Sunday, August 12, 2012

Setahun sudah.. It's not How Good You Are, It's How Good You Want To Be!!

Seharusnya tulisan yang satu ini gw tulis 4 hari yang lalu. Ketika tepat setahun menjadi Philips Employee.

Tepat tanggal 8 Agustus 2012 ini gw setahun menjadi karyawan Philips. Ya, gak berasa udah setahun aja gw jadi Karyawan perusahaan ini. Dan gw enjoy banget ngejalaninnya. Setahun tanpa pernah ada catatan terlambat masuk sekalipun. Waah, buat gw ini prestasi yang sangat membanggakan. Secara diperusahaan sebelumnya jujur aja gw ngga sedisiplin ini.

Kok bisa?? Iya, kok bisa? Hehehe..

Ya bisa dong. Ketika kita menemukan  tempat yang nyaman, suasana yang nyaman, pasti semua akan terasa menyenangkan.


Disini gw kerja engga pake mikir :D. Karena semuanya udah terintegrasi secara sistematis. Jadi ya ikutin rules yang ada. Meski ini adalah pertama kali karir gw di bidang perencanaan alias Planning, tapi gak terlalu susah untuk mengikutinya. Dan gw bersyukur banget bisa dapet posisi ini. Gw udah bosen jadi engineer. Kerja mikir, innovasi terus, mencari terus, how to .. how to.. how to.. why? why? why?.. Sekarang saatnya gw jadi officer, bukan orang lapangan lagi.

Memang sih kalo diliat dari kemampuan berpikir jadi ngga berkembang seperti seorang engineer. Tapi gw rasa gw udah cukuplah bekerja di bidang yang menguras otak. Disini, setiap hari yang dihadapi hanya hal yang sama. Itu itu saja. Tapi disitulah kenyamanan yang gw peroleh. Gw jadi bisa fokus untuk hal hal lain. Berbisnis, orientasi gw jadi lebih besar dibidang yang satu ini dan sekarang lagi dirintis.

Photobucket

Dulu orientasi gw emang jabatan yang tinggi. Punya karir bagus. Tapi setelah menikah, semuanya berbeza :). Gw lebih milih kerjaan yang santai. Ngga mikir banyak. Gaji cukup. Persetan dengan jabatan. Naik jabatan malah bikin tanggung jawab makin gede bukan? Gw lebih ingin fokus sama kehidupan rumah tangga gw. Dimana waktu dirumah ya untuk keluarga bukan waktu untuk bales balesin email dari customer.. (Inget my previous office) wakakkaka…

Keluar gerbang philips, semua urusan kerjaan langsung ilang :D

Jadi inget dulu pas masuk Philips, di interview sama si bos yang expatriat dari negeri seberang sono. Doi sempet kaget kenapa gw mau digaji lebih rendah dari sebelumnya. Ya, memang di kantor yang sekarang salary gw lebih rendah dari kantor sebelumnya. Hampir 50% turun.. Seumur umur baru kali ini gw pindah kerja dengan kondisi dibayar lebih murah.. xixix

“Are you sure? Your salary will be lower”
“Yes, I am sure”
“Why? I’m still not sure that you will stay here with this number as your salary”
“As per my explanation before, my priority is not salary. I want to stay in Batam because my husband here.”
“Okay, but you will be on contract for 2 years and after that you can get a chance to be permanent or if you are not qualified, you should be a contract employee again for 1 year. During contract period you can not do resignation or you can do it with the consequence to pay some fines.”
“Okay, I understand. I accept the rules.”
“Sure??”
“Yes, really sure”
And then, gw dapet deh kerjaannya, meski harus sedikit ber-'trik' untuk keluar dari kantor lama gw secara gw yakin gak semudah itu mereka bakal lepasin gw. Dan gw gak mau punya masalah untuk keluar dengan nyaman dari kantor yang lama…

Dan gak berasa udah setahun aja masa itu berlalu. Tinggal menjalani sisa 12 bulan kedepan untuk bisa menjadi permanent. Gw capek pindah pindah kerjaan. Udah punya experience di perusahaan bagus sampe perusahaan paling jelek sekalipun. Perusahaan lokal yang terkenal sama pelitnya dan perusahaan asing yang terkenal ama disiplinnya.

Dan menurut gw, kerja sama orang dimana mana ngga ada yang enak. Namanya masih jadi karyawan alias buruh pabrik ya tetep harus tunduk ama peraturan. Harus ngikutin rules yang ada. Mau segimana hebatnya kamu tetep kan musti patuh ama perintah bos :D . Pasal satunya "Bos selalu benar" dan pasal duanya "jika bos salah, kembali ke pasal satu" qeqeeqeq..

So, tinggal kitanya bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Kita tidak bisa membuat perusahaan menyesuaikan dengan apa yang kita mau. Kita hanya bisa mencari mana perusahaan yang paling ideal untuk kita tapi tetep aja, ngga bakal ada 100 persen yang ideal. Tetep ada hal nggak enak yang bakal kamu temui. Namanya kerja ya pasti ada enak en ngga enaknya. So, Decide it.. Kamu ingin menjadi seperti apa? Jalani itu. Simple banget kan? Kalo ngga sesuai silahkan cabut, cari yang lain. Gampang kan?

Nah, karena itulah gw berusaha nyari side job yang pas buat pekerja kaya gw ini. And you can see? Total pendapatan gw per bulan sekarang bisa lebih dari 2 kali lipat gaji gw dikantor lama.. Alhamdulillah ya. Makanya di postingan gw sebelumnya gw sempet bilang bahwa family is the first priority. Gw ga suggest untuk menikah dengan kondisi tempat tinggal terpisah. Gw sebagai istri harus ikut kemanapun suami gw pergi. Even gaji gw taruhannya. Toh rejeki selalu punya jalan kok untuk nemuin kita. Gaji kantor mungkin bisa secukupnya. Tambahannya nyari di luar dong ya..

Seneng, setahun di Philips. Bergabung dengan perusahaan bagus dengan pressure level yang sangat rendah. Punya teman teman baru yang punya hobby sama kaya gw.. *lirik diana* , bersikap sebodo teuing alias masa bodo dengan urusan orang, punya bos yang cukup moderate *lirik pak made en Mr. Khrisna* .. Yang penting gw lakuin kerjaan gw dengan baik. That's it.. gak ambil pusing sama orang orang disekeliling gw. Yang penting si bos tahu kalo gw kompeten. That's enough..  Semoga akan terus seperti ini. Management eropa memang top deh…

Syukur Alhamdulilah untuk semua ini… I love my current company. 

__,,__


No comments:

Post a Comment