Monday, April 22, 2013

Gegara Sterilizer, eh Nemu Botol UC 1000 Buat Nyimpen ASIP

Duh, rada setres juga gw mikirin peralatan tempur ASI. Secara di little island ini susah sekali mendapatkan barang barang yang harusnya di prepare buat ibu ibu yang niat banget Full ASI sama bayinya.

Jadi ya, sejak hamil 2 bulanan gw udah rajin browsing segala sesuatu yang berhubungan dengan ASI. Mulai dari ASI buat working mom kaya gw ini, Manajemen ASI, peralatan ASI, cara pumping dan sebagainya. Nah, salah satunya adalah mengenai kesterilan alat alat yang digunain buat ng-ASI. Untuk ASIP, diperlukan sterilizer untuk mensterilkan peralatan ASI. Banyak banget sterilizer yang gw liat di Olshop. Sampe browsing ke eBay segala, berharap ada yang murcee dan free shipping ke Indonesia. Tapi.. hik.. gak ada cuy..

Akhirnya setelah berkelana dari satu forum ke forum, satu review ke review yang lain, diputuskanlah gw tetep setia banget dah sama yang namanya produk Philips. Yes.. Avent Philips menempati peringkat pertama di hati gw, walopun harganya nyeseeek banget dah. Hahahah..

Keren kan boiy designnya
Minjem Gambar ya oom
Ini dia nih, sterilizer inceran gw. Cantik en compact designya. Ya iyalah, keluaran mana dulu. Tapi sayangnya minus fitur.. Huaaaa… nangis bombay dah. Gak bisa difungsiin sebagai warmer. Jadi emang cuman sterilizer tok.. Jadinya kalo abis disterilin pake ini, botol botol masih bakal ada uap sisa steamnya gitu. rada basah. emang sih udah steril tapi kalo nyampur ke ASI kan bikin gak sreg di hati :(


 photo banner-ns-160x600-1.gifJadinya setelah dengan sabarnya membuka halaman demi halaman, lembar demi lembar review buibu yang duluan jadi mama di forum ini. Akhirnya gw mutusin untuk milih Panasonic Dish Dryer aja. Secara katanya walopun suhu maximumnya only 70oC ternyata ampuh juga loh buat sterilin peralatan baby. Buktinya babynya pada baik baik aja.  Even gw sih gak yakin banget suhu segitu jaminan steril secara gw kan mantan microbiologist booo.. xixiix. Enam tahun berkutat di lab microbiologi,  ya taulah diatas 70oC itu masih aja ada jamur en bakteri yang bisa bertahan idup. Tapi ngeliat penampakannya yang bakal kepake lama karena bisa dipake buat peralatan MPASI juga, ya gw ngalah, milih alat yang satu ini. Bye Avent.. hiks... 

Dari TUM gw dapet info kalo si Panasonic Dish Dryer ini available di hypermart. Dengan semangat 45 kemarin sore gw ajakin lah Jacky untuk menggeledah salah satu hypermarket terbesar di little island ini. 


Sebelum berangkat ke Hypermart, kita mampir dulu ke Surga Electronic Kepri Mall. Ternyata disono kagak ade barangnya. Mampir juga ke carefour, pegawainya malah kagak ngarti barang yang gw cari itu apaan. Ya elaah... ya udah cau lah kita langsung menuju Hypermart. Gak nyampe 10 menit udah sampe ajah di Mega Mall. Dan teteup dong ya, susye banget mau parkir. Gak habis pikir gw ama pemerintah the little island ini, masa mall segede bagong boleh aja beroperasi tanpa ada jaminan parkir buat roda duanya. Parkirnya tuh ya, misah ama gedungnya. Kudu nyebrang, trus mpet mpetan. Gak banget dah pokoknya. Selalu aja yang bikin bete kalo maen ke mall yang satu ini adalah parkirannya...

Ini Namanya Panasonic D-Sterile
Minjem lagi gambar dari sini

Masuk mall langsung dong ke Hypermart. Ramenyaa...!! Muter muter, keliling, tapi kagak nemu itu yang namanya Panasonic D-Sterile ato panasonic Dish Dryer. Pas gw tanya penjaga tokonya, malah diliatin hair dryer.. Cape deeeeehhh... Hellowww. Orang di pulau ini kaga ngarti yah Dish dryer itu buat ngeringin piring abis dicuci, bukan buat ngeringin rambut. 


Ya udah, menghibur diri, gw muter2in aja itu supermarket. Sampe kehausan, langsung masuk rak minuman. Tiba tiba mata gw ini terperangah. Ini gw gak salah liat apa ya. UC100 banded 6 harganya cuman 22990  perak aja. Means satu botol cuma 3800an... Really?


Ini kan gw cari2 dari kemarin kemarin... Terima kasih ya Allah... :)


Jadi begini. Gw udah searching tentang manajemen ASIP. So, ada 3 alternatif sih botol yang bisa dipake buat nyimpen ASIP. Yang pertama botol bekas infus yang 100 mL itu loh. Yang penampakannya kira kira begini.



