Wednesday, April 22, 2015

Kartu Kredit

picture taken from here
Ngemeng ngemeng tentang kartu kredit, banyak hal hal lucu, aneh, ajaib, menjengkelkan sekaligus menyenangkan selama gw menjadi nasabah kartu kredit ini.

Gw baru terjun ke dunia perCCan ini sekitar 4 tahun belakangan. Sebelum sebelumnya bank kaga percaya ama gw mungkin karena tampang gw emang tampang orang susah jadi tiap gw ngajuin ditolak mulu. wkkwkw.. Tapi untungnya dulu gw punya mantan yang kartu kreditnya segambreng jadi sedikit banyak gw udah memahami prosedur, cara pemakaian, trik memakai si CC ini jauh sebelum gw punya sendiri.

Saat ini gw punya beberapa CC dari beberapa bank. jangan pernah bilang yang punya CC itu horang kayaah ya. Hahahha, justru kecendrungan menjadi seorang pengutang bagi nasabah CC lebih tinggi. Kartu kredit = kartu utang, so salut deh ama yang belanja pake Debit card berarti dia punya duit buat bayar tanpa ngutang.n hihi.. Tapi anyway ada beberapa hal yang akhirnya membuat gw memutuskan untuk jadi nasabah CC, diantaranya benefit2 di merchant2 tertentu yang didapet kalo bayarnya pake CC, blom lagi CC bisa dipake buat kebutuhan mendadak pas ga punya duit banget trus kepaksa mudik ada hal penting banget di kampung, CC sangat berjasa dimasa masa itu. Bayar tiket mudik bisa pake CC. Apalagi buat gw yang buka bisnis kecil kecilan ini, disaat permintaan membludak dan modal kurang akhirnya CC gw berdayakan deh hehe.. Dengan perhitungan yang tepat, kalo pake CC buat bisnis sama kaya minjem duit tanpa bunga. Suer, ini beneran bisa lo. beli barang dagangan pake CC trus sebelum jatuh tempo bayar lunas. Tak ada bunga sedikitpun, daripada kepepet musti ke rentenir kan cari mati namanya.


Tapi ada hal hal yang menjengkelkan dari CC ini, sebenernya bukan CCnya yang njengkelin tapi lebih ke oknum telemarketingnya yang "super duper nakal". Gw pernah ketipu sama penawaran asuransi lewat telemarketing CC. Pernah gw share di status FB gw sih, mungkin beberapa teman pernah baca. Modusnya adalah ditawarin asuransi dengan premi kecil. bilangnya 200rb eh pas dateng polisnya ternyata 380rb. Gondok tapi gw mah tak akan membiarkan mereka nipu gw mentah mentah, dengan segala effort yg gw punya akhirnya tu polis di cancel dan duit gw yang udah terlanjur dipotong dari tagihan CC gw balik lagi. Butuh waktu 6bulan boook ngurusinnya. Sejak itu gw ngga pernah lagi mau terima penawaran apapun. That's enough lo tipu gw.

Dilain waktu, ada lagi telemarketing yang nawarin credit shield dari satu CC yang gw pake, ya katanya semacam perlindungan nasabah, kalo ntar terjadi apa apa dengan gw, tagihan CC gw jadi lunas otomatis. Tap bulan ditagihkan sekian persen dari CC gw.. aigoo,, tau gak, sampe 3x tu telemarketing nelponin gw nawarin ini, gw ga mau ikutan, masih keukeuh juga. Puncaknya kemarin masih aja tuh orang telpon gw, uda dibilang engga malah nanya lagi, kenapa engga. Haduuuh,,, Maksa bener siiiy.

Pernah lagi kejadian ditawari aplikasi CC sama salesnya trus ditolak dengan alesan nama gw dislip gaji disingkat sedangkan nama KTP nama panjang. Hahahha.... Itu salesnya nyuruh2 gw untuk minta surat keterangan kerja dari kantor. Gw bilang aja ogah, kalo ngga bisa diproses ya sudah toh yang nawar2in kan elo bukan gw yang ngemis2 minta dibikinin. Lagian parah bener itu bank. Udah jelas karakter di sistem slip gaji kantor gw terbatas, otomatis nama belakang gw ya disingkat. La ini maunya dibikin sepanjang2nya. Slip gaji udah carbonized, kalo mereka mau verifikasi gw beneran karyawan disono tinggal telponin kantornya toh, tinggal tanyain gaji gw berapa. itu gunanya survey. Konyol banget data gw ga bisa diproses gegara nama belakang dislip gaji disingkat. Padahal kalo dia mikir, gw juga udah nyertain CC gw yang lain buat penguatan data. Kecuali gw baru pertama kali bikin bolehlah dia was was, Oneng bener.. Wkkkk...

