq.

Shaq udah melewati masa 18 bulannya dengan Alhamdulillah mulus., Sekarang makin cerewet, makin rajin ngajakin orang2 ngobrol.Okeh, mari kita bahas one by one yah.
Gw contek dari sini ya parameternya

1. Your toddler may be walking now, but may still need a helping hand to climb the stairs. Even if your toddler is a confident walker, he will still like pushing large toys around.

Yesss, Shaq mah udah lari lagi. hahahaa.. Naik tangga tak perlu dipegangin lagi, dia udah bisa sendiri, turun tangga pun juga udah bisa, Diajarin gini sama babehnya "kalo turun duduk dulu ya Shaq" secara kaki doi kan blom sampe, jadi kalo dia duduk baru berdiri dianak tangga berikutnya. Alhamdulillah naik tangga dalam rumah dan di pintu masuk udah ga perlu dipegagin lagi. Orang nge dance aja Shaq udah bisa kok. Hahaha, gak percaya? Liat disiini.



2. The soft furnishings in your living room will be his play area. He'll love scrambling over the sofa and bouncing around on the cushions. Put some music on and he'll jiggle around with you. And speaking of music, your toddler may now sing along with familiar nursery rhymes too.



Jadi tukang pijit aja dia dah bisa. Hahaha
Oh emjiii.. tak ada lagi perabotan yang aman, semua dijadiin mainan, meja laptop gw udah jadi panggung dadakan buat dia nyanyi2 sambil loncat loncat. guling2 di kamar, joget joget muluk. Gw sampe akhirnya mindahin playgroundnya dari atas ke ruamh tamu di bawah biar gampang ngawasinnya, kalo diatas doi suka nyamperin kulkas dan ke dapur. Dia suka lagu2 anak yang gw puterin di tablet.


3. At 18 months, your toddler may recognise himself in the mirror. He's beginning to realise he's his own person, not just an extension of you.

As a result, he's also learning that you can leave him. However, he doesn't yet grasp the reliability of your coming back, which can make him very upset to see you go. Rest assured it's normal for your toddler to feel this way. It's a sign that he's strongly attached to you.

Nipping out while his back is turned when you leave him at nursery won't help. In fact, it may just make him more afraid that you aren't coming back. Instead, make your goodbye gentle but firm, and explain that you will return to collect him later.

When you leave him to be cared for by someone else, give him something that he often sees you using or wearing, like a soft scarf. The chances are that it will also smell of you, and this will be a comfort to him.

Yes, correct.. udah sejak 2 bulan lalu sih, Shaq kalo ditinggal di daycare kaya sedih gitu. tapi udah 2 minggu belakngan dia lebih happy, udah mau salaman, senyum pas ditinggal, sebelumnya gimanaaa gitu deh, Dan setiap mau berangkat, gw selalu bilang "nanti sore mama jemput ya sayang, abang sekolah dulu". Dan sofar daycarenya cukup nyaman buat dia, terbukti kalo gw ngamatin pas mau jemput dia happy sama temen2nya. Dan gw ga pake cara menghilang tanpa dia sara, gw liatin ke dia kalo gw berangkat kerja, kalo dia waktunya sekolah, main ama temen temennya, paling ga ini sangat membantu biar dia tau kalo gw engga boongin dia. Jadi dia ga perlu nangis2 ketika kehilangan gw karena dia tau mamanya udah berangkat kerja. 


4. Your busy toddler will want to be on the go, so help him to burn off energy where you can. Try leaving the buggy at home for short journeys. You'll need to allow more time, but encourage your toddler to walk instead or take the trike.

All activity, whether it's inside or outside, counts as exercise, including walking, running and dancing. Put on some music and have a dance indoors if the weather's bad outside.

If you've room, you could set up a little obstacle course for him, with cushions to clamber over and boxes to skirt round. You could try having a kickabout with a ball. Your toddler will probably have a good go at kicking a ball, though he won't always be on target.

When your toddler's had enough, cuddle on the sofa and take time out with a story book or a favourite DVD. Do try to keep a limit on your toddler's screen time, though. An hour or two a day is more than enough.

When he's tired, your toddler might have some habits that soothe him, such as twirling his hair, rocking, or sucking his thumb. Most children naturally outgrow these things by the time they're four, so there's no need to intervene now.


Saat ini gw belum memperbolehkan dia keluar rumah tanpa pengawasan. Setiap dia main diluar ada gw atau Jacky yang nemenin dia. Gw juga prefer buat beliin banyak mainan yang menguras energinya dan membiarkan anak anak tetangga gw main kerumah dibanding dia harus bertandang kesebelah. kenapa? Gw takut boooo.. beberapa waktu lalu ada penculikan anak di little island ini. Oh my... jangan sampe deh. Makanya gw jadi super ketat gitu ama dia. 

Kalo holiday dan dia bangun agak pagian. Jacky ngajakin dia jalan jalan keliling komplek. Kalo gw sih lanjut molor ya. Hahaha, dasar emak pemalas. Tapi bodi gw lagi ngga enak nih diajak jalan jalan, ajdi ya udah gw tidur aja.