Botol Bekas Infus
Minjem gambar ya oom
Gw tau ini botol bekas infus karena gw mantan chemist en microbiologist booo. Di pabrik farmasi pulak. Ya pasti taulah botol tutup karet begini yang biasa dipake buat infus. Nah, kenapa gw gak mau pake botol kaya gini? Karena tutupnya karet. Dan Tutup karet ini gampang banget muncrat alias copot. Kalo tekanan udara didalemnya naek, ya udin deh pasti tu tutup karet langsung loncat keatas. Makanya product infus abis dikasi tutup karet gini dicapper lagi pake aluminium en then dikasi stopper plastik lagi deh bagian luarnya. Nah, kalo begini beresiko tutup lepas dengan sendirinya. Makanya gw ogah pake botol ini. Dan lagi, mau dicari kemana ituh botol di little island ini. Kalo gw masih stay di megapolitan sana iye bejibun yang jual di pasar pramuka. Sebijik cuman seceng. Enak dah tuh seratus rebu udah dapet 100 bijik. Kirim dari Jakarta? giliiing.. Ongkirnya sabaraha.. ahahhahaha.. Blom lagi resiko pecah dijalan. Tape deeeh


Botol Bekas Selai
Minjem Gambar dari sini
Trus yang kedua bekas botol selai. Ada Sih gw punya 4 biji, Hasil koleksi jaman dulu pas suka sukanya nge-sandwich. Tapi sayangnya tutupnya aslinya kan besi. Jadi gampang karatan. Of course ntar bisa mengkontaminasi ASIP gw. Susahnya lagi, di sini gw gak tau ada yang jual beginian ato engga.. Yaaah.. Batal lagi lah pake botol ini. Harganya di Olshop juga mihil bo. Paling mihil lah botol bekas sele ini. Tapi enaknya gampang dibersihin secara mulutnya kan lebar ya. 


Alternatif ketiga botol bekas UC1000. Itu loh, minuman Vitamin C yang iklannya wara wiri di tipi. Nah, gw akhirnya gw memutuskan untuk pake botol jenis ini aja. Selain Gampang nyarinya, kalopun kagak ada yang jual botolnya di little island, gw bisa ngumpulin dari beli produknya. Isinya kan bisa buat Jacky. xixiix.. Nah, yang jadi masalah kan tutupnya juga tuh. Secara tutup aslinya botol ini kan seng. Jadinya kudu diganti. Browsing browsing ketemu banyak olshop yang jualan tutupnya doang. Nah kalo botol yang ini tutupnya dua lapis. Pake sumbat dalem yang kecil trus baru deh tutup plastik luarnya. Jadinya rada kuat kan ya. Tapi, botol ini gak boleh diisi sampe full banget. Karena kalo Full banget, ntar kan ASIPnya memuai tuh, karena gak ada ruang kosong dan tutupnya kuat banget yang ada botolnya pecah. Sayang kan ASIPnya kebuang :)



Nah, ini dia botol bekas UC1000
Minjem gambar dari sini
Nah, kalo di Olshop, harga tutupnya lumayan  jugak.  Sepasang kena 400-500 perak. Mihil juga yaks.. Tapi karena kerajinan browsing, akhirnya gw malah nemu yang jual tutup botol ini dalam partai besar. Doi emang khusus jualan kaya beginian. Botol botol segala macam plastik2 gitu. Mayan banget nih, harganya cuma 175rupiah per set. Dan 1kg pengiriman bisa nampung 300 set tutup botol. Cihuy.. Si supplier tutup botol ini untungnya nyantumin PIN BB nya en langsung aja gw kontak. Tanya tanya, material buat tutup dalemnya adalah HDPE, dan jenis plastik ini lumayan aman kok buat makanan, asalkan dipakenya sekali pake doang. So, its mean gak bisa dipake terus2an. Sekali pake buang alias disposable. Kalo tutup ulir luar sih gw gak terlalu ambil pusing karena gak bersentuhan langsung ama ASIPnya nanti. Akhirnya tercapai kesepakatan untuk mesen 300 set si tutup Botol UC1000 ini. Harga tutupnya doang 52500 perak, ongkir 20rebeng. Totally jadi 72500. Gw sengaja beli 300 set dulu biar nyoba dulu. Semoga ulirnya cucok. Ntar kalo kurang ya beli lagi ajah. Kan ntar juga bisa beli tutup dalemannya aja. Bisa kepisah pisah lah. Ini kan baru nyoba aja kan :)
Botol UC1000 Tutupnya double
Minjem gambar dari sini

Nah, transfer duitnya, langsung deh dapet nomer resinya. Cepet juga pelayanan supplier breastfeeding gw yang satu ini. Barusan gw track paketnya baru nyampe Batam. Semoga besok udah dianter ke kantor. 

