Friday, June 14, 2013

Review Philips Avent Single Electric Breastpump

Sesuai janji, gw bakal post review mengenai breastpump.

Untuk urusan breastpump ini gw riset agak lama loh.. secara harganya kan ngga murah. Jadi gw kalo beli sedapatnya awet en gak perlu gonta ganti merek. Menurut buibu di AsiForBaby, BP ini cucok cucokan. Gak semua orang bagus di satu BP. Tapi dari semua forum yang udah gw ikutin,  mulai dari TUM, FemaleDaily sampe ke Weddingku, Avent dan Medela adalah juaranya. 

Nah Avent dan Medela ini sayangnya bukan merek lokal, jadi barang barangnya impor semua deh. Karena melihat pertimbangan harga, kemudahan spare part, termasuk ke-addict-an gw akan produk Philips, akhirnya gw memutuskan untuk beli yang single electric. Kenapa? Berikut alesan alesan gw :
  • Untuk si single electric ini, dapat difungsikan menjadi single manual. Satu pompa bisa difungsiin menjadi dua jenis. Di dalamnya ada tuas dan perintilan pompa manualnya. Kalo listrik mati bisa pake yang manual gitu. Jadi enak kan, kalo beli pompa merek lain mana ada dapet two in one begini.
  • Harganya lumayan bikin manyun, tapi kalo dibandingkan sama medela, ya lebih murah si Avent ini. Di Indonesia harganya sekitar 1,4-1,5 jeti. Sedangkan medela dengan kelas yang sama adalah medela swing dijual paling murah 1,7jeti. 
  • Sparepart. Untuk Avent, karena gw kerja di satu perusahaan yang satu grup ama si Avent, gw rasa ngga susah buat dapetin sparepartnya :D Tinggal kontak kolega gw yang di UK sana, minta kirim kesini barangnya.. Busyeet.. Ongkirnya sabaraha.. ahahah.. Ngga sih, di Singapore kan ada tuh service centernya. Ya udah kesana aja kalo ada apa apa. lagian garansi kan 2 tahun international boo.. Kalo medela, banyak yang ngeluh spare part sering kosong. Dan gw gak tau di Singapore ada service centernya ada ato ngga.
  • Si Avent ini kecepatannya bisa kita atur sendiri. Jadi kalo misalnya nih, ritme yang bisa bikin ASI ngucur deras itu sedotan cepat, ya si mesin electricnya akan merekam sendiri kecepatan yang udah kita setting jadi ketika kita mau operasiin, tinggal pencet ON langsung deh kecepatan sedotannya sama dengan yang kita mau. 
  • Gw suka bentuknya. Mesinnya gak kepisah, langsung di breastpump nya, mungil pulak.. Jadi kalo mau sterilin tinggal copot mesin electric, perintilan pompa masuk sterilizer deh.
Nah, karena berbagai pertimbangan diatas, gw survey lah berbagai macam situs yang jualan ini breastpump. Di Indonesia available di berbagai macam online shop. Tapi sayang gw ga nemu offline shop yang jualan produk ini di little island. Huhu.. Sedih yaa..

Nha, iseng iseng deh gw cek ek amazon dan eBay. Di amazon ternyata lebih murcee, jauh banget harganya dibanding di Indonesia tapi sayang lagi deh, gak bisa dikirim ke Indonesia :(

Pas gw cek eBay, ternyata ada juga. Salah satu seller di UK, ternyata jualan barang yang gw mau and bisa dikirim ke Indonesia. Free shipping dan gw cuma bayar IDR 1250k aja. Weiitss.. Awalnya ragu gitu boo.. secara ini barang gak murah en gw khawatir aja kalo barangnya nyangkut di customs negeri ini. Hahahaha..

Berbekal keberanian dan kenekatan gw, gw coba lah contact sellernya langsung. Ternyata quick response dan dia kasih tau gw kalo barang bisa sampe ke Indonesia dalam 30 hari. Hm.. Lama juga. Tapi gw juga butuhnya kan abis lahiran. Ya sudahlah, gw gesek lah si Taz BCA gw untuk purchase item ini. Hm... Ternyata sellernya eBay emang bener bener keren. Besokannya barang gw udah shipped out statusnya. Dan gw contact lagi ke sellernya minta no tracking. Dikasih lah ama dia.

Awalnya sempet bingung, ini gimana cara trackingnya secara ini kan pertama kalo gw beli barang di UK. Iseng iseng input di situsnya Royal Mail. Royal Mail ini adalah semacam kantor pos nasional kaya di Indonesia gitu. Eh, ternyata bisa. En ada trackingannya. 

Pertama kelihatan disitus Royal Mail dulu...


Biz itu muncul deh di situs EMSnya Pos Indonesia.


Kalo udah sampe ke Little island, juga keliatan tuh...


Daaaan.. eng ing eng, barangnya nyampe dikantor gw hanya dalam waktu 3 minggu alias 21 hari. Free of customs tax.. Hidup Little Island.. Bebas biaya impor kalo masukin barang kesini. hehehe..  uhuy,,.. Dikemas dengan plastik item en also plastic bubble di dalamnya. 


