Wednesday, June 19, 2013

Mitos Kehamilan dan Melahirkan

Ngomongin mitos, gak bakal ada habis habisnya. Mulai dari masa kehamilan sampe sudah lahiran.

Yah, kalo gw sih menyikapi dengan bijak sahaja. Yang masuk akal di ikutin, yang engga ya udah didenger aja. Karena gw hidup di little island yang notabene agak jauh ya dari dunia per-klenik-an secara pendatang semua disini, jadinya ngga tau tuh mitos2 yang beredar di masyarakat. Jadinya pas gw mudik di usia kehamilan 6 bulan, mulai deh tuh gw diceramahi. Kadang gw bantah juga sih, kalo gw rasa udah mengada ngada. Abis gimana, jaman sekarang gitu loh.. Berikut mitos mitos yang sempet gw denger pas gw hamil.

  • Kemana mana kudu bawa gunting kecil yang besi putih en bawang putih (dasun) tunggal yang disematkan ke baju. Tadinya gw bingung buat apaan, tapi tante gw keukeuh en bilang gw harus bawa dua barang itu. Gw bilanglah sama nyokap gw, kalo gw gak mungkin bawa bawa gunting kemana mana. Apalagi kalo gw mau travelling bisa bisa gw gak lolos X-ray.. hehhe.. Akhirnya nyokap gw ngasi solusi guntingnya diganti ama gelang besi putih. Dan berjibakulah gw ke pasar buat beli gelang besi putih. Sekalian beli buat baby S jugak. Katanya baby juga kudu dipakein juga biar terhindar dari roh jahat :D Untung nemu gelangnya yang bagus gitu modelnya dan gw pake lah ampe sekarang. Bawang putihnya juga dibeliin nyokap ampe 5 biji. Eh, mahal loh, satu biji aja 2rebu perak. Dan itu gw pake lah tiap hari dipasang pake peniti di taro di bra. Qeqeeqeq.. Makanya jangan heran pas gw hamil, gw bau bawang putih kemana mana.
  • Gak boleh duduk dilantai katanya nanti melahirkan ari arinya gak bisa lepas. Nah, ini juga mungkin yaa.. menurut gw sih bukan karena ari ari, tapi ibu hamil kan rentan sakit, kalo duduk di lantai takutnya dingin. Jadi ngga boleh duduk dilantai. Nha, di gw? its work or not. Ya elah, kita blom punya kursi tamu, ya tetep aja gw ngejeplak di lantai kalo duduk :d
  • Gak boleh duduk di pintu ntar susah lahiran. Wkakaka.. Yang ada, kalo duduk di pintu ntar ngalangin jalan en orang2 susah lewat. Takut ketendang itu perut sama orang yang lewat, Kan berabe.
  • Gak boleh mandi malem malem. Yaa.. ga berlaku juga di gw secara pulang kerja udah malem. Engga mandiii? Jam 12 malem aja kadang gw jabanin mandi saking gak kuatnya kepanasan.
  • Perut kalo runcing tandanya babynya cowo, kalo perut datar babynya cewe. Kalo gw lebih percaya USG. hahaha.. Perut gw termasuk tebel jadinya pas hamil ya gendut banget gitu deh. Ya kebetulan mungkin babynya cowo :d
  • Kalo selama hamil males dandan babynya cowo, kalo rajin dandan babynya cewe. Hm.. gak tau bener apa kaga, yang pasti gw males banget dandan selama hamil. Bukan apa apa, gw emang mengurangi pemakaian kosmetik selama hamil. Takut ngarus ke baby, jadinya ya terkesan males dandan. Gw gak mascara-an ke kantor, Gak pake eye liner, cuma pelembab, foundation plus bedak. En gak pernah touch up juga selama di kantor.. Eng ing eng.. keluarnya emang cowo sih :D