Back to da topic.... 
Untuk botolnya sendiri, gw lihat harga2 di olshop. Rata rata per pcs 1500-2000 perak, en satu kg pengiriman cuma muat 8 botol. Ongkir Jakarta Batam kan per kg paling murah itu 16500. So, per botol butuh biaya sekitar 3500 untuk mendatangkannya ke Batam. Ohmegooooddd.. Pingsan gw ngitungnya. Kalo butuh 100 botol, udah abis 350rebu. Hiks.. 
Gak sabar juga nungguin paketnya dateng, 
Nah, sempet tanya tanya juga sama partner bisnis Oriflame gw yang punya babyshop di Mega Mall. Doi jualan botol itu. Harga per pc 3000, kalo beli lusinan dikasih 2500 perak. Beberapa hari yang lalu, gw sempet main ke grosiran di Botania Garden. Dia jual UC1000 itu per pack isi 30 bijik seharga 130rb, so satu botol jatuhnya 4300. Nah, kan sayang amir yah, beli botol aja 2500.. pake isi 4300.. Mendingan pake isi doong.. ehhehehhe....
Borong Borong UC1000 nyah

Dan akhirnya gw memutuskan untuk purchase si UC1000 aja. Itung2 biar Jacky tahan banting gak gampang sakit. Doi kan keujanan dikit aja langsung pusing. 


Tapi untungnya gw gak langsung beli tuh di grosiran.. 


Karena pas semalam gw terperangah dengan harga UC1000 yang banded 6 itu.. Secara per pcs cuma 3800rupiah aja.. yihaaaaa.. Langsung borong 6 Pack dah.. wkwkwkkwkw.. Kalo gak inget susah bawanya udah gw beli 50 bijik sekalian :D Pilih yang Orange ama apple aja secara Jacky ga suka yang Lemon.



Ternyata ada hadiahnya sodara sodara.
Dapet tas cantik ini tiap beli 2 banded UC
Dan sekarang penuhlah itu kulkas sama si UC1000. Nanti kalo udah pada kosong, dibersihin botolnya en mudah2an besok gw udah bisa trial pasangin tutup botol plastiknya sekalian. Lagian gw agak tenang aja, karena botol UCnya kan bekas Jacky semua. Blom pernah masuk recycle bin. Setidaknya gw tau, itu botol bersih dari UCnya. Hahhaha. Kalo yang dijual, gak tau deh... gak tau bekas siapa maksudnya :D

Semoga aja ntar kalo UC1000 nya abis, Hypermart promo lagi.. xixixiixix..

Jiaah.. laen yang dicari, yang didapet lain lagi. Tapi gpp sih. One by one preparation for Baby S breastfeeding process dilengkapin. Seneng deh, walopun akhirnya credit card ama debit card gw diabuse tiap hari... wkwkwk.. Investasi yaa.. Nanti kalo Baby S udah nongol bisa eliminate biaya susu dan dispo. ahahhaha... 


Oh iya, sekalian juga gw beli Laundry detergent buat baju2nya Baby S. Karena dari pembelajaran di internet, baju baby ama clodi engga bisa dicuci sama deterjen biasa. Tapi katanya sih bagusan pake eco-ball.. Eco ball?? Iya. Eco Ball. Ngga pada tau kaaan.. ahahhaha.. Nanti gw kasi tau di postingan berikutnya. Gw udah purchase juga sih,tapi blom nyampe barangnya. Tar gw share sekaligus gw review performancenya.. Selain si Sleek deterjen baby ini, gw juga beli pembalut buat Night yang super panjang itu. Katanya ini buat masa nifas nanti. Dari review buibu pendahulu gw, pembalut khusus nifas itu gak nyaman, lebih enakan pake pembalut ini. Trus tissue kering buat jaga jaga aja en pasti kepake lah. Totally, semalam itu gw abuse credit card gw lagi buat jajan jajan ini. 


DescriptionHarga (Rp)
5 Pack UC1000 Banded 6 Orange114950
1 Pack UC1000 Banded 6 Apple22990
Nice Pop Up 200 SHT4475
Charm BF Super Comfort7475
Sleek Babyland 450 mL14800
Total164690



Ini krucil krucil belanjaan Baby S ama Emaknya


Bagaimana nasibnya dengan sterilizer? Gw mungkin harus merayu yang jualan dieBay dulu biar ngasi free shipping ke gw. Hahahhahaha


Eh,  kalo ada yang mau nyumbangin botol UC buat gw, gw terima dengan senang hati loh.. Tapi jangan yang dari recycle bin ya :D



__,,__

7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Bun... tutup botol uc nya murah banget.. beli dimana ?. Mau donk cp nya. Sy juga mau ngumpulin asip hehehee. New mom.

    ReplyDelete
  5. kalo bekas compatible toner bisa dijual ga?

    ReplyDelete
  6. Bunda, mohon infonya cp untuk tutup botol ASIP yang murah dong...
    Terima Kasih ya..

    ReplyDelete
  7. BOleh tau pnjualnya ibu, saya jg mau order tutup uc 1000

    ReplyDelete