Gw juga udah beliin Shaq Pensil warna dan buku mewarnai. Beberapa boardbook, story book, puzzle, lego.. banyak dah. Yang pasti gw ga bakal ngasi dia gadget. Hahaha, gw ga mau meracuni anak gw dari kecilnya dengan gadget dan TV, makanya shaq ampe sekarang ga gw kasi nonton TV. Dia paling suka sama mainan puzzle, udah bisa bikin bentuk macam macam dari block legonya walo kadang bentuknya ngga karuan., hahahaha,, Dan dia maunya kita nemenin dia main. Ya udah gw ikut2an lah bikin2 robot2an, ngasi warna di buku mewarnainya. 

Eh, anak gw udah kaya anak TK aja. Hahahhaahha.. He still 18 months old toddler wooiii.

Papanya dikadalin dah tuh

Jadi kalo gw baca lagi dari artikel ini. Poin poin Perkembangan bayi 18 bulan



  • Will "read" board books on his own --> Yes, Shaq has passed. Suka baca boardbooknya walopun ceritanya engga sinkron ama bacaan aslinya. Hahaha, kalo liat ada gambar bayi, dia langsung pegang2 perut gw trus bilang "dedek dedek"
Baca Buku Cerita
  • Strings words together in phrases --> Ini lucu, kalo dengerin dia ngomong "mama numnya" maksudnya mama, minumnya.. "mama mimikbok" mama, mimik bobok. disambung2 gitu, tapi so far untuk kalimat dia udah lumayan bisa ngga cuman satu kata kata aja.





  • Throws ball overhand --> Passed, sejak umur 12 bulan ini mah
  • Can pedal when put on trike --> Ga punya sepeda dia.. Nanti aja kalo udah 2 tahunan gw beliin sepeda yang gedean sekalian
  • Brushes teeth with help --> Passed, kalo liat babehnya sikat gigi, dia mau sikat gigi juga. Udah dibeliin sikat gigi khusus anak anak, eh dia ga mau pake, maunya yang kaya punya papa, ya udah sikat gigi gw jadi korbannya.
  • Takes toys apart and puts them back together --> udah gape ini mah, mainan lego ama robot robotan mulu. abis itu legonya dimasukin ember, embernya mpe dibawa ketempat tidur. Hahahaha


Mau bikin monas ini mama

Angka huruf ga beraturan tapi dia bisa pasang dengan tepat di brickboard
  • Scribbles well --> Wew, ini buktinyaaaahhhh
Dinding kamar jadi korban
  • Builds a tower of four cubes --> Gw beliin dia mainan IKEA Mula yang menara2an sejak doi masih 6bulanan, umur 16bulan  dia udah bisa bikin menara sendiri.
 


  • Shows signs of toilet training readiness --> Alhamdulillah banget ini  mah, lepas clodi malem sejak umur 1 tahun, udah 2 bulanan ini juga siang lepas kalo dirumah. dan sejak 2 minggu lalu udah bisa bilang "pipi" untuk pipis dan "eek" untuk pup. sayaaang, doi bilangnya mefet mefet mulu, baru sampe kamar mandi blom sempet buka celana, pee nya udah duluan keluar, hahahaha.. Trus sekarang suka nipu, bilang pipi, taunya sampe kamae mandi malah main air. Hadeeeeh


Anyway,.. Ada beberapa poin dimana Shaq bisa mencapainya dengan sangat cepat dan ada yang lambat, Physically, giginya sampe saat ini bertahan di angka 8, ga nambah nambah, Tapi tidak menghalangi dia untuk makan apa aja yang dia suka. Dia udah gw bolehin makan wafer, coklat, ice cream. Tapi tidak untuk ciki ciki atau minuman gelasan yang ga jelas nilai gizinya itu. Untuk tinggi badan, dia standar sih, engga tinggi banget, pendek juga engga, semoga aj ngikut babehnya ya. Jangan nurunin postur gw la.. hahaha

Mangga sebiji bisa abis semua sama Shaq
Untuk masalah makan, Shaq juga engga bermasalah sih, dia suka makan, dan dia mau makanan yang kita makan. Ga suka dipisahin sendiri. Jaid kadang kalo gw lagi makan dia mau comot langsung dari piring gw ya tak biarin aja. Memang berantakan sih, tapi kan bisa dibersihin lagi. sampe saat ini dia masih gw masakin tiap hari kalo ke daycare,. Entah kenapa gw ga percaya aja gitu makanan cateringan. takut dikasi mecin boo.
ga mau disuapin, maunya makan sendiri
Time flies so fast yah. ga terasa bayi yang dulu oek oek ketika bar7u lahir ini udah lari larian aja. Gw bersyukur, Shaq tipe anak yang sudah bisa diajak bicara dan mengerti. Tidak neko neko, tidak menangis ketika gw tinggal di daycare dan tahu bahwa emak bapaknya ini berjuang demi kehidupan dia nantinya. Alhamdulillah untuk semua ini. Jangan cepet cepet gedenya ya Shaq. Mama masih pengen bisa nyiumin dan meluk kamu setiap saat. 

__,,__

No comments:

Post a Comment