Sunday, June 9, 2013

Welcome to The World, Baby

Mumpung Baby S lagi bobo, mari kita apdet proses kelahiran doi yah..

Sebelumnya kan juga udah gw ceritain kalo gw harus nyerah pada keadaan yang memaksa gw untuk sectio. Bukan apa apa boo.. Bukan karena gw ga rela nahan sakit lahiran, tapi resiko yang harus gw tanggung kalo gw lahiran normal ternyata gedeee banget.. Dan dokter pun nyerahin semua keputusan ke gw. Sempet kecewa jugak sih dikit.. secara gw udah berjuang untuk bisa lahiran normal sejak di vonis pre eklamsi, tapi yang ada keadaan malah memburuk dan akhirnya di hari kontrol terakhir 39W, tanpa ba bi bu lagi gw langsung decide " Okay dokter, saya pilih sectio saja"

Itu pun dengan sedikit argue sama obgyn gw. Karena gw nanya sama Obgyn kalo sekarang sectio apakah anak kedua bisa normal. Dijawab ama obgyn gw "bisa aja, dilihat dari kondisi luka sectio pertama dan jarak kehamilan" Trus gw nanya lagi " kalo sectio maksimal berapa kali dok?" Dokter bilang, "bisa tiga sampe empat kali" ... nah trus dilanjut lagi "kalo kamu berpikir seperti ini, berarti kamu egois, karena kamu bukannya mikirin yang sekarang yang lagi diperut kamu"


Deg,,, seketika itu juga gw sadar, bener juga yang dibilang obgyn gw. Berarti gw egois banget lah ya kalo gw mikirin yang blom tentu ada. Sedangkan gw harus menjadi decision maker untuk saat sekarang..

Obgyn gw yang baik, cantik en bijak ini akhirnya bilang lagi " sekarang pulang dulu aja, pikirin baik baik, nanti kalo udah ada keputusan baru deh kesini lagi.  

Tapi seketika itu juga bibir gw langsung ngomong "Ya Dok, saya mantap untuk sectio" 

"Okay, maunya kapan? Silahkan pilih tanggalnya"

"Secepatnya dok"

"Malam ini bisa?"

Tanpa pikir panjang, gw langsung jawab "bisa". Padahal gw gak tau siapa yang bisa bantu jagain gw nanti secara nyokap blom disini.

Hadeuuuh,, Tapi mau gimana lagi. Gw gak mau keadaan memburuk lagi. Pre eklamsi seperti momok yang menakutkan bagi ibu hamil. Dan gw masih aja beruntung karena kena pre eklamsi ketika kandungan sudah cukup umur sehingga kalo disectio pun udah oke. 

Gw langsung dikasi surat pengantar ke bagian bersalin dan disuruh dateng lagi abis maghrib. 

Keluar dari ruangan poli Obgyn, gw langsung duduk di ruang tunggu apotek sambil merutuki en meratapi nasib, kenapa gw musti kena penyakit ini yah?? Kenapa kudu sectio? huhuhu.. Tapi keadaan udah gak bisa dibalik kan yah. Emang ini jalannya. Langsung deh gw call nyokap, bilang kalo gw kudu sectio malam ini juga en gw minta nyokap langsung ke little island hari ini juga. Searching tiket buat nyokap. Damn!! ticket online dah pada closed. Untung keingetan mas Ewin, tetangga depan rumah yang kerja di travel. Alhamdulillah dapet tiket pesawat terakhir. Nyokap pun langsung prepare kesini.

Balik dari obgyn, kita pulang ngambil perlengkapan yang udah di prepare sebelumnya. Beneran deh, ini penting banget, kalo ada case mendadak kaya gw ini, tinggal angkut tas langsung ke hospital.

Jam 7 malem dari rumah, nyampe hospital jam 7.30 gw langsung masuk ruang bersalin. Bawa surat pengantar  yang dikasih obgyn tadi siang. Sementara itu adek ipar gw, Rico juga langsung jemput nyokap gw ke bandara en nganter ke hospital. Gw langsung dipakein alat rekam jantung baby en gak lama nyokap gw dateng. Hasil rekam jantung baby oke. Tensi tiba tiba naik jadi 130/110. Duh, makin gaswat aje.. Padahal gw udah usaha buat rileks loh.