Trus modus lain lagi yang lucu.. Gw ditelponin sales CC, nanya gw ada apply CC AN* ga? Gw mikir dong.. Appy? apply apa lagi? gw kan udah jadi nasabahnya lama. Hahahha,, salesnya telat nih. Trus gw bilang, loh saya udah punya, ini apply apa lagi? Trus rada kagok dia bilang. "oh udah diterima ya ibu kartunya? ini kita mau ajukan lagi penambahan kartu yang lain. Jadi limitnya nanti beda, kita bisa bikinin limit yang ini 10juta" hihihihih.... seneng dong gw dikasi CC lagi tapiiii, otak curigation gw kembali kerja, secara sudah pernah ketepu ama sales sales ini. "Ini limitnya beda ya mba? trus nanti annual feenya jadi dua ya?" rada malesin dia jawab " iya bu, dua" .... ooooww,, gw langsung aja tolak itu penawaran dengan alesan gw masih punya CC lain dari bank lain. Coba kalo engga ditanya, udah nangkring aja tuh CC di meja gw trus bulan depan muncul deh tagian sekian ratus ribu buat bayar iuran tahunan.

Masih dengan CC yang sama, pernah lagi gw ditawarin kartu tambahan, ya udah gw bikinin CC tambahan buat cii ayank, trus si salesnya nanyain nama bokap nyokap gw plus alamat dengan alasan verifikasi. Gw bilang bokap nyokap gw dipadang. gpp kayanya cuman buat verifikasi aja. seminggu abis itu, nangkring deh di meja gw 3 CC tambahan. satu buat cii ayank, dua lagi buat bokap nyokpa gw. Hahahhaa.. parah emang tu sales. Akhirnya gw ajukan pembatalan ke bank penerbit sambil bilang ke cs nya, itu salesnya dididik dong biar ga nipu. Untung ini bikin CC tambahan kaga bayar, kalo bayar dah mencak mencak gw. Gw ceritain itu kasus ke emak gw, emak gw ketawa ketawa, ga kebayang belanja pake CC katanya. Bukan apa apa sih, ATM aja baru baru ini aja bokap gw mau pake gegara gw saranin biar gampang ngambil duit kalo kepepet, la ini pakek acara dikasi CC pulak.
Nah, yang terakhir ini kasus yang terakhir kejadian nih dan blom kelar ampe sekarang. CC gw digesek 4x ama kasirnya G*ant. dari awal kegesek udah gw info ke G*ant en ke bank penerbit, yang batalin harus dari Merchantnya. Eh,,, ntar laporan gw dianggap angin lalu, ga diurusin sama merchantnya, ternyata udah muncul deh tu tagihan di CC gw. belanja cuman 200rban gw kudu bayar hampir 900rb, heboh dong gw ama si merchant. Merchantnya suruh gw bayar dulu, bulan depannya dikoreksi. Gw ngga mau, enak aja duit gw disimpenin di bank, gw ini punya bisnis, uang cash itu sangat berharga buat gw. Kalo gw bayar kan tu duit kaga bisa gw apa apain sampe bulan depan alias duit mati, kalo gw puterin ke modal udah kembang jadi berapa tuh. Kemarin si merchant telpon gw lagi katanya gw suruh bayar tagihan minimum aja. Ebusyeet, emang sisanya nanti kalo kena denda elo mau bayarin dendanya. Gw kaga ada cerita bayar tagihan cuma tagihan minimum. Itu sama aja nyuruh gw masuk lobang hitam kelamnya CC. Si merchant minta maaf, bilang doi ga paham ama CC lah, doi baru di batam lah, (apa hubungannya yaks? emang aturan CC di batam ama di daerah lain beda? kan enga ya. ahhahaha) dan seabrek alesan lain.. Gw bilang ke managernya. gampangnya lo kasi aja gw duit cash buat bayar tu tagihan, anggap aja refund karena gw udah bayar ke g*ant 4x dari total belanjaan gw. Eee dia berkilah, nanti ditanya dulu bla bla bla.. Sampe sekarang kasusnya blom juga kelar, yang pasti kalo sampe gw kena denda, status kredit gw jadi macet gara gara ini merchant, gw angkat ke media. gw masukin ke surat pembaca biar meeka punya attention untuk masalah2 seperti ini. Biar lain kali kasirnya ditraining yang bener jadi ngga asal gesek gesek kartu orang.

Fiuuufh.... Cape ya berhubungan dengan sales CC dan segala masalahnya? iya boook.. dibalik kemudahan dan benefit yang ditawarkan oleh CC, sebagai nasabah emang harus jeli dalam melihat semua kemungkinan2 yang ditawarkan. Sales pasti dong ngomongnya kaya orang pacaran yang indah indah aja, tapi resiko pemakaian nasabah yang nanggung. yang terpenting, ukur kemampuan bayar, kalo ngerasa engga mampu bayar ya jangan dipake. Udah gitu aja!

__..__

No comments:

Post a Comment