Sunday, September 13, 2015

Sean Birth Story

Wow, emejiing.. udah lama banget gw vakum dari blog ini. Hahahaha..

Dan ini malem gw lagi begadang setelah sekian lama ga menyentuh laptop dirumah. Rempong boo!! Punya dua anak, satu baby satu toddler, blom lagi ngurus olshop, begawe plus ngurus rumah. Beruntung aja sih laki gw tipikal pengertian banget yang engga menuntut gw untuk menjadi istri yang seperti istri istri lain pada umumnya..

Eniwei, malem ini gw mo flashback. 

Hai hai... Baby Sean udah 7bulan lebih per hari ini. Udah MPASI, nanti aja cerita MPASI nya. Gw mo cerita soal sejarah lahirnya adek Sean dulu. Yes.. Kan memang blom pernah diceritain.


Sejak tau hamil, gw udah wanti wanti gak bakal mau lahiran di RS tempat lahiran Shaq dulu. Cukup sekali gw ngalamin yang namanya sport jantung dan naik spaning karena harus bersitegang sama nakesnya. So, pas udah tau dokter angkat tangan semua saat gw tanya kemungkinan bisa normal atau engganya, gw hunting dah tu RS yang oke buat lahiran. Yaa, little island ini kecil banget jadi ya pasti udah tau aja dimana yang recommended dan pilihannya ga banyak. Finally, kita pilih RS. Awal Bros yang memang udah terkenal pro asi. Sejak kehamilan 9bulan gw udah mulai pindah konsul tuh ke salah satu dokter cewe di RS ini. Alhamdulillah dapet dokter yang baik en mau step by step dengerin keluhan dan keinginan gw. Bahkan bu dokter ini udah langsung prepare surat pengantar urgent masuk RS mengingat jarak kelahiran ini dengan anak pertama cuma 20 bulan. Takut kejadian kontraksi sebelum waktunya dan berujung robekan di bekas sc pertama. Jadi gw diwanti wanti tuh ga boleh kerja berat berat, harus istirahat aja biar ga ada kontraksi sama sekali.

Pengennya lahiran di Januari lalu, tapi pas dihitung sama dokternya, paling cepet gw tuh lahiran di awa feb. disaat itu udah mateng banget 38w. Kalo akhir januai baru 37w++. Ya sudah kita akhirnya ngikutin anjuran dokter aja. tanggal 4 Feb jam 10 malem gw disuruh masuk RS, operasi bakal dilakuin besokannya jadi mulai malem kudu puasa dulu. gw dateng sama emak gw, Shaq dirumah ama bapaknya. Waktu itu doi blom disapih, gw yang super duper khawatir.. untungnya doi siangnya sibuk main jadinya malem ngantuk tidur deh..

Sampe RS, gw langsung registrasi, langsung di kasih kamar. O iya, gw pake BPJS secara asuransi kantor udah mulai beralih ke BPJS sejak awal januari lalu. Karena gw dapetnya kelas 1, ya udah gw ambil sesuai kelas, syukurnya memang kamarnya ada. Sempet ditawarin naik ke VIP tapi saat itu kantor gw blom ada COB sama inhelath (saat ini udah) jadi kalo mau naik kelas gw kudu bayar selisih harga paket SC nya.. akhirnya gw putuskan ambil sesuai kelas aja, wong kelas 1 aja udah enak kok ya... 

UNtuk fasilitas kamar ternyata masih enakan kamar kelas 1 di RS terdahulu, ada sofanya, ada kulkas, ada kompor, ada dispenser, yang nunggu kebagian jatah makan. Kalo yang ini engga gan, yang nunggu cuma dikasi kursi dan kamarnya ga seleluasa RS tempat gw lahiran Shaq. Kalo boleh milih fasilitas gw pilih lahiran di RS yang dulu aja. Tapi mengingat hak ASI anak gw diatas segalanya, akhirnya gapapa deh kamarnya ga senyaman dalam pikiran gw. 

Tapi untuk keramahan dan pelayanan, Awal bros memang te o pe begete. Semua stafnya sopan banget. Usut punya usut ternyata pelayanan adalah KPI buat mereka pribadi dan juga KPI jelek langsung dah tu pengaruh ke gaji. Baguuss manajemennya.

Gw mulai puasa jam 3 pagi karena jam 8 pagi mau operasi. Malam itu langsung pasang infus, langsung dikasi antibiotik. Oh iya untuk antibiotik gw minta yang bagus jadi kita beli sendiri diluar ga pake standar BPJS. Kasian banget deh emak gw malem itu ngga bisa bobo.. Suer.. paginya Jacky dateng bawa Shaq. pas banget gw masuk ruang preparation buat secrti caesaria yang kedua. Di Awal bros, perina, ruang rawat ibu dan ruang operasi satu lantai jadi enak pindah pindahnya kaga pake naik turun lift. Dan dokternya memag super ontime. Jam 8 teng operasi dimulai. Dokternya juga santai banget deh, Jadinya gw juga lumayan santai. Pas babynya dikeluarin langsung diciumin ke gw. Unfortunately, ga bisa IMD juga karena kondisi ruang operasi terlalu dingin dan resiko hipotermi. Jadinya ya gitu deh, kedua anak gw kaga ada yang IMD.. Tapi alhamdulillah dua duanya lulus ASIX dooong. 

