Sunday, August 5, 2012

Tips Trik Penting Memilih Laptop



Oh iya,,

Sekarang lappie gw udah ada gantinya.. xixixix

Sebeneernya blom masuk budget buat beli lappie baru lagi. Sejak Hawlett Packard gw yang mini itu umurnya Cuma bertahan 2 tahun sajah. Bayangin aja booo.. Cuma dua tahun gituh. Mati total byar ngga bisa diapa apain lagi. Berharap HD nya gak kenapa napa jadi gw masih bisa ambil datanya nanti.

Nah, sejak gw ngejalanin bisnis secara onlen, ketergantungan ke internet menjadi sangat tinggi. Everyday is online day. Karena dari situlah gw bisa memantau perkembangan  jaringan, sales performance dan memberikan ilmu buat partner bisnis gw yang alhamdulillah udah mencapai angka 500 orang. Nah, sejak si HP ngadat, otomatis semua itu terhenti. Apalagi sejak maret lalu di kantor FB di “BLOCK” .. SUCKS.. hufft.. bete banget gw kalo inget kejadian itu. Gara gara oknum yang gak bertanggung jawab di kantor gw jaringan FB diputus total, sedangkansitus lain masih berjaya. Bahkan youtube aja yang notabene menuh menuhin bandwitch gak di block sama sekali. Tapi gw kan enga butuh youtube sodara sodara. Gw butuhnya ya fesbuk..


Kemarin itu akhirnya gw beli tablet. Si Tabbie ini gw beli yang murah meriah mutah aje. Samsung GT-P6200 alias lebih dikenal dengan nama Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus. Kenapa gw beli yang ini bukan Ipad?? Yang pertama, pertimbangan harga.. IPad yang murah itu yang Cuma bisa konek pake Wi-Fi aja. Ngga punya slot SIM Card dengan kata lain ngga bisa pake internet kartu henpon. Nah, kalo di kantor gw mau nyomot Wi-Fi dari mana. Trus ke fungsi aplikasi, G-Tab lebih ramah karena punya sekian juta aplikasi murah meriah gretongan di playstore. Trus ukurannya itu loh, ngga terlalu menarik perhatian. Coba gw beli Ipad, keliatan banget nanti gw bawa bawa ipad ke kantor.. xixixi . Tapi ternyata setelah 3 bulan pakai, si Tabby ngga bisa menggantikan fungsi lappie. Tabby memang oke lebih untuk mobile aja. Kalo untung ngolah data macem macem memang Lappie lah ahlinya.

Photobucket

Akhirnya, gak pake acara tunggu lagi, Jumat malem lalu gw ajak Jacky ke Nagoya Hill. Tadinya si A Che, It di kantor gw nyaranin biar gw beli di Singapore aja, secara harganya bisa jadi lebih murah. Dengan harga standar gw bisa dapet spec tinggi di sana. Tapi setelah gw pikir2, kalo masih harus nunggu berarti gw akan stag kaya gini. Dalam 3 bulan ini jaringan bisnis gw gak berkembang seperti sebelumnya, Cenderung stagnan. Karena memang pembinaan itu sangat minim sekali. Apalagi alesannya kalo bukan keterbatasan akses.

Nagoya Hill, salah satu pusat perbelanjaan yang gede di Batam sini. Komplit yang dijual disana.. Termasuk barang elektronik murah. Tapi kalo memnag mau dapet yang murah ya harus rela kaki jalan jalan ya, musti compare harga secara disana yang jualan kadang suka ngasi harga seenak jidat. Apalagi kalo keliatan banget kita ngga tau barang. Nah, sebelum berangkat gw konsultasi dulu ama si A Che, mengenai spek lappienya. Budget gw sih sekitar 5jutaan. Ini juga dapet dari bonus Oriflame bulan Juli lalu.. hihi.. Iya sih, sejak gw join as an independent consultant alias frelance sebagai marketer nya Oriflame, keuangan jadi membaik. Bisa dapet sekitar 5 jutaan up per bulan.. uhuy.. eh,, elo elo yang mau belajar mengenai Oriflame bisa kontak gw yaks :D

Nah, back to da topic. Kalo mau beli lappie harus disesuaikan dengan kebutuhan. Let’s say cuma buat ngetik ngetik doang sih dual core dah oke laah.. tapi kalo mau buat design graphis minimal pake core i5 atau bisa pake i7 sekalian. Kalo buat internetan doang core i3 sih harusnya dah cukup yoo.  Dibawah ini ada beberapa aspek yang musti di perhatikan kalo mau beli lappie. Gw sih gak gape gape banget soal komputer ya, tapi lumayan lah buat kita kita para amatiran untuk tahu hal hal seperti ini. Check it out !!


