Wednesday, August 17, 2016

Say No to TV

"anak lo betah ga dikasi nonton tipi?"
ada yang nanya gitu ke gw...

well, so far betah betah aja, ga pernah merengek rengek minta nonton, bahkan keliatan ga peduli dirumah ini ada tipi apa engga..

"Trus dirumah ngapain aja?"
ya main.. main sama adeknya, ketawa bareng, cekikikan bareng, lncat loncat dikasur bareng (Thanks to KingKoil sampe sekarang blom ada yang lepas pernya karena dihajar mulu ama dua bocah) berantem bareng, ngadu bareng. wkkwkw,.. Iya., itu rutinitas gw kalo udah dirumah sama anak anak.
Bosen ga? engga sih, santai aja.. biasanya kalo hari kerja gini, gw kan shift shiftan nih ama babehnya jagain mereka. babehnya jemput mereka dari daycare sore hari then nemenin mereka main sampe gw pulang kantor, babenya berangkat kuliah sebelum maghrib dan kita bertiga deh ampe babehnya pulang kuliah di tengah malam menjelang pagi.


Biasanya gw kasi mainan macam lego, mobil mobilan, trus kita bawa kekamar semua, mainnya dikamar. Jadi jangan heran kalo abis maghrib rumah gw sepi kaya ga ada orang. lampu ruang tamu emang gw matiin hihi. biasanya Sean langsung minta jatah mimi'.. abis itu main bareng shaq. gw ya nyambi sih bales balesin chat custnya ols gw, ngawasin mereka main sambil ikutan main juga sih. mereka tidur sekitar jam 8 malem, boboin pake jurus mimi' buat sean dan gosok punggung buat shaq. Then mereka lelap deh hihihi.. ga keinget sama sekali sama yang namanya TV.

Trus kalo hari libur, masa iya tahan ga nonton TV? tahan doong.. tapi siap siap rumah kaya kapal pecah, semuanya di gelar, lapak lego, lapak mainan kayu, lapak sepeda, lapak truk pasir. lengkap. dan mereka have fun kok dengan semua itu.

Kenapa sih kok gw musuhan banget ama yang namanya TV? ya gak musuhan banget sih, tapi menurut gw acara TV sangat ga recommended, super jelek dan merusak. Untungnya gw, babehnya Shaq juga bukan tipikal penggemar TV, jadi ga nonton TV seharian buat kami ya biasa
.
Nyokap gw pun tau tentang hal ini, dan kalo lagi liburan kesini, nyokap gw juga stop nonton TV hihihih..

Selain acaranya, ada hal hal yang mebuat gw tidak memberikan TV buat anak anak.

1. TV itu komunikasi satu arah. Anak menjadi kurang mengeksplorasi dunia tiga dimensi dan kehilangan peluang mencapai tahapan perkembangan yang baik. Sudah banyak kasus anak anak yang mengalami speech delay (keterlambatan berbicara) karena disuguhi tontonan tv sedari masih bayi
2. radiasi langsung ke lensa mata sibayi. akibatnya terjaid kerusakan pada lensa mata.
3. batita belum bisa memilah informasi yg serba baru dan berkemungkinan besar meniru apa yang mereka lihat di tayangan TV. mereka berperilaku sebagai peniru bukan perintis.
dan lain lain.. tapi yang pasti buat gw TV ga ada bagus bagusnya deh buat anak. Ada masanya nanti mereka bisa menonton TV. 

So sekarang say No to TV dulu deh buat Shaq Sean.

__,,__

No comments:

Post a Comment