Wednesday, April 27, 2011

What is the biggest problem ahead of your wedding day?

Masalah apa yang paling banyak mendera ketika anda merencakan pernikahan??

Waaah, kalo ini beragam macam jawabannya.. Nih.. liat dibawah sini.. kali aja ente para readers ada yang bisa nambahin atau bisa jadi salah satunya pengalaman pribadi ente2 .. cekidot...
  • Ada yang bilang, kecocokan sama pasangan yang diuji... bawaannya beranteeem mulu,, panass mulu suasananya.. Hanya karena urusan sepele aja bisa perang dunia.. Gara2 jepang dilucuti ama sekutu aja, bisa jadi sumber masalah yang berujung saling mempertahankan pendapat,, ujung2nya om wikipedia yang jadi penengah dan memberikan kebenaran.. ahahaha (ini pengalaman masa lalu gw bangett.. kwowkokwow.. kalo diinget2 betapa bodohnya gw mau ngeladenin topik cupu macam tu...) 
  • Ada lagi yang bilang,, godaan  dari pihak eksternal... kok rasanya ada cowo yang lebih menarik hati... padahal, status udah tunangan. Trus,, nyesel, knapa gw ga tunangan ama cowo yang ini aja.. kenapa telat ketemunya.. kenapa begini.. kenapa begitu.. dan kenapa kenapa yang lainnya... hahaha... ini juga sering muncul buat pasangan2 yang akan melangsungkan pernikahan, yang ga sedikit berujung batalnya Big Day yang direncanakan (Amit amiiit.. jangan sampe deh)
  • Ada lagi semua serba sulit.. apa2 sulit,, urusan rumiiiiiiiiiiiiiiit aja.... mau apa2 selalu ada halangan... wah.. wah.. ini ga tau deh kenapa...
Nah, kalo gw,,,  The biggest problem menjelang big day adalah konflik ama bokap nyokap gw,, hehhe,, Wah.. wah.. jangan bayangin berantem disini adalah gw marah2, trus jambak2an rambut, trus guling2an di tanah ya,, wkwkwkk.. Konflik disini adalan selisih pendapat aja, tapi berasaaa bangett panasnya mempertahankan pendapat masing2...


Berawal dari sejak pertama kita ngerencanain menikah, gw langsung ngomong ama bokap nyokap gw.. dan reaksi mereka pertama adalah


"kamu yakin??" 
"kamu kenal dimana anaknya??"
"kamu udah bener2 tahu dia blom??"
"Kamu yakin ga bakal berakhir seperti yang sudah2?"
"kamu udah bener2 ngomong sama dia??"
"Gimana keluarganya??"
..daaaaannn segudang pertanyaan laiiiiiin yang harus ekstra sabar menjelaskannya... 

Yap, gw sadar kalo gw dan Jacky sangaaat dini,, (hayyah,, pernikahan dini dunk judulnya.. ahhaha) untuk memutuskan hidup bersama, berjuang bersama, saling asah asih asuh, saling mengayomi, saling setia, akan selalu saling mencintai dan memberikan kasih sayang satu sama lain... Hanya dengan seminggu kenal dan dengan satu anggukan yang berarti "I DO" bahwa kami akan menikah. Gw juga ga tau apa yang membuat gw memutuskan menerima pernikahan ini.. tapi Alhamdulillah, ga ada sedikitpun keraguan di hati gw untuk sekali ini.. Ga seperti yang sudah2lah pokoknya.. 2 kali gagal dalam merencakan pernikahan sudah cukup menjadi pelajaran buat gw.. Yah, feeling juga ngaruh sih,,, bcoz,, kalo yang sebelumnya, ada rasa ragu dihati gw.. heheh.. kalo yang ini.. nga sama sekali.. udah mantep.. Amiiinn..

Nah, bokap nyokap gw agak shock denger anaknya bisa punya rencana nikah secepat itu,,, karena hanya dalam hitungan bulan setelah gagal menikah, gw udah punya calon lain lagi.. Instant boo.. heueheuheu... ya lah, ngapain lama2 pacaran.. cape gw, udah 13 tahun berpacaran terus tanpa ada progress.. hueheu...

Ya, gw bilang ama bokap nyokap, gw cuman minta nikah aja, ga perlu wedding receptionlah.. yang penting kan "SYAH" nya.. kalo nikah aja , gw bisa nanggung 100% lah,,,  kalo ada wedding reception, gotong royong pleaseeee... Huaaa,, langsung ditolak abis2an ama ortu gw tercinta ini.. "OOWW... TIDAK BISSSAA,, KAMU ANAK PERTAMA, SATU2NYA CEWE.. CUMAN SEKALI INI MUNGKIN KITA BISA BIKIN ACARA INI.. Kita hidup bertetangga, nanti malah jadi omongan orang.. bla.. bla..."

Gw sangaaaatt mengerti dengan semua ini.. tapi gw ga mau ditunda lagi cuman gara2 harus bikin big ceremony.. harus nabung sekian tahun dulu buat biayanya,,. sedangkan kantong gw udah beberapa bulan ini kempes,, gara2 gw punya plan buat settle di batam n memutuskan buat beli rumah kecil yang sangat super sederhana sampe sampe selonjoran aja susah disana.. hiks... Dan akhirnya discuss sana sini.. kita tunda ke bulan mei.. yah.. kalo diitung sekarang sekitar 9 hari lagi ya,. hehehhe...

