Tuesday, March 31, 2015

Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja

Ini artikel gw copy dari status FB gw nih, abis banyak banget yang nanya caranya jadi ya udah dibikin rangkumananya aja. Nah, sekarang sekalianlah gw share di blog, semoga yang tercerahkan makin banyak. So, tak ada lagi alesan.. anakku sufor, abis aku kerja siiiiih..

Persiapan asip ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi kalo ada yang salah tolong dikoreksi saja.

Kapan mulai pumping?
Tergantung keyakinan. Karena saya tipikal yang tidak yakin bakal tidak stres ketika stok asip menyusut maka saya pumping sesegera mungkin sehabis melahirkan. Jadi jangan diulur2, "ah entar aja seminggu atau sebulan mau masuk kerja baru pumping"... nah saya tidak. Saya ngga berani mengambil resiko bakal stres ketika sistem kejar tayang melanda. Dan saya bukan orang yang punya duit lebih untuk bayar kurir asi. Hehe.. jadi saya biasanya mulai pumping ketika baby umur 1 minggu. Ketika lahiran shaq, saya udah ngumpulin 3,5rak freezer full + 90 kantong asip. Satu rak isinya 35 botol, jadi sebelum masuk kerja saya udah punya 200 botol asip. Saat ini umur Sean 6d to 2m, dan tabungan asip dikit aja baru sekitar 50an botol saja. Agak ngoyo? Iya, karena saya tandem nursing saat ini. Pumping 2x sehari aja udah syukur. Hehehe.. masih ada 33 hari lagi menjelang masuk kerja. So perkiraan saya pas masuk kerja nanti udah punya 110 botol asip.


Bagusan manual apa elektrik?
Untuk pompa asi tak ada yang bisa bilang yang paling bagus yang mana, jadi pompa asi itu cocok cocokan. Bisa jadi di si A, pompa merek X cocok sehingga sekali pumping bisa dapet 300mL, tapi pas dicobain ke si B, basahin pantat botol aja udah syukur. Kenapa? Karena ukuran payudara dan respon setiap wanita berbeda. Saya pake avent single electric yang bisa diubah jadi manual (jangan tanya beli dimana ya karena barangnya udah discontinue), pake manual atau elektrik hasilnya hampir sama saja. Jadi ngga ada patokan harus manual atau elektrik. So, gimana dong panduan belinya? Coba deh masuk ke forum2 seperti theurbanmama, mommiesdaily (jangan tanya linknya, silahkan googling) disana banyak dibahas review ibu2 yang udah pake macam2 breastpump. Jadi tinggal liat aja kira2 yg cocok yg mana. Atau boleh sewa dulu (aimi tak merekomendasikan ini), ada banyak olshop yang nyewain pompa asi. Perlu dicatat, jangan pake pompa asi yang pake bola karet diujungnya untuk stok asip. Karena bola karetnya tak bisa disterilisasi dan jika kemasukan asi, bakalan menjadi sarang bakteri, ujug2 anak kita kena diare karena tidak higienis. Gpp lah beli yang agak mahalan dikit, 150rb udah dapet little giant manual lo, 300rb dan dapet yg elektrik. Avent manual 400rb juga ada, medela minel ya sekitar 500an deh kalo ngga salah. Berasa mahal? Bandingkan dengan beli sufor tiap bulan, hayoooh mahalan mana?

Teknis pumping
Bagi ibu menyusui pasti pernah ngalamin yg namanya LDR ( Let down reflex)... hayo ngakuuuu.. nah LDR ini adalah reflex yang terjadi karena tubuh kita diperintah untuk memproduksi asi sebanyak banyaknya. Pada saat menyusui ada tuh asinya deraaaaas banget keluar sampe bayi ada yang gelagapan ga kuat menampung asi yang terlalu deras. Itulah saatnya LDR datang. Kalo menyusui kan enak tuh mulut bayi yang merangsang LDR datang, saat pumping gimana? Beberapa pompa asi punya mekanisme yang mampu merangsang LDR, pijatan dari pompa mampu nih ngundang si LDR menyambangi payudara yang akan dipompa. LDR juga bisa dipancing dengan cara manual, massage payudara, kilik2 puting sebelum pumping biasanya mampu mengundang LDR datang. Jadi kalo ada yang pada saat pumping asinya cuma netes2 doang berarti blom berhasil tu mancing LDR dateng. Pada saat LDR datang, asi keluar deras banget kaya semprotan. Hehe

Manajemen ASIP
Nah, ini buat ibu bekerja. Ini alur saya tiap harinya ketika udah masuk kerja.

