Tuesday, August 27, 2013

Shaq's Journal : 3 Months Old

I'm 3 months Old now
Happy 3 months old Baby Shaquille..

Tepat hari ini umur Shaq udah 3 bulan. Alhamdulillah yaa...
Walopun tetep bikin mewek di hati setiap kali gw tinggal kerja, tapi perkembangan Shaq sangat signifikan. Nah berikut update-annya yah.

3 minggu dari bulan ketiganya di habiskan mudik di Padang. Unplanned mudik itu loh. Gak ada sedikitpun rencana mudik. Tapi entah kenapa gw ngerasa lebaran di Little island ini gak bakal asyik, trus lagi nyokap gw sedih karena ngga bisa lebaranan ama bokap akhirnya gw ambil keputusan. Kita mudik Coy... bertiga doang. Gw, Shaq en nyokap gw. Jacky? Doi masih ada kerjaan. syukur2 bisa nyusul tapi ternyata ngga nyusul secara tiket pesawat abiiiiiss..
Selama di Padang, Shaq beda banget loh. Kalo di Little island dia cenderung introvert, haiissh bahasanya, wkakaka.. maksud gw cenderung ngga mau diajakin jalan jalan keliling komplek maunya ngendon dirumah mulu, kalo di padang maunya keluar mulu. Emak gw yang rajin banget bawa dia jalan jalan secara gw emaknya ini males tingkat dewa kalo disuruh jalan keliling komplek.

Jadi kegiatan Shaq selama di padang ni ya..  Pagi, waktu sahur udah bangun. ngoceh tak ketulungan. apa aja diomongin.

"kukukublablabalabalmisndkfbsjkah" entah apalah artinya tapi gak henti henti ngajakin orang ngomong.

Abis sahur biasanya gw tidur lagi sedangkan nyokap ama bokap gw ke mesjid sholat subuh. Jam 6 pagi, gw boboin Shaq lagi. Jam 6 dia bangun pas emak gw udah balik dari mesjid. Langsung cusss ke kali deket rumah. Nyokap gw udah tereak tereak aja ke cucunya ngajakin liat ikan sapu sapu. wkwkkw.. Dan gw, lanjutin tidur tenang secara emang dasarnya males malem udah kebangun bangun nyusuin Shaq. Hahahaha.

Yang paling berkembang adalah, di usia ke3 bulannya ini Shaq udah bisa mengkomunikasikan apa yang dia mau. Jadi nih ya, kalo mau diajakin jalan jalan, dia ngeliatin pintu mulu. Trus kalo udah jalan jalan ngga mau pulang, dia langsung merengek2 gak mau pulang ketika kaki gw ataupun nyokap ataupun siapapun yang bawa dia jalan. Hehehe.. Baru dua bulan sekian loh umurnya udah bisa begitu. Dan yang pasti dia seneng banget kalo orang orang ngajakin dia ngobrol. Suka nimpalin orang orang lagi ngomong dengan celetukan bahasa bayinya. Pokoknya ibu ibu sekomplek gemes dah ama ni anak. Hahahaha..


Diajakin omi liat ikan sapu sapu :D
Imunisasi wajib bulan ke2 Shaq kan di padang, jadilah gw bawa di ke RSIA Cicik yang di Marapalam. Timbang berat badan, ternyata udah 6,5kg waktu itu. 2m1w dengan berat 6,5kg memang termasuk gede sih. Ketika gw plot di WHO chart udah diatas garis persentil 95%. Berarti hanya ada 5% bayi yang memiliki postur tubuh segitu. Imunisasi DPT, Polio dan BCG sekaligus. Nangis sih pas disuntik tapi bentar doang kok nangisnya. Kan anak pinter... Seminggu abis imunisasi Shaq gw bawa timbang lagi di RS yang sama. Alhamdulillah udah 7kg aja doi. pantesan udah berasa makin berat. Untung anak ASI ekslusif ya.. jadi tidak kenal istilah obesitas


2m16d udah 7 kg :D


Selama di Padang, jadwal bobo Shaq udah teratur banget. Jadinya hampir gak pernah begadang gw. Dia minum susu 2-3x dalam satu malem jadi nyusu sambil bobo dan gw juga sukses nerusin tidur. Qiqiqiqi..

