Sunday, July 22, 2012

Menyiasati Masakan Buat Makan Sahur

Ommelet Tahu Siram sawi
Yang jadi masalah buat puasa tahun ini adalah sahurnya..


Secara gw ama jacky dah pindah ke rumah baru yang lokasinya gak rame dengan penjual makanan. Yah, maklum, ini kan komplek baru yang notaben penghuninya orang baru semua. Jadi blom ada tuh di jalan jalan komplek yang buka warung makan.


Kalo tahun lalu, waktu masih tinggal di batu aji, banyak banget penjual makanan. Karena lokasinya memang bener bener komplek yang udah rame banget. So ini pe er buat gw untuk bisa nyiapin sahur tanpa harus merasa terlalu repot..

Anyway.. Udah 3 kali sahur, kalo sahur pertama gw sendirian. Secara Jacky bilang mau puasa ngikutin pemerintah. Sedangkan gw mau puasa ngikutin saudi arabia yang notabene sehari lebih awal. Jadi gw cuman makan mie goreng doang,, qeqeq.. Tapi ujug ujug jacky juga akhirnya ikutan puasa.. Tanpa sahur tapinya.. Hahahaha..


Sahur kedua, gw prepare bahan bahan masakan dimalam harinya. Untungnya jacky adalah tipe suami yang ngga banyak gaya.Ngga banyak mau ini itu.. Yang bisa makan apa aja yang gw bikin.. Mau nemenin gw ke pasar botania buat belanja.  Xixiixiix.. Jadi malam itu kami bikin omlet tahu kuah siram..nqqeq jujur, ini masakan ala gw doang.. Intinya sih telor dadar, tapi karena dicampur sama tahu yang dihancurin jadi rasanya agak padet.. Kuah siramnya dibikin dari tumisan sawi yang dikasih sambel.. Jadi ada rasa pedes pedesnya gitu. Dan malam itu kami makan dengan lahap.. Alhamdulillah.. Heehhe


ayamnya dibumbuin dulu
Sahur ketiga, semalam yah.. Lagi lagi kepasar ama jacky.. Busyet dah itu biasanya pasar kalo malem kan masih banyak tuh sayur2nya, tapi ini dah ludes semua,. Yang jualan ayam cuman beberapa orang ajah. Ya udah akhirnya beli ayam seperempat kilo, beli bumbu bumbu,, dan tauge.. Ayamnya gw kukus dulu ama bumbu nya pas malem hari jadi waktu sahur tinggal goreng en bikin sayur doang.. Dan rasanya nikmat ya sodara sodara.. Alhamdulillah.. Gw gak jago masak,, bahkan boleh dibilang enga bisa masak,. Hahaha tapi ya mau gak mau sekarang gw harus bisa. Daripada ngga makan sahur..pilih mana.. Ahaahah..



Ready for Sahur
So buat kamu kamu yang ngga biasa masak,,  tapi harus masak.. Boleh diikutin tips tips dibawah ini yah..


1. Rajin rajin browsing di internet tentang resep masakan yang simpel. Banyak tuh yang cuman pakek rebus atau sistem goreng doang tapi tetep enak disajiin. Jangan cuman rajin browsing.. Tapi prakteknya harus yaa.

2. Sahur itu enaknya makan masakan yang hangat.. Karena kita pan makannya bangun tidur.. Jadi tingkat kemalasannya pasti tinggi. Kalo yang disajiin masakan yang anget InsyaAllah mampu menggugah selera. Tapi kadang kalo masak pas sahur itu kan lama en repot.. So kalo gw biasanya menyiasati dengan cara prepare semua bumbu di malam harinya.. Misal mau bikin ikan goreng balado,, goreng ikannya bisa di malam hari dan pas mau sahur tinggal goreng cabenya ajah.. Jadi masakan yang disajikan tetep fresh..

3. Yang punya microwave mungkin bisa agak lega dikit karena bisa dipake buat ngangetin masakan. Tapi gw gak recommend sih,, dirumah juga ada tapi jarang banget dipake. Xixixi.. Kenapa..?? Yang pertama karena watt listriknya gede.. Hampir 1000 watt, walopun dirumah bisa nyala (kebetulan rumah kami pake 2200watt) tapi gw tetep mikir itung2an voucher listriknya.. Trus yang kedua, tetep aja kan judulnya makanan yang dipanasin bukan fresh from penggorengan :-D


4. Masak nasi seperlunya, jangan karena males masak kamu masukin beras ke magig jar itu untuk persediaan sahur dan berbuka 2 hari. Magig jar itu menjaga nasi untuk tetep panas. Tapi jangan lupa kalo terlalu lama menyimpan nasi dalam magic jar, kadar air di nasi akan berkurang. Ujug2 nasinya terasa kering n gak enak dimakan. Kalo gw sih sekali masak untuk sekali sahur. Makanya takarannya cuma 1 cup, itupun gak penuh. Masaknya malem hari pas mau bobo. Jadi pas sahur tinggal makan deh...

5. Sediakan mie instant, telur selalu.. Kenapa? Ini adalah makanan dikala darurat tiba.. Kalo bangun kesiangan, kamu bisa bikin telor ceplok atau dadar atau mie instant.

6. Menu tambahan kaya buah juga oke kok.. Pisang, apel juga enak banget buat dessert sahur.

7. Air putih dan teh manis anget.. Nah ini,, minuman andalan dikala sahur, teh manis ada gulanya, glukosa mampu nahan laper di saat puasa. Air putih tetep perlu biar kamu gak dehidrasi. Kalo gw biasanya pas makan sahur pake teh manis,, menjelang imsak, pelan pelan gw minum air putih agak banyakan.. Walopun resikonya bakalan sering lari larian ke toilet, tapi ini bagus kok... Hehehe.. Hindari minuman dingin, minuman kaleng, ataupun sirop sirop.. Nanti nafsu makan kamu bisa ilang karena eneg..

Photobucket

Soo.. Jangan khawatir lagi kalo sahur tiba.. Tips diatas bisa bantu kamu untuk prepare sahur dengan cepat yah... Selamat mencobaaaaa....




No comments:

Post a Comment