Thursday, August 15, 2013

Dilemma as a Working Mom

Pic pinjem dari sini 
Udah 2 bulan 19 hari umur Shaq

Gak nyampe seminggu lagi gw udah kudu masuk kantor. It means gw harus ninggalin Shaq tiap hari sama pengasuhnya. Udah dapet sih calon yang ngasuh. Seumuran emak gw en aseli dari kampungnya emak gw. Tapi yang jadi masalah, kok jadi gw yang ga rela yah ninggalin Shaq. Kayanya dulu kuat banget, gw pasti bisa, nah ini giliran udah deket waktunya, kok gw jadi mellow. Huaaaa..

Yah, itulah dilema menjadi ibu bekerja. Tapi musti gimana lagi? Sekarang dia tiap hari sama gw, tiap hari gw liatin tingkah polahnya. Bangun tidur suka senyum senyum, ngajakin semua orang ngobrol dalam bahasanya dia. Trus kalo laper suka ngerengek rengek en kepalanya di adu aduin ama dada gw, nyari nyari 'pabrik susu'nya dia. Trus kalo udah bosen dirumah, mukenye ngeliatin pintu mulu, minta diajakin jalan jalan keluar. Kalo udah ngantuk mulai merengek rengek, rewel. langsung masuk kamar, matiin lampu, nyalain kipas angin atau AC trus kasi mimi' sambil bobo, ntar gak berapa lama doi ngorok deh dengan posisi mulut masih kenyat kenyot 'pabrik susu'nya. Trus kalo kangen ama ayunannya (gw gak pake ayunan dia kalo bukan dianya yang minta, takut kecanduan), doi bakal ngerengek terus terusan, even disusui pun. Kalo disusui di cium doang puting susunya trus dilepas sambil merengek lagi, masukin ke ayunan, langsung deh anteng en bobo,.. Gw udah hapal perilakunya Shaq sehari hari..


..dan kurang dari seminggu lagi gw gak bisa nikmatin semua itu lagi. hiks.. Gw harus rela ketemu dia cuma pas wiken dan sore hari aja. hiaaaa... *mewek sambil garuk garuk tembok*

Tiga type wanita setelah menikah dan punya anak :

  • Working Mom (WM) adalah ibu yang menjadi pekerja dan setiap hari harus meninggalkan anak untuk melakukan pekerjaannya
  • Stay at Hum Mom (SAHM) adalah ibu yang bekerja dari rumah, jadi sambil mengasuh anak sehari hari tetep bisa menghasilkan uang. 
  • Full Time Mom (FTM) adalah ibu yang full menjadi ibu rumah tangga. Ngga terlibat bisnis apapun hanya mengerjakan pekerjaan rumah dan mengasuh anak.
Idealnya semua perempuan adalah FTM. Tapi keadaan yang berbeda dari setiap keluarga memaksa atau mengharuskan sebagian ibu untuk berada diposisi WM dan SAHM. 


Tadi sempet bikin status mengenai ini di fesbuk. Dilema menjadi working mom dan rasanya kok gw ga rela ya tidak bisa full menemani Shaq di golden agenya. Seorang temen fesbuk yang juga dulunya kakak kelas gw ngomenin dengan komentar yang rasanya cukup banget menusuk dihati. Ini nih gw copast komentar temen gw itu :

"Pas baca status lia uni ingek tadi pagi status kwn uni. bunyinyo (uni copy paste) "anak itu adalah titipan tuhan untuk kamu dan suamimu,masa sih mau "dititipin" lagi sama pengasuh/ortu/mertua"
Mohon maaf bukan mksd untuk mengecilkan peran working mom."

Jujur aja gw gak nyaman dengan komentar itu, tapi emang bener juga sih. Tapi jaman sekarang, bagaimana mungkin gw bersikap egois dan membiarkan Jacky berjuang memberikan hidup yang layak buat kami sendirian? How come? 

Resign? kepikiran.. tapi bagaimana dengan cicilan ini itu, punya rumah 3 biji, dan semuanya masih dlm proses nyicil, trus blom lg persiapan sekolah Shaq gede nanti en gw gak mungkin biarin Jacky sendirian menanggung itu semua. Buat gw, kerja keras itu harus dikerjakan sekarang dan nanti ada saatnya kita menikmati semua hasil kerja keras kita. Tinggal di Little Island gak murah dan gw tau banget gw dan Jacky harus bekerja keras untuk bertahan. Demi Shaquille juga toh.

Kepikiran pengen buka usaha sendiri, tapi saat ini gw blom bisa. Yang bisa gw jalanin sekarang adalah menjadi wanita pekerja yang harus memberikan 40jam dalam seminggu dari waktunya untuk kantor. Memang sih kalo mau hidup seadanya gw bisa mengandalkan Jacky, tapi.. gw kan juga ingin Shaq nantinya sekolah ditempat yang bagus. Gw juga mau Shaq mendapatkan penghidupan yang jauh lebih layak. Gw gak mau nantinya kehidupan masa kecil gw yang sangat sederhana tapi kadang 'miris' berlanjut ke Shaq. Gw mau dia mendapatkan yang terbaik. 

Atau hengkang trus pulang kampung dan mengelola unit usaha bokap nyokap gw secara profesional. Gw yakin bisa berkembang dengan sangat pesat. Tapi jujur aja gak kepikiran sama sekali. Gw gak nyaman tinggal di Padang. Macet, blom lagi lifestyle disana yang serba gaya. Beda sekali dengan little island yang nyaman banget buat gw. Kalo ada yang menghujat gw karena gak cinta kampung ya gw terima lah dengan ikhlas hati. Itu pilihan gw dan gw merasa nyaman di negeri orang.Jadi pepatah "hujan emas dinegeri orang, hujan batu di negeri sendiri, tetep pilih negeri sendiri ya gak berlaku buat gw. Gw tetep pilih hujan emas di negeri orang. qqiqiiqiq.. Gak boleh protes loh, karena ini masalah prinsip.

Yah, mungkin ini adalah pengorbanan gw sekarang. Gw yakin Shaq suatu saat akan mengerti kenapa gw harus mempercayakan sebagian waktu dari masa kecilnya ke orang lain. Sekarang gw akan berusaha keras untuk mengubah status gw yang working mom untuk jadi Stay at humz mom.. Mau manfaatin dunia maya ini buat menghasilkan duit. Ya emang sih, selama ini udah punya Oriflame yang Alhamdulillah mampu cover sebagian kebutuhan hidup kami tapi gw mau usahakan di bidang lain juga. Sebenernya udah punya beberapa option tapi ini nunggu modalnya kekumpul lagi. Berbisnis gak cukup di satu sektor saja toh.

Hayooo Lia, kamu pasti bisa.
Jadilah ibu yang membanggakan buat Shaq, even bekerja dikantor ataupun dari rumah saja.
Mari berjuang :)

__,,__

No comments:

Post a Comment