Sunday, April 17, 2016

Kuliah.. Akhirnya Lulus Juga!!

Lagi mengingat ngingat kenangan gw kuliah dulu.

Dulu, gw nekat kuliah disaat hidup gw susaaaah banget. Alhamdulillah begitu tamat dari smakpa tercinta gw langsung diterima kerja di salah satu perusahaan di jakarta. Awalnya nekad nyoba doang pas ada lowongan, blom lulus juga sih tapi ternyata mantan manager gw itu jatuh cinta sama gw yang saat itu masih polos dan lugu banget sampe akhirnya ngasi posisi sebagai seorang formulator di departemen riset buat gw. Doi bahkan mau nungguin gw selesai wisuda dulu baru masuk kerja. Makanya akhirnya gw juga say goodbye ama jatah gw di AKA Bogor. Masi inget banget pas Bguru gw di SMAKPA manggil gw ampe dua kali buat nanyain apa iya gw ga mau ambil jatah di AKABO, sampe sampe beliau bilang, pikir pikir lagi deh. Gw ga mau pikir pikir dan langsung bilang kasih orang lain aja. Selain bokap gw ga nyanggupin biayanya gw prefer kerja duluan sih. Ga tega juga kalo harus ngeberatin bokap gw buat sekolah lagi. SMA gw aja udah mahal, biayanya samaan ama uang kuliah PTN di kampung gw. Untung aja itu dapet beasiswa tiap semester jadi ga berasa banget deh bokap gw nyekolahin gw. 


Tadinya gw bilang sama bokap gw, gw mo langsung daftar kuliah aja dijakarta. Tapi bokap gw bilang jangan dulu, takutnya gw ngga bisa bagi waktunya. Alhasil setahun setelah gw jadi buruh pabrik, gw beranikan daftar di salah satu PTS di jakarta. Kuliahnya tiap hari, kelas malem. Gw ga mau ambil kuliah sabtu minggu karena buat gw weekend itu waktu untuk menenangkan otak dan ngejar lemburan pastinya hehhee..

Yah, awal awal kuliah gw excited banget. Jadi mahasiswa baru, trus ketemu temen temen baru. Untungnya banyakan anak anak yang nyambi juga. Umuran mostly diatas gw dong pastinya. Seinget gw angkatan gw cewe awalnya cuman 7 orang lainnya cowo cowo. Fakultas teknik memang miskin cewek bukan.

Saat saat awal kuliah merupakan saat saat perjuangan beraaaat banget. Bijimane engga, gaji kecil, duit seret. Gaji gw saat itu cuma 800rb, mentok mentok kalo gw ambil semua jatah overtime gw cuman dapet 1.1jt. Sedangkan uang kuliah gw 2.4jt per semester kalo gw ambil full  24sks terus. Hidup dijakarta ga punya kendaraan, ngontrak, makan minum lo tanggung sendiri deh. Minimal 400rb dari gaji gw per bulannya kudu gw sisihin buat bayar semesteran. Nah sisanya lo cukup cukupin dah tu gimana caranya. Hahahah..

Yang bikin gw termotivasi saat itu, ada temen kantor gw yang punya anak 3. Dengan gaji segitu, toh istri ama anaknya masih bisa makan. Anaknya juga masih sekolah. Berarti bisa banget dong kalo pinter ngatur duitnya.

Nah, gw pake langkah langkah penghematan tuh saat itu. Berangkat kuliah pake bis umum. Inget banget dulu selalu nungguin P2, P115 atau P937 dari pasar rebo. Naik bis kudu pasang tampang jutek. Pas ditagih kenek kasi duit seceng sambil bilang "mahasiswa bang" hehhe.. Ongkos umum 2rb sekali jalan coy jadi gw harus manfaatin status gw sbg mahasiswa kalo pengen hemat. Biasanya temen temen gw yang cowok pada demen pulang kampus ama gw soalnya gw bisa disuruh suruh buat ngasi duit ke kenek bis, mereka pada males debat ama kenek bis jadi gw lah yg disuruh ahahhaa..

