Friday, March 3, 2017

Hemat Listrik

Sejak ga nyetok ASIP lagi, pemakaian listrik jadi hemat banget, biasanya voucher 100rb cuman tahan seminggu paling banter 10 hari, sekarang bisa tahan 2minggu. Jadi sebulan cuman habis 200rb. Ngefek ternyata yaa dunia per-ASI-an ini. yang berasa paling kurang, di kulkas dan sterilizer kali ya. Sejak stok asip habis, freezer asi gw non aktifkan, trus sejak ga pumping lagi sterilizer ga pernah lagi dipake. Sterilizer yg gw pake, tentunya merek AVENT dari Philips. brand fenomenal cetar membahana itu kwkwkkw.. Sekalinya beroperasi 900watt. Kalo dinyalain di rumah bokap gw ya langsung jeglek dah tu mati listrik seantero rumah hahaha.. Untung dirumah ini udah 2200watt jadi ya kalo nyalain sterilizer masih aman sentosa.


Lumayan sih sekarang hemat 100rb, bisa buat jajan jajanlah. gw emang ga pernah lagi beli voucher 500rb, kok rasanya dapet kwhnya dikit kwkkwk. Maklum cyiint, 1kwh aja berharga banget lo buat mak emak macam gw ini. Dulu pernah compare pas listrik blom naik. beli 500rb dapetnya 467 kwh, beli 100rb dapetnya 99.1kwh.. Ya mending beli 100rb atuh.. So,sekarang gw belinya pecahan token 100rb aja. Lumayan sekarang dapetnya 94.1 kwh. PLN Bright udah pelit nih, pake acara tarif naik segala.

Dua transaksi token sebelum hari ini.
Terakhir beli tanggal 6/2 dan 18/2, jeda 12hari untuk voucher 100K pertama

Transaksi barusan, terakhir beli token tanggal 18/02, dan hari ini 02/03 baru beli lagi
jedanya 12 hari juga



Totally 200rb per bulan itu mengcover semua peralatan listrik dirumah ini. Yang rutin nyala 2e jam cuma kulkas dan Magic com aja. Untuk AC 1/2PK kalo malem aja full nyala, laptop kalo malem juga full nyala. Ada 9 bohlam yg gw pake dirumah. Semuanya dah diganti pake LED yang mereknya juga PHILIPS yang keren itu looo , jadi lumayan hemat juga sih, satu bohlam cuma 6watt aja. Daya kecil tapi terang benderang. Blender nyala setiap pagi secara gw sarapannya sekarang smoothie (aiih gaya). Apa lagi yah... Oh iya kipas angin 2 biji juga nyala dari sore ampe menjelang tidur sih.

Untuk lampu, memang sebaiknya pake LED sih, mahal diawal doang, selanjutnya nyaman karena hemat dalam konsumsi listriknya. kalo bisa mereknya pake merek PHILIPS aja genks. Udah teruji dan terbukti kualitasnya. serius lo ini ,, wkkwkw..

Untuk AC juga emang oke banget pake yang udah ada teknologi inverternya. memang sih muahal pas beli, tapi kan ketika dipake ga bikin kantong jebol. AC 1/2PK inverter biasanya dapetlah 4jutaan, kalo dibatam sini bisalah 3.8jutaan secara free of tax. Dibandingin sama AC standar harganya memang jauh beda, tapi kalo dihitung pemakaian listriknya ya jauh hemat si inverter.

Trus gw seneng nih beli token listrik dimarketplace. Keren sekarang kalo beli token ga perlu ke atm lagi. Beli online bayar pake CC atau internet banking.  Sering banget ada promo di marketplace, kadang kerjasama dengan bank tertentu. Kapan itu pernah beli listrik pake CC mandiri diskon 20%. Peernah lagi bayar pake klikpay dapet diskon 12rb perak. Beberapa kali gw sering bayar cuman 80rban untuk token listrik 100rb, hemat banget kaka. Saking greedynya gw, gw beliiin sekalian buat bokap gw hahaha.. Secara harganya murah meriah.

Hm.. lumayan hemat ga sih? pemakaian segini. kalo buat gw sih udah hemat banget secara bisa reduce cost sekitar 35%, dari yg tadinya 300-350rb sebulan, jadi cuma 200rb aja.


Next apalagi yang bisa dihemat ya? efisiensi cyiiint!

__,,__

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete