Monday, July 23, 2012

Pesan Buat Ibu Muda Yang Tarawehan



ini gambar minjem dari sini ya..
Lucu juga cortoonnya
Malam ini pertama kali tarawehan di mushola komplek.

Seneng.. Tapi gw ngerasa ngga nyaman.

Terlalu banyak anak anak kecil yang dateng buat numpang duduk doang en juga bayi bayi berlarian.. Bukan apa apa siii.. Gw rada rada kecewa sama ibu ibu yang gak ada toleransi sama sebagian orang yang datang ke mushola.. Mereka itu bener bener niat mau ibadah dengan kusyuk. Kan sayang yah, cuma gara gara kita, ibadah orang banyak jadi terganggu..


Entahlah, apa karena gw blom menjadi ibu, jadi gw gak ngerasain.
Tapi jikalau seandainya suatu saat gw menjadi ibu en punya bayi umur satu sampe dua tahun, gak bakal gw bawa lah ke mushola buat tarawehan. Udah tau kan ya,, yang namanya mushola itu ukurannya kecil.. Isinya tuh cuma masing masing 3 syaf buat cewe cowo. Jadi kebayang bagaimana mungil ruangannya. Dan sekalinya anak anak ngobrol dibelakang atau bayinya nangis bakal tanding tandingan sama suara imam.


ilustrasi aja sih, pinjem gambar dari sini
minjem gambar dari blog mba mutiamanarisa
Gw ngerti kalo ini komplek baru, yang penuh dengan ibu muda dimana mana.. Yang pada punya bayi.. Tapi yang nenek nenek juga ada, yang ukuran tante tante en om om juga ada, dan yang blom jadi ibu kaya gw juga ada. Mbok ya, ngga usah maksa gituh, bawa bawa bayi ke musholla,, kalo alasannya karena ingin ibadah jamaah, kan bisa jamaahan sama suaminya dirumah. Pahalanya sama aja kan. Jatuhnya sholat jamaah.. Dan lagi gak nge ganggu orang lain yang bener bener ingin beribadah dengan kusyuk.. Tanpa ada teriakan anak anak,, tanpa ada tangis bayi bayi yang menderu deru..


InsyaAllah ya,, gw belajar dari pengalaman ini.. Dan InsyaAllah di masa depan nanti gw gak mau ikut ikutan jadi ibu muda ini.. Karena ujung ujungnya bukan jadi salat tarawehan jama'ahan ya, tapi malah sibuk cup cup si bayi biar gak nangis.. Huffft,, kalo tadi gw di posisi si ibu ini, mendingan gw pulang en tarawehan dirumah aja.

Bayangin ajah,, tiap imam berucap salam,, semua kepala menengok ke si ibu ini... Menandakan mereka terganggu dan menurut gw, bagusnya si bayi dibawa keluar dulu.. Jelas jelas dia gak nyaman en kepanasan disuruh duduk diantara jamaah.. Tapi kok ya ndak ngerti ngerti itu looo... Masiiih aja ngejogrog di barisan shaf.. Padahal ujung ujungnya ngga ikutan sholat juga too..

So, buat elo ibu ibu muda yang punya bayi.. Sorry kalo tulisan gw kali ini menyinggung anda anda semua.. Tapi semua ada solusinya kok.. Gak enak juga kan, kita jadi penyebab orang gak khusyuk dalam sholatnya.. Jangan terlalu maksa.. Jangan sampe karena kepentingan kita malah ngorbanin si kecil.. Allah Maha Bijaksana kok.. Tenang aja., pahala sholat jamaah dirumah tetep 27 derajat lebih tinggi daripada sholat sendirian.. Bisa ajakin suaminya jadi imam.. Lebih romantis juga kaan??

Hehhehe,, so.. Selamat menunaikan ibadah sholat tarweh :-)

No comments:

Post a Comment