Tuesday, March 31, 2015

ASI Foremilk dan Hindmilk

Karena masih banyak yang bilang begini "asiku encer mba, ga bagus, makanya anakku dibantu sufor", baiklah saya coba sedikit sharing ya biar bisa meyakinkan mahmuda yang galau dan bilang asinya ngga bagus, dulu udah pernah dishare juga sih pas shaq masih masa asix tapi penjelasannya ga sekomplit yg ini.

Asi ngga ada yang ngga bagus, karena Sang Pencipta sudah menakar kebutuhan nutrisi bayi dari asi ibunya. Hebatnya asi, mengikuti umur bayi, makanya kalo sufor ada buat yang 1-6bulan, trus ada lagi buat umur bla bla bla, itu menunjukkan kelemahan sufor yang komposisinya tak dapat mengikuti kebutuhan nutrisi bayi sesuai umur. Ga pernah kan ada yang bilang ini asi buat umur sekian sekian. Wkwkkw..


Ini pic hasil pumping barusan, ya sekitar 10 menit lalu lah. Keliatan ga warnanya beda? Botol I warnanya putih kaya air tajin. Botol II warnanya putih kekuningan kaya susu kental manis. Botol I sepertinya agak lebih encer dibanding botol II. Tapi percayalah, ini sumbernya sama, satu payudara dan dipumping dalam satu sesi pumping.

Kok bisa beda warna?
Ya dooong, itulah hebatnya asi.
Botol I adalah hasil pumping awal, alias yang keluar pertama kali. Berwarna putih encer karena kandungan foremilk lebih banyak dibanding hindmilk.
Botol II adalah hasil pumping belakangan, sebaliknya berwarna kekuningan karena kandungan hindmilk yang terdapat di asinya lebih banyak dibanding botol I.

Hindmilk dan foremilk apa bedanya?
Foremilk adalah bagian asi yang mengandung banyak protein, lebih gampang terlepas dari kelenjar susu makanya ketika awal dipompa foremilk lebih tinggi konsendtrasinya dibanding hindmilk.
Hindmilk adalah bagian asi yang mengandung banyak lemak susu, butuh waktu lebih lama dari si hindmilk ini untuk lepas dari kelenjar susu makanya keluarnya belakangan.

Trus, yang lebih bagus yang mana? Ya bagus dua duanya. Untuk tujuan menggenjot berat badan bayi, usahakan bayi mendapat banyak hindmilk. Caranya? Sebelum disusukan ke bayi, pompa dulu asinya sebagian sehingga ketika bayi mulai menyusu langsung kebagian hindmilk. Kalo gw sering manfaatin shaq nih. Hehe.. doi lan masih doyan banget mimi' jadi sebelum Sean menyusu, gw suruh Shaq dulu ngabisin setengahnya biar Sean langsung ketemu hindmilk. Shaq ga perlu genjot BB lagi soalnya udah doyan makan jadi bbnya digenjot dari nutrisi makanan.

Hm... taunya bayi dapet banyak hindmilk dari mana? Coba cek pupnya. Kalo pupnya berbiji warna kuning keemasan berarti asinya banyak dapet hindmilk tapi kali pupnya warna ijo, berarti si bayi minumnya foremilk melulu. (PLEASE NOTE !! INDIKASI PUP INI TIDAK BERLAKU UNTUK BAYI SUFOR ATAU BAYI YANG SUDAH DIBERI MAKANAN LAIN SELAIN ASI)

gampang kan?
Udah tau dong sekarang?
Jadi ngga ada asi yang engga bagus, asi encer bukan ngga bagus.
Udah tau dong kenapa kok bayinya asi tapi bbnya susah naik.
Semoga setelah gw share info ini ga ketemu lagi makemak galau yang ngasi babynya sufor gegara asinya 'katanya encer dan gak bergizi'

Semangat asi ya maaaak!!!
Give the best for our kids.
Happy breadtfeeding

__,,__

No comments:

Post a Comment