Saturday, August 11, 2012

12 Jam di Singapore (Part 1)



Seumur umur backpack, baru kali ini gw nekat ke Singapore tanpa persiapan apa apa..
Kalo dipikir pikir lucu juga sih..

Ceritanya kemarin Darno, IT kantor gw pas abis break siang kasih tau kalo di koran Strait Times lagi ada promo elektronik murah di Expo Singapore.

Nah, pas liat liat emang ada kamera bagus banget. Keluaran lama sih, tapi setahu gw performanya oke banget lah. Casio Exilim EX-H5. Kebetulan kan emang gw lagi nyari nyari kamera nih buat trip lebaran nanti.

Aji mumpung, gw langsung pengen beli. Nanya nanya ama anak kantor ada yang mau pulang ke Singapore gak? Ternyata kagak :’(

Ya, Salenya cuman 3 hari gituh. Niatnya mau berangkat sabtu hari ini. Tapi sayang juga kalo gw gak masuk kantor tar gak dibayar Overtime. Sehari gitu looh, gw bakal kehilangan sekian ratus ribu,, Jiaa.. oh tidaaak, Akhirnya nekad… Gw harus ke Singapore hari ini.

Telpon Jacky, minta dibawain passport. Onengnya gw ngga sekalian minta bawain baju ganti ama sabun sabun plus charger charger.. Jiaah, Soalnya tadi kepikiran mau balik lagi ke batam naik ferry terakhir. Dan jam 4 gw langsung cabut dari kantor. Si bos nanya mau kemana, ya gw bilang mau ke pelabuhan. Gak boong kaaan.. :D

Boarding Pass
Sebelum ke pelabuhan kita mampir dulu ke Anshun Travel di Batam center ngambil tiket. Dapet tiket promo, untuk two way kena $24. Trus langsung ke Pelabuhan Ferry batam center, check in. Check in disini bayar lagi boarding pass $7. Aseli, gw cuma bawa tas kantor, passport, dompet, henpon, G-Tab, Buku Notes plus pulpen.. qeqeeq.. pede banget gw kesana cuman bawa ginian. Eh iya lupita boo, BB jacky juga gw bawa.

Pas udah di Pelabuhan, gw baru inget. Kalo nanti gw gak bisa balik, gw mau nginep dimana.. waduuh,, Kok ya ndak kepikiran dari tadi gitu… Akhirnya gw hubungin temen2 yang kemungkinan bisa bantu gw dapet penginapan gratis.. Hpnya kaga pada aktif.. huhuhu.. Di singapore tu penginapan mahal. Kelas dormitory aja diatas 150rban per kepala per malam. Dormitory tau kan? Itu loh, satu ruang diisi rame rame sampe kadang ada 14 bed. Jadi kaya bangsal rumah sakit. Nah, kalo wisatawati kere kaya gw ini biasanya nginep disitu. Kan cuman numpang tidur doang.

Sempet juga ke Mega Mall beli minum ama makan biar gw bisa buka puasa diatas Ferry. Jam 17.10 Boarding. Wuih, kapalnya ngga sebagus Ferry Bintan-Tanah Merah. Ternyata kaya Ferry Telaga Punggur- Tanjung Uban doang.  Standard lah, tapi bersih kok. Dan yang pasti ngga boleh makan minum diatasnya. Makanya kapalnya bersih.

Suasana daleman Kapal Penguin 6
Di tengah laut gitu, gw akhirnya beraniin message temen pinoy gw yang domisili di Singapore. Ate Mel namanya, aslinya sih Melissa tapi di philiphine kalo kakak perempuan dipanggil Ate, jadi gw manggilnya Ate Mel. Gw bilang kalo gw lagi on da way harbour front. Boleh ga stay di apartmentnya semalam aja. Katanya boleh.. waah.. hati ini langsung riang gembira ria :D . Langsung gw tanya no HP en alamatnya. Dia bilang nanti telpon kalo gw dah sampe di train (gw langsung mikir, bijimane mo nelpon, pulsanye kagak bisa dipake). Gw bilang lagi, kasih tau alamatnya aja, gw lumayan familiar kok sama MRT di Singapore..
Hampir jam 7 WIB nyampe di Harbour Front. Kalo waktu Singapore udah mau jam 8 ya.. Eh BBnya langsung  nangkep sinyal Axiata. Ternyata eh ternyata ada partnernya XL axiata di SG sonoh, So, Bbnya ngga perlu dimatiin. Lagian ngga ada pulsanya ini, kagak bakal bengkak lah kalopun ada yang telpon ato SMS.

