Sunday, February 1, 2015

Being a Working Mom or ..?

Kali ini postingannya agak beda ya, ngga membahas tentang urusan mak mak rempong lagi.. Hehe

Kali ini mumpung Shaq masih bobo, gw sempetin nulis postingan ini. 
Mari bercerita tentang karir.

Hey, karir? Yes.. ini tentang dunia pekerjaan yang telah gw geluti hampir 13 tahun lamanya. Wuidiih, ketahuan dah tu umurnya berapa. Wakakkaka. Ga berasa, hampir 13 tahun gw berstatus sebagai wanita karir. Angka keramat nih 13 tahun. Lama bener.

Trus mau ngomongin apa? Ya udah baca aja dulu. Penasaran amat sih.

Hm, beberapa waktu belakangan ini berseliweran dah quote yang isinya kira kira begini :
Seorang anak kecil bertanya kepada ibunya
Anak : Ma.. Apakah mau menitipkan tas mama yang berisi uang dan perhiasan banyak kepada pembantu ?
Mama : Tentu saja tidak nak... mama tidak percaya dia.
Anak : Tapi ma.. Kenapa mama menitipkan aku pada dia?
Anak adalah titipan Allah
Maka jagalah ia sebaik mungkin

Dan rata rata yang posting adalah ibu ibu full IRT yang sangat bangga dengan posisi mereka. Okeh, ini postingan pasti bakal menuai kontroversi. Hahaha.. 

Oke siip.. Tahukah kalian? dengan postingan kalian itu, ternyata kalian menohok hati mereka ibu ibu yang harus bekerja untuk kelangsungan hidup mereka? Apa kalian tahu apa yang telah membuat mereka harus bekerja? Dan apa kalian tahu, bahwa mereka juga sama seperti kalian yang ingin selalu mendampingi putra putri mereka. 

Gw memilih untuk bekerja. Karena apakah? Karena gw melihat dengan mata kepala gw sendiri ketika tetangga gw yang ditinggal suaminya meninggal tiba tiba harus berjuang susah payah untuk bisa tetap tegak berdiri menghidupi dua anak yang masih sangat sangat kecil. Sedangkan selama ini hidup hanya mengandalkan suami, tidak pernah punya kegiatan usaha, tidak pernah kerja. Untungnya keluarga itu berada di lingkungan yang sangat baik, yang sangat mengerti apa itu tolong menolong, sehingga ketika si ibu ini kehilangan suaminya banyak tetangga yang lain yang super duper peduli dengan nasib mereka. Atas saran dari tetangga lain, akhirnya si ibu ini buka warung kecil kecilan, kerja apa aja. Ya jadi pengasuh anak tetangga, ya jadi buruh cuci gosok. Kasihan deh liatnya. Tapi untungnya akhirnya mereka survive, anaknya dua duanya bisa tamat sekolah, dua duanya akhirnya kerja. 

Ada lagi nyokapnya temen gw, selama suaminya hidup full IRT, hidup berkecukupan, sampe punya rumah lebih dari satu. Jaman dulu gw SMA aja blom ada yang naik motor ke sekolahan, doi udah naik motor sendiri, kebayangkan hidupnya berkecukupan banget. Tapi di tahun ketiga temen gw SMA, bokapnya meninggal. Ibunya kebingungan, karena tidak biasa menghidupi keluarga. Satu rumah dijual, bikin usaha jualan beras. Mungkin skill yang terbatas, kurang bisa mengelola manajemen keuangan, bertahan beberapa bulan, modal abis untung entah kemana. Collapse.. Satu persatu harta terjual. Hidup mereka jadi susaaaah banget. Belom lagi anak anaknya tidak mandiri karena terbiasa segala ada. Untungnya (masih untung nih), temen gw ini sadar. dia yang tadinya slenge'an mencoba bangkit. Merantau ke jakarta, sempat kerja di kantor gw dengan gaji yang pas pasan sih menurut gw. Sembari kerja dia jualan apa aja, ya baju, ya tas, ya sepatu di lingkungan pabrik. Mungkin Allah melihat kesungguhan dia dalam bekerja, akhirnya dia dapet kerjaan baru dengan gaji yang lumayan banget. Pelan pelan mereka membangun hidup mereka lagi dan akhirnya memboyong ibunya dan adeknya tinggal sama dia. Dia akhirnya yang menghidupi keluarganya. 

Keliatan sudah ya, dua contoh diatas. Itu adalah satu alasan kenapa gw mempertahankan status gw sebagai wanita karir. Bukan gw ngga sayang anak gw, tapi banyak hal di dunia ini yang perlu kita pikirkan lebih jauh. Tante gw pernah bilang "kelak nanti kalo Lia udah dewasa, jangan pernah berhenti kerja ya, Harus tetap bekerja sampai nanti tua". Bukan karena Jacky ngga mampu menghidupi kami. Untuk sekedar hidup gw yakin kami bisa tanpa gw harus kerja, tapi alasan diatas menguatkan gw untuk tetap bekerja. 

