Monday, July 25, 2016

Batam, One Of The Most Expensive City in Indonesia


Tinggal di kota yang termasuk kota termahal di Indonesia bener bener perjuangan. Batam termasuk 10 kota dengan biaya hidup termahal. Dari yg gw baca IHK disini 6.3jt rupiah perbulan. Bandingkan dengan nilai UMK yang cuma 2.7juta saja. Jadi kalo satu keluarga yang kerja cuma satu orang ya lumayan banget deh puter otak untuk bisa masuk kategori layak dan cukup.



Tiap minggu gw belanja untuk kebutuhan seminggu, bisa ngabisin 300-500rb dan itu belum termasuk lauk pauk harian karena gw masak cuman pas kepengen en sempet aja. Masak tiap hari cuma buat anak anak sedangkan gw kadang makan diluar. Lah kok banyak amat 300-500rb seminggu. Iya.. Isinya cemilan shaq sean buat ke sekolah, buah buah buat stok kulkas, telur (kami keluarga yang addict banget ama telur. Shaq sean bisa ngabisin 3telur rebus sepagi.. Putih ya aja sih kuningnya dikasi ke gw makanya gw makin melar aja), toilettries, minyak goreng, beras, gula, dan laen laen... Cemilan emang gw stok dirumah karena anak anak gw ga ada yang gw ijinin jajan ke warung. Bukan apa apa sih, nanti malah ga terkontrol, jadi beli makanan ga sehat macam minuman gelasan sama ciki ciki. Kalo gw stok dirumah kan gw jadi tau mereka makan apaan aja. Ke sekolah gw juga bekelin dan ga pernah gw kasi uang jajan. Kalo ada market day disekolahnya baru deh gw kasi jajan.

Satu hal lagi yang bikin gede belanja bulanan itu adalah pospak.. Akhirnya gw ngerasain juga derita ibu ibu selama ini, yaitu ngeliat tagihan pospak di bill belanjaan wkkwkwk.. Yap, sejak umur 8bulan gw stop clodi sean dan pindah ke pospak. Alamak Sean ternyata berkulit super sensitif. Berawal dari beberapa kali doi kena rash di patpat.. Dan gw memutuskan stop penggunaan clodinya. Sekarang ratusan ribu perbulan habis cuma buat popok yang akhirny menjadi sampah. Huhuhuhu.. Sedih amir ya cyiiint. Tiap minggu gw berburu pospak. Nyari yang paling murah. Ya pastinya yang ga murahan juga dong. Jangan karena nyari yang murah trus anak gw gw pakein pospak merek abal abal yang kandungan dioxinnya tinggi. Ya paling ga merek standar lah dan sedang diskon hahhaha. Target gw sebiji pospak ga lebih dari 1700perak. Dan biasanya gw bisa dapetin model pants dari merek merek mampok, sweety, drypers, goon, fitti dengan harga dibawah itu. Pelit ya gw. Iya... Gw pelit kalo buat ginian, sesuatu yang cuma bakal jadi sampah. Sayang aja rasanya.. But i have no other choice.. Sean stay di daycare, ga mungkin dong kaga gw kasi popok.

Sebenernya udah lama keliatan sih kalo bocah ini punya kulit sensitif. Pas mudik ke padang waktu umurnya 2bulan, doi digigit nyamuk. Kebetulan kalo di batam tidurnya pake kelambu jadi hampir ga pernah lah digigit nyamuk. Dipadang ternyata nyamuknya ganas warbiasyaaah.. Gw aja nyerah deh donor darah mulu. Dan di sean bekasnya itu jadi kaya cacar, jadi bulet bulet ada airnya. Gw sampe nyangkain itu digigit kecoa. Padahal cuma digigit nyamuk lo. Dan kempesnya lama, setelah kempes ninggalin noda hitam ampe sekarang masih keliatan. Pernah lagi doi kena biang keringet di leher.. Ya ampun itu banyak banget en serem aja ngeliatnya. Untung udah sembuh.

Baidewe.. Gw bersyukur aja sih, dua dua anak gw ga ada yang minum sufor. Kalo ngga kan lumayan juga tuh tiap bulan duitnya. Untungnya ni bocah pada doyan asi emaknya aja. Shaq pernah gw kasi uht pas lepas umur 2th tapi cuma beberpaa bulan aja sih sekarang ga lagi. Sejak 2.5tahun sampe sekarang shaq ga minum susu lagi. Ya kalo ke swalayan trus dia pengen ya gw beliin tapi ya jarang juga dia miinta. Ga papa tuh ga dikasi susu? Ya gapapa, buktinya makannya lahap apa aja masuk. Karena ga kenyang susu. Sean sampe sekarang masih asi. Oh iya gw sejak semjnggu lalu juga udah stop pumping karena sean siang siang udah jarang minta asip. Demennya air putih dia. Kalo malem sih wajib ya masih nyusu langsung. Perjuangan 6bulanan lagi menuju S3 ya dek.. Semangat insyaAllah bisa.