Gw harus berbahagia hati kalo dosen ngasi lembaran buat difotokopi karena itu berarti pengeluaran lagi dan gw ga punya budget lebih buat itu. Jadi biasanya gw minjem potokopian punya temen gw trus gw catet deh isinya. Untungnya gw ahli menulis cepat walo ujug ujug yang ngerti apa yg gw tulis cuman gw sendiri. Dan hasilnya catatan perkuliahan gw rapi jali dong, masi ada tuh gw simpen ampe sekarang, tebel banget hehehhe.. Temen temen gw pada heran kok gw mau sih nyatet nyatet gituan? Hehe.. Mereka ga tau kalo gw ga punya duit buat bayar potokopian. Tapi ternyata ada berkahnya juga kalo bikin catetan sendiri, jadinya gw sekalian baca tuh apa yang di tulis, ya palingan ada nyangkut dikit lah di memori otak gw yang ga seberapa ini.

Trus, langkah hemat berikutnya, jangan sering sering jajan di kampus. Kampus gw itu letaknya di daerah strategis jakarta. Apa aja yang dijual disana pasti muahal. Jadi sebelum ke kampus gw ngisi botol air minum dulu di kantor then sampe kampus nahan deh tu lapar ampe pulang. Makannya di kosan aja, deket kosan gw ada yang jual nasgor cuman 3500perak  seporsi dan rasanya enak. Entah beneran enak entah karena gw laper berat jadinya tu nasgor beraasa enaaaaak banget hahahhah.. Si abang tukang jualan ampe hafal deh pesenan gw secara gw hampir tiap hari beli disana.

Dikampus gw waktu itu ada abang abang jual sate padang enak banget. Kalo gw udah kelaperan banget gw beli deh satenya setengah porsi abis itu gw nambah ketupat biar kenyang ahahhaha.. Bahkan tak jarang gw beli ketupatnya doang saking iritnya gw. Yang penting nyicipin tu kuah satenya. Hahhahah..

Tahun kedua kuliah alhamdulillah gw dapet kerjaan yang gajinya lebih gede. Dan kebeli juga tu motor pertama gw walo kredit. Vega R tahun 2004 yang akhirnya harus gw relakan berpindah ke tangan orang lain pas gw hengkang dari jakarta 6 tahun lalu. Hidup masih irit boooo secara ada cicilan motor yang kudu dibayar tiap bulan.

Semasa kuliah gw jarang banget beli beju beli beli yg buat gaya gaya gitu. Ya iyalah ga punya duit hahhaha.. Lama lama akhirnya gw mikir itu kuliah kudu gw secepatnya deeh. Semasa kuliah bodi gw kurus, masa cuma 45-47 kg cyiin. Kebayang kan betapa imutnya gw. Perpaduan dari double kuli, pagi jadi kuli malem nguli dan jarang makan enak wkwkkwk.

Dengan segenap tekad akhirnya kelar juga tu masa masa penyiksaan. Ngejar ngejar dosen pas ngerjain KP dan TA, untung dapet yang enak aja tu pembimbing. 3tahun9bulan menjalani masa perkuliahan yang memprihatinkan, tepat di ulang tahun gw yang ke 24 nangkring juga tu toga dikepala, nambah juga deh dua abjad dibelakang nama. Dapat beasiswa buat lanjutin S2 dengan coverage 50% biayanya dari kampus dan gw bilang big no no.. Maaf pak dosen makasi tawarannya tapi ane pengen hepi hepi dulu nikmatin gaji utuh hahhahaha..

Ini dia, yang masuk kuliah bareng lulus bareng
Begitu lulus kuliah eh kok bodi gw jadi berisi ya.. Mungkin udah ga mikirin lagi duit semesteran wkwkwkkw..

Hari ini kalo diinget inget senyum senyum sendiri. Gitu amat ya hidup gw pas jaman jadi mahasiswa. Tapi hepilah, gw jadi lebih menghargai hidup. Ga semua orang punya kesempatan itu. Makanya gw heran ama anak anak jaman sekarang, udah dikasi biaya kuliah sama orang tuanya kok malah kongkow kongkow.. 9 tahun kaga tamat tamat. Mau jadi ape lu toooong.. Tooong!!!!

__,,__

No comments:

Post a Comment