Tuesday, August 20, 2013

First Day Back to Work

Picture taken from here
Ini hari pertama gw back to work after 3 months maternity leave. Ninggalin Shaq dengan ibu pengasuhnya during office hours. Dan rasanya? Gak bisa dilukiskan dengan kata kata. Kalo mak icih punya level kepedesan paling pedes di angka 10, nah yg ini ada di atas 10. Mungkin 11 ato 12.. (duh analoginya ngaco.. Appppaaa seeh...) yah, intinya si ninggalin anak ketika keadaan mengharuskan kondisi yang demikian itu bikin 'ngenes'.

Gw udah sejak semingguan lalu sounding ke Shaq kalo mulai senin dia udah tinggal ama pengasuhnya. Tiap mimi' gw pasti bilang "ntar abang tinggal sama nenek ya, mimmy kerja cari duit buat beli mainan abang". Berharap dia mengerti bahwa emaknya ini dengan penuh keterpaksaan ninggalin dia. 


Dan udah sejak 3 hari lalu, Shaq anteng digendong pengasuhnya. Keliatannya sih pengasuhnya udah berpengalaman. Ya iyalah, yang ngasuh kan udah pernah beranak. Dua lagi. Untungnya ketemu disaat injury time, disaat gw udah gak tau lagi kudu nitipin Shaq kesiapa. Asalnya dari kampung emak gw. Yang nyariin tante gw. Seumuran sama emak gw. Kemarin itu hampir aja gak jadi berangkat. 

Yah, kadang kita gak bisa under estimate sama orang. Even dia berasal dari kampung banget belum tentu dia gak berpengalaman. Si ibu ini bisanya berangkat abis lebaran, jadinya gw kesulitan nyariin dia tiket. Tau sendiri kan tiket pesawat ke Little Island itu naudzubillah susahnya kalo musim lebaran gini. Pesawat yang bareng gw udah full, secara gw cek di inet udah gak ada lagi seat kosong. Trus gw bilang, gimana kalo berangkatnya pisah aja. Tante gw bilang, gak bisa, orang kampung mana berani berangkat sendiri kaya gitu. Dia pasti takut. Gw bilang, gimana kalo dianterin sampe naik pesawat trus ntar gw nungguin disini jemput ke bandara. Teteup si tante kekeuh, dia gak bakal bisa. 

Trus, akhirnya terbentuk dua opsi. Yang satu gambling, jadi kita berangkat ke bandaranya bareng trus si ibu nungguin tiket cancel. kali aja ada. Kalo ngga dapet terpaksa nyokap gw nganterin si ibu ke Little Island. Opsi pertama sih lebih enak, karena gw cuma nanggung 1 tiket, tapi yang kedua. Giliiiing.. dua tiket sekaligus. Mana gw bokek abis lagi pas lebaran. hehheheh.. Minta bantuan seorang temen untuk ambilin tiket cancel. Tapi ternyata, ngga ada ciing. Yang ngantri gambling nungguin tiket cancel kaya kita itu ternyata bejibun en mereka udah pada standby di bandara. Hadeeehh.. Akhirnya si mantan yang sekarang jadi temen baik gw yang kerja di bandara ini nawarin naik pesawat setelah schedule keberangkatan gw. Sampelah dicariin satu tiket en dapet. Trus pas ditanyain ke si ibu pengasuh, tenyata dia oke oke aja loh berangkat sendiri. Nah tu kan.. deeeeggg.. Pengen gw bilang ke tante gw.. Tante, plis deeeh, jangan terlalu under estimate sama orang. Gak semua orang sebodoh yang kita kira.

Selama 3 hari ini pun gw liat si ibu udah lumayan ngerti kok dengan tata cara penyajian ASIP. gw ajarin make warmer juga udah bisa. Trus cara ngasih ASIP pake cupfeeder juga udah bisa. Alhamdulilah deh, gw gak terlalu susah ngajarin. Cuma dilemanya ada di gw, Kayanya sedih banget kudu ninggalin Shaq. Hiks...

Pagi jam 5an gw udah bangun. Shaq juga ikutan bangun trus gw mimi'in berharap dia tidur lagi sambil nungguin gw masak. Eh ternyata kagak mau lagi tidur dia. Malah ngoceh ngoceh ngajakin ngobrol. Hayyaaa.. dasar bayik :D

Jam setengah enam gw mandi. Shaq diajakin Jacky jalan jalan keliling komplek. Gw tumplek plek masak di dapur. Hari ini kita bikin gule telor plus sayur baby khailan. Jam 6, Shaq gw mandiin. Anaknya senyum senyum aja gitu. qiqiqiiq.. Mandi juga sekarang jadi enak secara doi udah anteng banget duduk di baby bathernya. Abis mandi, langsung deh gw mimi'in en jam 7 kurang lima doi udah pules tidur. Gw lanjut sarapan en berangkat deh.


