Friday, August 24, 2012

::First Backpack With Jacky:: Kuala Lumpur - Melacca - Singapore : Day 1 Touchdown Johor Bahru

Dua jam lagi menunggu bis ke Melaka berangkat.. Bisa nge blog nih.. Yes.. Di trip kali ini banyak banget hal hal amazing yang gw ama Jacky lewatin.. So, Check it out!!

Day 1 Aug 16th 2012

Plannya hari ini kita berangkat. Udah dua minggu gw nyari nyari info tentang Malaysia. Tadinya sih ngga ada plan ya, tapi gara gara kantor gw berbaik hati meliburkan karyawan sampe hari ketiga lebaran.. wah,  kayanya ngga banget deh kalo gw musti stay dirumah doang ngga tau musti ngapain.

Setelah menimbang nimbang, dan menghitung, jauh lebih murah dan mudah kalo gw masuk malaysia via Singapore. Ticket Singapore two way cuma $28 All in. trus naik bis ke Johor juga Cuma kena berapa dollar doang.. jauh lebih irit deh pokoknya…

So, jam 10 pagi gw dah cau dari kantor. Izin ama si bos. Jacky dah nungguin di depan kantor. Kita langsung ke Pelabuhan Sekupang. Loh ? kok gak ke batam center? Yoii, kalo lewat sekupang tiketnya jauh lebih murah cuy. Makanya bisa dapet $28 ini,, itu pake BatamFast loo.

Di Kejauhan terlihat Pelabuhan domestik yang menggenaskan

Nyampe sekupang check in.. Bayar Tax $7. Oh iya.. sebenernya yang  $7 ini udah include di $28 yang tadi gw bilang. Pas ambil tiketnya kan bayar $15, trus pas mau check in mau ke Singapore taxnya $7, trus tar pas mau pulang bayar lagi di Singapore $6. Makanya totalnya jadi $28.

@ International Ferry Terminal Sekupang
Suasana Pelabuhan International  Ferrynya bagus banget. Beda lah ama yang di Batam Center. Yang ini mah lebih kinclong, lebih bersih, minimalis design en yang pasti gak malu maluin lah.. :D .. Gak kalah ama pelabuhan ferry yang di Singapore. Pas kapal bertolak, kelihatan disampingnya Pelabuhan Ferry domestik. Dan itu kontras banget sodara sodara. Lebih crowded en udah kebayang deh disana kaya apa. Kok kayanya ngga ada anggaran ya buat benerin itu terminal domestik.. ck.. ck.. ck.

Di International Ferry terminal ini juga ada layanan Internet gretongan, tapi ya itu ngga ada bangkunya.. Cape berdiri deh :S
nge-Net gretongan nih yee

Ferrynya bakal berangkat jam 11.50AM. Tepat jam 11.40 boarding. Ternyata ferrynya si BatamFast ini lebih asyik.. kita bisa duduk di  deck, jadi bisa nikmatin pemandangan laut yang suegeer.. Dan ternyata Singapore udah keliatan loh dari Pelabuhan Sekupang ini.

Ngga nyampe satu jam kita dah nyampe HarbourFront. Ngelewatin imigrasi Singapore yang petugasnya galak galak :D. Oh iya, pada saat di imigrasi Singapore harus nyerahin White card yang dikasih dari imigrasi Batam. White card ini harus diisi, berapa hari di Singapore, alamat nginep dimana, trus kalo tampang kamu lusuh, lecek en menggenaskan, rentetan pertanyaan dari si petugas lebih panjang lagi, sampe kadang malah ditanyain kamu bawa duit berapa. White Card ini nanti dipotong jadi dua, dan salah satu potongannya akan dibalikin lagi ke kamu  dan harus kamu serahkan pada saat keluar singapore nanti. Kalo kamu mau nginep di singapore harus tulis alamat di singapore di kolom ‘address in singapore’. Kalo  singapore Cuma jadi tempat transit en kamu mau lanjut ke Johor bahru, harus tulis code “JB”, kalo mau ke Changi misal kamu mau ke negara lain en naik pesawat dari singapore tulis ‘Changi’.

