Monday, July 23, 2012

Bikin e-KTP


Hari ini Rekam Data e-KTP. 


Entah kenapa tadi pas biz istirahat siang gw kepikiran buat bikin hari ini. Langsung telpon Jacky dan kita janjian jam 2 siang di kantor gw.. dan berangkatlah kita ke Kantor Camat Batu Aji. Loh? Kok Batu Aji? Kok Bukan Batam Kota? Xixixi.. Iya.. seharusnya memang gw bikin e-KTPnya di Batam Kota, tapi berhubung surat panggilan kita masih di rumah yang di Batu Aji, maka tetep lanjutin yang di Batu Aji aja. Even rumah itu sekarang murni jadi kos kosan.. Lagian kan rumahnya masih ada, cuman gw gak tinggal disitu lagi ajah.  Menurut sumber yang gw baca, kalo pindah gitu, gw harus ngubungi RT Rt Kelurahan bikin KK baru lagi.. Hadeeehh,, berurusan sama yang namanya birokrasi selangit ribetnya..


Kantor Camat Batu Aji Batam

Anyway, Jadilah kita sampe di Kantor camat batu aji…
Weii, sepi. Udah bubar ya bikin e-KTPnya? Ternyata setelah masuk ke dalam masih ada sodara sodara. Memang lagi sepi. Pas gw datang cuma ada 5 orang saja yang ngantri. Trus kita langsung tulis nama di meja registrasi sambil ngeliatin surat panggilan pembuatan e-KTP dan KTP lama.

Waitiiiing..

Waiting…


Gak nyampe 15 menit udah dipanggil ke ruang rekam data. Gw langsung disuruh duduk di sebelah petugasnya. Di ruangan 3x3 meter itu ada 3 petugas yang ngelayanin. Ada 3 perangkat alat rekam data juga dong. Jadi sekali jalan bisa langsung meregister 3 orang. Wah, lumayan nih..

Waiting Room 
Pertama gw suruh liatin KTP lama. Trus ditanyain apa ada perubahan data, gw bilang engga. Truss i petugas input no ktp lama gw dan langsung deh data ge keluar.

Alat Pemindai Sidik Jari, tadi sih searching di gugel,
nemu gambarnya di sini
Berikutnya 4 jari kanan disuruh taro di atas alat pemindai sidik jari, abis itu yang kiri. Dan selanjutnya kedua jempol. Proses yang satu ini gak nyampe 1 menit. 
Cii Ayank Lagi di seken sidik jarinya
Trus gw disuruh liat ke kamera, dan difoto.. taraaa,, jadilah foto gw yang amburadul.. Asli kucel.. qeeqeq.. gw lupa kalo e-KTP ini ada sesi fotonya. Kalo inget kan gw begaye dulu dikit.. hahaha


Alat Pemindai Retina, Kaya teropong
Trus ada semacam teropong dideketin ke mata gw.. Heiii,, itu bukan teropong bintang.. Itu alat pemindai retina. Jadi nanti ada 2 yang bisa mengindikasikan kamu sebagai warga negara. Rekaman retina mata dan sidik jari. Proses ini memakan waktu juga hanya 15 detik.

Lanjut ke rekaman tanda tangan. Kaya semacam pulpen laser gituh ya. Tanda tangan kamu direkam dalam bentuk elektronik.

Berikutnya scan.. verivikasi data, mulai dari sidik jari dan tanda tangan. Diulang lagi dan kalo cocok, data disimpan proses rekam data selesai deh.

Great,.. ngga sampe 10 menit loh….

Abis itu keluar ruang rekam en ketemu petugas berikutnya yang tugasnya registrasi ulang kamu kamu yang udah rekam data..
Selesai….

Cepet kan??
Registrasi Ulang buat yang udah kelar Rekam Data
Iya, alangkah bagusnya system birokrasi kalo semuanya bisa dilakukan secepat ini. Gak perlu buang waktu masyarakat hanya untuk menunggu..

Dan, e-KTPnya baru bisa diambil akhir tahun ini. Busyet.. lamanya.. hehehhe..
Gapapa lah,. Yang pasti hari ini gw seneng. Salah satu utang sebagai warga negara yang baik terselesaikan.

Ruang Tunggu Khusus Lansia dan Ibu Hamil
Buat elo yang blom bikin, buruan bikin. Saran gw, datanglah dikala puasa ini.. di sore hari. Karena rata rata orang males ngantri di saat puasa. Jadi saingan lo yang datang hari itu gak banyak boo..


Trus, dandan yang cantik, biatr nanati poto lo di e-KTp enak diliat.. denger denger ini berlaku seumur idup boo.. jadi gak mau kan lo kalo nanti muka lo di KTP gak enak diliat seumur idup.









Oh iya, buat ibu2 hamil, lansia jangan khawatir. Ada priority kok buat kalian. Gak perlu ngantri dan ruang tunggunya juga khusus kok.

Harapan gw, semoga dengan adanya e-KTP ini bisa bikin bagus data kependudukan di 

negeri ini. Semoga gak ada lagi pungli yang harganya berates ratus ribu ituh kalo mau bikin KTP. Dan semoga bener ini berlaku nasional, jadi bank memperbolehkan kita buka rekening di daerah mana aja yang jadi domisili kita saat itu.

Contoh e-KTP minjem gambar dari  sini
Selamat ber e-KTP Ria ^_^

Photobucket

No comments:

Post a Comment