Saturday, August 10, 2013

Penasaran dengan Clodi?

Shaq wif Sobi Minky Army
Banyak yang nanya, kenapa sih kok gw addict banget sama yang namanya clodi?

Okeh, gw jelasin yah. Pertama kali gw kenal clodi pas clodi lagi jadi issue hangat di milis ASI. Waktu itu ada yang nanya tentang perawatan clodi. En akhirnya jadi thread yang panjang banget pembahasannya di milis. Gw pan jadi penasaran yaks. Clodi apaan sih? kok bu ibu jadi rame gituh ngomongin clodi. Karena judulnya gw saat itu calon ibu baru, jadilah gw pembaca yang baik aja komen komen dari bu ibu yang udah dulu berpengalaman. Baru tau gw kalo ada yang namanya Clodi atau Cloth Diaper alias popok kain modern yang bisa dicuci namun daya serapnya menyamai p*mpers. Eh p*mpers kan merek ya, jadi seterusnya si p*mpers dan keluarganya ini bakal gw sebut pospak. Gak tau pospak kepanjangannya apaan tapi yang jelas pospak itu nama lainnya disposable diaper alias popok sekali pake. Eh Pospak = popok sekali pake  wkwkkw.. nemu deh tuh akronimnya. 


Nah, berhubung gw saat itu lagi hamil Shaq 4 bulan, niat banget deh gw makein anak gw clodi. Apalagi Setelah gw hitung hitung, ternyata menggunakan clodi jauuuh lebih hemat dibandingkan pake pospak.

Yuk, coba kita itung yuk..

Tetangga gw di Padang punya baby yang full pospak. Setiap hari, dia beli pospak minimal 6biji ke rumah nyokap gw. Secara nyokap kan buka warung dirumah.

Satu biji pospak merek M*mPok yang merupakan pospak sejuta umat kita jual 2K/pc untuk ukuran M dan 2,5K/pc untuk ukuran XL. Pospak bisa dipake sampe 4 jam. Itu juga kalo mau kulit bayi sehat. Kadang ada tuh bu ibu yang biarin anaknya pake pospak ampe 6 jam baru diganti. Hadeeh, kesian bu, patpat bayinya jadi pada ruam.
Berarti sehari 6 x 2K = 12K, 
sebulan 12K x 30 days = 360K,
setahun 360K x 12 months = 4320K
rata rata bayi pake popok sampe umur 2 tahun = 4320K x 2 years = 8640K
Dan ini minimal pengeluaran untuk satu bayi. Kalo punya dua bayi ya tinggal dikali dua aja. Satu bayi butuh hampir 9juta hanya untuk sesuatu yang ujung ujungnya menjadi sampah dan dibuang. Huaaa..

Nah, kalo kita pake clodi. 
Minimal ya.. ini minimal menurut gw, sehari minimal ada 6 clodi yang kita pake, dengan syarat penggantian clodi per 4 jam. Karena clodi ini harus dicuci jadi kudu punya stok buat rolling. Buat gw idealnya butuh clodi yang cukup untuk rolling sekali 3 hari. Jadi prakteknya, 6clodi pake hari ini dicuci besok, besok pake 6 clodi stok. Dan 6 biji lagi stok kalo kalo clodi hari ini gak kering dicuci besok bisa dipake lusa. 

Total clodi yang dibutuhkan ada 18 biji.
Harga clodi :
Lokal = 60-90K
Import China = 60-90K
Import Aussie = 130-300K
Import Singapore = 200K
Import USA = 250-350K

Secara kualitas Import Aussie, Singapore sama USA lebih bagus dong ya daripada China dan lokal punya. Dari review yang gw baca, clodi import USA/Singapore bisa tahan sampe 6jam pemakaian. Hehe, tapi di gw sih tetep maksimal 4jam doang pakenya.

Lets say beli 6biji import USA dan 12 biji import cina + lokal
6 x 300K = 1800K
12 x 80K = 960K
Total duit buat beli clodi = 2760K

Weeekkss.. 2,8 juta doang untuk pemakaian 2 tahun dan yang lebih menggembirakan, si Clodi ini bisa diwarisin ke adeknya loh :D

Perbandingan clodi dan pospak adalah 2,8jt : 8,7jt.. Bisa hemat sampe 60% loh jeeeenkk... 

Gilak gaak.. 6 juta lagi duit sisa bisa gw pake belanja belenji gadget bajunya Shaq.. wkakaka.. dasar emak emak doyan shopping. Wakakaka..

Nah itu dari sisi ekonominya, yuk diliat juga dari sisi naturalisnya. Halaaah.. 

Ya, yang namanya pospak tau ndiri kan bikinnya dari sampah kertas. Dan itu sama sekali gak go green. Mana sampahnya sulit di daur ulang pulak, susah hancur, butuh waktu berpuluh tahun untuk bisa hancur. Duh, kebayang dooong ini bumi nantinya penuh dengan sampah pospak. Gak kuaaaaaat. Ya, walopun gw bukan aktivis pejuang bumi, boleh dong ya gw perjuangkan sedikit kelestarian bumi ini. Dengan memakai clodi gitu. Ramah dikantong, ramah lingkungan :)

Banyak yang keberatan en mengerinyitkan dahi ketika mendengar harga clodi. Apalagi pas tau gw sampe ngabisin ratusan ribu buat beliin clodinya Shaq. Tapi mungkin mereka mereka ini gak pernah mikir juga sih kedepannya kalo tindakan gw ini akan menyelamatkan dompet gw dalam dua tahun pertamanya Shaq :D Memang, berat rasanya kalo kudu ngeluarin duit berjuta juta hanya buat beli 'sarawa kotok' alias popok. Ya disiasati atuh neng belinya. Caranya??