  1. Motherboard ato dikenal juga dengan nama mainboard atau sering dikenal istilah kerennya MOBO. MOBO berupa PCB utama (Printet Cuicuit Board) di dalam laptop yang berisi komponen-komponen yang bekerja untuk menjalankan komputer.
  2. Processor disebut juga sebagai otak komputer. Prosessor adalah yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz). Processor yang terkenal ada 2, Intel dan AMD. Berdasarkan referensi yang gw baca, kalo Intel lebih handal dari AMD tapi harganya muahalll.. Intel bisa atur temperature sendiri. Kalo AMD ada batasnya, 900oC kalo gak salah. Teknologi Intel lebih unggul dari AMD. Intel bisa dipake buat kerjaan yang memerlukan kinerja super cepat. Kalo AMD unggul di graphis. Makanya AMD lebih cucok buat para gamers.
  3. Memory ato RAM adalah unit penyimpanan data ngga permanen. Ukuran RAM dalam Byte dan kecepatan aksesnya dalam Hertz. Semakin gede RAM lappie kamu ya semakin cepatlah kinerjanya.
  4. Graphic, nama komponennya VGA Card. Komponen yang satu ini berfungsi untuk mengeluarkan gambar pada monitor. Nah, perlu di catet, kalo lappie VGA ini ngga bisa di upgrade. Jadi sekali elo beli ya lo pake selamanya type itu. Karena di lappie, si VGA ini onboard alias terpasang pada motherboard. So kalo elo beli perhatikan aspek yang satu ini, mending pilih yang VGAnya gede sekalian. Yang lagi beken ada 2 macem, NVIDIA danATI Rodeon. Denger denger sih si NVIDIA lebih bagus daripada ATI.. tapi muahal boo.. Yah, sekali lagi duit gak boong lah ya.
  5. Hard Disk adalah media penyimpanan data permanen, jadi data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan. Harddisk berisi sebuah cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran harddisk dinyatakan dalam Byte (B), contoh: 160GB (160 milyar byte). Makin gede HD ya makin banuak data yang bias disimpen.
  6. OS alias Operating System. Itu loh, yang dibilang orang Windows, Linux, Mac dll… Nah pilihlah lappie yang OSnya resmi alias bukan bajakan. Beberapa lappie udah ada paketannya begitu atau nama lainnya bundling. Kalo kamu beli OS yang bajakan, kamu bakal susah bawa lappiemu keluar negeri. Karena UU hak cipta disana sangat ketat. Kalo kamu punya resmi ya aman dooong kalo lagi melancong ke luar negeri. Yang resmi ada nomor serialnya di bagian bawah lappienya plus stiker Windowsnya di bagian bawah keyboard lappienya.
  7. Drive Optik. Nah ini tuh yang buat muter kaset DVD itu loh, bisa buat burning juga. Kalo Lappie dengan display 14 inch up rata rata udah include DVD room ya, kalo yang masih 10 inch gak dipasangin DVD room.
  8. Warranty. Ini penting banget ya. Yang namanya barang kan kita gak tau lifetimenya bakal kaya gimana. Dan seperti yang kamu kamu tau kalo sparepart lappie itu muahalll,. So pilihlah yang garansi resmi, terpercaya, layanan after salesnya bagus. Jangan mau ama lappie garansi toko. Ntar kalo tokonya tutup, lo mau cari dia kemana. Tapi kalo garansi resmi lo bisa  benerin tu lappie di service centernya langsung. Oh iya, garansi resmi ada 2 ya, garansi resmi ada 2 yang nasional dan internasional. Yang nasional berlaku di Indonesia aja, kalo internasional di negara manapun service center resmi akan nerima lappie kamu.
  9. Display alias monitor. Ada macem macem ukurannya. Yang standar sih 14 inch yaa.. kalo mau yang agak kecilan ada 12 dan 10 inch, enteng en enak buat mobile. Kalo jarang bawa bawa beli yang gede sekalian aja yang 17 inch biar puas ngeliatnya :D
  10. Kamera. Biasanya sipake buat webcam an doang. Speknya pun ga begitu keren banget kok, ada yang 0.3 MP atau 1.3 MP.
  11. Batere.. wah ini penting ya sodara sodara. Ukuran standar jaman sekarang sih 6 cell, tapii katanya sih udah ada tuh yang bisa upgrade ke 9 cell, kalo lo ditawarin batere Cuma 3 cell jangan mau ya. itu lappie kagak bakal nahan. Tiap bentaran minta di cas :D