Back to the topic.. Stay di batam sini emang perjuangan banget. Gw untungnya mantan pejuang dimetropolitan jadi ya ga berasa berat banget lagi. Ga kaget lagi sih secara biaya hidup disini sebelah dua belas alias hampir sama kaya jakarta.

Kalo temen temen gw yang direct pindah dari padang or palembang kesini ya pastinya lumayan kaget. Gimana engga vrooh.. Kontrakan kisaran 800rb-2jt sebulan. Di Padang aja 4jt setahun udha dapet rumah gede. Blom lagi transportasi kalo ga punya sendiri disini ya jadinya muahal banget kemana mana. Untungnya belakangan udah ada TRans Batam walo rutenya ya daerah itu itu saja. Sayur kangkung se ons yang isinya paling cuman 15 batang 2rebu perak, kalo di kampung dua rebu udah seiket gede wkkwkw..

Untungnya PMA disini ya ga pelit pelit amat lah, walo UMK kaga nyampe 3 juta tapi setidaknya overtime gila gilaan. Di kantor gw level operator aja bisa mendulang 5-8 juta sebulan, bahkan ada yang nyentuh 8digit. rata rata masih single, karena memang persyaratan operator masuk sini kudu single, tempat tinggal disediain sama perusahaan di dormitory, transportasi ke kantor disediain, makan selama dipabrik dikasi perusahaan.. Gak heran kalo anak anak Abege yang kerja dikantor gw tampilannya mentereng. Tapi ya itu, possibility untuk permanen sangat kecil kalo ga punya skill lebih. jadi 3 tahun masa kontrak kalo ngga pinter dan pinter pinter ya akan berlalu saja. Banyak juga yang akhirnya kuliah nyambi kerja biar bisa upgrade skill dan education level mereka. Hebat gilak, udah lah kerja gila gilaan overtime penuh masih pada kuliah pula. Tapi ga sedikit juga yang duitnya habis ga jelas kemana mana, tiap minggu foya foya, jalan jalan, jajan jajan, nongkrong sana sini. habis kontrak balik kampong nganggur lagi deh, miskin lagi, trus berusaha mencari cara balik lagi kesini. dan semakin sulit karena lowongan kerja disini dibatasi oleh umur.

Tapi jujur aja, biarpun hidup disini perjuangannya gila gilaan, ya gw betah disini. Nyaman sih kalo gw bilang. Kemungkinan untuk settle disini besar. Ga kaya jakarta yang hanya untuk orang berduit. Mau punya rumah gampang. Punya duit dua jeti ditangan aja udah bisa punya rumah sendiri (T&C applied) . Sambil nyicil DP rumah bisa ditempati. jarak satu tempat ke tempat lain deket. Jadi bukan hal yang aneh kalo ada orang yang tinggal di kawasan marina sekupang sana tapi kerjanya di kawasan batam center. Semua bisa ditempuh dalam satu jam saja. Jalanan bagus, mulus saking mulusnya kalah paha ayam kaefsi. macet yaaaa adalah, tapi berhubung gw orang yang pernah stay di jakarta selama hampir 8tahun, gw bilang macetnya batam itu ga ada apa apanya dibanding di jakarta wkwkkw..

Masalah paling gede adalah mudik lebaran, berhubung Batam itu pulau kecil yang cuman bisa diakses melalui udara dan laut, jadinya susah deh mau mudik. Moda transportasi ga sebanding jumlahnya dengan orang yang mau mudik. harga 3jt tiket pesawat kalo mudik pada saat lebaran itu bukan hal yang aneh. biasa wae mah, buktinya pada dibeli juga, laku juga. makanya gw maleees banget mudik saat lebaran. tiketnya mehong binggooo... sayang bener duit segitu buat naik pesawat sejam doang. mending mudik habis lebaran trus duit yang tadinya buat tiket bisa dikasi ke orang2 tercinta dikampung tsaah... Thats why gw seringan mudik itu pada saat non lebaran.

Inilah batam kota tempat tinggal gw sekarang. KTP gw juga udah ganti jadi KTP Kepri hihihi.. So far so good, gw blom ada niatan mo pindah ke kota lain. Pengen sih ke jakarta tapi cuman sekedar jalan jalan lah. kalo disuruh pindah sana lagi gw ogah ahahhaha..
Bagaimana dengan kotamu?

__,,__

No comments:

Post a Comment