Thursday, April 14, 2011

Invitation (3)

Praktis 2 mingguan ga nge-blog disini.. Kenapa? soalnya hari2 gw diabisin buat lipet lipet, gunting gunting, lem sana lem sini kertas undangan.. Hoaahh,, cuapee boo.. Yess.. ternyata sangat menguras tenaga. Betapa tidak, tangan gw cuman 2 biji, sedangkan kertas yang musti dilipet tuh ada lebih dari 1000 lembar.. wew... Cuapee...

Anyway, gw ga nyesel milih desain undangan yang ini, walopun setengah idup ngerjainnya...

Hm.. kalo diintips di postingan sebelumnya, design yang gw pilih adalah elegant black and white.. Kemarin2 gw ga berani share gambarnya bcoz takutnya ga jadi.. hehehe... tapi disini gw akan share gambarnya, proses sproduksinya, juga total biaya terpakai..

Invitation yang gw contek designnya ini aslinya sangat sederhana, hanya undangan lipet 2 yang diamplopin trus luarnya dikasih pita... item putih doang kok.. Design aslinya begini nih.. 
Kalo pesen, yang kaya beginian jadi 9600/pc .. muahalll




Trus berbekal gambar ini, gw contact temen gw yang di Jakarta, minta tolong di design ulang en dicetak di Jakarta trus gw disini yang finishing.. Awalnya dengan senang hati prend gw ini ngebantu.. Tapi setelah design nya selesai, apa mungkin karena gw terlalu nyinyir nanyain, gw terlalu ngotot, entahlah.. temen gw ini mundur untuk proses cetak.. Hiks.. asliii gw jadi hopeless banget.. sedddih boo... dan sempet mau tuker ke alternatif kedua yaitu undangan paper quillling..


Tapi, my lovely fiancé terus menyemangati gw... dan akhirnya kita decide buat bikin sendiri undangan pernikahan kita.. hehheh..

Hunting kertas ternyata ga gampang di Batam.. Ga banyak toko stationery yang punya koleksi kertas lengkap. Coba hunting di khariyem, Gramedinem, huhu... gak bangettss,,, gw butuh kalkir,kertas undangan linen, kertas karton manila dan itu jumlahnya nga sedikit.. wew.. akhirnya setelah muter2 nemu toko yang jualan khusus stationery aja.. di bilangan Jodoh Batam.. nama tokonya Samson (kalo ga salah ya gw,, lupa2 inget euy) .. disana kumplit ade semue... dan harganye lumanyun.. hehe.. lumayan lah.. akhirnya kita mutusin beli sample dulu biar di test print.. Beruntung undangan gw cuman black and white warnanya jadi bisa di print manual pake laserjet biasa.. 

Malem2, test print di warnetnya Ben, di Genta.. ahay.. hasilnya te o pe be ge te.. qeeqeq.. keyeen.. dan kita putusin oke pake design itu dan gw yang bakal bikin undangannya.. hand made boo,...

Besoknya, hunting kertas, tapi berdasarkan suggest dari seorang kenalan, akhirnya kita coba jalan ke arah Batam center.. di jalan ketemu supermarket stationary lagi,, Edukits.. disini lebih keren, complete deh semua ada.. dan harganyaaa wew.. jauh super duper murah... Nih daftar belanjaan gw ditoko ini..

1. Kertas kalkir alias Tracing paper merk Diamant ukuran A4 80/85grams harganya 29000/50 sheets, gw beli 200 sheets
2. Kertas undangan linen motif ukuran A4 210 grams harganya 10000/20 sheets, ini juga gw beli 200 sheets
3. Karton manila putih ukuran lebih gede dikit dari A2 tadinya 2000/sheet, tapi setelah gw nego dia mau jadi 1800/sheets. Yang ini gw beli 55 sheets.
4. Lem putih pVAC Fox 150 grams harganya 7000/pc.
5. Kawat ikat Wini Twist Tie pendek 9000/pack
6. Pita 1/2 inch black 8500/rol, yang ini gw beli 6 rol.
7. Fun Shape Hole Punch motif Dolphin, harganya 4000 aja/pc. (kalo yang ini belinya  rada maksa,, karena lucu aja.. ga tau juga mau dipake buat apa..hihihi)

Oh iya, sebelumnya di Khariyem gw dah beli kertas Tulip fancy paper A4 80 grams buat alas kalkirnya.. harganya 6500/20 sheets.. Ini gw beli 220 sheets coy.. Trus waktu di gradinem, juga udah beli lem foX, dan ini  lagi2 gara2 maksa juga.. Waktu itu kita dah cape kliling2 gradinem nyari kertas, tapi nga ketemu, ada juga pun harganya muahalll... jacky saking keselnya nga ada yang bisa dibeli, maksa harus ada yang bisa dibeli. akhirnya beli lem deh,, muahalll coy di sono.. yang di Edukits cuman 7000 digradinem 9500 perak.. hiks...