Deck Jet Flyte 1 BatamFast

Untuk jaga jaga, minimal kamu bawa duit $100 untuk masa inep 1 hari plus ngeliatin tiket pulang. Memang, imigrasi singapore lebih ketat daripada Indonesia punya. Ngga boleh bawa rokok yang masih utuh. Dan kalo tampangnya mencurigakan, bisa bisa digiring ke kamar interogasi :D .. saran gw kalo mau ke singapore, tampang rapi, bersih, biar gampang liwat di imigrasi.

White Card

Lolos pintu imigrasi, keluar liwat VivoCity Mall en sesuai plan gw harus ke Jalan Kilang dulu untuk ambil camera yang kemarin beli nitip ama Jet, temen philipina gw.. Dia bilang kameranya ditiitpin di temennnya yang berkantor di Jalan Kilang. Oh iya VivoCity Mall ini adalah mall yang langsung terhubung sama Harbourfront. Jadi kalo kamu keluar dari harbourfront langsung disambut ama mall ini. Di HarbourFront, gw top up EZ-Link card gw sebesar $10. Trus beliin EZ-Link Card buat Jacky juga seharga $12.

dalemannya VivoCity

EZ-Link adalah card yang dipergunakan untuk bayar transportasi di Singapore. Mau naik MRT (Mass Rapid Transit) ataupun bus, kamu bisa bayar bus cuma dengan tapping kartu ini di mesin tap yang tersedia di tiap tiap stasiun MRT atau diatas masing masing bus. Kaya BCAFlazz gitu lah. Sekalinya beli seharga $12, kamu langsung punya saldo $7 yang bisa kamu pergunakan langsung. Kalo abis ya isi ulang aja di mesin mesin MRT tiket. Kalo gak punya EZ-Link gimana dong naik bis ato MRTnya? Gampaaang.. beli aja yang single trip. Alias tiket biasa kaya kamu mau naik kereta di Jakarta. Tapi kalo yang ini belinya di mesin ticket ya, bukan loket kaya di stasiun Kota :D,, Biasanya single trip ticket butuh deposit. Deposit ini bisa kamu ambil lagi uangnya setelah sampe di lokasi tujuan. Biasanya deposit senilai $1.00. Let’s say kamu mau naik MRT dari Stasiun HarbourFront ke Bugis. Nah misal dibilang tiketnya $2.20, nanti sesampai di bugis, kamu bisa ambil lagi kembalian $1.00 di mesin tiket.. hehehe.

Kenapa gw beli EZ-Link juga buat Jacky? Iya, biar gak repot. Jadi kalo kamu punya EZ-Link, naik bis tinggal naik trus tap.. Gak perlu mampir ke mesin tiket. Trus harga tiketnya biasanya lebih murah.. hehehheh.. makanya kalo kamu ke Singapore untuk 2-3 hari mending pake EZ-Link. Kartu ini bisa dipake sampe 5 tahun lo.. kan bisa aja nanti main ke singapore lagi, setelah 5 tahun baru deh Expired.

Okay, back to da topic. Singapore ini adalah negara maju yang semua sistemnya baguuus banget. Untuk urusan public transport gw acungin 8 jempol deh (minjem jempolnya Jacky 4 lagi :D) Sebelum ke singapore, ada baiknya kamu mampir dulu di website ini. Disini komplit info transportasi di Singapore. Bisa ngitung ongkos, bisa tau berapa lama satu destinasi ke destinasi lain. Bisa kelihatan juga kamu harus naik bis ato train. Keren kan..

Narziz di halte Opp Blok 28 Jln Kilang Singapore
Tadinya Jet bilang gw musti naik taxi dari harbourfront ke Jalan Kilang. It’s about $10.. Jiaa 77 rebeng, qeqeqe.. taxi di Singapore pake argo semua en yang pasti kamu ngga bisa nawar.. hihihi. Pas turun pun biasanya dikasih bon pembayaran. Mikir2 mahal juga euy naik taxi. Berbekal info dari website yang gw sebutin diatas, ternyata lokasi kantor Dina, temennya Jet bisa dicapai dengan naik bis. Cuma sekali naik bis No 855 langsung ke jalan Kilang. Walhasil kami naik bis aja deh ke tempatnya Dina. Bayarnya pake EZ-Link.. Kena $0.69 aja .. hihiihi.. kagak nyampe $1, bayangin kalo musti naik taxi, bangkrut gw!!

