Sunday, September 20, 2015

Tandem Nursing

Gw lagi membiasakan diri untuk rajin menulis lagi nih. hehe..

Hari ini topiknya apa yah.Hm.. Tandem Nursing..

Ya, gw cukup sudah melewati itu semua. Dan it's so complicated. Butuh energi dan sabar yang banyak untuk bisa melakukannya. Eh, Tandem nursing apalagi itu? Mungkin ada sebagian ibu ibu yang ga familiar dengan istilah ini. Tandem nursing adalah kondisi dimana satu ibu menyusui dua anak dalam jangka waktu bersamaan. Eh, bisa ya? Bisa banget laa..

Sean lahir disaat Shaq masih berusia 20bulan. Dimana belum tamat S3 ASI. Masih 4 bulan perjuangan untuk bisa mencukupkan kewajiban gw untuk ASI 2 tahunnya Shaq. Dan gw ga mau setengah setengah dong ngasi yang terbaik buat Shaq. Selagi bisa, selagi mampu ya bakal gw lakuin.


Awal awal lahiran, masih bisa ditolerir lah secara Sean banyakan tidur, tapi pas udah lewat umur 1 minggu, dua duanya berulah. Banyak banget deh yang akhirnya harus dikorbankan karena situasi ini. Sean gw bawa pulang dari RS saat usia 4 hari. Malemnya ni anak masih melek, ya biasalah kan blom kenal konsep siang malam. Jadi sampe umur 1 minggu gw masih diajakin melek malem sama dia. Shaq tidur sama omi nya jadi gw bolak balik pindahan deh nyusuin keduanya. Pas udah lewat Sean umur satu minggu, udah mulai terkonsep nih, malem doi udah bisa nyenyak bobonya. Tapi siang maunya main terus, jadi ya gw ngikutin pola tidurnya dia. Tapi yg jadi masalah, gw jadi tepar malemnya karena harus bolak balik pindah kamar buat nyusuin keduanya. Owh.. horor banget deh itu, gw sempoyongan kalo jalan, ngantuk banget.

Akhirnya ga berapa lama gw ubah. Sean Shaq tidur bareng gw, jadi kami satu kasur bertiga. Bapaknya tidur dibawah. Dengan kondisi ini, gw ga perlu jalan sempoyongan tengah malem lagi, tapi cuma ubah hadap kiri hadap kanan aja. Lumayan aman dengan posisi ini, tapi berubah jadi horor kalo pas Sean bangun merengek eh abangnya ikutan bangun. Abangnya so pasti langsung nangis menghiba hiba sampe bilang gw ga boleh nyusuin adeknya. Silbling rivalry coy, berasa emaknya punya dia doang. Hahahha.. Nah, disaat saat inilah gw butuh banget Jacky, kami ngakalinnya dengan cara bagi tugas dong, Jacky bawa sean timang timang dulu, sementara gw nyusuin abangnya ampe pules, kalo udah pules baru gilran adeknya. Maaf ya dek, kalo ngga gitu nanti adek ga bisa mama susuin..

Cara ini berlangsung ampe Sean umur 2 bulan. Kadang kadang malem jadi horor,, kadang engga.. hahahhaa... 

Kalo siangnya gimana? Shaq udah ga mimi lagi siang, dia gw kenyangin ama makanan plus yogurt, jus, air putih. Jadi aman kalo siang. Dia juga ga minta mimi, karena sibuk main. Lagipula selama ominya dirumah, gw cuti, dia tetep sekolah, biar tetep bersosialisasi. Pas awal awal lahiran Sean dia sampe manggil manggilin orang lewat diajak main kerumah karena ga punya temen. Secara ni anak biasa rame, banyak temen sekarang ga punya. Finally, kami putuskan dia ikut sekolah lagi deh. 

ASInya gmana? ga habis selama tandem nursing... Hai hai, gw akhirnya membuktikan sendiri apa itu supply by demand. Mungkin karena tubuh gw tau kalo gw nyusuin dua anak, produksi ASI gw sangat berlimpah Alhamdulillah, Gw gak kesulitan nyetok ASIP selama tandem. Bahkan lebih lebih. Diusia Sean 5bulan itu freezer dah full aja sampe ga muat lagi. Beneran ini lo, jadi memang semakin banyak dikeluarin ya semakin banyak produksi. Ini bukan teori doang lo, gw udah buktin sendiri.

Trus Shaq lepas ASI kapan? Gw ga tau deh ini WWL apa bukan, dibilang bukan dia sih ngga pake jerit jerit yang melanglang buana gitu, dibilang iya kok ga ada say say goodbyenya pas gak mau ngasi hahahha. Pas mau puasa dua bulan lalu dia diajakin omi liburan ke Padang. Malam pertama dia tidur sama omi di Padang, cuma merengek aja dikit en langsung diem begitu dikasi UHT ultramimi, trus tidur lagi. Sampe akhirnya dia kebangun malem cuma minta UHT trus tidur. Sampe hari ini pun masih sama. Jadi pas umur 24m17d secara resmi Shaq cerai ASI. sekaligus lulus S3, tanpa bantuan sufor ataupun UHT. yeeyeyyeeyeye.. lalalalala... UHT baru gw kasih pas udah lewat 2 tahunnya dia. untuk biasain dia ga mimi lagi maksudnya. 

Sayang selalu anak anak mama papa


Gimana perasaan gw menjalani tandem nursing ini? Emejiiing.. Tapi kalo next kedepannya mungkin gw akan hindari ya. Hhahaha.. Kapok gw, kalo cuman NWP mungkin masih okelah. Tapi kalo disuruh tandem lagi mungkin gw mikir 1000 kali lagi sebelum bilang tidak. Pastinya jawabannya tidak. wkkakakaak.. Suer, ga semudah yang gw bayangin deh. Tapi senang juga karena walopun lagi hamil dan punya adek Shaq tetep dapetin haknya. 

Ini gw lagi atur jarak kelahiran lagi. Baru mau promil anak ketiga kalo Sean udah umur minimal 18bulan. Semoga nanti mulus yeee...pengen anak cewe pasti, eh.. maap buat kami, jenis kelamin bukanlah masalah, mau dikasi anak cowo semua juga Alhamdulillah, cewe juga alhamdulillah. Concetn gw lebih ke jumlahnya. Dua buat gw sih belum cukup ya. SEmoga ada rejeki lagi. Amiin

Setelah menjalani apa yang dinamakan tandem nursing, dengan ini gw kasi sepuluh jempol deh buat mak emak yang mampu tandem nursing berkali kali.. 10 thumbs up for you mom.. :)

__,,__



No comments:

Post a Comment