Perlengkapan tempur buat misi Invitation chantique






Udah dapet semua perlengkapan tempur itu, gw balik ke bintan, wew.. susye coy,, berat, mana gw musti bawa banyak barang, bawa 2 lappie yang kecil ama yang gede, bawa baju kotor.. bawa bahan buat invitation ini.. whuaa,,, awalnya Jacky mau nganterin sampe Bintan, tapi gw ga mau, wong dianya biz balik gawe malem ,masa siangnya mo keluyuran.. ga bisa istirahat.. ntar kalo sakit gimana?? gw ga bisa stand by ada di sisi dia,.. ya udah, dianterin sampe ke dalem speed boat aja di pelabuhan Punggur.. soalnya gw ga sanggup ngangkat sendirian.. untungnya di speed gw mikir, langsung aja smsin Jokis ndut buat jemput ke Pelabuhan Uban... hahahhah,, singkat kata singkat cerita sampelah itu bahan2 di dormitory gw tercinta ini...

Dua minggu masa pengerjaan,, cape juga sih.. ya iyalaaaa.. hahha.. ngebut.. semuanya.. sampe2 gw nga berasa punya waktu buat istirahat... dan selama itu pula gw ga nge-blog.. ga ada waktunya euy.. hehehe.. 


Ga punya garisan, batang stainless pun jadilah.. :)
Udah cucok blom jadi tukang fotokopy??


Bikinnya sampe jumpalitan... blom lagi pitanya kurang, kertas manilanya juga kurang karena designya Yudi beda ama yang ada dalam gambaran otak gw.... Akhirnya amplopnya gw combine HVS putih en Manila putih, rada repot buat nyatuin 2 kertas itu tapi gimana lagi... Pita untunglah di Uban ternyata ada, lebih murah, dan lebih panjang.. 1 roll bisa dapet 34 undangan, kalo yang beli di edukits cuman dapet 24 undangan.. harga cuma 7000/rol.. heeyyy,, kok bisa ya.. ahhaha


Udah cape duduk, pinggang pegel.. sambil bobo pun jadilaaah..



Ini buat amplopnya coyy...
Finishingnya ternyata super ribet,,, banyak tahapan... Bikin amplop, bolongin amplopnya buat pasang pita, blom lagi bikin pita, pasang name card, hohoho...


Udah hampir kelarr...


Semua berserakan dimana mana,,




Lumayan rapi akhirnya.. Ini adalah undangan kloter k2, yang pertama lupa moto euy..


Oh iya, undangan gw ini dalemannya agak beda sama design aslinya.. Kalo aslinya hardcover? ini gw bikin softcover aja.. en dalemannya gw tambahin kalkir.. bcozzz undangan ini gw bikin dalam 2 versi... Bahasa Indonesia en English, secara boz gw en beberapa pren gw ga ngerti bahasa Indonesia.. Lagipula, undangan orang minang ni rada ribet.. musti nulisin semua yang ngundang, musti ada mapnya.. ya jadnya ditambahin kalkir dan kalkir ini harus dialas kertas tipis lagi biar tulisannya nga demet ama daleman cover. Jadinya isinya tu kira2 kek begini...
Ini bagian cover paling depan en paling belakang


Kalo yang ini buat bagian tengah.. pengisi antara undangannya ama cover


Nah ini isi undangannya sengaja dibikin 2 bahasa,,...



Akhirnya jadilah invitation2 itu...


Mau lihat hasilnya?? hm... disiniii...


Yang ini hasil ujicoba pertama
Ini dia hasil jadinya.. taraaaaa...!!!!
Penampakan luar


Penampakan dalam



Dan sekarang undangan2 ini udah kekirim 75%,, tinggal 30 biji lagi ajah masih nangkring di gw bcoz, blom ada konfirmasi alamat dari pren2 gw.. totally ada sekitar 200 lebih undangan.. ga begitu banyak sih, bcoz gw juga ga tau siapa aja yang musti gw undang.. 9 tahun merantau, bikin gw ga begitu banyak punya teman di daerah asal gw.. paling juga temen2 smu, smp, sd.. rata2 semuanya yang connect via facebook.. mostly temen2 gw ada di Jakarta, secara 8 tahun idup disana ya boo,, hm.. tapi gpp lah. sing penting akadnya.. sakral dan bermakna..

Penuh perjuangan untuk invitation ini, puas walopun ada kecewanya juga karena ada beberapa yang hasil printnya ga bagus.. tapi setidaknya gw berhasil bikin sesuatu yang beda dari kebanyakan orang orang.. Invitation hasil karya tangan gw ini bakal gw abadiin,, di simpen 1 pc yang originalnya, di frame bagus2.. dipajang deh buat kenangan gw ma Jacky nanti...

Oh iya, hampir lupa.. total biaya terpakai adalah 545000 perak ajah... tuh kan.. jauh lebih murah.. kalo diitung harga undangan gw ga sampe 3000perak/pc... apa kata dunia kalo gw bikinnya dipercetakan dengan harga 9600/pc.. bangkrut eike boo..

Thanks so much buat Yudhi atas desainnya.. bagus banget yud, karena lo jugalah gw akhirnya bersikeras buat belajar CorelDraw,, ehheeh,, dan sekarang gw dah punya software ini di lappie gw.. Thanks buat Jokis gendut and Ariel yang udah bikinin denah yang super bagus en lucu gambarnya.. heheh. Buat bang Haposan juga makasih denahnya,,, walopun ga kepake akhirnya bang.. Dan special thanks buat my lovely Jacky,, yang ga bosen2 nyemangatin gw , ketika letih melanda gw.. Seneng deh,, jadi semangat lagi after sekedar baca text buat lebih bersemangat atau denger suaranya aja.. heheheh..

Semangat..!!!

No comments:

Post a Comment