View dari Upper Deck SBS 855
Sekitar jam 3an SIN time, kami nyampe di kantornya Dina. Ambil camera, cerita cerita dikit en lanjut deh menuju Johor Bahru. Dari Jalan Kilang, naik bis SBS 196. Sempet juga putu putu narsiz di halte Jalan Kilang ini.. gw ama Jacky cuek banget. Orang ngga ada yang kenal gw ini.. qeeqeqeq.. Kita dapet bisnya yang tingkat. Cihuy.. Ini kali pertama gw naik bis tingkat en duduk diatas.. uhuy..  Keren deh,, bisa liat liat pemandangan sekitar dengan leluasa.. ahahhahaa,… *kampungannyakumat*  Kita turun di stasiun MRT Commonwealth, langsung nyambung naik MRT yang ke arah Joo Koon (East West Line – train Jalur ijo)  turun di stasiun Jurong east. Dari situ pindah train yang jalur merah (North South Line) ke arah Marina Bay. Turun di stasiun Kranji.  Kilang – Kranji cuma setengah jam.. Penting untuk punya peta jalur MRT.

Dari Stasiun MRT ada bus SBS 170 yang akan langsung nganter kita menuju Terminal Larkin – Johor Bahru. Di depan stasiun MRT Kranji biasanya bisnya dah ngetem. Jadi ngga perlu jalan kemana mana lagi sih. Selama perjalanan menuju Johor Bahru, kita bakal ngelewatin dua pintu imigrasi. Imigrasi singapore yang berada di Woodland Check Point dan Imigrasi Malaysia. Jaraknya sih berdekatan ya, cuma dipisah ama jembatan aja. Sekitaran 3 menit lah kalo naik bis. Ketika bis nyampe di pintu imigrasi Singapore, kita langsung turun, rada rebutan sih,, sambil lari lari.. xixi.. soalnya di imigrasi ini kalo pas peak season lumayan rame en kita musti ngantri. Untungnya pas gw nyampe di imigrasi singapore, lagi sepi. Lari lari dapet giliran nomer 4 dari depan. Di imigrasi singapore, kita harus nyerahin potongan white card yang udah di scan sama imigrasi singapore pada saat kita masuk singapore.
MRT Station Kranji

Selesai urusan imigrasi singapore, langsung naik bus SBS 170 lagi yang udah nungguin kita di pintu keluar. Oh iya, pada saat turun dari bis SBS 170, kita harus bawa semua barang, gak boleh ada yang ketinggalan. Karena bis yang akan nungguin kita di pintu keluar bisa jadi bukan bis yang sama dengan bus kita berangkat. Kita bisa naik bus yang mana aja asalkan berasal dari perusahaan yang sama. Makanya semua barang harus dibawa.

Bis akan bawa kita ke Imigrasi Malaysia. Disini proses lebih gampang. Gak tau juga yah, tapi gak seketat masuk Singapore. Tapi denger denger kalo tampang kita lusuh bisa disangkain TKI ilegal en bakal diperiksa abis-abisan sama imigrasi malaysia. Disini pasport gw ama Jacky langsung di cap tanpa ada pertanyaan apapun. Bahkan bag kami juga ngga di scan.. grrr,, longgar banget yaa.. Apa entah karena keluar singapore udah pasti ketat makanya imigrasi malaysia ngga terlalu ketat lagi.

Di pintu keluar imigrasi Malaysia kami nemu board larangan buat bawa mangga segar masuk malaysia, entah kenapa, gw pun ngga tau kenapa kok bawa mangga ngga boleh.. xixiix

Dilarang bawa mangga ken malaysia

Keluar dari imigrasi malaysia lanjut lagi naik SBS 170. Selama naik atau turun, jangan lupa untuk selalu tap in tap out ya…

Welcome to Johor Bahru
Bis menuju terminal Larkin Johor Bahru. Dan sekitar pukul 5PM touchdown Larkin. Wah, senangnya.. Terminalnya sih biasa aja. Sama aja kaya di Indonesia. Tapi yang gw salut ngga ada yang tarik tarik barang kita. Kalopun ada yang menghampiri cuma orang orang tiket yang nanya kita mau kemana. Kalo ternyata busnya dia ngga sesuai dengan jurusan yang kita mau ya udah dia pergi. Bukan maksa maksa harus naik bus ini itu. Untuk hal satu ini Malaysia dapet satu jempol deh dari gw.

