Sunday, October 28, 2012

Happy Birthday SMAKPA ku dan Selamat Hari Sumpah Pemuda



Sumpah Pemuda..

Hari ini.. Bareng sama Ulang Tahun sekolah gw tercinta berdiri..
Ya, Sekolah menengah Analis Kimia Padang ini berulang tahun di hari yang sama dengan hari sumpah pemuda.. udah 48 tahun coiyy..
Dulu namanya Sekolah Analis Kimia Menengah Atas atau SAKMA.. trus ganti nama deh jadi SMAKPA..

Nah yang bakal gw bahas ini dua duanya..
Untuk Sumpah Pemuda.. karena gw ga ngalamin masa masa sumpah pemuda ini jadi yang tersisa di gw ya cuma ikrarnya aja..Yang gw tau sumpah pemuda ini momen kebangkitan pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan..

Gak tau lah, tapi memang negeri ini sudah parah banget dimana Sumpah pemuda hanya jadi sekedar peringatan setahun sekali..
Beberapa minggu kebelakang ada berita nyawa beberapa pelajar yang tawuran entah karena urusan apa.. Wuih.. keren ya.. pembunuhan seakan jadi trend untuk PELAJAR PELAJAR jaman sekarang.. Miriiiissssss.....
Tapi itulah jaman sekarang dimana pendidikan udah gak ada artinya lagi,, Bayar mahal mahal buat sekolah wong nantinya anak2nya bermental pembunuh.. hiks.. begidik gw nulisnya..Padahal para pelajar inilah cikal bakal pemimpin bangsa di masa mendatang.. Nah.. kalo mentalnya dari sekarang udah kaya gini, mau jadi apa??



Selain kelakuan yang miris banget ini.. satu hal yang bikin gw geleng geleng kelapa eh kepala.. bahasa yang dipake.. Hadooh,, itu siapa sih yang nyiptain bahasa 4L4Y ,, anak anak jaman sekarang pada gak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.. Ciyus?? Miapah?? Enelan?? kalo engga "akyUU cHintA sMaa qmoe..  padahal Bahasa Indonesia itu di ajarin selama 12 tahun loh disekolah umum.. onde mande tusdeee..... kok malah jadinya begini? kacau beliau..

Trus lagi pada demam KPOP.. sampe sampe dandananya juga ber'KOREA' ria.. kadang engga panteees banget dipake tapi ya dipake aja.. judulnya sih lagi trend.. mau keliatan ancur kek yang penting trend.. suka sih boleh ya.. gw juga gak mengingkari kalo gw sebagai penikmat drama korea.. tapi ya sekedar penikmat.. cuma ambil positifnya aja dimana drama korea selalu mengajarkan kerja keras untuk mencapai sesuatu.. gak lebih.. gak ikut2an pake baju ala artis korea.. apalagi ampe plastic surgery buat mancungin idung gw yang emang udah mancung ini.. idih, amit amit..

Nah untuk hal hal yang berikut ini,, gw cuma berharap semoga secepatnya demam demam ini berlalu. Gak kebayang kerutan kepala ini kalo baca sms anak jaman sekarang. Bahkan namanya di facebook aja jadi gak dikenali lagi gara gara namanya diganti dengan tulisan yang aneh aneh.. hihhi... Semoga yang tawuran cepet sadar en kembali ke jalan yang benar dan bisa menjadi pemuda yang bener bener bisa dibanggakan oleh bangsa ini..

Trusss bagaimana dengan SMAKPA..
Ini sekolah gw tercinta terhunny bunny.. walopun banyak keki kekinya sekolah disini tapi bener deeeh,, masa masa remaja gw paling indah ya di SMAKPA ini..
Masuk sekolah ini diantara rela dan terpaksa.. Kenapa kepaksa? ya, karena dulu gw gak ada cita cita jadi seseorang yang berkarir di dunia perkimia-an.. cita cita malah jadi dokter.. Berhubung ayah udah ultimatum gak bakal bisa kuliah in gw akhirnya puter otak cari jalan lain. Akhirnya dipilihlah SMAKPA even gw lulus di SMU paling ternama di kota Padang saat itu.

Sekolah di SMAKPA menyenangkan.. hehhehe.. kaya orang kuliah dan standar materi yang diberikan juga setara dengan mahasiswa S1 jurusan kimia.. Jadi ya gak heran kalo ditahun pertama sejak gw jadi siswa disekolah ini sudah gugur 10 orang teman yang gak bisa lanjut ke tahun kedua.. dan jumlah itu terus bertambah sampe waktunya lulus di tahun keempat..

Study hard.. itu sudah pasti.. Kita bukan SMU biasa yang kurikulumnya sesuai umur anak SMA.. Perpustakaan jadi tempat wajib yang gw kunjungi.. karena jaman kami sekolah dulu internet belum mewabah layaknya  sekarang. Pacaran juga wajib, wkkwkwkw.. tapi lagi lagi seperti yang gw bilang sebelumnya.. untunglah gw orang yang sangat bisa fokus saat itu jadi jatuh bangun masalah percintaan gak mempengaruhi persekolahan sama sekali.