Oleh Oleh Buat Shaq dari hari pertama ngantor.
350 mL ASIP didapat dari 2x pumping
Baru sejam di kantor gw udah kepikiran en langsung nelpon pulang. Ternyata Shaq masih pules bobo. Trus, Jam 11 siang gw nelpon lagi, taunya udah bangun en sempet nangis, lagi mimi' dianya. Kata si ibu, habis 50 mL. Trus sore jam 3 gw call Jacky ternyata dia udah pulang kantor. Jadinya gw agak tenang karena ada Jacky dirumah. Jam 5 ten gw langsung Go.. Balik dari kantor.

Jam setengah 6 nyampe rumah, liat Shaq lagi digendong si ibu di depan rumah. Ada Syifa dan Byan juga sih, Temen bayi Shaq yang cuma beda bulan lahirnya. Shaq lagi mimi' kali ini pake dot. hiks.. Jacky bilang gak mau dia pake cupfeeder, tereak tereak jadinya dikasihin dot ama laki gw. Huaaa... Tapi abis banyak mimi'nya. Langsung abis 110 mL. ya iyalah, kalo dot kan kaga ngenyot cuman nampung doang. Sedih sih gw, tapi mau gimana lagi. Tapi gw tetep pesen ama si ibu biar cupfeedernya tetep dipake. Jadi hanya keadaan darurat aja pake dot. Totally, hari ini Shaq ngabisin 220 mL ASIP melalui dua media dengan interval 3 kali minum per 3 jam. 110mL pake cupfeeder, yang 110 mL pake dot.

Gw juga pumping di kantor sebanyak 2x. Jam 10 dan jam 2 siang masing masing dapet sekitar 175mL. PD kiri payah nih, gak bisa mancur kaya PD kanan. Musti sering di nenin ke Shaq lagi biar saluran ASInya kebuka semua.

Selesai mimi ama pengasuhnya, gw langsung gendong Shaq. Dan disinilah cerita drama dimulai. Gw bisa bedain tangisan Shaq itu karena lapar, kesel, atau sedih. Dan yang gw denger sore ini adalah tangisan sedih. Pengen nangis bombay gw rasanya pas liat dia nangis sesenggukan gitu di gendongan gw. Ngadu, kenapa gw gak keliatan seharian ini. Shaq baby pinter. Even dia baru 2m3w tapi sudah sangat pintar sekali mengekspresikan perasaanya. Disela sela tangisannya dia menceracau ngomong seolah olah kaya orang marah. Sambil mimi ke gw juga masih menceracau. Kadang berhenti mimi' trus dia bubbling ngomel ngomel. Hati ibu mana coba yang gak sedih liat drama kaya begitu. Padahal udah habis 110 mL kan dia minum sebelum gw nenin tapi tetep masih nafsu banget aja mimi' langsung ke gw, Kangen kayanya. Setelah cape ngomel ngomel, diapun bobo..

Gw baru sekali ini loh liat fenomena kaya gini. Ternyata bayi bisa mengekspresikan kemarahannya. Ternyata bayi juga bisa protes. Even blom bisa ngomong dia tau kalo emaknya ini jahat banget ninggalin dia seharian.


"Anakku sayang, kelak kalau Shaq udah gede, udah bisa baca tulisan Mimmy ini dan udah bisa memahami perasaan orang dewasa, Shaq akan tahu kalo Mimmy juga terpaksa ngelakuin ini semua. Mimmy pengen banget bisa nemenin Shaq sepanjang hari, tapi Mimmy juga punya tanggung jawab untuk kasih kehidupan yang layak buat Shaq. Makanya Mimy harus kerja. Harus cari uang buat sekolah Shaq, buat beli mainannya Shaq, buat beri yang terbaik buat Shaq. Kondisi kehidupan kita sekarang yang mengharuskan Mimmy berbuat demikian. Percaya deh, apa yang Mimmy lakuin sekarang, murni buat Shaq. Mimmy sayang Shaq, gak akan pernah tergantikan rasa sayang Mimmy oleh apapun. Jangan marah lagi ya sayang. Please jangan bikin Mimmy nangis terus liat Shaq protes ke Mimmy. I love you my dearest son :)
Hugs and Kisses
Mimmy <3"

__,,__


No comments:

Post a Comment