  • Pumping terjadwal, per 3jam sekali rutinkan pumping dikantor. Gak lama kok, 10 menit doang biasanya udah bisa dapet sebotol. Kalo saya biasanya jam 9 pagi, 12 siang, 3 sore. Jadwal ga boleh molor2, karena kita melatih payudara untuk responsif mengeluarkan asi pada jam jam itu. Sekalinya jam pumping acakadul, jangan salahkan hasil berikutnya jadi menyusut.
  • Sterilisasi peralatan asip di saya hanya 1x dalam 24 jam. Jadi sebelum tidur masukin sterilizer, besok pagi tinggal rakit deh, masukin cooler bag plus botol2nya juga.
  • Selesai pumping, masukkan asip ke botol, beri label tanggal dan jam perah. Peralatan pumping boleh simpan dalam tupperware (kecuali mesin) dan masukkan ke cooler bag. Kalo ada kulkas dikantornya lebih bagus lagi, asip dan pompa bisa masuk chiller. Karena saya pake pompa dengan closed system maka saya ngga bilas air panas lagi untuk sesi pumping berikutnya. langsung pake aja. Alhamdulillah, sofar udah 2 tahun jadi mamaperah, Shaq blom pernah diare. Amit2 jangan sampe.
  • Sesampainya dirumah, asip masukkan ke chiller, 3 jam kemudian pindah ke freezer untuk dibekukan.
  • Udah deh simpan.

Asip dalam suhu kamar tahan HANYA 4 jam saja
Asip dalam chiller tahan 3 -7 hari
Asip dalam freezer khusus asip tahan 6-12bulan.

Semakin pendek umur asip yg digunakan semakin bagus karena kandungan gizinya juga semakin baik.

Penyajian ASIP

  • Observasi kebutuhan bayi tiap harinya. Idealnya sih menjelang 6bulan konsumsi asip bakal semakin banyak dan setelah mpasi dimulai di umur 6bulan, konsumsi asip semakin sedikit.
  • Jangan sekali kali gunakan dot sebagai alat penyajian asip. Kalo udah bingung puting baru mewek deh kamuuuuuuh
  • Pake sendok, hard spout, spuit, cupfeeder, softcupfeeder dianjurkan. Bayi itu pintar, shaq umur 3,5m udah gape minum asip pake spout. Umur 6m udah pindah ke sedotan, umur 9m udah mimik di gelas... so, tinggal ibunya mau ngelatih ato engga.
  • Sajikan asip per sekali sesi minum. Misal nih ada 3x 90 ml, jadi asipnua udah dipisah di botol volume 90mL, karena asip yg dihangatkan tidak boleh dibekukan kembali, harus habis.
  • Metode yg saya pake dalam penyajian asipnya shaq adalah kombinasi LIFO FIFO. Jadi misalkan minumnya sehari 6botol, maka 3 botol akan saya ambilkan dari freezer, 3 botolnya lagi adalah asip segar yang saya pumping di pagi hari dan hari sebelumnya. Ada sebagian ibu yang hanya pake LIFO, boleh2 aja sih tapi nanti asip tanggal terlama akan terbuang percuma. Konsep LIfo bagus untuk bu ibu yang asipnya kejar tayang.
  • Asip yang dari freezer dipindahkan ke chiller sehari sebelum dipakai. Misal buat besok pagi, malam ini udah turun ke chiller, biar ngga bete nunggu cairnya. Hehehe.. 
  • Tidak ada ketentuan asip yang akan disajikan harus hangat, kalo bayinya suka asip hangat silahkan rendam dalam air hangat dengan suhu maksimal 40oC. Amannya pake warmer biar suhunya terpantau. Suhu tinggi merusak kandungan asip. Kalo babynya suka asip dingin ya ngga usah dihangatkan. Shaq sejak umur 8 bulan minumnya asip dingin. Dingin dingin es susu kali ya :)

Jangan pernah ngoyo pumping dan terbuai dengan stok yg masih banyak. Pumping terus terus terus. Karena kita engga tau apa yang bakal terjadi kedepannya.Sedikit berbagi pengalaman, pada saat shaq umur 11 m saya hamil lagi. Dan stok asip yg sefreezer full itulah yang mengantarkan dia masih menjadi anak asi sampai sekarang. Ketika hamil, hasil pumping down banget dan saya stop pumping gegara ga mau ada kontraksi. Sekarang masih berjuang 2m to go to S3 asi nih..

Apa lagi ya, nanti ditambahin lagi kalo ingat.. ini buat bu ibu yang selama ini bertanya. Semoga membantu yaaaaa..

HAPPY BREASTFEEDING MAMA

__,,__

1 comment:

  1. Mbaaakk.. Salut buat perjuangannya! :)
    Kalau saya masih berjuang buat lulus s1 dulu nih, baby masih 4 bulan.. :D
    Btw hard spout yang dipake apa? Rencana mau ngajarin babyku pake hard spout, soalnya selama ini kan minum asip disendokin.. Dan sekarang dah mulai sembur2 asipnya.. Hahaha
    Kalau hardspout ga bikin bingput kan?

    ReplyDelete