Tapi satu hal yang sangat gw kagumi dari sekolah ini.. persaudaraannya itu loooo... ya ampuuun,, itu alumni udah tahun jebot masih tetep loh suka ngumpul sama kami yang muda muda,,, bikin acara bareng.. semua berpartisipasi. Jadi inget dulu pas Ulang tahun SMAKPA yang ke 36 disaat gw adalah salah satu panitia yang terlibat didalamnya.. Kebagian jadi sekretaris merangkap seksi sibuk yang ngurusin pengumpulan dana.. dan wilayah gw adalah, Simpang duku dan sekitarnya.. tau kan Simpang Duku? Itu loh, pabrik Coca Cola yang dipadang.. Inget banget ada 4 perusahaan yang kami ajukan proposal saat itu.. Coca Cola, Bumi sarimas Kelapa, STS dan Nusantara Beta farma..Empat2 nya gw datengin dan dengan muka PD gw ajuin itu proposal ke para alumni yang berkerja disana.. Diterima dengan sangat baik oleh uda uni disana.. dan dua minggu setelah proposal di ajukan kami jemput dan donatur terbesar untuk acara itu adalah 4 perusahaan tersebut.

Pada saat hari H mereka dateng, bapak sesepuh H. Maigoes Ma'aroef juga datang.. Sungguh kekeluargaan terpancar dengan sangat erat diacara ini.. Acara kami sukses besar.. Alhamdulillah...

Ini adalah salah satu buah keberhasilan dari DUGA KELUARGA,, gw yang juga sekarang berstatus sebagai alumni gak bisa mengingkari betapa besar pengaruh acara Duga Keluarga ini... Disitulah gw kenal dengan banyak alumni... Distulah kita diajarkan bahwa kedekatan dengan alumni bukan hanya sekedar basa basi tapi lebih dari itu.. Tapi sekarang,, bagaimana duga keluarga yang dijalankan? Masih sepeprti dulukah yang sarat dengan kegiatan untuk pendekatan terhadap alumni? entahlah..

Lowongan kerja pertama yang gw dapet dateng dari alumni...
Yang kedua juga...
Dan ini sangat membantu kami di masa itu sebagai alumni baru yang butuh pekerjaan..

Nah,. Bagaimana dengan jaman sekarang?
Jauh berbeda...
setelah teknologi semakin maju, kekeluargaan itu semakin tipis rasanya..
Tipis dikalangan mereka adik adik alumni yang baru yang merasa tidak butuh kakak kakaknya..
Gak sedikit ucapan ucapan"kagadang gadangan" yang pernah gw terima ketika meng approve request dari mereka..

"Thanks for add ya dek.. salam kenal" ini adalah greeting gw buat mereka
"yoi" atau "masama" ..jawab mereka..
gak ada lagi nada ramah dalam ucapan baik dari mereka..
kadang balik nanya " capa yah?"
helllooowww.. siapa yang nge add gituuh.. adooh,, kalo udah begini langsung aja gw ceramahin.. "makanya kalo nge add orang periksa dulu profilnya"
nah, reaksinya ada yang buru2 minta maaf, ato kadang malah unfriend gw.. qeqeeqeq. sorry yee.. gw juga gak butuh kali orang ga sopan kaya lo ada di friendlist gw...

Dulu gw pernah.. dengan kakak alumni yang waktu itu nge add gw.. dan karena udah kebiasaan ngomong gw elo (waktu di Jakarta boo,, kan gak mungkin ngomong aden waang) ,, si uni ini gak nulisin tamatan tahun berapa. jadi ya udah gw elo deh,, dan gw langsung di ceramahi abis abisan.. asli, gw yang feeling guilty banget... dan sejak itu gw berusaha mengubah cara gw menjawab sapaan orang.. setiap ada yg add gw selalu periksa profilnmya dulu.. seumuran gw ato malah dibawah gw,, Di minang berlaku kato nan ampek kan yaaa..

Satu ketika lagi ada adik2 yang bilang gak butuh alumni,. toh tanpa alumni udah dapet kerja.. enak lagi.. hihiih.. iya siih..beruntunglah kamu.. tapi gak semua orang toh seperti kamu.. sampe sekarang buat gw yang udah pindah kerja selama 8 kali ini, tetep kok info dari alumni ini ampuh untuk mendapatkan lowongan kerja.. 

Nah.. sekarang.. apa kita rela,, kekeluargaan kita tergilas oleh kemajuan teknologi??
Mau??
Silahkan tanya ke hati nurani maisng masing...

yang pasti hari ini saya mau berucap
SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

SELAMAT ULANG TAHUN SMAKPA ku YANG KE 48

JAYA SELAMA LAMANYA....

1 comment:

  1. mantap un.,.,.
    bahasa yang mengikuti pasar.,.,
    gw suka.,.

    ReplyDelete