Ya, kalimat itu yang selalu gw pegang. Bukan nyokap gw yang ngomong sih, karena nyokap gw IRT yang nyambi jadi bisniswoman. Hehe, bokap gw kan cuma buruh pelabuhan yang penghasilan bulanannya ga pasti. Hidup kami sekeluarga dulu ditunjang dari hasil warung kecil dirumah gw. 

Nah tu, masih aja kan nyokap gw pun kerja even bukan kantoran. 

Satu lagi, banyak sekali curhatan di sosmed yang menyiratkan susahnya hidup, kehidupan yang keras dan si pelaku kehidupan karena tidak terbiasa dengan yang namanya bekerja akhirnya kebingungan, pasrah nerima keadaan. Padahal kalo mau bergerak banyak sekali kesempatan untuk mempunyai penghasilan. Belum lagi masih banyak laki laki yang berpikiran super kolot yang bilang kalo istri tak boleh kerja, sampe sampe ada perempuan perempuan yang diremehkan, yang harus mengalami hidup yang super duper susah gegara suaminya pedit minta ampun. Lah kalo kondisinya kaya gitu gimana? Apa apa dijatah, uang bulanan bener2 memprihatinkan angkanya. Ya sudah berusahalah, tak perlu mengandalkan laki laki seperti itu. Itu kalo gw, tapi kalo elo bisa bertahan dalam kondisi itu ya jalanilah.

Jaman sekarang banyak hal yang bisa dilakuin, apalagi semua serba online. Gw juga kenal salah satu ibu muda yang bagus sekali semangatnya. Doi tamatan SMP, nikah muda udah punya anak umur 7bulanan gitu deh kayanya. Ditinggal cere suaminya dan anaknya tak dapat sepeserpun dari suaminya. Kebayang toh? Finally doi jadi dropshipper, punya penghasilan dikit dikit tapi mampu ngidupin anaknya. Salut gw, suer.. Pernah lagi gw baca satu kisah temen sosmed gw, yang bangkit ketika suaminya kena PHK. Gila gak? punya suami trus di PHK, sedangkan selama ini hidup ngandelin gaji suami. Tapi akhirnya si ibu ini bikin usaha rumahan yang dijual online.. Dan penghasilan dia bulanan bisa mencapai 10jeti bersih. See? Amazing Wonderwoman.

Mungkin kalo mereka punya kesempatan kerja kantoran ya pasti tak akan melewatkan opsi itu. Cuma sebagian dari mereka belum punya kesempatan itu, ya karena umur, karena tak punya experience juga sebelumnya. Tapi toh tetep bisa menghidupi keluarganya dengan cara yang lain. 

Trus bagaimana dengan gw? Ya, gw udah decided gw akan selalu jadi wanita karir. Ya kalo masih punya kesempatan ngantor gw akan ngantor, kalo engga ya gw pastinya puter otak untuk bisnis. Makanya dari sekarang mumpung tulang masih kuat, mumpung otak masih bisa di abused untuk berpikir keras, bangun hidup, bangun kerajaan bisnis sendiri. 

Apa ga kasian dengan anak anak? InsyaAllah gw akan berusaha menjadi yang terbaik buat anak anak gw. karena gw percaya yang lebih berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak itu adalah quality time dengan ortunya bukan kuantitas. Buat apa lo seharian dirumah tapi anak masih engga keurus, ibu sibuk nonton sinetron, anaknya juga sibuk main kelayapan entah kemana. Ini bukan mengada ngada ya. Banyak kok yang kaya begini. Gw kerja full time, tapi jangan salah, anak gw full asi, sekarang kami lagi berjuang untuk menuju S3 ASI. Anak gw ga kesentuh bubur renjeng instan karena gw ga mau sama sekali pake. Gw bikin makanan anak gw tiap hari dengan cinta even gw bukan mama koki handal seperti bu ibu lainnya, tapi paling engga anak gw ga pernah nyobain bubur renjeng atau biskuit bayi bayi, apalagi minuman2 yang isinya aspartam ituh. Anak gw kaga pernah nonton sinetron, kaga pernah kami suguhi tontonan2 "aneh" yang miris.. makanya dia sampe sekarang kaga tau tuh lagu "Sakitnya tuh disini", dia taunya lagu lagu nursery rhyme, taunya baby elephant, atau baba black sheep. Dia taunya goyang2 putar2 senam ngikutin lagu nursery rhyme bukan goyang dangdut yang bikin kaki kecengklak itu. 

Ya, boleh dong gw sedikit berbangga hati, even anak gw di saat kerja stay di daycare dia tetap memilih gw emaknya dibanding bunda2nya di daycare. Tetap berlari menyongsong kedatangan gw ketika gw jemput tiap sore. Gw rutin bawa shaq konsul ke dsa untuk tumbangnya, gw selalu ngamatin apa saja yang baru dalam kehidupan Shaq tiap harinya. Gw masih tau kok kapan dia pertama kali bilang "Papa", kapan pertama kali dia tumbuh gigi, giginya ada berapa, kapan dia bisa melangkah pertama kali, dia sudah hafal nama nama alat transportasi apa aja, dia udah sampe itungan berapa. Gw toh ga ngelewatin hal hal penting itu dalam hidupnya. 