Pas babynya lahir, bapaknya disuruh nemuin bayi, suruh cek kondisi bayo. Alhamdulillah semua baik, komplit, nilai APGARnya baby juga lebih dari cukup. Ga ada masalah. Gw dibawa keruang rawat. Babynya dibawa ke perina. Memang di awal bros ga bisa langsung rooming in tapi jangan khawatir, babynya ga bakal dikasi sufor diam diam kok. jam 2 siang, babynya udah dibawa ke kamar rawat gw. 

Add caption


Subhanallah.. ganteng pisan.. hehhe dan gede.. Raut wajah yang beda muncul, kalo Shaq kaya anak Jepang kalo yang ini beda. Memang postur tubuh pun kelihatan beda sih ya. Anak kedua kami yang dinamai Sean Duano Abhipraya Hagiazuki lahir dengan berat 3835 gram da panjang 51 cm. Sean termasuk bayi anteng selama di ruang rawat. Jarang menangis kecuali popoknya basah. 

Dan juga disini bener bener dilarang penggunaan sufor. Tetangga sebelah, lahiran beda sehari dengan gw. Ya namanya ank bayi baru lahir mah wajar rewel yaks.. ini disusuin kagak, yang ada malah panggil panggil suster mulu minta susu. Setiap kali suster dateng selalu dibilangin suruh susui bayinya. tapi dia bilang asinya ga ada. Ya elah, kalo awal awla lahiran gitu mah emang blom ada asinya tapi kan kolostrumnya ada. ASI gw keluar di hari ketiga dan dua hari sebelumnya Sean gw susui terus per dua jam sekali. Kenapa? Kolostrum itu cairan berharga buat bayi.. Dan merupakan salahs atu yang bisa mencegah bayi kuning berlebihan. Alhamdulillah banget Sean sama sekali ngga jaundice. 

Mimi gantian kiri kanan


pas hari ketiga dateng deh bidannya ke tetangga bed gw, diajarin cara nyusuin bayi, diajarin cara massage payudara. setelahs ebelumnya dibilangin kalo masih keukeuh minta sufor harus tandatangan surat pernyataan dan bayinya ngga boleh rooming in ketika disuruh sufor. Nah ini baru ni RS pro asi. Bukan malah nyuruh pasien buat beli susu sebelum lahiram/ Lah, lahiran aja blom udah disuruh sediain susu. Parah!!


Malam kedua ketiga emak gw, gw suruh pulang aja. Kasian ga bisa tidur, Jadi gantian deh Jacky yang nemenin gw Shaq dibawa liat adeknya. Ampuun, dia jelous minta ampun. Pas adeknya gw susuin dia minta disusui juga. Pas adeknya bobo sama gw, dia juga minta bobo sam agw, Jadilah kita bobo bertiga di bed. Hahahha...

Bayi besar mama
Next time gw coba post mengenai tandem nursing deh ya... Soalnya gw ngalamin menyusui dua anak dan ternyata itu ngga mudah.   

Hari ketiga gw pulang, Sampe dirumah disambut dengan sukacita.. Alhamdulillah semua baik baik aja. Dimudahkan segalanya. Gw cuma bayar obat2an dan suplemen yang memang atas permintaan kami sendiri, selebihnya ditanggung BPJS. Kemarin itu kisaran biaya sc gw 16juta. Dan untuk sc kali ini gw ga ngerasain susah banget jalan, susah duduk, After sc kedua ga sesakit sc pertama. Gw juga lebih cepet bisa beraktifitas.

Oh iya, gw juga kemarin langsung pasang IUD. Atas saran dokter gw juga sih, minimal 2 tahun lagi baru lahiran, jangan terlalu deket kaya gini karena resiko ke rahim. Iya juga sih.. ya udah kali ini gw manut deh. Pasang IUD langsung abis sc dan itu juga dicover BPJS. gw pakenya yang NovaT . Plannya Sean 1,5yo gw mulai lepas IUD untuk program baby ketiga deh ahhahaha.. Sampe sekarang Sean udah umur 7bulan gw juga ga ada keloid. Padahal lahiran pertama dulu gw ada keloid.. Duh jangan sampe deh, ngeri liatnya. Emang pas sc kemarin gw minta dokter kasi anti keloid, tapi ga tau deh beneran dikasi apa engga. Yang pasti ampe sekarang ga ada keloid yg tumbuh di sekitar bekasan SC.

Udah gitu aja postingannya .. ahahha,, endingnya ga enak banget yah.. Iya, gw ngantuk. Bobo dulu yaa.. 

__,,__




No comments:

Post a Comment