Wednesday, May 25, 2011

Mahar, NIKKAH dan SAH.. (1)


Ya, ini cerita tentang pernikahan kami.. Jacky and Lia Nikkah Ceremony.
Ini adalah pernikahan pertama dan semoga menjadi pernikahan terakhir bagi kami berdua..  Karena blom ada yang punya pengalaman menikah, jadilah kami sibuk nyari nyari info gimana sih proses menikah itu, apa aja yang disiapin,  trus musti ngapain aja, dan lain lain..

Beberapa bulan sebelum nikkah, gw udah sibuk browsing sana sini, baca sana sini, artikel ini itu yang berhubungan dengan pernikahan.. Dan gw mau proses sakral ini bener2 dilaksanain dengan sepenuh jiwa, hati dan rasa..

Beberapa teman menyarankan untuk menyiapkan mahar.. ya mahar atau ada juga yang bilang mas kawin,  tapi karena kami nikahnya ga pake mas, jadi ga nyebut2 mas kawin, Cuma mahar ajja..
Hm,, Ini kumpulan mahar dari suamiku ke akuuu.. :)
Ada 3 barang yang dijadiin mahar, dan temen2 gw bilang mahar ini adalah permintaan calon istri ke calon suami, jadi kalo kita mau yang kaya ini itu ya suami harus ngasih… ga tau juga deh, tapi gw pribadi gak mau ngeberatin Jacky dengan kewajiban mahar yang nga nga.. Jadilah kami mutusin untuk maharnya ada 3 macem.

1.       Seperangkat alat sholat

I love This one :)
Nah, sebenernya gw ada permintaan khusus buat yang ini, maunya mukenanya sama sarungnya yang satu stel.. tapi ga pernah terucap ke Jacky, dan ternyata waktu ditanyain tentang ini, udah fix disediain ama Jacky n mama mertua gw yang beliin.. Seperangkat alat sholat include, mukena, sarung, Sajadah di bikin kaya paket berbentuk hati. Dan pas gw buka beberapa hari setelah menikah, Alhamdulillah gw satisfied sama isinya.. Mukena full bordir, kayanya sih bordir asli Bukittinggi ya bo.. Warna putih polos,,, bahannya adeeeem bangett.. Secara gw blom pernah punya mukena macam begini, ya gw seneng banget.. apalagi bordirannya bagus banget.. Trus  dapet sarung Atlas 'n Sajadah.Untuk pertama kalinya gw punya sajadah gede.. ehhehehe.. Kenapa ga pake alqur'an?? karena dari yang gw denger, kalo pake alquran pertanggungjawabannya gede, takut tak teramalkan,, ah ga taulah,, pokoknya yang lazim seperangkat alat sholat makanya gw cuman pake ini ajja,,,,


2.       Duit Kuno Rp. 6511,-



Nah, kalo ini murni gw yang minta ama Jacky.. Kenapa?? Ya buat ngingetin, biar bias dipajang, biar bisa dipandang setiap saat. Kenapa Rp. 6511.- ?? Dikit amat… ya memang itu adalah tanggal pernikahan kami.. 6-5-11 alias Enam May duaribu Sebelas.. Jadi gw gak peduli nilainya, yang penting maknanya.. Loh kok bisa dapet nominal pecahan 11 rupiah? Ya itu pesen boo,, gw pesen ke salah satu kolektor duit kuno di Surabaya. Tadinya mau pake seri Sudirman semua, tapi berhubung jatohnya muahal, kita campur2lah,,, duit 1 rupiahnya lumayan kuno nih dapet keluaran tahun 1960an.. Nah, duit ini ditata dalam lapisan acrylic yang gw design sendiri, kaya lingkaran gitu. Tadinya mau dikasih jarum jam ditengahnya jadi dia kaya background jam dinding, tapi sayang, gw blom nemu tekhnisi jam yang bisa masang jam tengahnya,, perlu di modif lagi acrylicnya biar pass. Ya akhirnya kita biarin dalam lapisan acrylic dulu aja deh,, Nanti kalo ada waktunya gw design lagi biar dijadiin jam dinding.




3.       Wedding Ring

Nah, kalo yang ini.. belinya lumayan jauh. Gw pesen di China. Wah.. kok jauh amat?? Ya ini karena because selalu always.. heheh… ga ciin,, Dalam Islam kan cowo ga boleh pake emas, nah, kalo gw bikin cincin kawinnya dari mas, its mean Jacky ga bisa pake tu cincin seumur idupnya… Percuma kaan??? Akhirnya gw nyari alternative lain selain mas.. Awalnya mau bikin Platinum, tapi kemahalan,, heuheue,,  trus ada juga pilihan lain, perak.. tapi sepanjang pengetahuan gw, si perak ini gampang scratch en burem,,, jelek booo… makanya murah harganya.. akhirnya ada alternative lain pake palladium or titanium, tapi titan tu aslinya warnanya gelap item gitu.. jadi pasti musti dipoles kalo mau kilap n dia gampang scratch juga.. Beberapa teman bilang pake mas putih,, tapi  secara ogut orang kimia ya bo,, gw bilang kalo mas putih tu sama aja sama mas kuning cuman dikasi campuran nikel dan logam lain buat putihin warnanya,, jadi sama aja boong dunk, Jacky bakal pake mas mas jugak,,,  Eh malah didebat sama yang punya ide "ah, emas putih itu kan platinum, jadi gpp kalo dipake ama cowo muslim"... berasa mau pingsan gw dengernya,, geli,, hihih,, mas putih ya mas buu,, kode unsurnya Au alias Aurum, kalo Platinum tu Platina alias Pt,, jadi udah beda banget bak matahari dan bulan,, wkwkkwkw....