Toh ga sedikit kok emak emak yaang full stay di rumah tapi anaknya full sufor (sorry, gw ngga bisa toleran dengan emak emak yang kasi anaknya sufor bukan karena indikasi medis), mpasi bubur renjeng, nyuguhin tontonan sinetron ga mutu ke anaknya tiap hari. 

Sekali lagi bukan kuantitas lah yang utama, tapi quality time. Ini murni pendapat gw lo. Yang ga setuju silahkan skip aja. Hahahahah.. Suka suka gw dong nulis apapun di blog gw. *selfish bener dah gw*

Hal hal inilah yang akhirnya menurunkan ambisi gw. Gw dulunya sangat ambisius, gw berpikir dan berharap untuk menjadi orang penting di dalam perusahaan tempat gw bekerja. Sampe disaat gw belum punya Shaq gw masih seperti itu. Tapi Shaq lahir merubah segalanya. Ada batasan yang harus gw punya. Gw tidak boleh menjadi workaholic. Itu pastinya. Banyak yang berpikir, kok gw masih bertahan aja dikantor gw sekarang? Kok ngga coba apply ke perusahaan lain yang jauh lebih menjanjikan? Kan sayang, udah punya skill, educational background pun mendukung. Lulusan terbaik dari sekolah kimia, cum laude ketika tamat university, dulunya engineer kok mau maunya sekarang jadi pekerja dibelakang meja. Ga satu dua orang yang mempertanyakan hal itu ke gw. Kenapa?

Hai hai, Its not easy to share your time when you have a tittle as an engineer. Gw udah ngerasain kerja yang ga jelas waktunya, jadi enginer kudu siap dipanggil kapan aja. Mau tengah malem kudu conference sama orang amrik sana ya kudu dijalanin. Dan gw rasa gw ga punya kesanggupan untuk menjalani ritme kerja yang begitu lagi. Kan ga lucu, gw lagi nyusuin Shaq trus ternyata ada problem di pabrik gw kudu ke pabrik. Hahahhahah. Ya, gw harus mengorbankan salah satu, ada keluarga yang juga harus gw pikirin. Makanya gw akhirnya membatasi pekerjaan. No more overtime, gw bekerja layaknya pekerja normal. Jadi jangan heran kalo karir gw cuma begitu begitu aja. Hahahha... Yah you know lah di Indonesia, loyalitas terhadap perusahaan masih menjadi salah satu faktor penting untuk bisa mendapatkan promosi jabatan. Satu lagi, gw nyari kerjaan yang engga bikin stres, ngga bikin pusing dan gw rasa kantor gw sekarang cucok dengan gw. Gaji cukup alhamdulillah, Suer deh. Abis keluar gerbang pabrik, yang kebayang ya anak en suami, bukan lagi angka angka SAP yang banyaknya bejibun itu. wkakakak.. Tapi bukan berarti gw ngga berkembang ya. Gw bukan pekerja statis, gw tetep kok bisa mengikuti berbagai macam training sistem dikantor, pengetahuan nambah terus, belajar terus, bagaimana problem solved ketika ada masalah di sistem, bagaimana urusan per bea cukaian di negeri ini. regulasi ekspor impor. Ya kalo yang begitu2 itu ya masih jalan. Hehe.. 

Anyway.. 
Ini bukan postingan untuk under estimate terhadap IRT. Gw tetep kok salut sama IRT yang bisa menghandle semua pekerjaan dirumah plus membesarkan anak, mengurus suami dengan sebaik baiknya. Berbahagialah anda ibu ibu IRT karena memiliki kesempatan untuk selalu bisa mendampingi putra putri kalian tumbuh besar.

Setiap ibu punya tantangan berbeda, jadi tidak ada hak kalian untuk nge judge ibu bekerja begini begini, ibu rumah tangga begini begini. Nikmati saja peran masing masing. Toh kita semua sudah ada porsi masing masing. 

Sayang sekali negeri ini belum negara maju yang akan menjamin hidup janda dan anak anaknya yang ditinggal suaminya. UU doang yang ada tapi realisasinya tau sendiri kan kaya apa? Jadi ya udah selametin diri masing masing dulu aja kali ya. 

So, ga usah nyinyir lagi deh sama ibu ibu pekerja. Mereka juga punya tanggungjawab toh sama keluarganya. Sekali lagi, selamat menikmati peran masing masing ya. 


Picture taken from here
__,,__

2 comments:

  1. Asli..terharu banget mbaca ini uni..jadi tambah semangat buat kerja..Salut sama working mom di luar sana..

    ReplyDelete
  2. Asli..terharu banget mbaca ini uni..jadi tambah semangat buat kerja..Salut sama working mom di luar sana..

    ReplyDelete