Tapi satu hal yang gw sesalkan, packingnya gak dibungkus rapi lagi sama orang customs Indonesia. Dusnya agak robek dikit, keliatan banget ngasal lah pokoknya pas packing ulang. Padahal dari UK-nya mah ini barang disegel kumplit. Ya, gw tau lah kalo semua barang impor pasti dibuka sama orang customs. Tapi mbok ya jangan berantakan gitu dund pas repackingnya. Kita kan juga bayar biaya repacking pada saat barangnya dateng. Bikin bete deh ah.

Ini dia penampakan barangnya pada saat gw buka. Di bagian atas ada pompa electric plus charger. Jadi ini pompa selain pake listrik juga bisa pake batere. Baterenya 4 biji ukuran AA. Trus dibagian bawahnya ada colokan buat ke listrik sama perintilan manual breastpumpnya. Dan dapet bonus juga nih, Avent Disposable breast pad 2 biji.. Uhuy,.. Plus dot sama connector botol susu ke nipple dan covernya. Yeaa,, satu paket kumplit banget yaaa.. 



Ini Pompa test drive pertama kali pas gw lahiran di rumah sakit. Waktu itu bisa dapet 60 mL sekali merah. Keren yah, padahal ASI gw juga baru netes netes tuh. Nah, ini hasil test drive pertama begitu sampe rumah. Hari pertama Baby S bobo dirumah, malemnya gw mompa. Dapet 125 mL hanya dari satu payudara. Alhamdulillah.. Keren deh ini pompa. Dan satu hal yang pasti, ngga sakit ketika dipake. Kaya dipijet2 gitu doang sih putingnya. Bersyukur gw gak salah pilih pompa ASI, secara review dunia maya yang bilang payudaranya sakit ketika pake pompa ASI.



Trus pompa ASI ini juga loh yang bantu gw pada saat nipple kiri gw agak flat. Jadi ternyata puting besar tapi flat juga bikin bayi susah mau nyusu. Sempet kepikiran mau beli nipple shield yang dipake buat gantiin puting yang flat kalo mau menyusui.. Tapi pas ternyata gw abis pompa, itu nipple jadi ketarik dengan sendirinya dan pas gw susuin ke Baby S, eh dia gampang ngisepnya. Hahaha.. Ini pompa emang multi fungsi kali yah. Wkwkkwk..

So far, gak rugi lah gw beli ini pompa seharga 1jetian lebih. Kata orang mahal, tapi buat gw. 1jeti mah gak ada apa apa nya dibandingkan gw kudu prepare duit buat beli susu formula setiap bulannya dan berisiko pencernaan anak gw dipaksa kerja lebih keras. 

Heheheheh.. Gw blom disiplin mompa sih, tapi per hari ini gw udah punya 17 botol ASIP di freezer disaat Baby S umur 18 days old. Selama ini rekor 190mL sekali pompa, itu juga gak sampe kempes kempes amat sih payudaranya. Karena gw udah ngantuk gw stop deh. Ternyata bisa dapet 190 mL. Alhamdulillah... Sekarang ASIP masih gw simpen di Freezer kulkas 2 pintu. Blom beli freezer khusus ASIP. Tapi InsyaAllah kalo produksi ASI ini bisa melimpah, gw bakal beli. Gapapa lah habis 2jutaan daripada beli susu formula tiap bulan :D Kalo ini freezer kan bisa dipake ulang buat dedenya Baby S nanti,. xixixi.. Adeuh, emak emak irit buanget dah..



Kemarin udah coba test Baby S dikasih ASIP seminggu yang lalu, eh dia lahap loh.. heheh.. Ternyata doyan ASIP, jadi gw gak perlu khawatir lagi deh. 

Anyway.. Setelah menjalani hidup sebagai emak emak sejati akhirnya gw jadi makin semangat ngASI nih.. Hidup pejuang ASI. Even kite working mom, gak menghalangi kita untuk ngasih yang terbaik buat anak kite kan yaa... Gw mau mematahkan anggapan mereka mereka yang selalu bilang, "iih, kalo ibunya kerja kan gak bisa ngasih ASI ekslusif"

Breastfeeding is mind game... Berpikir positif bahwa ASI cukup untuk bayi kita, insyaAllah bakal cukup. Yuk ah, masih ada 23 bulan lagi yang kudu dijalani untuk memberikan hak mendapatkan ASI-nya Baby S.


Breastfeeding SPIRIT!!!

__,,__


12 comments:

  1. Total harganya berapa mbak ?

    ReplyDelete
  2. Mb, minta no kontaknya jg dong, mo tanya cara pesan bp avent

    ReplyDelete
    Replies
    1. add fb ku ya mba https://www.facebook.com/uniliachan

      Delete
  3. Mba mau jg dong tanya2 pesen bp abent

    ReplyDelete
  4. Mba, mau tanya juga dong.. Skrg modelnya udah beda yaa? Lebih mahal sejuta pula, fitur dan bonus lebih oke yg punya mba.. Kira2 masih ada yg jual ky punya mba gak?

    ReplyDelete
  5. coba cari di flea market theurbanmama.com Ratih Primadian

    ReplyDelete
  6. Mbak, mau tanya seller yg di ebay ID nya yg maxtoptech itu bukan ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Kena pajak impor ngk mba?atau hrg segitu sdh nett

    ReplyDelete