Oh iya, total cost dari jalan Kilang sampe Larkin only $2.25

Kita pun akhirnya ngiterin Terminal Larkin dan nyari ticket langsung ke Kuala Lumpur. Di Malaysia ada dua perusahaan bus besar. Transnasional dan Konsortium Bus Ekspress Semenanjung (KBES). Untuk dua perusahaan bus ini bisa dipesen onlen di web ini dan ini. Tapi sayang karena gw ngga punya credit card ngga bisa booking tiket onlen.  Kepaksa booking on the spot. Di Larkin kami milih naik Transnasional keberangkatan jam 11.30PM. Kok malem banget?? Iya doong. Biar hemat biaya akomodasi. Perjalanan Johor Bahru – KL akan memakan waktu sekitar 4 jam. Jadi kalo berangkat malem nyampenya subuh. So, gw gak perlu bayar penginapan untuk satu malem :D  . Harga tiket one way Johor Bahru ke KL adalah RM31.30.

Pasar larkin Johor Bahru
Ternyata Motor begini hits banget loh di Malaysia
Lucu baca tulisannya, maksudnya ngasih tau denah resepsi kan  yaa??

Suasana Larkin Terminal
Sebenernya dari Singapore – Kuala Lumpur ada bus direct tanpa harus nyambung nyambung kaya jalur gw ini. Tapi ketika gw cek di internet harga tiketnya lumayan mahal sekitar $30 atau sekitar Rp. 230rban akhirnya gw putusin nyambung nyambung. See, kalo tau jalan, bisa jauh lebih murah lo.  Menuju Johor Bahru kita Cuma ngabisin $2.25, plus ticket Johor Bahru – KL seharga RM30 atau kalo dikonversi ke rupiah jadi 110ribu saja looo.. tuh kan jauh lebih murah kalo nyambung nyambung, saving more than 50%.. cihuy…

Dari SG-KL juga ada train, trainnya enak ada bednya. Perjalanan lebih lama dari naik bus Tapi ya itu,, muahal boo :D

busnya dah pake e-ticket

Di Larkin gw tuker duit dari Dollar Singapore ke Ringgit Malaysia. Pada saat itu kurs $1 = RM2.49, so gw tuker $200 aja dah dapet hampir RM500. Sambil nunggu bisnya dateng kita keliling keliling Larkin. Sambil nunggu buka puasa juga sih. Terminal Larkin ternyata terintegrasi ke bangunan yang berupa pasar tradisional. Jadi muter2 lah disana. Lantai tiganya ada masjid bagus en bersih banget. Kita langsung jama’ ashar en dzuhur disitu secara dari batam kita ngga nemuin satu masjidpun selama di singapore. Pas buka puasa masjid ini juga bagi bagi ta’jil gratis berupa the manis, kurma dan bubur karee. Gw sempet icip the manisnya, enak banget deh.

Masjid Larkin

Tempat Wudhunya bagus banget, bersih
Tersedia juga mukena buat dipake,, bersih cooiiy

kalo ke Larkin kudu makan disini ya

Di lantai dua banyak yang jualan baju baju ama sepatu. Yah, kaya kios kios pasar biasa aja sih dan mostly barang2nya adalah barang barang Tanah Abang jakarta :D

Tadinya gw mau jalan jalan keluar Larkin, tapi nga tau jalan. Dan parahnya, tabby ngga bisa connect inetnya. Yang masih on Cuma BB cii ayank, jadi daripada nanti kita nyasar en ngga bisa balik ke Larkin ya udah stay disana aja sampe malem..

"Tanah Abang" Larkin
Larkin Terminal cukup rapi. Disini bus yang mendatangi penumpang. Jadi misal kita dapet bis di platform 12, maka kita tinggal tunggu aja disana. Ntar bisnya nongol en bakal parkir disana. Trus kalo naik bus transnasional or bus lain yang sistemnya onlen, tiketnya udah punya nomer kursi. Persis lah kaya kita naik pesawat. Jadi ngga perlu rebutan juga kalo mau naik. Rapi deh pokoknya..

