Monday, May 13, 2013

37W0D : Pre Eklamsia

Mau curhat niih..

Hari ini kita kontrol lagi ke hospital dan ternyata hasilnya tidak begitu baik :(
Kecurigaan dan ketakutan gw menjadi kenyataan.
Positif Pre eklamsia. Huaaaaaa...

Apa ituh Pre Eklamsia?

Ya... Ini kutipan dari salah satu artikel yang gw baca.

"Pre-eklamsia atau darah tinggi yang dialami ibu hamil menimbulkan risiko kematian yang cukup tinggi. Hal ini kaitannya dengan penyakit jantung yang dapat diderita kemudian hari akibat preeklamsia. Resiko ini bertambah besar pada wanita yang baru mengalami kehamilan pertamanya, berbeda dengan wanita yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya dengan tekanan darah yang normal.
Berdasarkan penelitian pada jurnal ilmiah BMJ, kehamilan pertama harus diberi perhatian khusus karena risiko preeklamsia lebih tinggi. Preeklamsia merupakan keadaan tekanan darah tinggi dan protein pada urin meningkat. Preeklamsia biasanya terjadi saat kehamilan memasuki bulan ke-4. Gejala-gejala berupa tekanan darah meningkat, bengkak di kaki, serta sering pusing."
Dan, sodara sodara.. gw ngalamin ini. Penyebab pastinya sih sampe sekarang blom diketahui. Cuma kemarin kemarin kan gw rada curiga karena kaki gw bengkak aja. Sedangkan tensi gw oke oke aja setiap kali check up.

Nah, hari ini tiba tiba obgyn gw Dokter Enting langsung kasih surat pengantar ke Lab buat cek darah dan urine. So far untuk USG siy, babynya oke oke aja. Beratnya udah mau 3,3kg. Air ketuban cukup dan tali puser juga oke. Detak jantung juga Alhamdulillah baik baik aja. 




Nah, pas dokter liat muke gw yang rada rada bengkak, langsung deh tuh disuruh tes lab. Dan hasilnya sodara sodaraaaaa... Proteinuria positif 1 dan anemia ringan. So. Gw langsung di diagnosis pre eklamsia. Emang sih masih ringan. karena tensi gw pas diukur masih 130/110. Blom sampe 140/90 sebagai syarat disebutkannya Pre eklamsia.

 photo banner-impian-120x240.gif
Beberapa hal yang aneh di tiga minggu yang lalu juga ternyata merupakan ciri cirinya. Inget kan pas gw cerita waktu kehamilan 35W dalam 2 minggu, BB gw naik 3 kg trus seminggu berikutnya drastis naik 4 kg di 36W. Nah ternyata itulah masalahnya. Kenaikan berat tiba tiba itu merupakan salah satu ciri ciri pre eklamsia. Tapi waktu itu karena tensi gw masih normal normal aja. cuma kaki doang bengkak. Dan kalo gw tinggiin pas bobo, bengkaknya besoknya ilang. Makanya masih sante aja.

Dan satu lagi, akhir akhir ini pee gw tu warnanya kuniiiiing banget. Gak seperti biasa lah pokoknya. Ternnyata oh ternyata, ada indikasi kelebihan protein di urine. So far gw sih gak pernah ngerasa pusing sih. Makanya gw ngerasa baik baik ajah.

Ohmegod..

Jujur aja, ini sempet bikin gw down. Mungkin karena riwayat kehamilan selama ini gak bermasalah jadinya gw parno aja sekalinya dapet masalah. Dan lagi, gw gak kebayang kalo kudu sectio. Huaaa... 

Dari yang gw baca, pre eklamsi ini berbahaya en kalo udah beribah menjadi eklamsi, resiko kematiannya cukup tinggi. 90% sih kata dokter Enting tadi.

Gw langsung bedmuuuuuuuuddddd... Huaaaaaa... Dan Dokter ngasi gw Medical Leave untuk hari ini. Untuk pertama kalinya gw bolos ngantor gara gara sakit sodara sodara,. Betapa menyedihkannya. Dan pesen dokter Enting tadi "Langsung urus cuti ya bu"

Hiks.. Gw udah urus sih, tanggal 17 bulan ini terakhir masuk. Tapi kalo dalam seminggu ini ada gejala gejala pusing, trus pandangan berkunang en sakit ulu hati, harus langsung ke RS bagian bersalin. Babynya kudu langsung dikeluarin.

Yah, semoga aja semua berjalan baik baik aja. Meski gw udah tekad banget lahiran normal, kalo sectio memang yang terbaik buat gw en Baby S mau gimana lagi. Gw udah tanya tanya ke rekan rekan AFB en rata rata preeklamsia berakhir dengan sectio. 

Judulnya sekarang : PASRAAAAH!!!!...

InsyaAllah, semua baik baik aja..
Everythings gonna be okay, baby.. Mimmy bakal kasi yang terbaik buat kamu sayang..

See yaa on May 20th... Udah janjian kan kita ketemuan tanggal segitu..
Love you so much.. My dear baby... 

__,,__

No comments:

Post a Comment