Setelah browsing sana sini, akhirnya ketemu satu logam mulia lain. WOLFRAM atau yang lebih populer disebut orang sebagai Tungsten.… Kode unsurnya W, Nomor atomnya 74, Logam  dengan density 19,75 g/mL dan melting point hampir di 3422 °C.. .. nama logamnya kedengaran rada aneh ya?? Hehe,,, ya.. logam ini masuk golongan  logam mulia tapi sangat tidak popular di Indonesia. Bahkan ga ada pengrajin logam yang bikin logam ini buat jadi perhiasan di Indonesia. Gw aja  awalnya nemu waktu browsing2 di salah satu jewelry yang branchnya di Amrik.. saking minatnya, bahkan gw sempet telpon tu orang yang di amrik beberapa kali buat nanya2 mau bikin cincin kawin disana. Tapi karena ongkirnya kemahalan n jauh jugak, akhirnya gw pesen di salah satu jewelry di China. Sempet telpon beberapa kali juga ke China buat nanya2 n customer servicenya bener2 friendly banget loh, jadi belanjanya nyaman deh.. heeh…

Akhirnya ukur2 jari pake ring sizer yang gw dunlut dari inet, dan ini pertama kalinya gw ukur2 jari pake ukuran international buat beli cincin.. Tapi tauknya pas cincinnya jadi, ternyata kegedean… hiks… ternyata kami blom ahli dalam ukur mengukur jarii,, akhirnya gw hubungin lagi customer Servicenya n nanya mau balikin buat ngecilin ukurannya.. Si CS bilang, daripada di balikin mahal di ongkir mending re-order, akhirnya dia suruh pesen lagi tapi dikasi discount gede banget.. hehe,, ya udah, kita pesen lagi aja,, dan sekarang gw tau kalo ukuran jari gw itu 6,5 en Jacky 8,5 untuk International Standard.

Tapi masalah datang lagi coooy,,, ternyata si special offer ini pake regular shipping alias dikirim pake paket pos yang ternyata butuh waktu sebulan lebih buat nyampe ke Indonesia.. Gillllllllling gak?? Gw langsung complain ke si Jewelry and bilang, kenapa gak info kalo butuh waktu sebulanan, sedangkan gw mau nikah 2 minggu lagi.. ga ada cincin kawin.. Tapi, mungkin itulah bedanya perusahaan local ama luar ya bo,.. kalo perusahaan luar customer oriented bangetts.. Si CS langsung minta maaf dan bilang mereka bakal kirim  ulang cincin ganti yang dikirim pake DHL Ekspress biar bisa catch up hari pernikahan gw.. Dan tarrraaaaa,,,, si wedding Ring udah nongol seminggu sebelum gw balik ke padang.. dan ukurannya pass,,, Jadilah kami punya 2 pasang wedding ring sekarang.. hihih..  Yang gede dijadiin stock buat nanti kalo gw ama Jacky udah gendut.. wkowkoww..



 Oh iya, Wolfram ini nilai densitynya besar, makanya cincinnya jadi berat.. Jadi kalo orang yang liat gw pake cincin ini pasti bilang, wah, mas kawin kamu mahal ya, berapa gram tuh mas nya?? ahhahahha,, gak kok, wolfram gak mahal,,, harganya biasa aja, malah lebih murah dari emas, tapi karena dia kuat dan bagus makanya gw suka.. Wolfram adalah logam yang sangat keras, makanya ga gampang scratch, so, kalo mau ngukir nama harus pake laser. Wedding ring kita ini ada tulisan di dalemnya,, 



Je t'aime de tout mon cœur 060511 ~Jacky&Lia~

Tuh, kan dipake aja romantis banget :),, 





Yang artinya : 

"I love you with all of my heart. 06 May 2011, Jacky and Lia.."

Kenapa musti pake bahasa prancis?? b'coz buat gw segala sesuatu yang berbau perancis itu romantiiiiiccc banget,, hehhehhe.... makanya gw suka ungkapan2 cinta dalam bahasa perancis.. Tulisannya sengaja dibikin pinky ya,, biar romantis,, ahahahahaha


Tapi ada lagi yang bilang, kalo cincin kawin tu kalo bisa emas biar bisa dijual lagi,, laaa gw malah sengaja pilih wolfram biar ga bakal bisa dijual, hahaha,, beli wedding ring kok tujuannya buat dijual lagi.. ck..c k.. ck..



Cerita tentang prosesi nikkahnya, lanjut ke part 2 ya booo...

To Be continued…….silahkan mampir dimari :)

No comments:

Post a Comment