Trus baju gw langsung diganti ama perawatnya. Baju yang khusus buat orang sakit itu loh. Hadeuh.. gak pake daleman apa apa. Trus juga 'dicukur' sama perawatnya, sama pasang kateter en infus.. jiaaa.. gw yang blom pernah ngalamin hal hal begini kan jadi rada kaget, panik.. busyet dah.

Blom lagi erangan pasien disebelah kamar gw. Gw jadi parno. Malemnya pas mau dibawa ke ruang operasi, tensi gw naik lagi jadi 150/110. Keliatan banget kalo gw ketakutan booo... Ruang operasi dilantai 3, gw udah kaya orang ga berdaya aja pas di bawa ke sana. Secara ini kateter berasa mau lepas aja. Gw mau pipis blom biasa lepas langsung ke selang ituh. Huaaa... Nyampe di ruang operasi rasa takut gw kembali dateng. Aseli takut banget bow.. Tapi emang dasar di hospital ini terkenal nakesnya pada santai. Pas gw udah dimeja itu mereka masih aja ngobrol ngobrol gitu. Ngobrol ngobrolin gak penting sampe gosipin artis. Wkakaka.. kaga tau mereka, gw udah setengah metong nahan takut mau dibelek.

Gak lama Obgyn gw dateng. Gw langsung bilang ke nakesnya.. "Mba, saya nanti mau IMD ya.. " "nanti kita lihat kondisi ibu dan anaknya ya bu.."

Abis itu tangan gw dipasangin alat tensi dilengan kanan, en alat rekam jantung kali yah dijari kiri. Gw disuruh duduk en suntik bius dari punggung. Kaki mule kebas, kagak bisa diangkat lagi deh. Diatas kepala gw udah dihadepin lampu operasi yang segede gede bagong. Lagi lagi rasa takut gw nambah. Suer deh. Trus gw nanya ama susternya. "Berapa lama suster operasinya?" "paling sejam bu" .. "saya takut sus, boleh tidur gak?" "boleh, katanya" 

Tapi gw gak mau tidur, gw pengen denger tangisan pertama anak gw. 

Operasi pun dimule. Oh iya, nakesnya ternyata ada cowo juga. Duh, kan malu deh gw ditelanjangin sedangkan ada beberapa cowo disitu. Tapi gw udah gak berdaya lagi. Pasrah boo.. Gw ga tau ada berapa dokter yang nanganin operasi gw. Yang pasti dokter Enting, obgyn gw ada disitu. Dan gw dengerin mereka ngobrol. Duh, operasi kok kaya lagi bikin demo masak ya. hahahha.. santai banget suasananya. 20 menit kemudian, tepatnya 27 May 2013 23:21 lahirlah baby S dengan Panjang 48cm berat 3,3kg dengan muka cute kaya gw. Alhamdulillah... Gw denger tangisan pertamanya. Subhanallah.. Montok boo en diciumin ke gw yang sudah dalam keadaan gak bisa ngapa ngapain. Ini aer mata gak bisa dibendung saking harunya. Spontan gw nangis, tu aer mata di lap in sama susternya. Gak lama gw jadi kaya tertidur gitu. Bangun bangun operasi udah mau selese aja. Loh.. Mana ini IMDnya..

Trus gw langsung dibawa ke ruang perawatan. Masih dong ya, gw nanya.. Bayi gw mana, gw mau IMD. Lagi lagi susternya bilang nanti. Sampe akhirnya gw nungguin tu bayi gw gak dianter2 juga. Malem itu beberapa kali susternya dateng en gw masih bilang gw mau IMD. Susternya bilang, besok bu IMDnya... Gw yang masih dalam keadaan setengah dibius, ngga bisa berbuat apa apa. Gw jadi bingung sendiri. IMD kan harusnya sebegitu bayi lahir. Mana ada IMD tunggu sehari dulu. Duh, go diboongin niiiiiiiih.. 