Di usia yang ketiga bulan ini, Shaq udah mulai ngiler ngeliat kita makan. Kalo liat gw makan didepan dia, mulutnya langsung ngecap ngecap deh tuh. Duh, gimana ya, masih lama nak. Tunggu 6 bulan dulu ya, baru Shaq ikutan makan kaya mimmy pippy.



Kakinya Shaq udah kuat banget, udah suka lompat lompatan en manjat manjat. Kalo digendong, kakinya dinaik naikin kaya mau mendaki gitu didada kita. Tadi sempet tuh gw videoin adegan lompat lompatannya. Udah gw upload en bisa ditonton disini. Kadang gw mikir apa gak terlalu dini buat anak 3bulan kaya gini. Jadi agak worry juga sih, takutnya nanti keseleo dia lompat lompatan mulu, tapi anaknya masih lincah aja ya udah gw biarin aja. Kakinya suka ditegangin kaya mau berdiri gitu. Hadeeeh.

Trus, sekarang Shaq juga udah bisa minta ikut ke kita. Udah gak pasrah digendong siapa aja lagi. Waktu liburan di Padang dia bisa bisanya minta ikut ama Pak Thamrin. Jadi ceritanya gw lagi gendong Shaq gitu pagi pagi abis subuh depan rumah. Trus si Bapak ini lewat pulang dari Masjid, nyapa kita..

"duh, siapa namanya?"
"Shaquille, kakek.."
"wah, umur berapa?"
"dua bulan 2 minggu kek?"
"kirain udah gede, abis gak kaya anak umur dua bulan.. kakek pergi dulu ya.."
"iya kakek.."

Tiba tiba si bayik ini condongin badannya ke arah si kakek.. busyet deh, disangka bapaknya kali ya. minta ikut gitu. "nanti kakek main lagi ya, sekarang pulang dulu"

Qeqeqeeq, aseli ajaib aja gw liat tingkahnya. Udah ngenalin orang, udah bisa minta ikut pulak.Seperti udah gw post sebelumnya,gw udah mulai masuk kerja lagi. Resminya tanggal 19 Agust kemarin berakhir sudah maternity leave. Dan berarti sampai detik ini udah seminggu lebih Shaq gw tinggal kerja. Kemarin, dia udah minta ikut. Pagi pagi gw biasa mandiin dia dulu biz itu mimi' bentar sampe dia bobo. Nah sekarang udah ga mau lagi dia bobo pagi pagi. Kayanya dia udah tau mau ditinggal, jadi mimi' bentar udah itu melengos ketika gw sodorin PD. Alhasil tu anak gw gendong gendong aja sambil gwnya sarapan. Udah kelar nyarap, gw kasihlah dia ke pengasuhnya. Eh, gak mau dia, langsung merengek rengek. Mau gak mau kepaksa ilmu ngibul dipake. Jacky gw panggil suruh dia ajak jalan ke depan. Gw cuss deh ngantor keluar lewat pintu samping. Sedih sih harus pake cara ini. Biasanya kalo gw mau pergi, gw cium cium trus dia gw dadah dahain deh. tapi sekarang ga bisa lagi. Dia tau bakal ditinggal ampe sore. Hiks.. Maafin Mimmy ya nak, jadi pake ilmu kibal kibul kaya gini. Tapi mau gimana lagi, Mimmy kan harus nyari duit buat Shaq :(

Trus activity wajibnya Shaq sekarang adalah jalan jalan pagi. Jadi ya, jam 5 subuh dia tuh udah bangunin kita semua. ngoceh ngoceh, gelang kakinya dihentak hentak biar bunyi. Trus kita semua diajakin ngobrol. Cape ngobrol, merengek minta keluar. Gw susuin gak mau, pokoknya kekeuh mau keluar. Beuh, masih gelap kan ya. tapi teteup aja ribut, akhirnya Jacky ngalah deh, ngajakin dia jalan keliling komplek. Jacky capek, gantian pengasuhnya yang ajak dia jalan. Nah gw? molor dong. Hahaha.. Dasarlah gw emang bukan ibu yang baik. Tapi sumpe untuk activity yang satu ini gw males banget gilak.