Kalo di gw, nyicil... itu pasti. Gw beli clodi nyicil sejak hamil 5bulan. Untungnya gw orang padang yang tidak ada istilah pamali membeli perlengkapan bayi sebelum kehamilan usia 7bulan. Jadi perbulan targetnya gw kudu beli clodi ntah itu lokal atau import minimal 1 biji. Alhasil ketika Shaq lahir, gw udah punya stok 8 clodi, 4lokal, 4impor. Tuzz, sisanya nycil lagi pas Shaq udah lahir. Sekarang di usia Shaq 2,5 bulan, doi udah punya 13 clodi, 5import, 8lokal. Gak berasa kan. Sekarang disaat bu ibu mikirin duit buat beli pospak, gw mah anteng anteng aja ampe 2 tahun kedepan. Hahahaha.. 


Ini Clod Hasil Nyicil sebelum Shaq lahir

Kalo yang ini belinya pas Shaq udah lahir :)
Banyak juga yang bilang repot pake clodi. Soalnya kudu nyuci nyuci. Duhhh.. gw mah ga ngerasain tuh repotnya nyuci clodi. Sekarang ini Shaq poo setiap 3-4 hari sekali. Jadi dipastikan bakal ada 1-2 clodi per 3 harian yang bakal kena poo. Kalo yang cuma kena pee, gw gak pake deterjen kalo mau nyuci. Gw percayakan sama Ecoball. Tinggal rendem 30 menit pake ecoball, bau pesing ilang trus jemur deh. Nah kalo yang kena poo, biasanya gw semprotin dulu tuh sisa poo-nya pake air ngalir dulu. Nanti cuma yang kesisa warna kuningnya doang. Shaq kan bayi ASIX jadi poonya tuh encer berampas kuning keemasan warnanya. Yang sisa kuning di cover dan insert dikucek pake sampoo bayi dikiit aja..lalu direndem pake ecoball 30 menit. Biasanya gak ilang sempurna sih kuningnya. Tapi proses penjemuran bagian cover dijemur ke arah matahari dan si warna kuning akan lenyap. Bersih deh clodinya. Tuh gak repot kan? Kalo buat ngeringin insert bisa di spin pake mesin cuci asalkan di masukin ke laundry net dulu. 

Satu lagi yang bikin gw tergila gila ama Clodi, motifnya unyu unyu. Liatin deh, warnanya, motifnya keren deh. Gw suka banget sama Sobi Army trus pempem punya. Green Nappy sama NVme juga keren banget. Coba deh, mana ada pospak punya motif unyu unyu gini. Jadinya kalo udah pake clodi, Shaq jarang gw pakein celana lagi kecuali cuaca lagi dingin. Soale motif clodinya udah keren banget. Bayangin aja baby megal megol pake clodi unyu unyu. hehehe. Yang buat cewe bahkan ada yang model rok tutu loh. Nah tuh, kaga perlu pake luaran lagi kan. Jadinya hemat cucian :D Makanya jarang tuh gw beli clodi yang polos polos. Moo Moo Kow banyakan polos soale emang dijualnya yang polos. Yang ada motif cuma seri Cow tapi gw gak pernah berhasil dapet yang Cow ini.

Satu hal lagi, clodi model cover bisa dijadiin training pants. Jadi kalo nanti babynya udah memasuki fase toilet training gak perlu beli training pants lagi. Cukup lepas insert jadi deh si cover training pants. Shaq udah punya 5 biji clodi yang model cover begini. Siap siap nanti kalo Shaq udah bisa jalan, gw langsung ajarin toilet training. Multi fungsi, lagi lagi hemat kan? Hehe.. 

Oh iya, sejak full clodi, Shaq ga pernah ruam lagi tuh patpatnya. Mungkin karena clodi kan permukaannya selalu kering even dipipisin berkali kali sama baby.Good bye cream ruam. Lagian kalo full clodi, gak dianjurkan pake cream ruam karena bisa merusak lapisan anti airnya si clodi. 

Trus kalo mau beli clodi merek apa ya yang bagus?

Buat gw tetep dong ya duit gak boong. Yang import USA, Aussie sama Singapore daya tahannya mantep. Dari bahan, jahitan, insert, penampakan, footprintnya juga jauh beda lah ya. Untuk merek lokal gw recommend pempem. Kalo import China, Sobi motifnya bagus bagus. 

Kalo beli clodi jangan langsung beli banyak. Soalnya cuttingnya clodi beda merek pasti beda bentuk. Identifikasi dulu, babynya termasuk slim kah? ndut kah? Cucok gak pake clodi yang bulky? ato harus cari yang slim. Shaq termasuk baby ndut, jadi Moo Moo Kow, sobi, pempem pas banget di dia. Kalo NVme kayanya bakal kekecilan sebelum waktunya karena emang konsep clodinya cutting kecil dan slim. 

So, trial dan error sih. Beli satu dulu. Kalo udah cucok sama satu merek baru deh boleh beli lagi merek tersebut. Nanti deh gw post review dari berbagai merek si codi clodi ini. Tunggu pemakaian 3 bulan dulu biar tau performancenya. Silahkan ditunggu yah.

Hm.. sekarang. Masih mau meneruskan pake pospak atau ngiler liatin clodi unyu unyu?

__,,__

No comments:

Post a Comment