Mungkin karena kondisi gw juga lagi labil, tensi kan lagi naik naiknya. Bawaannya pengen maraaah melulu. Apalagi sampe besoknya bayi gw gak dianter anter juga. mereka bilang harus gw yang kesana. Bijimane mau keruang bayi, wong gw aja duduk aja blom mampu. Akhirnya Jacky keruang bayi en kasih liat putu putunya Baby S ke gw. Sedikit mengobati. Tapi tetep aja gw kecewa. Gw kan sadar sehabis operasi, harusnya bisa IMD dong. Kok gw jadi kaya dibego begoin gini. 

Trus tiba tiba Jacky dipanggil ama dokter anak. Katanya anak gw Hb ama Lekositnya diatas normal. Nah loh, kalo HB en lekosit kan emang normal agak tinggi yaks ketika bayi lahir. En si dokter keukeuh ngasi antibiotik berupa injeksi ke Baby S. Ya Allah... Apa lagi ini.. Gw yang memang lagi dalam emosi tinggi langsung marah marah. Dokter apaan tuh, main kasih AB aja buat bayi. Dikit dikit obat.. dikit dikit obat.. Asli. Gw lupa.. ternyata selain obgyn yang bagus, gw harus mempertimbangkan juga dokter anak yang bagus buat anak gw. Gak cuma obgyn yang diperlukan tapi juga dokter anak. Dan gw salah pilih dokter anak. 

Tiba tiba telp berdering, ternyata dari suster bayi. Gw nanya, kenapa anak gw harus dikasih AB. Jawabannya ngga rasional en gw tanya lagi, AB jenis apa yang mau dikasih ke anak gw. Eh, doi malah nanya balik "profesi gw perawat ato bukan" Damn!!, emang gw harus jadi perawat dulu buat tahu anak gw mau dicekokin apaan. Gw langsung bilang "saya bukan perawat tapi saya kerja di dunia farmasi 5 tahun. Paham??" Baru deh dia kasih tau AB nya apaan.. Najis gak sih, baru jadi suster aja songongnya selangit. Gak semua pasien bodoh loh suster. Dan satu hal yang bikin gw nangis bombay abis itu, ternyata anak gw juga dicekokin susu formula tanpa konfirmasi ke kami sebagai orang tuanya. Gw udah gak sanggup lagi berkata apa apa habis itu. handphone lgsg gw kasi jacky en gw nangis sesenggukan. Semua renacana indah yang gw bangun buat baby S sirna sudah. Gagal IMD, bayi dikasih susu formula di hari pertama kelahirannya. Gagal total, semua ilmu yang gw pelajari sirna sudah. Bayi punya cadangan makanan sampe 72 jam pertama kelahirannya. Ngga perlu susu formula sponsor rumah sakit itu. Aseli gw kecewaaaaa banget. Gw salah pilih rumah sakit. Pelayanan untuk sarana sih oke yah, tapi ternyata mereka kurang menghargai hak konsumen. 


 photo rai-mamaku-468b.gif

Akhirnya setelah browsing sana sini, dan gw liat dosis AB nya masih dalam batas normal, akhirnya gw ngijinin lah penggunaan antibiotik dan yang pasti gw mau pada saat gw pulang, gw juga bisa ikut pulang. Karena beberapa ibu yang lahiran disono, ada yang ditinggal bayinya. 