Menu Buka Puasa Kita
waktu buka puasa dateng. Even malaysia lebih cepat sejam dari Indonesia, tapi waktu buka puasanya juga mundur satu jam, jadi ya sama aja. Buka puasa di batam jam 18.20WIB, di malay itu 19.20MY time. So, sama aja kan sebenernya, serentak. Cuma judul waktunya aja yang beda. Kami makan di satu resto pas banget di depan platform 12. Namanya Nasi Kandar dan Masakan Kampung. Konsep restonya prasmanan, jadi ambil sendiri. Harga makanan ya rata rata pujasera Indonesia lah, gak mahal mahal amat. Restonya bersih banget en ciamik. Pokoknya nyaman untuk dijadiin tempat nongkrong. Menunya bikin kening gw keriting.. qeqeeq,.. dimalay ternyata kalo kita minta es teh manis disebutnya teh O sejuk atau ada juga yang bilang ais teh O, kalo kamu bilangnya Teh atau kopi saja, itu berarti Teh atau kopi yang ditambahin susu.. Nah lo, aneh kan. Jadi kalo mau the pake gula harus ditambahin ‘O’ di belakangnya :D . Disini kita ngabisin RM19.8 buat buka puasa. Kalo kamu makan disini bakal sda orang2 india yang jadi pegawai restonya yang bakal datengin kita. nanyain kita mau minim apa, ngambilin minumnya en kasih duit bayarannya ke dia. Kembaliannya tar dianter lagi ke kita. tapi untuk makanan prasmanan tetep kita yang ambil sendiri.

Menunya bikin gw bingung

Jujur aja, gw bukan tipe orang yang suka hunting kuliner. Jadi pada saat di Malay ya gw cuman makanan standar aja kaya ayam goreng. Gak berani nyoba makanan kaya nasi briyani atau apalah namanya itu, takut ngga cucok ama selera gw.

Selama di Terminal larkin gw ama Jacky cuman puter puter ngalor ngidul ngga jelas.. qeqeqee.. Kita juga sempet beli makanan buat sahur besokannya.. lumayan  juga harga roti roti disini. Sekali belanja ngabisin RM13 padahal Cuma jajan roti ama minum aja loh :D

Dua jam menjelang keberangkatan, gw balik lagi nongkrong di warung nasi kandar. Kali ini gw pesen teh (teh + susu) dan Jacky pesen Kopi panas (kopi + susu) .. kalo di batam gw kenalnya minuman ini dengan nama Teh tarik.  Tariiik maaanng :D .. Ngupi ngupi ngabisin RM3.20. Gw sempet juga beli obat sakit kepala disini , karena pusingnya udah ngganggu banget. Mahal bo.. qeqeqe Ngga ada bodrex akhirnya beli panadol 2 biji seharga RM1.2

Ngupi Ngupi dulu
Ada yang jual CD bajakan juga looo
Sayangnya toilet di terminal ini gak bersih, aseli jorok banget . Udah gitu bayar,.,. heheh sekali masuk  30 cents. Udahlah bau gak gratis,, hehehhe

Prasmanan
Macam Menu yang tersedia.. Sluurrpp
Pasar larkin, banyak yang jualan kue kering
Apartemen seputaran Larkin, kaya rumah susun di Jakarta ya :D
Sempet foto depan counter Avon,.,, qqeqeeqq,, gq kan mantan konsultan avon

Cape boo,, jalan jalan terus di Larkin
di malay, money changer itu namanya Pengurup Wang Berlesen :D

Tepat jam 11.30PM bisnya dateng. Inilah enaknya di Malaysia, keberangkatan bis itu ontime. Kalopun delay pasti karena unpredictable things. Bisnya nyaman banget ternyata, en supirnya ngga ugal ugalan. Friendly deh pokoknya. Dari sini pun akhirnya petualangan kami di Kuala Lumpur dimulai… Eng Ing Eng..

Bis ke KL, nyaman deh

So total pengeluaran kami di Hari pertama Trip KL-Melacca-SG ini adalah

Description
Cost
Currency
4960

Total
823890

Penasaran kan.. Mau tahu kelanjutannya?? Check it out di next post yaaa…

Monggo baca lanjutanyya disini yah....