Okiee, menilik beberapa pertimbangan diatas akhirnya gw pun dapet spek yang gw inginkan. Dan setelah keliling keliling di Nagoya Hill. Gw dapet barangnya. uhuy…  ASUS A43SD-VX419D. Barang malay sih, tapi garansi International 2 tahun.

Kenapa pilih ASUS?? Iya,, karena berdasarkan info yang gw dapet dari inet, ASUS adalah brand dengan kerusakan paling minim di seluruh dunia. Dalam rentang dua tahun tingkat kerusakannya kurang dari 10%. So, gw pilih ASUS even brand ini ngga terlalu booming di Indonesia. Lagian, Cuma ASUS loh yang berani kasih waranty 24 months alias 2 tahun. Nah coba, mana ada lagi brand yang berani kasih warranty segini panjang. It’s mean dia berani jamin bahwa barangnya dia emang oke untuk pemakaian diatas 2 tahun.

Aselinya memory cuman 2 GB tapi dengan nambah 100 rebu gw apgred jadi 4 GB. Trus bodinya udah pake aluminium. Jadi ngga ringkih lagi. Emang sih jadinya rada berat. 2,2 kg tapi okelah. Lagian jarang gw bawa bawa ini, Kalo mau pergi2 kan ada si Tabby. Karena pake aluminium jadi gak gampang panas. Gw udah pake dan ini terbukti loh. Detail spesifikasinya dibawah sini boiy..

Model ASUS A43SD-VX419V - Aluminium Black

Operating system Genuine Windows 7 Home Premium with ASUS software supporting

Display 14" HD Color Shine (LED)
 
Processor  
Intel® Core™ i5-2450M Processor
- 2.5GHz, 3M Cache

-
Max Turbo Frequency 3.1GHz
 
Chipset Mobile Intel® HM65 Express Chipset
 

Memory 4GB DDR3 1333 MHz SDRAM

Hard Disk Drive 500GB-5400rpm HDD
 

Graphics NVIDIA® GeForce® GT610 with 2GB DDR3 VRAM
 

Optical Drives 8 x Super Multi-Dual 


Card Reader Multi-in-1 card reader


Camera 0.3 Mega Pixel web camera

Networking Built-in Bluetooth 3.0
Wireless LAN 802.11b/g/N

Interface - Three USB 2.0 ports - USB 3.0

Battery 6-cell Li-Ion 5200mAh Battery

Dimension  34.8 x 24.2 x 2.95 ~3.48 cm (W x D x H)

Weight 2.2 kg (with 6-cell battery)

Manufacturer Warranty2-year limited International hardware warranty.


Harga tertinggi yang gw dapet untuk spec diatas di Nagoya Hill adalah 6jeti. Sedangkan harga terendah adalah 5,4 jeti…. Ya tentunya gw ambil yang paling rendah deh. itu juga ada bonus bonus standar lain kaya mouse pad, mouse, head set, bag (bag nya gw minta yang Acer punya, secara sandang belakang, kalo ASUS punya kaya tas lappie samping ituh. berat bawanya), trus cooling pad

So far, seminggu pemakaian ngga ada masalah sama sekali. Enak banget malah. Dan InsyaAllah lancar jaya lagi bisnis gw.

Masalah malah di jaringannya nih. qeqeeeq.. untuk koneksi internet, tar gw bahas di bagian berikut yoooo...

Semoga ulasan diatas bisa nambah pengetahuan kamu kamu semua… Babaayyy…

No comments:

Post a Comment