Hari itu juga dalam keadaan kateter blom bisa dibuka dan masih di tempat tidur, gw bertekad baby S gak boleh terpapar sufor lama lama. Karena selama ASI gw gak keluar selama itu pula baby S bakal dicekokin ama suster2 diruang bayi itu. Yang lebih lucu lagi, ketika gw tanya apakah ada sterilizer di ruang bayi ternyata mereka ngga punya loh. Helloo.. ini rumah sakit terbesar kedua di Little island loh, dan mereka engga punya sterilizer. Akhirnya gw minta tolong rico buat bawain sterilizer dari rumah. En hari itu gw coba mompa. Keluar kolostrumnya bening bening gitu. Tapi gak banyak. Dan harusnya langsung dikasi ke baby, tapi gimana caranya secara gak ngalir gitu. Huhuhu... Malam itu juga gw pijet lagi payudara pake baby oil. bersihin puting. Besok pagi gw coba mompa lgi, Alhamdulillah dapeeeet.. Ada sekitar 50 mL dan langsung gw anter ke ruang bayi. FYI, ruang bayi en ruang perawatan bersalin itu lumayan jauh jaraknya. Jadi gw kesana pake kursi roda en kateter gw juga udah dilepas. Asli tersiksa banget sama luka operasi ini. Tapi gw yakin, kalo gw harus berusaha sekuat tenaga. Gw gak boleh nyerah dengan keadaan. Gw gak mau sama kaya pasien2 lain yang di hari k3 baru bisa ketemu bayinya. Itupun setelah susternya kesian ibunya ngga bisa nengokin anaknya kesana. Sesampai di ruang bayi, si suster bilang nanti aja jam 10 kesananya.. Eh,, emang dasarlah susternya ya. Gw langsung aja ngotot. Saya ibunya, mau nyusuin bayi. Baru deh anak gw dikasih ke gw.

Gw lama lamain aja di ruang menyusui. Bodo amat itu susternya nungguin. Even baby S masih tidur ya gw gendongin aja terus. gw cium cium.. Huhuhu.. bahagianyaa..

Dari semua pasien disana, mungkin gw doang yang paling ngotot en paling rajin ke ruang bayi. Ampe susternya bosen kayanya liat muke gw. Ya iya dong.. Suruh sapa gak boleh Rooming in.

Baby S udah mulai pinter nyusu even ngisep2 doang. Tapi paling nggak udah mau. Nipple gw yang kiri ternyata flat, jadinya susah deh tuh dia nyusunya. Kepaksa pake yang kanan.

Perjuangan blom berakhir ternyata. di hari terakhir disaat gw udah boleh pulang, si dokter anak ini ngasi tau kalo Baby S bilirubinnya tinggi dan harus disinar.. Ya Allah.. Kok masih ada lagi yaaa.. Tapi dia bilang, fototherapynya hanya sampe sore aja. Ya udah gw ulur ulur lah waktu buat ngasih ijinnya.. Agak siangan baru deh gw bilang boleh di fototherapy. 

Sore jam 5an langsung deh gw cau dari hospital. Sewaktu mau pulang, si perawat yang ngasi bayi ke gw masih sempet berpromosi, "ibu, selama bayi ibu disini kita kasih susu En***** , kalo mau dilanjutin boleh, kalo tidak juga gak apa apa. Fiufffhhh.... Siul gak sih.. Gw langsung lega.. Setidaknya anak gw gak dimacem macemin lagi". Betapa hebatnya produsen susu formula berpolitik di rumah sakit. Baby S juga dibekelin puyer ama dsa-nya. Tapi sampe hari ini, disaat umur Baby S udah 13 hari, ngga pernah tuh gw minumin ke Baby S.

Anaknya juga so far lincah, engga rewel. Tiap pagi gw jemur di sinar matahari en geber ASI. Alhamdulillah bayi mungil ini udah pinter banget mimiknya.. Udah bisa mimik sambil bobo, sambil duduk. Kuat banget. ASI juga Alhamdulillah lancar. Gw udah mulai nyetok ASI, sekarang udah punya 12 botol di freezer. Bikin postingan ini juga sambil pumping. Pompa ASI yang dulu gw beli dengan harga yang bikin kredit card gw jebol itu juga oke banget performanya. Nanti dilain waktu gw posting deh bagaimana kinerjanya. 

Oh iya.. Lupa. Banyak banget yang penasaran ama Baby S. Minta di upload futunya. Tapi berhubung gw males posting di FB yang kebanyakan friendlist, jadinya gw posting disini aja deh. Hehehehe..

Sekarang pe ernya biar cepet pulih dari luka operasi. So far perban udah dibuka pas kontrol seminggu yang lalu. Dan sekarang kalo gw bangkit dari tidur masih nyeri nyeri dikit.

Mengenai breastfeeding dan laen laennya gw post terpisah aja deh nanti.. Sekarang eike mo mandi dulu. Usah malem boo.. 

__,,__

No comments:

Post a Comment