  • Benci sama seseorang ntar bayinya mirip ama yang dibenci. Hehehhe.. Gw masih percaya ama sistem genetika. Yang pasti gen yang ada di tubuhnya anak gw ya gen gw en gen Jacky. Jadi anak gw bkal ngikutin gw en Jacky. Lahirannya, jidatnya bapaknya bangeeeet.. postur mukanya ya gw banget. Hahahhah.. Kulitnya? blom tau nih, kan kulit baby masih berubah ubah. Moga aja ngikut gw yaa.. ahahha.. Biar rada putihan :D
  • Ibu hamil gak boleh pake piring/gelas pecah ato retak, nanti anaknya cacat. Kalo segi ilmiahnya sih, takut luka aja sih kena yang retak ato pecah.
  • Minum es bikin baby gede. Duh... Selama hamil hampir selalu minum es gw kalo diluar. Mau gimana. panaaaass.. Dan baby S lahir dengan 3,3 kg. Gede? buat gw sih belum secara gw aja dulu lahir 3,8 kg en almarkum adek gw lahir 4,4 kg. Dua duanya normal spontan. Nah lo... Menurut jurnal ilmiah yang gw baca, yang bikin gede itu glukosa, jadi kalo esnya ditambahin gula baru deh bikin baby tambah gede. kalo minum air putih dingin doang mah gak ngaruh kali.
  • Duren, tape, nanas bikin keguguran. Hm.. ada benernya juga, tapi bukan dilarang untuk dimakan. Karena kondisi rahim orang kan beda beda ada yang kuat ada yang engga. kalo kuat ya silahkan makan asal jangan berlebihan. 
  • Mau cepet lahiran, sering sering ML aja. Hm.. iya sih ini karena sependek pengetahuan gw, sperma mengandung hormon postaglandin yang merangsang kontraksi dan melembutkan leher rahim.
  • Bayi sungsang? Urut aja.. Hm.. gw bukan tipe yang berani ambil resiko. Waktu itu di 7 bulanan Baby S sempet sungsang, trus obgyn gw cuma minta gw komunikasi ama bayinya aja. Eh beneran loh, 2 minggu abis itu kontrol, posisi baby S udah normal lagi. 
 photo banner-ira_zps4c7250bc.jpg
  • Kasih kopi seujung kuku di bibir bayi bisa mencegah step. Ohoo.. Buat gw BIG NO ya ini.. Kita orang gede aja minum kopi bisa berdebar2 jantungnya saking tingginya cafein di dalamnya apalagi bayi. Nyokap gw sih yang kasih tau masalah perkopian ini. Tapi berhubung gw penganut paham ASIX gw jelasin lah ke nyokap kalo itu cuma mitos en gak perlu diikutin.
  • Kalo abis lahiran, pagi engga boleh tidur nanti darah putih naik ke kepala. Gw sempet diomel2in ama nyokap gw soal ini. Ya mau gimana, pas Baby S baru pulang kerumah, doi hobi begadang. Dan gw emaknya harus duduk nyusuin dia di tengah malem sambil nahan kantuk. Udahlah fisik masih blom bagus secara abis sectio. Giliran pagi mau istirahat dikala doi tidur, gw dilarang larang. Sebodo teuing mah, gw bablas aja tidur. Abis gimana... Ngga kuat lagi mata gw. Buat gw.. "hanya orang bodoh yang tidak tidur disaat dia sangat butuh tidur dan dia punya waktu buat tidur".

Nah itu dia tuh kebandelan gw selama hamil dan melahirkan. Yang masuk akal ya gw ikutin, yang enga ya gw denger aja. Ujug2 yang gak ngaruh ke kondisi gw en baby ya ada juga yang gw ikutin walo gw tau itu gak bisa diterima akal sehat. heheheh.. 

So, kamu... mau percaya mitos mitos ini atau ngga? Kalo gw lebih percaya yang ilmuah aja kali ya...

__,,__

No comments:

Post a Comment