Nah, dari artikel yang gw baca di Babycenter. Berikut milestone bagi baby umur 3 bulan
  • By now, you're basking in the warmth of your baby's delighted smiles! He actively enjoys playtime now, amusing you both when he imitates your facial expressions. He's starting to babble and mimic the sounds you make. --> Shaq udah suka banget senyum loh, apalagi kalo abis bangun tidur. Moodnya bagus banget sampe sampe senyum senyum sendiri. hehe.. Udah suka banget main sampe sampe waktu bobonya berkurang. Siang palingan 2-3 kali bobo itupun paling sejam doang, sisanya ya itu maen maen. Minta jalan jalan keluar rumah mulu. Akhirnya sering dibawa maen kerumahnya Syifa deh. Trus seperti yang gw bilang sbeelumnya, doi suka ngoceh gak karuan. Kadang kaya lagi cerita panjaaaaang banget tapi yang ngerti apaan ya dia sendiri Hahahaha.
    Pagi pagi bangun tidur senyum senyum mulu ampe ilang tuh mata
  • You no longer need to support his head. When he's on his stomach, he can lift his head and chest, and even do the mini-pushups that set the stage for rolling over. He can open and close his hands, shake toys, swat at dangling objects, bring his hands to his mouth, and push down with his legs if you hold him in a standing position. --> Ini mah dari umur 6 weeks juga udah. Udah bisa menggenggam sekarang. Suka mainin baju gw kalo lagi mimi', Kalo gw kasih main playgym, dia suka goyang goyangin rattle yang di kaki playgymnya. Masukin tangan ke mulut apalagi kalo lagi nangis, itu tangan kaya mau dimakan sehabis habisnya. wkwkwkw.. Suka nekenin kakinya ke badan kita kalo digendong. 
See, kakinya dipanjat panjatin ke badannya emak gw
  • His hand-eye coordination is improving. You'll notice him closely tracking objects that interest him and focusing intently on faces. He's able to recognize you from across the room! --> Ini terbukti, pas Shaq lagi didepan rumahnya Syifa. Gw pulang kantor dan dia langsung bisa ngenalin itu gw. Dia udah tau banget gw. Hihihi.. Dia juga suka ngeliatin gambar2 yang rada detail gitu. Kaya baju daster gw yang kebanyakan motif batik. Matanya kayanya gak berkedip ngeliatin itu lukisan di baju. 
Ini dia ekspresinya, kadang serius banget, kadang gelo, 
kadang senyum dengerin kita ngobrol
So, dari 3 poin milestone yang harus dicapai Shaq di usianya yang ketiga bulan ini sudah tercapai semua. Taraaa... Alhamdulillah ya, perkembangan Shaq sesuai seharusnya even ada beberapa yang statusnya kecepetan. Tapi gpp kok, yang penting sehat, cerdas dan bisa jadi kebanggaan keluarganya. Sekarang gw lagi getol getolnya ngajarin dia tengkurep. Dia udah pernah sih tengkurep sendiri pas badannya mirin2 gitu. Tapi blom pas, en sekarang dia maleees banget latihan tengkurep. Trus menurut panduan dari babycenter, gw harus kasi mainan deket dia biar dia mau bergerak. Trus tadinya gw mau beliin dia softbook tapi gwnya tiba tiba bokek abis lebaran ya udah deh bulan depan niat banget beliin dia softbook biar bisa dibaca bareng dia. Dia juga udah mau ngerespon gitu kalo kita cerita tentang sesuatu ke dia. Walopun hanya bubbling yang ga jelas artinya tapi seolah olah beneran bicara sama gw. Oke deh.. Selamat berjuang Baby Shaquille.. Be a smart kids.. Love you, Shaq !!

Oh iya, Shaq udah vaksin rotavirus, nanti aja gw ceritain mengenai vaksin ini di postingan terpisah ya :)

__,,__

No comments:

Post a Comment