Ruang Imigrasi Di Harbour Front
Keluar kapal masuk pintu imigrasi. Dapet petugasnya yang juteeek .. wadooh.. Ya gw cuek aja. Toh ini bukan pertama kali visit. Dan dong dongnya, gw lupa ngisi Kartu imigrasi itu.

Dia : ‘Kamu nak ape ke Singapore?’ (dengan muka jutek en galak)
Gw : ‘Tempat teman’
Dia : ‘ Berapa hari?’
Gw : ‘Sehari aja’
Dia: ‘ada KTP’
Gw : ‘ada’ (dia nerima sambil liatin muke gw, passport , KTP bolak balik)
Dia : ‘Tinggal dimane?’ (pake logat melayu ya bukan logat betawi)
Gw : ‘Eunos’
Dia : ‘ Tulis kat sini’ (sambil nyodorin kartu imigrasi itu)
Akhirnya gw tulis ‘Eunos’ .. wkkwk.. dia bilang. Blok berape? Dengan polos gw jawab. “tak tahu, teman saye nak jemput di stesen’

Akhirnya di cap sodara sodara….. hahahahaha
 Ezlink Card

Jujur, kenapa gw rada H2C kali ini?? Karena ini pertama trip gw pribadi. Dulu dulu kan business trip, dan yang namanya business trip selalu dapet priority. Jadi kagak ada kecemasan ngga boleh masuk. Tapi ini pertama kalinya gw pergi atas nama pribadi. ahahahah…

Keluar dari harbour front langsung disambut sama Mal ViVo City.. disini gw celingak celinguk nyari MRT Station. Waduuh, gw gak familiar sama harbour ini. Kan pertama kali ceritanya. Kalo dulu dari Bintan mendaratnya di tanah Merah, en dari sana gw naik Taxi biar sampe kantor yang di SG. Lah, gak mungkin gw naik taxi. Ntar siapa yang reimburse tiketnya?? hueheuhue..

Akhirnya nemu juga tuh MRT Station. Letaknya di bawah mal Vivocity ini. Nyampe distation gw langsung beli EZ-Link Card seharga $12. Kalo dulu ke singapore gw biasanya pake standar tiket. Wong diganti ini ama perusahaan :D kalo sekarang kan musti hemat nih. Akhirnya beli EZ-Link deeh.. Petugas yang jualnya ramaah banget.. "EZ-Link Card, Please.." gw bilang pas diloket WZ-Link. Muke bapak bapak penjual tiket ini langsung ramah. "1 person?" .. "Yes" .. "Okay, I will give a special card for you" qeqeeqeqe.. apanya yang special.. sama aja pun :D

MRT Map Route 
Kartu EZ-Link ini pada awalnya berisi $7 dan bisa di top up. Dan kamu kamu bisa naik bis dan MRT kemana aja dengan cara tap kartu ini pada saat naik. So, kagak perlu nyediain duit receh. Lagian supirnya kagak nerima duit. Kalopun terima harus uang pas loo.. dan duitnya dimasukin ke kotak yang tersedia deket pak supir. Kartu EZ-Link ini bisa di top up. Di semua MRT station ada mesin top upnya. Minimal $10. Kalo kamu ngga punya uang 10$ dan mau top up kurang dari $10, kamu harus ke counter Ez-Link yang ada deket situ. Sistemnya kaya pulsa gitu lah, dan sekalinya punya bisa dipake selama 5 tahun. 


Photobucket

Anyway, gw langsung masuk MRT station en sekilas liat MRT Map Route. Nah seinget gw, harus ganti kereta sekali di Outram park. MRT ini ada beberapa jalur kereta yang dibedakan berdasarkan warna.. Kalo kita liat di Map ada jalur ijo, ungu, kuning, merah.

Dari Harbour Front ada 2 jalur keberangkatan. Jalur Kuning Circle Line(CC) dan Jalur Ungu (NE) Karena saking buru2nya en males liat map, dan berasa benar, akhirnya gw naik yang kuning bukan yang ungu. Pas naik, kok perasaan gw berasa ngga enaak.. Interchangenya dimana yaa gw lupa. Dan gw kebawa sampe ke station Alexandra. Disini akhirnya gw memutuskan turun, karena sadar udah salah jalur…
Siuuuuuuuuul,, gw kan buru buru getoh.. Exponya Cuma buka mpe jam 9 malem..  

Berhasil kah gw dapetin kameranya malam itu?? Check it out disini

__,,__

No comments:

Post a Comment