Sunday, July 7, 2013

Tummy Time

As per his pediatric suggestions, Shaquile kudu ditengkurepin biar dia belajar menegakkan kepala dengan benar. Apalagi doi dari umur 2 weeks (normally mulai usia 1,5 mo)  sudah mampu memiringkan badannya sampe 90 derajat. Dan diusia 2 weeks juga kepalanya udah tegak sendiri walopun kadang masih menyon menyon ketika digendong dengan posisi kangguru. Bayi gw ini emang super duper aktif sekali. Kalo lagi engga tidur kaki dan tangannya ngga pernah diem. Gerak terus, kaki menendang nendang, tangan diangkat angkat. Dia kalemnya cuma pas bobo en kalo lagi mimi pada saat terlalu haus. 


Nah, dari usia 1 bulan gw coba untuk tengkurepin. Saat ditengkurepin sekalian distimulasi dengan suara untuk mengangkat kepalanya. Dan juga bisa dengan mengelus elus punggungnya biar dia tergerak mengangkat kepalanya. And it's work loh.

Kadang kalo udah kecapean ngangkat kepalanya, dia tiduran males gitu, hahahhaha... Bayik kalo ngapain aja lucuk yah.. Ini nih ekspresinya Shaquille ketika latihan ngangkatin kepala. Ada sih gw videoin jugak, tapi blom diuplut. Ntar deh gw uplut.. nunggu tengah malem disaat kuota bonus 3G 8GB bisa dipake. Hahahaha.. #pedit suredit


gambarnya kalo kekecilan open new tab aja ya...

Oh iya, semoga Shaquille cepetan bisa tengkurep sendiri. Biasanya baby yang udah bisa tengkurep dan suka tidur tengkurep bakal tidur lebih nyenyak.  Berikut beberapa tips agar bayi jadi betah tengkurep :

  •  Kasi mainan ke depan mukanya, trus pindahin ke sampingnya jadi dia tergerak untuk meraih mainan tersebut,
  • Bantu bayi mendorong badannya secara perlahan. Kalo dia udah biasa maka dia akan terlatih untuk tengkurep sendiri. Jangan bosan ya bantu dia.
  • Latihlah bayi tengkurep sesering mungkin. Gak perlu lama lama, 3-5 menit cukup kok. Kalo udah mule nangis balikin aja lagi badannya. Cara ini sangat membantu untuk memperkuat otot lehernya.
  • Miringkan sedikit badannya waktu mimik. Hal ini akan melatih kemampuan motoriknya. Kadang kalo gw sih di sangga pake bantal gitu badannya pas lagi mimik.
  • Jangan melatih dipermukaan terlalu keras, takutnya dia kelelahan en dagunya nemplok dilantai. Kan sakit. Jangan pula mengunakan permukaan terlalu empuk, dia kan jadi susah untuk gerak karena saking empuknya.
  • Selalu awasi bayi yang sudah mulai belajar tengkurep. Kalo tidur tengkurep juga jangan pernah ditinggal karena bayi tidur tengkurep beresiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrom). Kadang bayi tidur tengkurep tanpa sadar saluran pernafasannya ketutupan.
Heheu,, Senangnya perkembangan Shaquille sangat signifikan. Gw jadi dilema nih, secara sebulan setengah lagi gw harus kembali menjadi working mom dan itu berarti gw gak bisa ngawasin dia setiap hari :(

UPDATE : Videonya Shaquille udah gw uplut. tonton deh, lucu bangettt..



__,,__

No comments:

Post a Comment