You know lah... biaya baralek di negeri gw ranah minang tercinta itu ga murah,, cewe lah yang jadi korban,, karena aturan adat yang mengharuskan si cewe yang musti begana begitu,,. meminang,, nganter ini nganter itu buat calon marapulai.. blom lagi alek (baca:acara resepsi) yang hampir semuanya musti dicover keluarga perempuan.. pokoknya, kalo tau angkanya.. sangat2 menggenaskan.. yang bikin gw geleng2 kepala... padahal kalo ngikutin prosesi sakralnya aja, paling banter abis 1 juta.. udah sah.. udah muhrim.. Tapi kalo ini?? bisa buat beli rumah.. heuheuehue...  gw sempet bilang kek gini ke nyokap,.. "bu, sini duitnya buat aku aja biar bisa ngelunasin rumah aku..." nyokap gw cuman bilang .."enak aja kamu bilang.." heuhehue.. menurut gw Mubaziiir ... tapi adat gitu loh.. mau apa lagiii...

Terhitung dari januari sampe april ini gw praktis ga beli apa2... semua duit dialokasikan untuk big day plan ini.. ya.. tentunya setelah dikurangi tagihan rumah sangat sederhana yang nantinya insyaAllah jadi awal investasi gw.. Untungnya untuk urusan furniture kamar pengantin, gw udah purchase dari taon kemaren.. jadi udah ga pusing lagi mikirin pernak pernik ga penting itu.. kenapa ga penting, karena menurut gw,, yang namanya kamar pengantin itu cuman sekedar ajang perlambang adu gengsi... Buat apaaaaa coba kamar pengantin diliat2in ke orang???? nanti si tamunya bukan nyalamin pengantinya duluan malah ngintip kamar pengantinnya duluan,,, abis itu dikomenin.. "duuh, kamar pengantingnya bagus ya..".. "ahh biasa ajaa.." "wah,, itu perabotannya ga sinkron gitu ama undangannya.." bla.. bal.. bla.. prosesi yang aneh...



Pengennya yang kaya gini,, tapi muahaaalll
Sempat gw bilang kek gini ama nyokap "Bu, pake minimalis design aja, beli bed yang langsung dihampar dilantai, trus lantainya kasih motif kayu tempel.. dibikin agak tinggi trus kasi bedcover putih polos..  kiri kanan kasih rak kecil minimalis ada pernak pernik minimalis.. lemarinya yang kecil aja minimalis juga.. jadi ga pusing mikirin perabotan yang segambreng itu.. yang ada nyokap gw langsung mencak2.. ahahhaha... "emang kamu pikir ini kamar kost" wkwkkwkkwk....

Itu salah satu yang bikin ribut sama nyokap.,, trus blom lagi masalah design kamar.. "kamu sih belinya pake lemari 3 pintu.. udah tau kamar kita ukurannya seuprit.. mana muat...?buat apa itu beli lemari gede2, abis nikah kalian kan juga ga bakal tinggal disini?" Gw cuman bilang "ibu, udah dipasang blom bednya?? coba pasang dulu.. aku udah bikin gambar design kamar dulu loh sebelum beli.. pass kok...lagian aku kan dah bilang ga usah beli perabotan lenong eh kamar itu?? pake model kamar kost aja,... ibu ga mau.. itu juga semua buat ibu pake kok abis aku nikah.." hueheheu,, nyokap gw langsung diem.. pas tau itu bakal buat nyokap juga..

Blom lagi urusan poto2.. buat gw poto itu adalah hal terpenting jadi musti bagus.. kenapa?? karena hanya dokumentasi yang akan tersisa setelah acara berakhir... itulah yang akan mengingatkan kita betapa bahagianya hari itu.. Tapi buat nyokap, poto gak penting,,,, 2 rol aja cukup... WATTTSS?? 2 rol?? mau piknik kemana mommyku?? mana cukuppppp.. heuheueu.. dan akhirnya 2 roll itu di extend lagi deh minimal 4 rol.. boleh lebih.. Yang paling penting itu makanan tamunya.. hehheh, emang emak emak sama anak2 jalan pikirannya beda..

Pokoknya banyaklah yang jadi silang pendapat antara gw n nyokap.. masalah henna ditangan (katanya jelek kalo pake gitu2an.. padahal gw pengen banget kaya orang india gitu,, nehii nehii nehii acca), prewed (ngapain2 prewed segala,, buang2 duit tauk... nyokap gw bilang.. hehhe.. padahal prewed gw kan gretongan), souvenir (gw keukeuh pengen punya souvenir sendiri,,, bukan hibahan dari siapa siapa.. dan maha suci Allah yang ini udah terwujud)..  undangan (nyokap bilang undangannya yang serebu ma ratus aja..gw bilang gak mau,, jelek,, ya udah akhirnya gw inisiatif bikin undangan nikahan gw sendiri..) daaaaaaan sebagainya...

Tapi Alhamdulillah itu semua hanya sebuah proses,,, satu persatu mulai settle, 9 hari menjelang big day gw.. masih banyak pe er sih.. Tapi gw yakin bisa mampu menghadapinya.. Allah tahu seberapa besar kemampuan gw menanggung masalah... 

Gw sama Jacky, praktis ga ada masalah sama sekali... Alhamdulillah... ga ada sama sekali gap di antara kita.. gw sangat enjoy menikmati masa2 pertunangan ini... Amiin.. terima kasih ya Allah.. Engkau telah pertemukan orang yang sangat tepat buatku.. 

~Semoga sisa hari yang tidak seberapa ini dilancarkan dan diberi kemudahan oleh Allah.. Amiin~

No comments:

Post a Comment