Tuesday, June 18, 2013

Persiapan Perlengkapan Lahiran

Mau share aja sih..

Udah tau kan ya, kalo mau lahiran dari kandungan umur 7 bulan kita kudu prepare perlengkapan buat lahiran di satu tas. Dan tas itu gak boleh diganggu gugat, siap sedia diangkat kapan aja sewaktu waktu masa lahiran tiba.

Nah, sama kaya gw kemarin, even sectio tapi kan juga bukan sectio yang direncanakan. Semua serba tiba tiba dan perlengkapan kelahiran yang gw udah siapin sebelumnya bener bener ngebantu lo.. Nyampe rumah, langsung samber tas en berangkat ke hospital. Tapi jujur aja gw nyiapinnya pas umur kandungan udah 9 bulan. kenapa? Kebanyakan kerja karena gw baru mulai cuti di wk38 kehamilan. Jangan ditiru. Harusnya umur 7 bulan udah prepare ya. 

Nah, berikut perlengkapan kelahiran yang gw siapin kemarin, reviewnya, yang bener bener kepake en ngga kepake. 



     photo banner-ns-160x600.gif
  • Bedong bayi 2 pcs, popok tali 2 pcs. Ini kepake banget. Karena pas abis lahiran si baby bakal langsung dibedong ama suster. Cuma pas baru lahiran aja sik.. Kayanya sih biar jadi identitas en gak ketuker begitu bayi lahir. Kan bedongnya beda beda masing masing bayi. Ntar setelah doi udah dibawa ke ruang bayi, semua peralatan baju ampe bedong ampe popok ya pake yang dari RS. Trus yang 1 pasang lagi kepake pas mau pulang. Kemarin gw untung aja sih RSnya ngga pake disposable diapers, kesian juga kan newborn dikasi popok plastik gitu. Kan bisa langsung iritasi. Nah, RS yang gw pilih, ramah lingkungan agaknya jadinya pake popok tali juga. Jadi ketahuan deh babynya abis pipis ato ngga. Bagusnya di observe aja ke hospitalnya dulu, soalnya ada juga loh RS yang ga sedia popok tali ini, jadi malah pake punya pasien semua atau malah nyediain pospak.. Kesian euy, nuborn udah dikasih pospak.
  • Baju nuborn 1 set, kepake buat pulang. 
  • Gurita bayi, kaga kepake secara sekarang RS udah larang pemakaian gurita pada bayi
  • Gurita ibu/korset. Kepake banget, gw kemarin prepare yang gurita kaya korset. Itu loh yang pake velcro bukan pake tali tali lagi. Lebih praktis yang gurita korset en lebih mantep balutannya.
  • Pompa ASI, karena gw niat banget ASIX buat baby S, jadi yang ini di prepare deh. Soalnya abis lahiran blom kuat nyusuin kepaksa dipompa dulu kan.
  • Sterilizer, ternyata masih ada gitu RS yang ga sedia sterilizer. Pengalaman gw nih. Kemarin itu pas butuh kepaksa gw minta adek ipar gw jemput sterilizer ke rumah. Biasanya hospital yang begini yang ga Pro ASI. Masa sterilizer aja kagak punya. 
  • Pembalut night wing, ini kepake di gw pas udah buka kateter. Jadi emang lebih nyaman pake pembalut biasa aja. Berdasarkan review bu ibu yang udah lahiran duluan. Pembalut khusus nifas itu gak nyaman.
  • Selimut topi bayi, kepake pas mau pulang.
  • Celana dalem plus BH menyusui, di gw BH menyusui ngga kepake karena abis operasi ngga pake BH. hahaha.. Hanya kepake pas udah mau pulang aja. 
  • Diapers buat orang tua, ini yang terlupakan pas gw kemarin lahiran. Akhirnya kepaksa beli di apotik deket hospital. Kalo lahiran normal engga perlu kali ya. Tapi berhubung gw sectio, gw bergantung ke diapers ini deeh selama 2 hari booo.
  • Breast pad, kemarin gw gak bawa.. alhasil tu ASI netes netes pas PD lagi bengkak banget. 
  • Kain panjang 2 pcs, di gw ngga kepake. Gw juga bingung kenapa disuruh bawa kain panjang, sedangkan akhirnya toh ngga kepake. 
  • Handuk, ngga kepake juga di gw secara abis sectio ternyata dilarang mandi seminggu. Hahahhahaha.. Lagian handuk juga disediain hospital. Eh, suer deh ini hospital yang gw pilih dah kaya hotel aja. Aselik, itu kaya teh, kupi, gula, air galon, sampo, sabun, ampe sikat gigi kaya hotel punya itu disediain :D
  • Kosmetik, kepake dihari mau pulang aja di gw. Gw gak peduli juga ama penampilan soalnya. hahahhaha.. Wong mau ngapa ngapain aja susah, boro boro mikirin dandanan,
  • Sandal, di gw kaga kepake. Disediain sandal ama hospital. :D
  • Tissue basah en kering, kagak kepake secara juga disediain hospital.
  • Baju pulang 1 stel. Yang ini pasti kepake laaaaah.
  • Gadget plus charger. It's so helpful ngilangin bosen plus suntuk plus buat nyari info kalo kalo nanti dokter di RS nyuruh makan obat macem macem. xixix Gw agak curigation gitu kalo dokter nyuruh ini itu, pasti gw searching dulu, emang perlu apa kagak. Ogah gw jadi korban keganasan oknum dokter yang suka main kasih resep aja.
  • Kamera, yang ini wajib buat putu putu mukanya baby.
  • Daster ibu 3 pcs. Honestly, ini gak kepake sama sekali. Gw selama dihospital full pake baju rumah sakit. Cuma hari terakhir aja yang udah pake baju gw. Karena udah mo pulang juga kali...  Nah, mungkin bagus juga tuh nyiapin daster tapi lumayan nge berat beratin kalo ngga kepake sama sekali. Alangkah baiknya lagi mungkin konfirmasi ke orang yang udah pernah lahiran di RS yang mau dituju en nanya disitu disediain baju kagak. Jangan kaya gw, kaya mau jualan daster ke RS. Hahaha
  • Surat Nikah, Fotocopy KTP suami istri, ini gak guna juga ternyata. Hahaha.. Kecuali elo mau akte diurusin sama pihak hospital baru kepake. Kemarin itu ada yang nawarin jasanya sih, bayar 130k, akhirnya kita milih urusin sendiri, cuma bayar 10k buat minta tanda tangan di pak RW en 5k buat beli map di Disduk :D

Itu aja sih bawaan gw. Itu aja udah kaya orang mau mudik. Hahaha.. Pas pulang bawaan jadi tambah banyak secara dapet souvenir dari hospital, dapet kado juga dari temen temen yang udah berkunjung, pulang pulang bawa stroller, gendongan bayi, kasur bayi, blom lagi kado kado yang lain. Rempong deh eike. 

So, buat yang mo lahiran boleh nyontek list perlengkapan lahiran gw yah.. Ada baiknya survey dulu tuh ke hospitalnya. Tanya tanya dapet apa aja. Jadi bisa mensiasati bawaan pada saat akan melahirkan. Selamat melahirkan.

__,,__

No comments:

Post a Comment